Mari Kenali Jenis Jenis Layanan Hosting

Apakah Anda tahu jenis layanan hosting yang tepat untuk kebutuhan website Anda? Jika belum, ada baiknya untuk mengetahui bahwa ada empat jenis hosting yang biasanya ditawarkan, yaitu Shared, Cloud, VPS, Dedicated Hosting, WordPress hosting, Managed WordPress Hosting, dan Email Hosting.

Apa itu Layanan Web Hosting?

Web hosting adalah layanan persewaan server untuk menyimpan data pada suatu situs agar dapat ditampilkan kepada pengguna internet yang mengaksesnya.

7 Jenis Layanan Hosting

Setiap perusahaan web hosting menawarkan berbagai jenis hosting. Namun, ada empat jenis layanan hosting yang bisa ditemukan secara umum, yaitu:

  1. Hosting Bersama
  2. Hosting Awan
  3. Hosting VPS
  4. Hosting Khusus
  5. Hosting WordPress
  6. WordPress Terkelola
  7. Hosting Email.

Di bagian ini, Anda akan diajak untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis untuk memilih layanan web hosting yang paling sesuai.

1. Shared Hosting

Hosting bersama adalah jenis yang tepat jika Anda tidak berpengalaman dalam membangun dan menjalankan situs web. Tidak hanya itu, layanan hosting ini juga cocok untuk website dengan traffic rendah atau jumlah pengunjung yang sedikit.

Kelebihan

Hosting bersama adalah pilihan yang cocok untuk pemula karena kemudahan penggunaannya. Jenis hosting ini sepenuhnya dikelola. Dengan kata lain, pengelolaan dan konfigurasi server ditanggung oleh penyedia.

Dari segi operasional, pengguna shared hosting biasanya dimanjakan dengan control panel yang mudah digunakan, seperti cPanel.

Untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya, ada dua opsi yang dapat Anda pilih: cloud hosting dan VPS hosting. Bagi Anda yang menginginkan kemudahan, cloud hosting menjadi pilihan yang lebih tepat. Namun, hosting VPS lebih cocok jika Anda memiliki keahlian teknis untuk mengelola server.

Kekurangan

Hosting bersama mudah digunakan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Namun, sumber daya yang ditawarkan oleh jenis web hosting ini sangat terbatas. Selain itu, satu server shared hosting digunakan oleh beberapa situs web. Oleh karena itu, kelebihan beban pada satu situs web dapat berdampak pada situs web lain.

Selain itu, pengguna hosting jenis ini tidak mendapatkan akses untuk mengubah konfigurasi server agar sesuai dengan kebutuhan website.

2. Cloud Hosting

Anda tidak memiliki pengetahuan teknis tetapi situs web membutuhkan lebih banyak sumber daya? Cloud hosting adalah jawabannya. Jenis web hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan yang ditemukan di shared hosting, tetapi dengan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih tinggi.

Kelebihan

Seperti yang baru saja disebutkan, cloud hosting adalah jenis hosting yang juga ramah pengguna. Seperti jenis layanan hosting sebelumnya, cloud hosting juga sepenuhnya dikelola. Dengan begitu, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan website — atau toko online, bagi yang memilikinya.

Namun, keunggulan utama cloud hosting terletak pada mekanismenya. Data situs web pengguna diduplikasi dan disimpan di beberapa server. Jika salah satu server mengalami masalah, server lain akan diaktifkan untuk menjaga agar website tetap berjalan.

Plus, sumber daya server cloud hosting tidak dibagikan seperti di shared hosting. Dengan demikian, situs web Anda tidak akan melambat jika situs web lain kelebihan beban.

Kekurangan

Terlepas dari kecanggihan yang ditawarkan cloud hosting, biaya yang harus dikeluarkan pengguna tidaklah rendah.

3. Hosting VPS

VPS atau virtual private server hosting menjadi pilihan bagi pengguna yang membutuhkan resource besar dan lebih fleksibel dalam menyesuaikan setting server dengan kebutuhannya. Kabar baiknya adalah bahwa jenis layanan hosting ini umumnya lebih terjangkau daripada cloud hosting.

Kelebihan

Konsep VPS hosting sebenarnya mirip dengan shared hosting — satu server digunakan oleh beberapa website sekaligus.

Namun, sumber daya hosting VPS didedikasikan. Dengan kata lain, performa website Anda tidak akan terpengaruh oleh masalah yang terjadi pada website pengguna lain.

Tidak hanya itu, pengguna VPS hosting dapat menikmati keuntungan sebagai berikut:

  • Kebebasan memilih sistem operasi server — Anda dapat memilih sistem operasi yang digunakan server sesuai dengan kemampuan teknis Anda atau kebutuhan situs web
  • Fleksibilitas dalam menentukan jenis panel kontrol — Hosting VPS menawarkan opsi panel kontrol lanjutan seperti Webuzo dan VestaCP. Namun, pengguna juga dapat memilih cPanel untuk kenyamanan
  • Akses Root — Anda memiliki kebebasan untuk mengubah berbagai pengaturan server hosting yang digunakan
  • IP Khusus — Reputasi alamat IP situs web Anda tidak akan terpengaruh oleh situs web lain. Untuk lebih memahaminya, Anda bisa membaca artikel ini.

Kekurangan

Meskipun menawarkan akses root, hosting VPS adalah self-managed yang berarti Anda bertanggung jawab untuk mengelola server sendiri.

Oleh karena itu, pengetahuan tentang server merupakan hal utama yang perlu Anda miliki jika ingin menggunakan VPS hosting. Pasalnya, berbagai setting server yang ada membutuhkan keahlian dalam menggunakan command line yang sesuai dengan sistem operasi server.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis tetapi membutuhkan lebih banyak penyimpanan dan bandwidth daripada shared hosting, cloud hosting adalah pilihan yang lebih cocok untuk Anda.

4. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah “perbaikan” dari hosting VPS. Kemampuannya sama dengan jenis-jenis web hosting yang baru saja dibahas. Namun, satu server hanya digunakan oleh satu pengguna.

Kelebihan

Dengan server yang membuat Anda takut sendirian, Anda tidak perlu downtime. Selain itu, kapasitas penyimpanan yang didapat tentunya lebih besar dari yang ditawarkan oleh ketiga jenis layanan hosting di atas. Inilah sebabnya mengapa hosting khusus sangat cocok untuk situs web dengan banyak data dan pengunjung.

Selain itu, dedicated hosting juga memiliki keunggulan VPS hosting, antara lain akses root, dedicated IP, serta kebebasan memilih sistem operasi dan control panel.

kekurangan

Seperti halnya VPS hosting, mengoperasikan dedicated hosting mengharuskan Anda memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi karena pengelolaan server tidak dilakukan oleh penyedia hosting.

5. Hosting WordPress

Hosting WordPress adalah layanan berbasis shared hosting yang dioptimalkan untuk penggunaan situs web WordPress.

Jadi bagi Anda yang sudah familiar dengan WordPress, hosting ini adalah pilihan yang tepat. Sebab, Anda bisa langsung fokus pada pengembangan bisnis ketimbang urusan teknis situs.

Kelebihan

Layanan WordPress Hosting menawarkan berbagai fitur hebat yang memaksimalkan kinerja situs web. Mulai dari WordPress Accelerator hingga meroketnya kecepatan situs, WordPress Management untuk mengelola situs, dll.

Kekurangan

Karena dirancang untuk penggunaan WordPress, layanan hosting ini pasti memiliki beberapa batasan. Misalnya, akses Anda ke server atau konfigurasi tidak seluas hosting jenis lain seperti VPS. Sebab, semuanya sudah diatur oleh System Administrator.

Selain itu, resource hosting juga tidak sebesar VPS atau Cloud Hosting. Pasalnya, WordPress Hosting menggunakan sistem shared hosting yang servernya dibagikan kepada pengguna lain. Jadi, bisa jadi terjadi kelebihan beban atau interferensi secara bersama-sama.

6. WordPress Terkelola

Tidak seperti Hosting WordPress, Hosting WordPress Terkelola dirancang agar lebih ramah bagi pengguna biasa. Dan karena menggunakan server WordPress khusus, kinerja situs lebih cepat, dioptimalkan, dan aman.

Kelebihan

Tentu saja, Managed WordPress ramah bagi orang awam. Apalagi jika Anda baru mengenal hosting dan menginginkan website yang siap pakai dan memiliki performa terbaik.

Dengan Managed WordPress Hosting, Anda dapat mengelola situs web Anda melalui panel sederhana. Anda juga dapat dengan mudah mengetahui statistik pengunjung website melalui visitor tracker, hingga custom design dan install fitur baru melalui ribuan plugin yang tersedia.

Kekurangan

Dengan kemampuan yang hebat dan fasilitas yang melimpah, Managed WordPress Hosting memang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan jenis layanan hosting lainnya. Selain itu, konfigurasi teknis yang dapat Anda modifikasi cukup terbatas.

7. Hosting Email

Selain jenis-jenis hosting di atas, email hosting adalah web hosting khusus untuk email. Artinya server yang Anda gunakan dirancang untuk mengirim dan menerima email secara profesional.

Menggunakan hosting email, Anda dapat memiliki email dengan domain Anda sendiri. Misalnya, ega@tokonia.com.

Kelebihan

Daripada email biasa atau default dari layanan hosting, email hosting menyediakan fitur yang lebih lengkap. Mulai dari backup mingguan, jaminan email ke konsumen, aman dari spam, hingga kemampuan mengirim ribuan email per hari.

Kekurangan

Terlepas dari kelebihannya, hosting email memiliki beberapa kelemahan. Pertama, Anda hanya dapat membuat akun email dengan domain utama Anda.

ega@tokonia.com, misalnya. Anda tidak dapat menggunakan domain lain seperti ega@jualbarkas.com.

Fitur dan kapasitas yang Anda dapatkan juga agak terbatas. Tidak ada fitur addon domain, sub domain, dan park domain. Mengenai ruang penyimpanan, besarannya tergantung paket pilihan Anda.

Jenis Layanan Hosting Mana yang Tepat?

Anda dapat menganggap layanan web hosting sebagai investasi jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis web hosting yang tepat untuk situs web Anda. Jika Anda memilih yang salah, situs Anda mungkin tidak berjalan sesuai rencana dan uang Anda akan terbuang percuma.

Agar lebih percaya diri dalam menentukan pilihan, kelebihan dan kekurangan keempat jenis layanan hosting di bagian sebelumnya terangkum dalam tabel di bawah ini.

Lalu, jenis hosting apa yang tepat untuk Anda? Jawabannya tergantung pada jenis situs web dan keterampilan teknis yang Anda miliki. Di bawah ini kami uraikan contoh penggunaan masing-masing jenis web hosting.

Baca juga : Apa itu SaaS? Bagaimana cara melakukan pemasaran bisnis ini?

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait

deep web

Apa itu Deep Web?

Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah

Read More »
programing

Apa Itu Visual Programming?

Selaku programmer, Kamu pastinya menguasai kalau bahasa pemrograman berplatform bacaan berpusat pada eksekusi perintah- perintah khusus serta gimana perintah itu menunjukkan suatu buat konsumen. Tetapi,

Read More »