JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
Macam- Macam Sumber Penghasilan Blogger

Macam- Macam Sumber Penghasilan Blogger

Kecanggihan teknologi yang semakin mutakhir saat ini telah membuka begitu banyak peluang baru yang sebelumnya belum pernah ada. Era digital memungkinkan orang untuk tak hanya hidup lebih mudah dan modern, tapi juga menciptakan sejumlah lapangan kerja baru yang beragam. Dengan hadirnya berbagai macam platform media sosial juga menunjang masyarakat untuk go public dan eksis di dunia maya. Seperti menjadi seorang blogger. Penghasilan blogger tidak bisa dianggap remeh, karena biasanya blogger profesional mampu menghasilkan puluhan juta rupiah hanya dariblog yang dikelola sendiri. Masyarakat era digital, seakan tak bisa lepas dari gadget dan internet. Saat ini, hampir semua orang akan beraktivitas dengan melibatkan smartphone. Fenomena ini tentunya mendatangkan sejumlah perubahan gaya hidup yang signifikan. Contoh dalam bidang perekonomian, jika dulu berjualan hanya dilakukan secara fisik dan konvensional, kini sudah banyak kegiatan jual beli online melalui media sosial hingga platform e-commerce khusus seperti Tokopedia dan Shopee. Dalam bidang pendidikan, apalagi dengan adanya pandemi, kegiatan belajar maupun seminar dan workshop dilakukan secara online. Banyak juga bermunculan media massa online serta aliran jurnalistik online yang tertuang dalam blog, situs, forum dan media sosial. Dengan teknologi mutakhir seperti saat ini, setiap orang bisa mempublikasikan diri serta karyanya untuk lebih mudah dikenal orang banyak.

Baca juga : Tips Mendapatkan Uang Dari Blogger dan Contohnya

Internet Sebagai Sumber Penghasilan

Banyak orang berhasil mendapatkan penghasilan besar dari internet, baik dari media sosial hingga platform seperti blog. Dengan kemudahan untuk mempublikasikan diri, saat ini banyak orang yang kemudian terjun ke dunia penulisan blog dan menjadi blogger profesional, karena iming-iming penghasilan blogger yang tergolong cukup besar. Blog bisa berisi tulisan informatif dengan berbagai segmentasi yang sangat luas dan variatif, yang memungkinkan publik untuk mengeksplorasi sambil mendapatkan penghasilan dari artikel yang ditulis. Berbagi tulisan, pemikiran dan karya yang notabene tadinya hanya merupakan sebuah hobi, namun saat ini malah bisa menghasilkan uang. Blogger profesional umumnya mempunyai jam kerja yang fleksibel. Karena, postingan bisa dikerjakan kapan saja tanpa terikat jam kerja seperti jam kantoran.

Sumber Penghasilan Blogger

1. Dari Penawaran Layanan atau Jasa

Memulai blog sendiri tentu akan memberikan pengalaman dan pembelajaran baru. Mulai dari belajar membuat konten sendiri, mendesain banner dan logo, mengoperasikan blog, serta mempelajari SEO (Search Engine Optimization) agar pengunjung blog semakin banyak. Semakin lama tentu akan semakin handal, skill dan pengetahuanmu ini kelak bisa ditawarkan kepada visitor atau blogger pemula selanjutnya. Bukalah penawaran jasa dan layanan yang bersifat lepas (freelance) sebagai guide bagi pembaca yang tertarik untuk mengikuti jejakmu. Bisa dengan menawarkan jasa pelatihan, jasa desain, hingga jasa teknik penulisan dan lainnya.

2. Dari Iklan Google AdSense

google ads

Iklan yang dipasang di blog, bisa menjadi sumber penghasilan. Baik yang ditempatkan di dalam artikel atau postingan hingga pemasangan banner. Namun, blog tersebut terlebih dahulu harus mempunyai traffic pengunjung atau pembaca yang tinggi, barulah setelahnya bisa mendapatkan iklan. Khusus untuk yang masih tergolong newbie, alangkah baiknya memasang Google AdSense. Untuk memungkinkan blog yang masih dalam skala visitor kecil bisa mendapat iklan. Google AdSense merupakan jaringan periklanan yang disediakan google. Google Adsense merupakan sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini, dimiliki oleh perusahaan besar yaitu Google. Google AdSense adalah program PPC (pay-per-click) yang mengharuskan Anda untuk mrnampilkan iklan di halaman situs. Ini adalah salah satu metode yang paling fleksibel karena Google menangani hampir semua hal terkait pengiklanan. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik website untuk menayangkan iklan. Adwords dan Adsense pada intinya adalah layanan yang sama. Perbedaanya, Adwordsa menyediakan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan. Sedangkan untuk publisher menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense. Berikut langkah-langkah memasang iklan di blog sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog.

  • Darfatrkan akun di Google AdSense, kemudian isi informasi (URL, alamat billing, dll)
  • Masukkan kode verifikasi. Letakkan di antara <head>dan </head> dari setiap halaman yang diinginkan untuk menampilkan iklan. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menginstal plugin Ad Inserter. Buka Setting >> Ad Inserter dan klik pada simbol General Setting, buka tab Header, dan paste kode di sana
  • Tunggu hingga akun disetujui. Proses pendaftaran mungkin cepat, tetapi Google butuh hingga tiga hari untuk memverifikasi akun.
  • Mulai buat iklan. Setelah akun diverifikasi, maka akan memiliki akses ke dashboard Adsense. Buka My Ads >> New ad unit dan kustomisasikan iklan – nama, ukuran, dan jenis iklan.
  • Salin-tempel kode iklan ke blog. Dapat dilakukan secara manual dengan menavigasi ke Appearance >> Widgets dan menambahkan Custom HTML. Tempatkan widget ke bagian mana saja dan tempel kode di sana. Atau, dapat menggunakan plugin Ad Inserter. Pastikan untuk menempatkan iklan di tempat audiens dapat melihatnya segera.

Baca juga : Memahami Strategi Marketing Funnel untuk Bisnis

Sekarang iklan akan muncul di blog, saatnya menunggu agar mendapatkan cukup klik. Cepat atau lambat, akan mencapai jumlah minimum (100 USD) dan akan dibayar pada akhir bulan. Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan analisa pada konten website, untuk memastikan iklan yang tampil sesuai dengan website. Contoh, jika memiliki website tentang kucing, Andsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan hewan piaraan.

3. Dari Endorsement

endorsment

Mungkin sering melihat para blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blognya. Baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk, itulah yang disebut dengan endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya. Blogger diminta untuk menuliskan ulasan atau review-nya di blog pribadinya. Biasanya, para blogger dipilih untuk menuliskan ulasan produk atau layanan jasa, karena konten dan gaya penulisan blogger lebih natural serta menggunakan sudut pandang konsumen. Maka, review yang tercipta tidak akan tampak seperti iklan, karena lebih ke soft-selling yang sifatnya membujuk. Benefitnya bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis. Tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan. Biasanya perusahaan yang akan menghubungi blogger terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama. Maka, pastikan sudah membangun blog yang berkualitas agar semakin banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan Anda.

4. Dari Menjadi Brand Ambassador

Brand Ambassador

Para blogger juga kerap dijadikan pilihan menarik bagi suatu brand untuk menjadi ambassador mereka. Saat ini, tak hanya selebriti saja yang disasar untuk menjadi brand ambassador. Justru karena image para blogger yang ‘sama seperti orang biasa’ ini lebih berpengaruh bagi masyarakat banyak. Mereka jadi lebih mudah terbujuk untuk menggunakan merek yang digunakan para blogger yang bersangkutan. Contoh, Kristina Bazan yang disebut sebagai blogger pertama untuk jadi brand ambassador dari merek kenamaan L’oreal Paris. Sedangkan dalam kancah blog tanah air, ada Diana Rikasari yang pernah ditunjuk jadi brand ambassador dari Sony Xperia Z5 Compact.

5. Dari Content Placement

Content placement

Penempatan konten ini berbeda dengan ulasan yang berbayar. Content placement atau penempatan konten ini hanya mengharuskan untuk menempatkan artikel yang bukan hasil karya sendiri di dalam blog. Jadi tidak perlu menulis konten sendiri, karena biasanya sudah disiapkan dari yang pihak pemasang. Cukup dengan hanya mempublikasikan tulisan yang disediakan oleh pihak pengiklan, maka bisa mendapatkan uang. Biasanya, fee untuk content placement akan lebih sedikit ketimbang ulasan berbayarTapi jika pada saat yang bersamaan mengelola dua blog atau lebih, penghasilan dari penempatan konten ini tentu bisa diperhitungkan.

6. Dari Afiliasi

afiliasi

Cara afiliasi juga kerap dilakukan oleh para blogger, karena bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari pembuatan tautan. Jika para visitor blog mengklik link terkait, maka pemilik blog berhak atas komisi dari penjualan mereka. Penempatan tautan biasanya kerap disisipkan dalam isi postingan. Ada pun beberapa perusahaan yang kerap berafiliasi dengan para blogger antara lain seperti Bukalapak.com dan Lazada.co.id serta e-commerce lainnya.

Affiliate marketing sangat mirip dengan sponsored contemt, karena hanya perlu menulis artikel yang akan menguntungkan mitra bisnis. Perbedaanya, blogger dibayar melalui jumlah klik atau penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi. Berikut ini adalah cara melakukannya:

  • Pilih program afiliasi. Ada banyak program populer seperti ShareASale, eBay Partners, Shopify Affiliate Program, dan lain sebagainya.
  • Arahkan pembaca untuk mengklik link afiliasi yang ada. Tulis ulasan yang meyakinkan tentang suatu produk atau jasa. Semakin banyak klik yang diperoleh, semakin banyak yang akan didapatkan. Pastikan untuk transparan, katakan bahwa ini adalah pos afiliasi. Kepercayaan memainkan peran penting dalam pemasaran afiliasi.
  • Kembangkan buletin email. Jangkau khalayak yang lebih luas dengan mengirimkan konten ke kotak masuk mereka secara pribadi. Ini adalah solusi efektif untuk mendapatkan banyak klik.
  • Prioritaskan audiens. Jika memungkinkan, coba produk secara langsung. Jika tidak menyukainya, audiens mungkin juga tidak. Membanggakan produk-produk berkualitas buruk akan merusak reputasi blog.

Baca juga : Cara Kerja dan Pentingnya Sales Funnel dalam Bisnis

7. Dari Event

event

Cobalah mengadakan sebuah acara untuk mengundang pengunjung setia, adakan acara dalam skala kecil saja yang sekiranya dihadiri oleh minimal 20-30 orang. Lalu tetapkan tarif yang cocok untuk event tersebut. Temukan juga sponsor acara yang bersedia berkolaborasi dan kerja sama. Maka, penghasilan bisa didapatkan dari blog. Acara seperti ini kerap diselenggarakan oleh para beauty blogger, yakni mereka yang mempunyai blog bermuatan tutorial makeup serta fashion, kecantikan, fotografi, memasak, serta Do It Yourself (DIY).

8. Dari Recurring Income (Situs Membership)

membership

Cara untuk Recurring income yakni dengan menerapkan sistem membership premium. Sehingga bagi yang ingin mendapatkan membership premium wajib membayar biaya keanggotaan. Setelah uang keanggotaan dibayar, mereka dapat mengakses dan menikmati konten blog istimewa, yang tentunya tak bisa diakses oleh anggota regular. Misal, bagi pengguna Netflix harus membayar setiap bulan jika ingin terus menonton tayangan dari platform streaming berbayar ini. Itulah yang dimaksud dengan situs membership. Bahkan beberapa penjualan saja dapat menghasilkan pendapatan reguler, bahkan tidak perlu khawatir tentang trafik. Setelah audiens membayar sebuah layanan, mereka akan selalu mengunjungi situs tersebut secara teratur. Ada juga berbagai bidang yang dapat dipilih untuk blog keanggotaan, seperti layanan streaming, berlangganan perangkat lunak, forum premium, dan lainnya.

9. Dari Tawaran Menulis di Platform Lain

Semakin banyak konten dan pembaca di blog, maka bukan tak mungkin jika berbagai tawaran lebih menarik dari perusahaan lain akan bermunculan. Di era digital ini, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan konten untuk websitenya. Perusahaan-perusahaan seperti ini biasanya akan memprioritaskan blogger untuk menuliskan konten yang dibutuhkan, karena para blogger dianggap sudah berpengalaman dalam penulisan konten bagi readers di dunia maya. Sehingga, profesi sebagai content writer pun bisa dirangkap oleh para blogger.

10. Dari Menjadi Narasumber atau Pembicara

Para blogger sering bertugas meliput, untuk mendapatkan informasi konten yang akan ditulis menjadi konten. Namun, tak jarang blogger menjadi objek atau narasumber yang diliput. Biasanya blogger akan diundang sebagai narasumber sekaligus pembicara dalam workshop dan berbagai acara. Blogger yang diundang umumnya diminta untuk berbagi pengalamannya, berkenaan dengan topik yang dijadikan pembahasan dalam acara tersebut. Contoh, blogger dengan konten yang mengulas tentang travelling akan diundang sebagai pembicara travel-blogger. Biasanya, fee yang tersedia juga lumayan besar. Dan tentu saja nama blogger yang bersangkutan akan semakin dikenal oleh publik.

Baca juga : Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z yang Menguntungkan

11. Dari Konten yang Disponsori

Jika blog memiliki banyak traffic, akan ada sponsor yang ingin bekerjasama. Ini adalah cara yang fantastis untuk menghasilkan uang dari blogging. Pada dasarnya, blogger dibayar oleh sponsor untuk menerbitkan artikel. Artikel dirancang untuk membantu perusahaan dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan, baik dalam bentuk ulasan, pengumuman produk baru, penjualan, dll. Dan yang akan menulis artikel, tergantung pada persetujuan blogger dengan sponsor. Jika mereka ingin membuat blogger bertanggung jawab atas pembuatan konten, blogger bisa menagih lebih banyak untuk mereka. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan konten yang disponsori untuk menghasilkan uang dari blogging.

  • Buat laporan analisis di blog. Jika mengharapkan perusahaan untuk membayar, maka mereka akan mengharapkan hasil. Tunjukkan pada mereka seberapa baik kinerja blog, perhitungkan tampilan halaman, rasio pentalan, dll.
  • Tawarkan layanan ke bisnis lokal. Bangun portofolio sebelum menawarkannya ke perusahaan besar. Atau, temukan pelanggan potensial di situs-situs pasar sponsor seperti Cooperatize dan Tomoson. Pastikan untuk mencocokkan sponsor dengan niche yang dimiliki.
  • Negosiasikan harga. Gunakan laporan untuk menentukan biaya. Bisa berdasarkan angka pada tingkat keahlian, jumlah usaha yang dilakukan untuk menyempurnakan desain blog, dan pertanggung jawaban atas pembuatan konten.
  • Publikasikan pos yang disponsori. Jika berada di Amerika, undang-undang mengharuskan untuk menyatakan bahwa menulis sponsored post. Cocokkan juga tone dan gaya artikel dengan yang dimiliki.

12. Dari Produk Digital

Jika memiliki bakat untuk berwirausaha, cobalah untuk menjual produk sendiri. Namun, pilihan ini mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak usaha, karena harus menangani banyak hal, yaitu melakukan pengiriman, pengisian ulang, pengemasan, dan sebagainya. Tetapi biasanya, menjual produk digital membutuhkan lebih sedikit staf, tidak akan kehabisan stok, dan dapat mengirimkan produk dengan cepat. Terdapat banyak jenis produk digital yang dapat dipilih, mulai dari ebook, fotografi, karya seni, musik, hingga software dan bahkan kursus online. Berikut langkah-langkah untuk menjual produk digital:

  • Tentukan apa yang akan dijual. Lakukan riset pasar untuk melihat apa yang paling laku terjual, dan cari tahu kisaran harganya. Pastikan juga bahwa yang akan dijual adalah keahlian atau niche yang dimiliki.
  • Manfaatkan plugin yang cocok. Plugin WooCommerce yang sudah ahli dalam bidang perniagaan online akan pas untuk kebutuhan blogger.
  • Mulai menjual. Tampilkan produk dalam format yang menarik seperti listikal atau how-to. Buat juga tulisan yang menarik di deskripsi produk.
  • Lakukan tindak lanjut. Buat respons otomatis setelah setiap pembelian untuk meminta ulasan dan peringkat dari para pelanggan.

Menjual produk digital adalah cara menghasilkan uang dari blog yang cepat. Namun, kesulitannya mungkin pada produksi barang. Jika tidak mengetahui cara untuk membuat sesuatu, pertimbangkan lah untuk menjual produk orang lain. Ada beberapa merchant yang bersedia memberi diskon untuk menjual barang-barang mereka, dan blogger bisa menaikkan harganya, sesuai kondisi masing-masing merchant. Namun, cara ini tidak semenguntungkan seperti menjual produk sendiri.

Baca juga : Value Proposition untuk Meningkatkan Pelanggan yang Loyal

13. Dari Penulis Lepas

Setelah blogging untuk waktu yang cukup lama, blogger mungkin sudah memiliki portofolio yang cukup untuk membuat orang memercayakan proyeknya. Freelancing adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blogging. Dan ada permintaan besar untuk penulis lepas, setiap bisnis membutuhkan konten untuk mempertahankan digital presence perusahaan. Jadi, cobalah untuk memberikan tulisan terbaik Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Kumpulkan sampel tulisan terbaik. Melihat adalah percaya, maka portofolio yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan peluang bagi seorang blogger untuk direkrut.
  • Siapkan halaman sewa saya di blog. Jadikan diri dikenal oleh dunia. Masukkan beberapa informasi seperti pengalaman menulis, topik apa yang dikuasai, dan sebagainya.
  • Perluas kesempatan. Ada banyak cara untuk mengatasi ini, membuat posting di papan pekerjaan, bertanya langsung ke bisnis lokal, pergi ke forum, dan banyak lagi.
  • Bernegosiasi dan mulai menulis. Tentukan harga, batas waktu, dan kondisi terkait lainnya. Kemudian, berikan yang terbaik untuk menghasilkan konten dengan kualitas terbaik. Pelanggan yang puas sama dengan uang yang baik!

Menjadi penulis lepas merupakan pilihan yang bagus terutama ketika bagi orang yang memiliki hobi menulis. Namun, reputasi yang baik tidak dapat dibangun hanya dalam waktu yang singkat. Perlu proses panjang sebelum perusahaan memperhatikan blogger tersebut dan tentunya dibutuhkan dedikasi tinggi untuk menuju kesuksesan.

Baca juga : SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Reset Keyword

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂