JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
digital marketing

Manfaat Website di Era Pandemi

Di awal pembuatannya website hanya dimanfaatkan untuk alat pertukaran informasi para ilmuwan di perguruan tinggi. Kemudian website dimanfaatkan untuk tujuan lain seperti bisnis, organisasi, lembaga pemerintah, situs berita, dan mesin pencari. Kini Website dapat dimanfaatkan untuk tujuan pribadi seperti berbagi pengalaman perjalanan, menulis tutorial, atau menampilkan karya dan portofolio. Manfaat website antara lain:

Business vector created by freepik – www.freepik.com
  • 1. Menghemat Pengeluaran Promosi
  • 2. Dapat Memahami Kebiasaan Baru Konsumen
  • 3. Transaksi Keuangan Dapat Dilakukan Kapan & Di Mana Saja
  • 4. Meningkatkan Produktivitas Karyawan
  • 5. Kolaborasi Internal Menjadi Lebih Efisien
  • 6. Mempercepat Pengambilan Tindakan
  • 7. Meningkatkan Kredibilitas dan Menjaga Keamanan Data

Adapun manfaat website lainnya:

A. Manfaat Website untuk Pribadi

1. ”Memesan” Nama (Domain)

Background vector created by GraphiqaStock – www.freepik.com

Anda bisa mengukuhkan identitas di dunia maya dengan menggunakan website. membeli nama domain terbaik untuk website Anda. Nama domain sifatnya unik, tidak ada nama domain yang sama persis.

2. Berbagi Hobi dan Pengalaman

Apapun hobi/ pengalaman Anda, semuanya cocok dijadikan konten di web. Travel, kuliner, otomotif, teknologi, sastra, marketing, desain, fotografi, parenting, properti, gadget, religi, entertainment, seni, dan masih banyak lagi tema lain yang bisa dijadikan sebagai tema utama untuk blog atau website pribadi.

3. Membuat Portofolio

Dengan fokus pada satu atau beberapa tema tertentu di blog atau website pribadi, Anda secara tidak langsung sudah membangun portofolio yang akan sangat berguna ke depannya ketika Anda sedang mencari pekerjaan atau proyek tertentu. Perusahaan bisa melihat karya-karya Anda melalui portofolio yang ditampilkan di blog atau website pribadi. Perusahaan juga melakukan background check dengan melihat jejak digital calon karyawannya di internet.

4. Menghasilkan Uang

Money vector created by pch.vector – www.freepik.com

Anda juga bisa bekerja secara freelance dengan syarat selalu rajin update karya di blog atau website pribadi agar orang yang mau menyewa jasa Anda bisa mengetahui kualitas karya Anda. Jika blog atau website pribadi Anda memperoleh banyak pengunjung, Anda juga bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan atau endorsement di blog atau website pribadi.

B. Manfaat Website untuk Bisnis

Illustration of startup business
Background vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

1. Menjadi No. 1 di Google

Sudah menjadi kebiasaan para calon konsumen untuk mencari informasi produk yang akan dibeli melalui mesin pencari Google. Sebanyak 81% konsumen mencari informasi produk terlebih dahulu di Google, baru kemudian memutuskan pembelian.

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Background photo created by freepik – www.freepik.com

Dengan munculnya website Anda di hasil pencarian Google, tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda akan meningkat. Berdasarkan survey, 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website membuat bisnis mereka lebih kredibel atau terpercaya. Bahkan, website adalah salah satu kunci sukses sebuah bisnis.

3. Sebagai Toko Pusat

Media sosial dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu kanal marketing untuk mendorong calon konsumen di media sosial agar mengunjungi website toko online. Sedangkan untuk marketplace, Anda dapat memanfaatkannya cukup sebagai cabang dari website toko online Anda. Sebab, di marketplace Anda hanya menumpang atau menyewa lapak dari pemilik marketplace.

4. Punya Email dengan Domain Sendiri

Dengan memiliki sebuah website Anda dapat memiliki email dengan domain website. Alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis. Kredibilitas Anda juga meningkat di mata pelanggan. Fitur ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui email mana yang resmi dari perusahaan atau toko Anda.

5. Media untuk Pressrealease

Perusahaan Anda memerlukan eksposur media sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Di website ini Anda bisa menerbitkan press release yang berisi berita kegiatan perusahaan, update produk, event perusahaan, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Jadi perusahaan Anda akan selalu terlihat aktif di mata pelanggan.

C. Manfaat Website untuk Masyarakat

People vector created by pch.vector – www.freepik.com

1. Sumber Informasi

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia adalah membaca artikel. Informasi yang diakses adalah website berita dan media online.

2. Mengakses Layanan Publik

Layanan publik pun sudah mulai banyak tersedia melalui website. Website layanan publik yang banyak diakses: informasi undang-undang, informasi administrasi, pendaftaran KTP, SIM, paspor, BPJS, laporan pajak, dan laporan pengaduan.

3. Menggalang Aksi Sosial

Orang mengajak menandatangani petisi online untuk merubah kebijakan pemerintah, menunjukkan solidaritas kepada kelompok tertentu, mendukung atau menolak gerakan tertentu, membantu masyarakat Indonesia untuk menggalang dana bagi yang membutuhkan bantuan finansial.

Box vector created by freepik – www.freepik.com

 

TERIMAKASIH….