Search
Close this search box.
manfaat konten marketing

Manfaat dan Strategi Content Marketing

Ketatnya persaingan bisnis saat ini, membuat beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing dengan usaha besar yang sudah berjalan lama. Namun, usaha kecilpun memiliki kesempatan untuk berkembang dan maju. Caranya bisa dengan menggunakan konten marketing sebagai bagian dari kegiatan pemasaran bisnis. Ada banyak manfaat konten marketing ketika diterapkan. Namun sebelum pada pembahasan manfaat content marketing, ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai dasar-dasar content marketing.

Baca juga : Perubahan Perilaku Konsumen selama Pandemi

Pengertian Content Marketing

strategi konten marketing

Content Marketing (Pemasaran Konten) merupakan proses pemasaran dari kegiatan bisnis untuk membuat dan mendistribusikan konten yang relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan target konsumen. Menjalankan Pemasaran Konten untuk bisnis kecil tidak akan sulit jika memiliki strategi tepat dalam mewujudkan rencana bisnis. Berikut tiga manfaat penting dari pelaksanaan Pemasaran konten, yaitu:

  • Upaya Pemasaran Konten akan memberikan hasil yang lebih baik jika sudah mengetahui jenis konten apa yang akan dibuat dan memastikannya sesuai dengan harapan dari target konsumen. Dan memiliki strategi Pemasaran Konten yang solid serta konsisten akan membantu merealisasikan hal tersebut.
  • Karena strategi Pemasaran Konten memerlukan sedikit investasi berupa waktu dan atau uang, pastikan dilakukan dengan efisien. Ini akan memicu untuk membuat konten pemasaran yang menarik dengan tujuan agar bisnis akan menonjol dari kompetitor lain.
  • Strategi Pemasaran Konten yang tepat dapat memberikan pandangan luas tentang tujuan bisnis dan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diinginkan oleh konsumen. Dengan cara ini, akan meminimalisir kesalahan yang terjadi ke depannya terkait upaya pemasaran bisnis kecil tersebut.

Fungsi Content Marketing Bagi Bisnis Kecil

Meluncurkan kampanye Content Marketing untuk bisnis kecil dapat membantu dalam:

  • Membangun dan mempertahankan identitas brand terkait dengan pelanggan dengan sukses.
  • Mendapatkan keunggulan kompetitif di antara para kompetitor bisnis kecil yang tidak menggunakan pemasaran konten.
  • Membangun hubungan jangka panjang dan terpercaya dengan pelanggan dan mitra bisnis.
  • Secara konsisten menghasilkan lebih banyak trafficweb dan media sosial yang digunakan oleh bisnis.
  • Mengubah lebih banyak pengunjung situs web dan media sosial bisnis kecil menjadi suatu prospek dan berujung kepada peningkatan penjualan.
  • Mendapatkan visibilitas media yang lebih tinggi dan pengembalian investasi yang lebih baik.

Namun, terdapat area atau bidang Content Marketing yang mungkin terasa asing atau sulit untuk dilakukan oleh para pebisnis kecil. Inilah alasan perlu mengetahui dan memiliki strategi yang kuat di area yang dapat mendorong bisnis kecil tanpa risiko yang terlalu besar. Faktanya, memiliki strategi content marketing memungkinkan pebisnis kecil untuk:

  • Mengubah pola pikir dan mendapatkan lebih banyak kepercayaan pada kemampuan untuk melaksanakan Content Marketing.
  • Menemukan ide dan kreatifitas lebih dalam membuat konten untuk usaha pemasaran.

Baca juga : Perubahan Perilaku Konsumen selama Pandemi

Manfaat Konten Marketing

Teknik pemasaran tradisional yang sangat bertumpu pada hard selling, dianggap kurang relevan untuk karakteristik konsumen saat ini. Hanya dengan menyodorkan produk saja membuat konsumen merasa bosan dan sudah bisa menebak arah pemasarannya.  Sedangkan saat ini, konsumen lebih tertarik dengan suguhan pemasaran yang mengedukasi tentang produk. Dalam konten marketing berikan valuable kepada produk yang ditawarkan melalui konten yang akan dibagikan kepada target pasar yang kemudian dikonversi menjadi prospek, pembeli hingga pelanggan. Maka rasa percaya mereka akan tumbuh kepada merek. Berikut beberapa manfaat konten marketing yang akan didapatkan, yaitu:

  1. Lebih Efektif dan Efisien

efektif dan efisien

Sebelum adanya konten marketing, cara pemasaran para bisnis relatif sama, yaitu dengan beriklan. Namun banyak orang tidak menyukai iklan dan merasa terganggu, sehingga konsumen cenderung mengabaikannya.  Maka solusinya, lakukan promosi produk dengan cara yang lebih elegan sehingga target konsumen tidak akan merasa bahwa mereka sedang melihat promosi. Di mana setiap nilai-nilai yang ada dalam produk akan dikembangkan menjadi konten berkualitas yang bisa didapatkan dan disebarkan oleh banyak orang secara gratis.  Dalam konten marketing, yang harus dipahami yaitu, bahwa tidak langsung melakukan hard selling, namun pertama yang dibangun adalah kepercayaan. Setelah mendapatkan kepercayaan, maka ke depannya akan sangat mudah dalam memberikan penawaran.

  1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Semakin membagikan valuable content kepada banyak orang terutama target pasar untuk produk. Maka akan membuat merek diingat dan diasosiasikan. Yang akhirnya, akan membuat merek mudah diingat atau berada di top of mind pada bidangnya. Jika target konsumen sudah sadar dengan keberadaan merek, maka ini akan mudah ke depannya untuk melakukan penjual.

  1. Membentuk Citra Merek

branding

Dalam dunia bisnis, citra merek sangatlah penting. Pelaku usaha harus bisa mendapatkan penghargaan dari target pasar, maka audiens akan dengan senang hati membagikannya kepada orang terdekat, ini dikenal dengan word of mouth. Inilah manfaat konten marketing, yang bisa memfasilitasi dalam membentuk citra merek dengan cara menempatkan diri sebagai calon konsumen, maka pelaku bisnis dapat mengetahui bagaimana mengendalikan reputasi merek, dan juga bisa menaikan citra.

  1. Meningkatkan Konversi

Setelah terbentuknya kesadaran merek, efek yang akan dirasakan adalah konversi. Baik konversi leads atau penjualan. Hal ini terjadi karena audiens sudah mengenali apa yang ditawarkan dan juga sudah mengenali seperti apa merek tersebut.

  1. Meningkatkan Engagement

Jika mengembangkan konten yang menarik secara teratur, mungkin akan mendapatkan tanggapan yang baik. Hal ini memungkinkan bagi pelaku bisnis untuk dapat berinteraksi dengan audiens, untuk mengembangkan kedekatan personal dan agar audiens juga merasa senang.

  1. Baik untuk Jangka Panjang

Konten marketing merupakan strategi jangka panjang untuk bisnis. Maka manfaatnya pun akan dirasakan untuk jangka panjang. Mungkin konten marketing tidak akan langsung bekerja, namun dengan penerapan yang konsisten dan strategi yang tetap, manfaat konten marketing akan terasa dalam jangka panjang.

Baca juga : Jenis-Jenis Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online

Penerapan dari Manfaat Konten Marketing

Untuk dapat merasakan manfaat konten marketing yaitu dengan membuat konten yang tepat. Beberapa merek bisnis mungkin memberikan beberapa kisah inspiratif di media sosialnya. Tujuannya yaitu untuk membangun kepercayaan dan menarik pengguna media sosial yang merasa tergugah dengan kisah-kisah inspiratif tersebut.

  1. Content Memberikan Sesuatu yang Bernilai

produk value

Dengan konten yang disesuaikan dengan apa yang diinginkan atau dibutuhkan pelanggan, maka akan memberikan sebuah nilai. Informasi yang dimuat akan memperkuat nilai dan meyakinkan para pelanggan untuk menggunakan produk tersebut. Saat pelanggan membaca konten yang dibuat, Secara tidak sadar mereka mulai terhubung dengan merek dan produk. Jika pelanggan mulai mendapatkan nilai akan produk, Kemungkinan suatu saat mereka akan membeli produk.

  1. Content Mendidik Pelanggan untuk Membeli Sebuah Produk

Jika paham tentang teknik dan panduan Content marketing ber-SEO, akan lebih mudah mendapatkan pelanggan potensial ke website. Content Marketing membantu dalam mendidik pelanggan hingga siap membeli produk. Jika menerapkan teknik pada konten yang dibuat, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Dan dengan adanya copywriting, Konten marketing bisa mendapatkan pelanggan yang potensial untuk membeli produk.

  1. Content Menciptakan Rasa Timbal Balik Dengan Pelanggan

Saat semakin banyak konten gratis yang diberikan, pelanggan akan sampai pada titik di mana mereka ingin membalas manfaat yang telah diterima. Jika konten yang dibuat membantu dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan, Maka mereka akan sampai pada titik di mana mereka ingin membeli produk tersebut. Buatlah konten yang memberikan dampak positif dan mulai menargetkan pada audience yang tepat sesuai dengan produk yang dijual. Dengan mengikuti Panduan content Marketing ber-SEO maka jualan akan laris manis.

  1. Content dapat Mendatangkan Pelanggan Secara Gratis

Dengan memanfaatkan Content Marketing, bisa mendatangkan pelanggan secara gratis. Dibanding dengan beriklan yang mengeluarkan banyak biaya, maka cukup dengan menggunakan konten yang strategis, dapat mendatangkan pelanggan secara gratis. Ketahui bagaimana cara membuat konten yang berkualitas dan mulai belajar SEO, untuk mendatangkan pelanggan potensial secara gratis dan sesuai dengan target pasar. Setiap posting blog yang dibuat akan bertahan selama masa hidup bisnis, dan akan mendapatkan manfaatnya selama konten masih ada. Cukup membutuhkan waktu dua hingga lima jam untuk membuat konten marketing, dan bisnis akan mendapatkan pelanggan secara gratis selama bertahun-tahun.

  1. Content Dapat Meningkatkan Trafik dan SEO Website

trafik dan seo

Semakin banyak konten yang dibuat, maka semakin besar kemungkinan trafik akan meningkat. Baik dari segi trafik, maupun dari segi SEO. Sehingga website lebih mudah berada di page one pencarian google. Lakukan optimasi website cukup dengan update secara rutin, Karena saat ini algoritma google menilai kualitas konten dan seberapa rutin website melakukan update konten.  Meskipun belum memahami tentang teknik seo, setidaknya salah satu dari konten yang dibuat pasti menghasilkan trafik. Jika melakukan update postingan minimal 3-4 konten per minggu, Maka dalam setahun terdapat minimal 150 konten terdapat di website. Dan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan tentang produk.

Baca juga : Elemen- Elemen Penting Dalam Menentukan Desain Website

Cara untuk Mendapatkan Banyak Traffic dengan Content Marketing

Dalam membuat Content marketing ber-SEO dan mendapatkan banyak trafik, bisa menggunakan beberapa cara pikir dalam menulis konten. Berikut beberapa pedoman membuat konten marketing ber-SEO agar jualan laris manis.

  1. Gaya Penulisan Content

Gaya penulisan konten adalah tentang bagaimana konten yang dibuat, Apakah berbeda dengan yang lain atau sama saja. Gaya penulisan konten yang unik akan membuat orang lebih aware terhadap konten. Jika melihat beberapa situs media besar, mereka memiliki gaya penulisan yang berbeda. Gaya penulisan konten harus sesuai dengan target pasar, atau bisa dikatakan jika gaya penulisan harus mengikuti selera target pasar. Jika target pasar merupakan para pebisnis maka gunakan gaya bahasa yang singkat, padat dan jelas. Sedangkan jika target market merupakan para anak muda, bisa menggunakan gaya bahasa yang tidak formal dan menyesuaikan selera anak muda. Gaya penulisan konten sangat penting, untuk menjadi tolak ukur bagaimana para pelanggan suka atau tidak dengan konten yang dibuat. Semakin baik gaya penulisan dan sesuai target pasar, maka sksn lebih mudah mendapatkan trafik.

  1. Struktur Penulisan Konten Marketing

Dalam Panduan Membuat Konten Marketing ber-SEO, Struktur penulisan konten marketing menjadi hal penting. Struktur penulisan konten berbeda-beda, maka gunakan struktur penulisan yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Berikut tips menentukan struktur penulisan konten.

  • Judul, Gunakan judul yang sesuai dengan keyword
  • Paragraf Introduction, Saat membuat paragraf introduction, tempatkan keyword di antara 100 karakter pertama.
  • SubJudul, gunakan alternatif keyword pada sub judul atau sesuai dengan point yang akan dijelaskan
  • Paragraf Penjelas, Sebutkan beberapa long tail keyword pada paragraf
  • Kesimpulan, di paragraf terakhir konten, berikan kesimpulan atas konten yang dibuat, Dan tambahkan keyword konten di dalam paragraf kesimpulan. Struktur penulisan konten yang baik akan membuat konten lebih mudah dibaca dan dimengerti.
  1. Menggunakan Server Yang Dikhususkan Untuk Konten Marketing

Agar website bisa di terima pembaca lebih cepat dan mesin pencarian google bisa mengindex website. Pastikan sudah menggunakan server website yang dioptimalkan untuk website media.

Strategi Membangun Content Marketing

1. Tentukan Tujuan Pemasaran Konten

target pasar

Membuat konten yang jelas dan menarik merupakan bagian penting dari strategi Pemasaran Konten. Namun, tetap harus memperdalam dan mempertajam kiat pembuatan pemasaran konten. Seperti apa yang ingin dibuat dan bagaimana cara mencapai tujuan bisnis dengan konten tersebut. Pemasaran konten dapat menjadi rumit jika  tidak mengetahui bagaimana cara merealisasikannya dengan jelas. Uraikan tujuan Pemasaran Konten dan mendefinisikannya sebelum benar-benar mulai membuat konten, untuk mendapatkan kejelasan konsep sepenuhnya. Lalu bagaimana cara membuat target pemasaran konten yang selaras dengan target bisnis? Dan bagaimana untuk fokus mencapai tujuan setelah menetapkannya? Maka, inilah cara mendefinisikan tujuan Pemasaran Konten:

  • Ketahui bentuk, tujuan, dan sasaran konten yang ingin dibuat.
  • Buat rencana secara terperinci untuk merealisasikan strategi Pemasaran Konten.
  • Memiliki rencana cadangan.

Meskipun memproduksi konten berkualitas menjadi salah satu prioritas utama, jangan sampai mengorbankan definisi tujuan pemasaran konten, karena bisa menghancurkan kampanye pemasaran jika konsep dan tujuan dari konten tidak terencana secara jelas.

2. Kenali Target Pelanggan atau Konsumen

Memahami dan mengenali target konsumen dan keinginannya sangatlah penting untuk mendapatkan kesuksesan dalam Pemasaran Konten untuk bisnis kecil, karena merupakan langkah paling penting yang perlu diketahui untuk membuat fondasi yang kuat bagi konten. Berikut hal yang perlu dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang target konsumen:

  • Fokus pada Pelanggan Terbaik

Jika mengambil langkah yang salah dalam menjalankan strategi pemasaran konten, maka akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Inilah alasan untuk memilih dan fokus kepada satu segmen pelanggan yang terbaik. Dengan ini, maka dapat menyesuaikan upaya pemasaran yang lebih baik dengan menciptakan persona pembeli yang tepat.

  • Ketahui Apa yang Benar-Benar Diinginkan Pelanggan

Salah satu keuntungan menggunakan Pemasaran Konten adalah terbantu dalam mendapatkan lebih banyak kesadaran akan Customer Experience. Hal ini bisa terjadi, ketika membuat konten, dimana palaku bisnis dipaksa untuk belajar mengenai situasi dan kondisi para pelanggan, dan apa yang sebenarnya mereka sukai dan inginkan dari bisnis. Pemanfaatan Big Data mengenai karakteristik konsumen adalah salah satu hal yang krusial. Saat mencoba memahami apa yang paling diinginkan pelanggan, cobalah untuk melihat masalah, kegelisahan, motivasi, dan apa yang tidak mereka sukai.

3. Buat Konten yang Mewakili dan Mewujudkan Setiap Tujuan Bisnis

Konten yang dibuat harus membantu bisnis untuk tumbuh dan mewujudkan setiap tujuan bisnis. Hubungkan upaya Pemasaran Konten dengan tujuan utama bisnis. Jika tidak bisa dilakukan, maka tidak ada gunanya memproduksi konten bagi bisnis. Berikut hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat pembuatan konten dalam merealisasikan tujuan bisnis:

·         Bangun Kesadaran (Awareness) dari Produk Bisnis

Menciptakan kesadaran akan produk bisnis kepada pelanggan adalah langkah pertama untuk membangun hubungan dengan target pelanggan. Jika pelanggan tidak mengetahui tentang produk yang dijual, maka akan sulit untuk menambah penjualan produk. Untuk menciptakan kesadaran yang kuat, maka harus berupaya menghasilkan konten yang informatif dan menarik. Karena itu merupakan salah satu cara jitu untuk menarik calon pelanggan yang sedang mencari produk yang ditawarkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

·         Tunjukkan Product Knowledge Bisnis yang dimiliki Pada Konten yang Dibuat

Product Knowledge adalah segala hal terkait informasi dan keunggulan produk yang ditawarkan bisnis. Setiap bisnis/ perusahaan mempunyai data terkait hal tersebut untuk dibagikan kepada pelanggan. Itu sebabnya harus membuat konten yang mendidik pelanggan terkait Product Knowledge bisnis dan membantu mereka menyadari bahwa apa yang ditawarkan berbeda dari kompetitor. Melakukan strategi Content Marketing untuk bisnis kecil adalah salah satu opsi upaya pemasaran yang patut dicoba. Untuk memastikan Pemasaran Konten sudah membuahkan hasil, maka buatlah konten yang tidak hanya menarik pelanggan, tetapi juga membantu mempertahankannya.

Baca juga : Strategi Menanggapi Customer Review

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait