Mari Mengenal Perbandingan PPC Advertising dan SEO Untuk Bisnis Kamu

Sobat ezy, kamu tau gak si gimana caranya buat naikin trafik penjualan bisnis yang sedang kamu kelola ? ternyata cara lainnya selain jualan offline, kamu juga bisa naikin trafik penjualan kamu dengan cara memasang iklan di internet loh sobat. Pemilihan iklan yang tepat akan membuat kamu bisa menyesuaikan budget dan target yang sesuai keinginan.

Saat ini ada berbagai macam jenis iklan yang biasa dipasang di internet, salah satunya adalah PPC. PPC (Pay per Click). PPC adalah layanan iklan yang kamu bayar ketika iklan tersebut mendapatkan klik oleh orang lain atau target audiens iklan . kamu bisa menyesuaikan lagi PPC yang ingin digunakan. Selain PPC, kamu juga bisa memanfaatkan SEO untuk meningkatkan trafik web kamu.

kamu haru tau gimana perbandingan antara PPC dan SEO . karena dari perbandingan tersebut kamu bisa menentukan mana yang lebih menguntungkan bagi bisnis kamu. Hal yang penting yang harus kamu ketahui juga adalah bagaimana cara menyusun strategi marketing yang baik untuk PPC maupun SEO.  Baca terus artikel ini sampai habis ya biar kalian tau isi penting yang bakal aku tulis disinii ..

Mengenal Perbedaan PPC dan SEO bagi Bisnis

secara sederhana PPC dan SEO berbeda dalam hal cara mendapatkan trafik., SEO menggunakan organik atau tanpa membayar biaya apa pun. Sementara jika Anda menggunakan PPC, Anda perlu membayar biaya iklan untuk menjangkau banyak orang. Berikut ini adalah perbedaan yang tampak antara PPC dan SEO.

  • Posisi dalam Mesin Pencari

    Perbedaan yang mendasar antara PPC dan SEO adalah letaknya yang berbeda di urutan mesin pencari. Letak konten halaman yang menggunakan iklan PPC terletak di posisi pertama dan kedua, serta terdapat tulisan Ad pada samping kiri judul halaman website. Sementara konten yang murni mengandalkan SEO terletak setelah konten PPC dan tidak bertuliskan Ad.

  • Biaya yang Dikeluarkan

    Biaya yang dikeluarkan jika menggunakan iklan PPC tergantung seberapa banyak orang yang mengklik iklan Anda, sementara untuk penggunaan SEO biasanya tanpa memerlukan biaya sama sekali. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat halaman Anda muncul di halaman pertama dengan SEO.

  • Trafik Potensial

    SEO organik memberi Anda banyak trafik yang potensial daripada PPC. Anda bisa memanfaatkan SEO organik dengan menerapkan kata kunci yang relevan dalam konten website Anda. Sementara iklan PPC juga berpotensi mendapatkan banyak pengunjung website hanya saja semakin banyak orang yang mengunjungi website Anda dari iklan PPC, maaka semakin besar juga biaya yang Anda keluarkan.

  • Konversi Penjualan

    Anda pasti bertanya mana yang lebih baik dalam menghasilkan konversi penjualan, apakah iklan PPC atau SEO organik? Jawabannya adalah tergantung, jika Anda dengan tepat melakukan kampanye iklan PPC, Anda akan dengan mudah mendapatkan pembeli potensial yang akan langsung membeli produk atau layanan Anda. Namun semakin tinggi angka orang yang mengklik iklan PPC Anda maka Anda harus membayar lebih banyak. Berbeda dengan SEO organik, Anda tidak membutuhkan biaya namun Anda harus mendedikasikan diri Anda untuk membuat konten yang menarik agar Anda bisa mendapatkan nilai penjualan yang tinggi.

Strategi Marketing Iklan PPC (Pay per Click) dan SEO

Strategi marketing iklan PPC dan SEO bisa Anda lakukan dengan banyak cara. Pada dasarnya membuat strategi iklan PPC dan SEO dapat Anda gabungkan. Misalnya saja, Anda bisa membuat konten yang sesuai dengan bisnis Anda agar kata kunci yang Anda masukkan bisa relevan dengan bisnis Anda. Berikut ini adalah strategi marketing iklan PPC dan SEO untuk bisnis Anda.

  • Membuat Laporan Gabungan

    Anda bisa menggabungkan laporan trafik iklan PPC dan SEO dengan cara menautkan Google Search Console ke Google Ads. Hal ini akan memungkinkan Anda melihat kedua laporan tersebut dengan melihat performa dari penelusuran berbeda antara iklan PPC dan SEO. Dengan hal ini Anda bisa memantau mana yang paling berpengaruh besar terhadap peningkatan trafik website bisnis Anda, kemudian Anda bisa menyusun strategi baru untuk mengoptimalkan salah satu yang performanya masih kurang.

  • Memaksimalkan Pembuatan Konten yang Berkualitas

    Anda bisa memulai untuk mempelajari terlebih dahulu bagaimana SEO bekerja dan membuat konten Anda menjadi yang teratas di halaman mesin pencari. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara memaksimalkan konten untuk SEO, Anda boleh mencoba mengoptimalkan iklan PPC. Anda harus menciptakan banyak konten dengan kata kunci dan topik yang relevan untuk website Anda agar kedua kinerja SEO dan iklan PPC menjadi lebih optimal.

  • Mengumpulkan Kata Kunci yang Relevan

    Iklan PPC atau SEO sama-sama membutuhkan kata kunci yang bagus untuk memastikan halaman website bisa dikunjungi oleh banyak orang. Terlebih lagi jika Anda ingin memaksimalkan iklan PPC, Anda butuh riset lebih banyak kata kunci agar iklan yang Anda jalankan dapat sesuai dengan target pendapatan Anda. Ketika orang mencari suatu pertanyaan, Anda harus bisa membuat orang tersebut berkunjung ke website Anda dan tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda. Mengumpulkan kata kunci yang relevan bisa membantu Anda mengoptimalkan iklan PPC atau SEO dengan maksimal.

Jadi gimana sobat tentang penjelasan diatas ? kalian udah ngerti pastinya gimana perbedaan PPC dan SEO. kira-kira menurut sobat ezy, mana yang lebih menguntungkan ? bisa komen dibawah yaa .. see you the next artikel sobatt

referens https://idcloudhost.com/ppc-advertising-adalah/

Postingan Terkait

Kursus Digital Marketing Sorong

Kursus Digital Marketing Sorong: Langkah Awal Jadi Ahli Pemasaran Digital! Digital marketing adalah salah satu skill yang kini sedang banyak diburu. Bukan hanya oleh perusahaan

Read More »

Kursus Digital Marketing Manokwari

Kursus Digital Marketing Manokwari: Langkah Tepat Menguasai Dunia Digital Di era digital seperti sekarang, kemampuan dalam pemasaran digital sudah menjadi keharusan, terutama bagi kamu yang

Read More »