Search
Close this search box.
Manfaat Transaksi Online dan Transaksi yang Paling Banyak Dilakukan

Manfaat Transaksi Online dan Transaksi yang Paling Banyak Dilakukan

Saat ini, rata-rata masyarakat sudah mengetahui mengenai transaksi online dan manfaatnya. Maka, sekarang transaksi online sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Manfaat transaksi online memang cukup banyak, mulai dari cara berbelanja yang praktis, metode pembayaran yang mudah dengan pilihan yang cukup banyak, sampai beragam diskon yang hanya bisa diperoleh melalui transaksi online. Dengan modal smartphone dan koneksi internet saja, kini siapa pun bisa melakukan transaksi online di mana saja dan kapan saja. Berikut ini adalah 10 jenis transaksi yang paling banyak dilakukan secara online.

Baca juga : Cara Menawarkan Produk untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Definisi Transaksi Online

transaksi online

Transaksi online adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli  secara online melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual. Maka, akan berdampak langsung terhadap peningkatan pangsa pasar. Sehingga ada pengaruh pengguna e-commerce dengan transaksi online, dan berdampak pada peralihan model transaksi yang sebelumnya dilakukan langsung menjadi proses tidak langsung dengan perantara aplikasi e-commerce. Transaksi online adalah hal yang umum dilakukan di era digital, apalagi dengan adanya pandemi covid 19 ini yang telah mempercepat proses digitalisasi di segala bidang termasuk bisnis. Di saat mobilitas masyarakat semakin terbatas karena adanya PPKM untuk memutus mata rantai penyebaran virus, transaksi online menjadi pilihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan primer seperti makanan, minuman, dan perlengkapan rumah tangga lainnya hingga ke kebutuhan tersier seperti belanja gadget, otomotif, atau pun hobi lainnya. Dan saaat ini semakin banyak konsumen yang sudah terbiasa bertransaksi online. Sebagai pemilik bisnis, manfaatkan peluang ini sebaik mungkin, agar bisnis tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Baca juga : Peluang Bisnis Jasa Pembayaran Online PPOB dan Cara Memulainya

Manfaat Transaksi Online bagi Pemilik Usaha

1. Modal Relatif Rendah

Untuk memulai bisnis konvensional, akan memerlukan modal yang cukup besar agar transaksi dapat berjalan dengan lebih maksimal. Mulai dari membuka toko fisik, menyiapkan budget promosi, sampai meluangkan waktu untuk bertatap muka secara langsung dengan pelanggan. Sedangkan, modal yang diperlukan untuk memulai bisnis dan transaksi online umumnya hanya komputer atau laptop, beberapa perangkat lunak pendukung transaksi, dan koneksi internet.

2. Jangkauan Bisnis Lebih Luas Dan Tak Terbatas

Dalam bisnis konvensional, kegiatan jual beli dibatasi oleh ruang dan waktu (jam buka-tutup toko). Dalam bisnis online, transaksi bisa berjalan kapan saja, di mana saja, dan menyasar siapa pun yang ada di seluruh penjuru dunia selama ada akses internet. Maka, transaksi online mampu menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa ada batasan, kecuali jaringan internet itu sendiri.

3. Update Informasi Ke Pelanggan Lebih Mudah Dan Cepat

Jika sebelumnya, para pelaku usaha membutuhkan banyak waktu untuk membagikan informasi terkait produk dan jasa ke pelanggan. Maka sekarang, pelaku bisnis bisa langsung membagikan dan memperbarui informasi yang dibutuhkan pelanggan dalam hitungan jam melalui website, aplikasi e-commercemarketplace, atau media sosial.

4. Membangun Citra Perusahaan Agar Lebih Baik

Selain dapat mengakomodasi kebutuhan para pelanggan, transaksi secara daring juga bermanfaat untuk membangun kredibilitas dan profesionalitas bisnis. Maka, kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan semakin meningkat.

5. Sistem Pembayaran Lebih Praktis

Dengan melakukan transaksi online, tidak perlu lagi menyediakan meja kasir, nota atau invoice fisik, dan melakukan pembukuan secara manual karena setiap transaksi sudah tercatat langsung di rekening pelaku bisnis, terutama jika menggunakan sistem pembayaran online terintegrasi.

Baca juga : Pengertian Omzet Penjualan dan Cara Meningkatkannya

Manfaat Transaksi Online bagi Pelanggan

manfaat transaksi online

1. Belanja Lebih Praktis

Saat ini, pelanggan tidak perlu meluangkan waktu dan tenaganya lagi untuk mendatangi toko fisik penjual. Karena pelanggan hanya tinggal membuka website, marketplace, aplikasi e-commerce, atau media sosial untuk menemukan dan membeli produk yang dibutuhkan.

2. Bisa Melakukan Perbandingan Harga Dan Kualitas Produk

Jika sebelumnya pelanggan harus mendatangi toko fisik satu per satu agar dapat membandingkan harga dan kualitas produk dari setiap toko, kini pelanggan bisa melakukannya secara mudah dan cepat karena ada banyak pilihan toko online yang bisa diakses melalui internet.

3. Kesempatan Belanja Hemat Lebih Banyak

Banyak toko online maupun e-commerce yang menawarkan diskon, cashback, atau promo lain kepada pelanggan. Dengan memanfaatkan promo tersebut, pelanggan biasanya akan mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah daripada di toko fisik.

Baca juga : Peluang Bisnis Jasa Pembayaran Online PPOB dan Cara Memulainya

4. Pilihan Metode Pembayaran Lebih Banyak

Transaksi secara daring memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui banyak cara. Maka, pelanggan dapat memilih metode pembayaran apa yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

5. Keamanan Bertransaksi Lebih Terjamin

Melalui transaksi online, pelanggan dapat terhindar dari tindakan pencurian saat berada di ATM ataupun tempat umum lainnya. Pelanggan juga dapat menentukan toko terpercaya saat berbelanja online, salah satunya dengan memilih toko yang sudah menerapkan sistem pembayaran online melalui pihak ketiga atau payment gateway sehingga uang yang dibayarkan pelanggan baru akan diteruskan kepada penjual setelah transaksi benar-benar selesai.

Baca juga : Pengertian Payment Gateway, Manfaat dan Cara Kerjanya

Transaksi Online yang Paling Banyak Dilakukan

online transaction

Bagi pemilik bisnis yang sering bertransaksi online, maka perlu menggunakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan, sehingga manfaat transaksi online bagi pelanggan lebih terasa. Berikut beberapa Transaksi online yang sering digunakan oleh masyarakat :

  1. Pembelian Pulsa

Pulsa atau kuota menjadi senjata utama untuk berkomunikasi di era digital seperti sekarang ini. Awalnya pelanggan harus mencari gerai khusus toko penjual pulsa untuk melakukan pembelian pulsa. Namun saat ini, pelanggan bisa dengan cepat membeli pulsa atau kuota, baik melalui mobile banking atau aplikasi e-wallet maupun marketplace yang menyediakan fasilitas pembelian pulsa secara online dengan harga kompetitif.

  1. Tagihan Listrik, Telp dan PDAM

Jika sebelumnya pelanggan harus mengantri untuk membayar tagihan listrik, maka saat ini pembayaran bisa dilakukan secara online melalui berbagai macam layanan digital, baik berupa aplikasi maupun jalur perbankan. Selain lebih mudah, beberapa aplikasi juga sering menawarkan beragam promo bagi pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan listrik. Beberapa layanan telekomunikasi serta tagihan PDAM juga saat ini sudah bekerja sama dengan marketplace atau e-wallet sehingga pembayaran tagihan telepon bisa dilakukan secara cepat, aman, dan terpercaya. Pelanggan juga dapat menggunakan fitur pembayaran otomatis untuk membayar berbagai macam tagihan bulanan. Dengan demikian semua bisa dilakukan dengan cepat, aman dan terpercaya. Pembayaran juga akan lebih praktis karena bisa memangkas waktu pelanggan.

Baca juga : Teknik Referral Marketing dalam Meningkatkan Bisnis Online

  1. Layanan Transportasi Online dan Pembelian Tiket

Kehadiran transportasi online menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini, terutama masyarakat urban. Rata-rata layanan transportasi online menghadirkan fitur pembayaran non tunai yang difasilitasi oleh aplikasi lain yang bekerja sama dengan perusahaan atau disediakan sendiri dari perusahaan online tersebut. Melalui aplikasi, pelanggan perlu melakukan top up atau menggunakan pembayaran kartu untuk bisa menggunakannya. Top up bisa dilakukan melalui pengemudi transportasi online itu sendiri, mobile banking, atau melalui aplikasi penyedia top up yang sudah bekerja sama dengan perusahaan online tersbut. Pembelian tiket kereta api dan pesawat juga saat ini jauh lebih mudah karena bisa dilakukan dengan transaksi online. Bahkan harga yang diberikan bisa jadi lebih murah daripada ketika membeli tiket secara langsung. Selain menghemat waktu, hal ini juga membuat orang bisa menyesuaikan antara kebutuhan dengan dana yang tersedia. Tercatat, pembelian tiket kereta api secara online mencapai 80 persen dari total penjualan.

  1. Pembayaran Angsuran dan Iuran BPJS

Tanpa perlu membuang waktu dan tenaga, membayar angsuran atau cicilan bulanan jadi lebih mudah dan praktis jika dilakukan secara onlineManfaat Transaksi Online ,. Mulai dari angsuran rumah (KPR), asuransi, sampai pembayaran kredit. Bahkan pada beberapa momen juga sering kali menawarkan bonus bagi pelanggan yang rutin melakukan transaksi online untuk membayar angsuran. Pembayaran iuran BPJS juga bisa dilakukan melalui digital banking atau marketplace yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS. Selain lebih cepat dan mudah, beberapa marketplace juga biasanya menawarkan promo berupa diskon atau cashback untuk setiap pembayaran tagihan. Maka transaksi online jadi lebih gampang dan menguntungkan.

Baca juga : Pengertian Word of Mouth, Keunggulan dan Strategi Menjalankannya

  1. Pembayaran Zakat

Memasuki era digital seperti sekarang ini, pembayaran zakat juga bisa dilakukan secara online. Terlebih, kini sudah banyak perusahaan rintisan yang membuat aplikasi pembayaran zakat secara online. Metode yang ditempuh bisa dengan internet banking, mobile banking serta layanan e-commerce yang kini juga turut menawarkan layanan ini. Pada 2019, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatat ada 42.030 muzaki yang menyalurkan zakatnya dengan jumlah total 75.471 transaksi melalui platfrom digital. Selain melalui website, rata-rata muzaki melakukan pembayaran zakat melalui marketplace dan layanan fintech yang sudah bekerja sama dengan pihak Baznas.

  1. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Kewajiban membayar PBB mengharuskan para pemilik bangunan untuk mengantre di kantor pajak setiap tahunnya. Namun, inovasi teknologi membuatnya lebih mudah, sehingga saat ini pembayaran PBB bisa dilakukan melalui platform digital, baik marketplace, layanan fintech, maupun jalur perbankan.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait