Search
Close this search box.

Mengapa Domain Penting Untuk Influencer

Apa Itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat deretan angka-angka IP Address.

Tujuan memiliki domain adalah agar website atau aplikasi onlinenya bisa dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Mengapa domain penting untuk blogger, influencer, dan selebgram?

1. Domain Penting Untuk Personal Branding

Alasan pertama mengapa domain penting untuk anda yang berprofesi sebagai blogger, influencer dan selebgram adalah untuk personal branding. Tidak bisa dipungkiri jika personal branding adalah hal yang penting di media sosial. Branding di sini bukan diartikan untuk menipu publik dengan berbagai postingan yang terencana, namun untuk menunjukkan sisi terbaik yang bisa dinilai dengan bijak sesuai harapan kita.

Banyak orang diluar sana yang berhasil karena menciptakan citra diri dan reputasi yang baik di media sosial. Orang yang terinspirasi kemudian menjadikannya sebagai sosok panutan. Walaupun begitu, ternyata media sosial dan jagad dunia maya juga penilaian banyak orang untuk menjadi tolak ukur kemampuan dan social intelligence yang digunakan oleh para perekrut pekerjaan untuk memilih calon karyawan terbaiknya.

Jadi penting untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik. Dengan menggunakan dan memiliki domain nama pribadi, reputasi anda di internet bisa dengan mudah dicari dan juga dianggap baik karena benar – benar well prepared untuk menjaga reputasi anda di internet. Anda juga dianggap akan berdedikasi dan juga menginspirasi karena memiliki domain. Bahkan. Anda bisa menjadikan website sebagai bagian dari portopolio online anda.

2. Menjaga Keamanan Brand Anda

Hal ini sangat penting. Karena ketika seseorang menjadi blogger, influencer ataupun selebgram banyak yang lupa untuk menjaga reputasi di mana saja. Karena banyak orang jahat diluar sana bisa menggunakan kepopuleran anda untuk mengambil semua domain dan juga brand nama anda agar dimiliki dan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi mereka. Atau bisa juga dijual kembali dengan harga tinggi, dan mengambil profit sebesar – besarnya memanfaatkannya untuk kepentingan mereka.

Yang lebih berbahaya lagi adalah jika hal ini disalahgunakan. Oleh karena itu penting sekali untuk memiliki domain terutama untuk brand kita yang sudah dikenal agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab pada tempat yang tidak semestinya.

3. Domain Penting Untuk Meningkatkan Kepercayaan

Apabila seseorang sudah memiliki website pribadi, secara tidak langsung kredibilitasnya akan semakin meningkat. Kepercayaan klien akan semakin tinggi terhadap brand yang melakukan kerja sama. Sudah banyak blogger yang kemudian mengenal ini, karena banyaknya persyaratan endorsement dari berbagai perusahaan besar untuk membuat kerjasama dengan blogger yang sudah memiliki domain sendiri. Salah satu alasannya “kepercayaan dan kredibilitas” tersebut.

Selain itu apabila anda adalah seorang blogger, influencer atau selebgram juga reputasi serta citra anda akan semakin meningkat. Tidak hanya di media social saja tapi di ranah jagad internet secara keseluruhan.

4. Peluang Anda Akan Semakin Bertambah dan terbuka lebar

Jika seorang blogger, influencer dan selebgram memiliki domain tentu akan memperluas jangkauannya. Tak hanya itu, memiliki domain dan membangun website, dapat membuka peluang anda untuk menjalin kerjasama dengan bisnis lain.

Reputasi sebuah website akan menjadi faktor penilai bagi calon klien anda. Mereka pasti akan terlebih dahulu mencari di search engine tentang klien yang mau mereka ajak kerjasama. Website anda merupakan penggambaran menyeluruh tentang  diri anda dan detailnya. Jadi penting sekali untuk memiliki domain supaya bisa menambah peluang anda.

Postingan Terkait