JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
hosting managed

Managed WordPress Hosting

Bagi seorang yang baru terjun dalam dunia website, blog atau WordPress dan sedang mencari hosting yang bagus dengan mengunjungi beberapa situs penyedia layanan hosting pasti sering melihat paket yang ditawarkan seperti “Managed WordPress Hosting”. Dan jika menggunakan WordPress sebagai platform untuk membangun website, perlukah menggunakan hosting Managed WordPress? Kenapa harga yang ditawarkan lebih mahal? Dan masih banyak pertanyaan lain yang mungkin hadir di benak pengguna website.

Pengertian Managed WordPress Hosting

hosting wordpress managed

WordPress merupakan platform web yang sangat populer, yang menjadikan para penyedia layanan web hosting mengisitimewakan WordPress dengan membuat layanan hosting yang disebut Managed WordPress Hosting (mengelola hosting WordPress). Jadi Managed Worpress Hosting adalah layanan hosting untuk membuat website menggunakan platform WordPress dengan kemudahan pengelolaan, yang dibuat untuk pengguna yang ingin bisa mengelola website dengan praktis seperti WordPress.com, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Managed WordPress hosting juga akan memberikan panel kontrol untuk hosting, seperti halnya saat menggunakan WordPress.org. Jadi, bisa tetap melakukan pengaturan tertentu yang diinginkan. Bedanya, panel kontrol pada Managed WordPress hosting lebih sederhana. Dengan begitu, pemilik situs bisa fokus pada pengaturan utama yang dibutuhkan saja. Misalnya, instalasi WordPress yang bisa dilakukan dengan sekali klik. Jadi bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakan Managed WordPress hosting.

Hosting jenis ini dibuat khusus untuk memenuhi semua aspek teknis yang dibutuhkan oleh WordPress seperti keamanan, kecepatan, update WordPress, backup harian, website uptime, dan skalabilitas. Agar pemilik website bisnis online dapat fokus untuk menjalankan bisnisnya, dan untuk sistem WordPress dan hostingnya sudah ditangani oleh tim ahli dari penyedia hosting. Salah satu bagian terbaik dari penggunaan Managed WordPress hosting adalah dukungan premium, yang ditangani oleh para ahli WordPress yang mempunyai banyak pengalaman dan pengetahuan mendalam mengenai WordPress yang siap membantu kapan saja jika situs WordPress mengalami masalah.

Baca juga : Managed WordPress Hosting

Kelebihan Managed WordPress Hosting

  • Cepat: Server hosting dikonfigurasi secara khusus untuk WordPress. Maka hosting ini menjadikan situs WordPress di akses super cepat bahkan ketika website mendapatkan banyak lalu lintas.
  • Keamanan: Situs WordPress merupakan platform yang aman tapi banyak menjadi incaran para hacker karena kepopulerannya, dengan hosting Managed WordPress keamanan begitu sangat diperhatikan dengan memiliki lapisan keamanan yang sangat ketat yang secara aktif memindai malware dan memblokir semua upaya hacking.
  • Dukungan ahli: Staf sangat paham dan ahli di bidang WordPress. Team dukungan akan menyarankan dalam menggunakan plugin yang mempengaruhi kinerja, memecahkan masalah lebih cepat, dan banyak lagi. Maka pemilik situs akan merasa seperti memiliki asisten pribadi dengan keahlian WordPress yang siap membantu.
  • Backup Harian: Server hosting managed WordPress akan secara otomatis membuat backup harian dan menawarkan restore point jika ingin mengembalikan.
  • Automatic Updates: Tidak perlu khawatir tentang pembaruan atau update WordPress terbaru karena semua update dilakukan secara otomatis.
  • Tidak ada downtime: Tidak peduli berapa banyak lalu lintas situs yang datang, website akan tetap aktif dan tidak akan mengalami downtime. Dev Tools, biasanya akan mendapatkan Tools lebih pada Control Panel yang dibutuhkan oleh WordPress.

Kekurangan Managed WordPress Hosting

  • Harga: Managed WordPress hosting secara umum ditawarkan dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan paket shared hosting.
  • Terbatas: Karena arsitektur server khusus untuk menjalankan platform WordPress, maka akan menjadi kendala saat ingin menjalankan web yang dibangun selain dengan menggunakan WordPress, jadi ini benar-benar untuk WordPress. Dan juga membatasi penggunaan plugin yang terbukti memperlambat situs. Hal ini tidak sepenuhnya merugikan, tetapi dapat menjadi masalah jika memiliki plugin sendiri untuk kebutuhan situs.
  • Kurang Kontrol: Karena ini merupakan hosting yang di kelola, maka pemilik website tidak begitu memiliki kontrol penuh pada semua aspek teknis server dan aspek teknis berada dibawah team yang disediakan oleh hosting. Tujuan menggunakan Managed hosting adalah agar terbebas dari mengelola WordPress dan servernya, hanya cukup fokus pada bisnis.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Managed WordPress Hosting

Untuk seorang pemula dalam dunia digital marketing dan ingin memulai sebuah blog, maka tidak perlu menggunakan Managed WordPress hosting, sebaiknya memulai dengan menggunakan hosting WordPress biasa atau paket shared hosting yang memiliki harga jauh lebih terjangkau. Namun jika saat ini sedang menjalankan usaha kecil dan situs web sudah memiliki lalu lintas yang tinggi dan tidak ingin repot mengurusi hal teknis, maka solisinya yaitu gunakan hosting ini. Karena jika tidak memiliki keterampilan teknis mengenai server hosting dan WordPress, maka web hosting dan WordPress dapat menjadi rumit dan bisa membuang-buang waktu pada hal teknis daripada bisnis.

Jika menggunakan hosting seperti shared, cloud hosting, VPS, atau dedicated, pengguna harus bertanggung jawab secara pribadi untuk keamanan, update, backup, kecepatan, uptime, dll. Tapi jika menginginkan sesuatu yang membebaskan dari kerepotan, super cepat, dan menawarkan dukungan dengan cepat dan khusus, maka silahkan untuk menggunakan Hosting jenis ini.

Baca juga : Perbedaan Antara Seo Dan Google Ads

Perbandingan WordPress.com dan Managed WordPress Hosting

  1. Hosting

Salah satu selling point WordPress.com adalah hosting yang sudah termasuk dalam semua paketnya. Maka bisa langsung membuat website tanpa harus memilih-milih layanan hosting. Selain langkah set up-nya singkat, pengaturan hosting WordPress.com juga tidak perlu diutak-atik dulu untuk menjaga performanya. Jadi dengan kemudahan ini WordPress.com cocok untuk pemula dan masih awam soal website. Managed WordPress hosting menawarkan pengalaman yang sama, pengguna memang akan mendapatkan panel kontrol untuk menikmati fitur hosting. Namun, hanya fitur utama yang diberikan dan tidak wajib diutak atik, kecuali saat membutuhkannya. Jadi, pemilik web hanya tinggal pilih paket yang diinginkan dan website sudah bisa digunakan dengan baik tanpa ribet melakukan pengaturan lebih jauh.

  1. Domain

Domain adalah identitas online sebuah website. Ketika menggunakan versi gratis WordPress.com, domainnya adalah website.wordpress.com. Bagi yang ingin membangun website bisnis atau portofolio, domain tersebut tentu terlihat kurang profesional. Terutama, dari sisi branding. Untuk menghilangkan WordPress.com tersebut, Anda harus melakukan upgrade ke paket berbayar WordPress. Ketika menggunakan Managed WordPress hosting, akan bebas memilih domain yang diinginkan. Pilihan ekstensinya pun beragam, seperti .com, .id, .xyz, dan lainnya. Penyedia layanan hosting bahkan akan memberikan domain gratis. Cukup dengan membeli paket Managed WordPress hosting tertentu dengan durasi minimal satu tahun.

  1. Instalasi WordPress

Di WordPress.com, pemilik web cukup mengikuti panduan setup yang diberikan dan website siap digunakan. Jadi, tidak ada proses instalasi khusus yang harus dilakukan. Saat menggunakan Managed WordPress hosting, juga perlu melakukan instalasi WordPress dulu. Namun, proses instalasinya bisa dilakukan secara cepat dengan sekali klik. Ada menu khusus yang mudah ditemukan setelah login di panel kontrol.

  1. Tema

Ada ribuan tema gratis di WordPress.com yang bisa dipilih untuk website. Namun, jika ingin melakukan kustomisasi, hanya bisa mengubah warna background, urutan menu navigasi, dan menambah widget.  Jika ingin kebebasan kustomisasi, lakukan upgrade ke paket Premium. Kemudian lakukan pembelian tema premium dari pihak ketiga dan menguploadnya. Apabila menggunakan Managed WordPress hosting, maka akan memiliki kebebasan mengelola tema seperti halnya saat menggunakan WordPress.org. Bukan hanya bebas memasang tema yang diinginkan, namun bisa langsung upload tema sesuai brand untuk website tersebut.

  1. Plugin

Plugin memungkinkan untuk menambah fitur yang diinginkan di website dengan mudah. Namun, di WordPress.com tidak bisa menginstalnya kecuali di paket Business. Daripada harus membayar mahal, lebih baik pilih layanan Managed WordPress hosting yang sesuai anggaran, agar bebas menginstal plugin yang dibutuhkan, baik plugin gratis maupun premium tanpa harus upgrade dulu.

  1. Keamanan

WordPress.com menawarkan sebuah platform yang aman tanpa perlu langkah manual seperti upgrade platform WordPress. Karena semua sudah dijalankan oleh pihak WordPress.com. sama halnya juga dengan Managed WordPress hosting. WordPress merupakan platform yang aman, karena penyedia layanan Managed WordPress hosting akan membantu menjaga keamanan websit. Dan juga akan mendapatkan fitur keamanan terbaik.

  1. Analytics

Website bisnis membutuhkan tools analytics untuk menganalisis traffic dan konversi di website, agar perkembangan bisnis dapat dipantau dengan baik. WordPress.com akan menyediakan tool data analytics yang diperlukan. Namun, cukup sederhana dan terbatas, terutama bagi pengguna gratis. Apabila ingin menggunakan Google Analytics yang datanya lebih lengkap, maka harus upgrade ke paket Premium. Di Managed WordPress hosting juga bebas mengintegrasikan berbagai tools analytics dengan website. Jadi, tak perlu bingung ketika sudah terbiasa menggunakan Google Analytics, dan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk upgrade karena bisa langsung dilakukan.

  1. SEO

SEO adalah upaya untuk membuat website muncul di puncak pencarian Google. Menggunakan platform yang ramah SEO merupakan langkah optimasi terbaik. Didukung oleh platform WordPress, website yang dibuat dengan WordPress.com bisa dikatakan sudah SEO-friendly. Dan optimasi yang lebih optimal, menggunakan plugin SEO akan sangat membantu.  Namun WordPress.com mengharuskan website menggunakan paket Business atau eCommerce untuk dapat menginstal plugin, yang akan menjadi pertimbangan jika memiliki anggaran yang terbatas. Dan juga, dengan menggunakan Managed WordPress hosting, akan mendapatkan manfaat dari platform WordPress yang SEO-friendly. Dan bebas menginstal plugin plugin SEO seperti YoastSEO atau RankMath tanpa biaya tambahan.

  1. Iklan

Jika ingin menggunakan website untuk mendapat penghasilan dari iklan, WordPress.com mungkin bukan pilihan yang menjanjikan. Karena, harus menggunakan paket Premium dan hanya bisa menggunakan WordAds, penyedia iklan milik WordPress. Jika menggunakan Google AdSense, saat menggunakan Managed WordPress hosting adalah pilihan yang lebih baik. Selain tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk upgrade, dan bebas memilih penyedia layanan iklan apapun sebagai sumber penghasilan.

  1. Backup

backup website

Membuat backup adalah langkah penting dalam mengamankan website. Karena jika tidak, maka tidak bisa memulihkan website jika terjadi error yang tidak bisa diatasi. Baik WordPress.com atau Managed WordPress hosting menyediakan fitur backup. Bedanya, fitur backup WordPress.com hanya tersedia untuk pengguna paket Business dan eCommerce. Sedangkan Managed WordPress hosting, memungkinkan melakukan backup sesuai kebutuhan.

Baca juga : Web Server dan Jenis- Jenis Web Server

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂