Search
Close this search box.
Layanan Payment Gateway Terbaik yang Bisa Digunakan Di Indonesia

Layanan Payment Gateway Terbaik yang Bisa Digunakan Di Indonesia

Payment gateway adalah aplikasi yang mengesahkan pembayaran untuk bisnis elektronik, ritel online, bisnis mortir, dan lainnya. Sistem ini mengenkripsi informasi rahasia seperti nomor kartu kredit dan debit untuk membuat calon konsumen yakin bahwa data yang dikirimkan antara pelanggan dan pedagang adalah rahasia dan aman. Khusus bagi yang memiliki profesi pemilik sebuah bisnis online, pilihan terhadap layanan payment gateway dapat disesuaikan dengan user experience di situs web melalui arus kas ke penjualan online. Bagi pengguna yang berada di Indonesia, terdapat banyak layanan payment gateway yang bisa digunakan. Berikut beberapa  payment gateway terbaik di Indonesia.

Jenis Layanan Payment Gateway

1. Midtrans

midtrans

Midtrans adalah payment gateway online yang fokus melayani pasar e-commerce Indonesia. Singkatnya, mereka memberi perusahaan e-commerce kemampuan untuk menerima pembayaran online. Dulunya nama Midtrans adalah Veritrans Indonesia, yang merupakan layanan payment gateway yang berasal dari Jepang dan menjadi bagian dari Gojek pada tahun 2017. Layanan ini terus berkembang dan dipercaya lebih dari 500 ribu merchant termasuk Tokopedia, KitaBisa dan TaniHub. Dengan motto, “empowering ecommerce through technology”, layanan yang mulai hadir pada tahun 2012 ini cocok digunakan oleh startup, UMKM, dan perusahaan besar. Karena Midtrans memiliki berbagai kelebihan dalam memudahkan transaksi, apapun skala bisnisnya. Payment gateway ini menerima pembayaran melalui website, chat hingga SMS. Integrasi dengan platform lain juga cukup cepat dan sederhana, serta dapat diandalkan untuk mengelola banyak transaksi sekaligus. Midtrans juga telah tersedia di beberapa platform seperti, Shopify dan iOS dan menyediakan hingga 24 metode pembayaran. Sebagai tambahan, sistem anti fraud mereka bisa mendeteksi adanya transaksi mencurigakan. Inilah mitra Midtrans sebagai sebuah payment gateway, Visa, MasterCard, JCB, American Express, BCA, BNI, Mandiri, Permata Bank, BRIVA, ALTO, ATM Bersama, Prima, QRIS, Gopay, ShopeePay, BCAKlikPay, ePay BRI, OCTO Clicks, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan. Midtrans menentukan tarif sebesar Rp4000 untuk setiap transaksi transfer bank dan maksimal 2% untuk fee transaksi melalui e-wallet. Berikut cara Apply Midtrans :

  1. Daftarkan akun.
  2. Lengkapi persyaratan bisnis Midtrans dengan mengirim email berikut :
  • Kepada: solutions@veritrans.co.id dan cc ke (support@easystore.co)
  • Judul Subjek: EASYSTORE – (URL toko)
  • Konten: Sebutkan Merchant ID
  • Lampiran: KTP dan NPWP
Cara Mengintegrasikan Akun Midtrans
  1. Masuk ke Portal Administrasi Merch Midtrans di (https://account.midtrans.com). Kemudian akan menemukan nama toko online dengan lingkungan Sandbox/Produksi. Pastikan toko online berada di lingkungan Produksi.
  2. Klik Settings > Access Keys. Dapatkan Merchant ID Midtrans, Client Key, dan Server Key Midtrans.
  3. EasyStore Control Panel > Settings > Payments > Tambahkan metode pembayaran.
  4. Pilih Midtrans.
  5. Masukkan Merchant ID, Client Key, dan Server Key > Save.

2. Faspay

Faspay

Faspay adalah salah satu payment gateway yang berpengalaman, karena telah  berdiri sejak tahun 2003. Hingga saat ini, Faspay telah melayani pembayaran online untuk lebih dari 1500 mitra usaha dari berbagai industri. Faspay memungkinkan e-commerce menerima pembayaran online. Pilih antara kanal Kredit atau Debit, mulai dari internet banking, akun virtual, hingga e-wallet. Jika bermitra dengan Bank dan Telco terkemuka di Indonesia, maka akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kemampuan untuk menerima pembayaran dari 120 Bank nasional. Salah satu kemudahan Faspay adalah Faspay Billing, yang memungkinkan untuk membuat dan memproses data transaksi penagihan. Faspay memiliki dua layanan untuk konsumen. Faspay Business memberikan layanan pembayaran online melalui debit ataupun kredit dengan berbagai metode pembayaran. Sedangkan, Faspay Billing dapat membantu memproses data transaksi penagihan. Berikut beberapa mitra FasPay, Visa, MasterCard, American Express, BCA, BNI, Mandiri, Bank BRI, Permata Bank, Maybank, Telkomsel, BRIVA, Artajasa, OVO, Akulaku, Kredivo, Indomaret, Alfamart. Jika menggunakan Faspay, pembayaran melalui transfer bank akan dikenakan fee sebesar Rp4000 untuk setiap transaksi dan maksimal 5% jika menggunakan e-wallet. Berikut fitur yang dimiliki oleh FasPay:

  • Fastest Settlement. Pemasangan sistem pembayaran mudah.
  • Pay Per Transaction. Tak perlu membayar biaya berlangganan bulanan
  • Latest Fraud Detection System. Sistem pembayaran lebih aman karena ada anti fraud yang bisa mendeteksi transaksi mencurigakan.
  • Semakin mudah membayar di berbagai ATM dan gerai waralaba hanya dengan menggunakan 1 order id.

3. DOKU

DOKU

DOKU adalah solusi pembayaran elektronik lokal untuk menawarkan opsi pembayaran baru kepada pelanggan. DOKU adalah perusahaan penyedia payment gateway yang berdiri sejak 2007. Doku cukup populer dengan 150 ribu mitra usaha dan lebih dari 3 juta pengguna. Mitra Doku berasal dari UMKM hingga perusahaan ternama seperti Lazada, Garuda Indonesia, KFC, HnM, Pertamina hingga Unicef. Mitra Doku tertarik karena fitur-fitur yang ditawarkan, salah satu yang utama yaitu layanan pembayaran yang bervariasi. Doku dapat menerima pembayaran melalui website, link, invoice, dan lainnya. Doku juga telah terintegrasi dengan e-commerce CMS seperti WooCommerce, Magento, OpenCart dan Shopify. Hal ini sangat memudahkan, karena saat ini hampir semua toko online dibangun dengan berbagai platform e-commerce. Beberapa mitra DOKU sebagai payment gateway antara lain, Visa, MasterCard, ATM Bersama, BNI, Mandiri, BCA, KlikPay, Permata Bank, Bank Sinarmas, Bank Danamon, CIMB Clicks, Bank Muamalat, ShopeePay, Dana, LinkAja, OVO, Gopay, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan, Kredivo. Jika menggunakan DOKU, pembayaran melalui transfer bank akan dikenakan fee sebesar Rp2500 untuk setiap transaksi. Pelanggan dapat memilih salah satu opsi berikut untuk melakukan pembayaran.

  1. DOKU E-Wallet
  2. Internet Banking
  3. Transfer Bank: Dengan menggunakan Kode Pembayaran Transfer Bank, sudah bisa membayar pemesanan melalui ATM Bersama, Prima, dan Alto. Bisa juga melakukan pembayaran melalui internet bankimh atau mobile banking selama masih terhubung ke jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto. Saat melakukan transfer, pilih ‘Bank Permata’ sebagai rekening bank tujuan atau kode bank ‘013’. Kemudian, masukkan kode pembayaran ke nomor rekening bank tujuan.

4. iPaymu

iPaymu

IPaymu adalah layanan payment gateway yang menawarkan solusi sistem pembayaran Plug & Play untuk e-Commerce, reseller, dan dropshipper. Hingga saat ini, lebih dari 218 ribu mitra usaha yang menjadi klien iPaymu. iPaymu juga merupakan penyedia pembayaran online yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melalui Internet dari 137 bank yang beroperasi di Indonesia, serta melalui layanan pos negara yaitu Pos Indonesia. iPaymu mudah digunakan karena mereka meminimalkan pengetahuan yang diperlukan tentang aplikasi bisnis online yang tidak perlu dipelajari pengguna tentang pemrograman untuk dapat memiliki sistem pembayaran online sendiri pada bisnis situs web. IPaymu menawarkan beberapa keunggulan layanan, diantaranya: integrasi tanpa coding, keamanan tinggi tanpa biaya tambahan, tidak adanya transisi yang sulit saat check out, hingga menyediakan layanan tanpa Host to host ke Bank. Salah satu fitur unggulan iPaymu adalah Cash on Delivery (COD).  menyediakan dua fitur unik, yaitu Cash on Delivery (COD) dan integrasi WhatsApp. Untuk meningkatkan layanannya, iPaymu bekerja sama dengan PayPal, Pos Indonesia dan 140 bank yang ada di dalam negeri maupun luar negeri seperti, Visa, MasterCard, American Express, JCB, Bank BNI, Bank Bukopin, Bank CHINATRUST, Bank Danamon, Bank Mayapada, Bank Mayora, Bank of China, Bank Swadesi, Bank Panin, Bank BRI, LinkAja, OVO, Dana, Akulaku, Indomaret, Alfamart. iPaymu memiliki fee transfer bank sebesar Rp3500 untuk setiap transaksi dan 0,7% untuk pembayaran melalui e-wallet.

5. Espay

Espay

Espay merupakan salah satu payment gateway di Indonesia yang menawarkan layanan B2C2B. Maksudnya, Espay bisa menerima pembayaran dari customer dan di saat yang sama juga bisa langsung meneruskan pembayaran ke supplier atau jasa delivery secara otomatis. Bahkan dengan integrasi B2C2B, tak perlu melakukan input ulang, proses bisa lebih cepat dan status pembayaran otomatis berubah sesuai prosesnya. Espay juga menyediakan portal bernama Tagih.ID dan Kasir.ID. Tagih.ID adalah solusi penagihan atau Penyajian dan Pembayaran Faktur Elektronik (EIPP) dengan berbagai saluran untuk menerima pembayaran real-time dan rekonsiliasi. Sedangkan Kasir.ID adalah solusi untuk menerima pembayaran dan rekonsiliasi untuk Usaha Mikro dan Menengah dengan kanal pembayaran paling lengkap. Adapun layanan lain dari Espay adalah Instruksi Pembayaran Espay yang merupakan solusi distribusi dana ke berbagai rekening mitra di semua bank Indonesia secara real-time online. Espay menjadi salah satu layanan payment gateway yang mendukung integrasi dengan berbagai platform e-commerce, seperti Magento, Woocommerce, Prestashop dengan mudah. Espay juga memiliki Fraud Detection System untuk mencegah adanya penipuan. Data kerahasiaan kartu kredit juga lebih terjaga berkat sertifikasi PCi DSS. Kemudain mitra dari Espay yaitu diantaranya, Visa, MasterCard, JCB, American Express, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata Bank, Maybank, CIMB Niaga, Mandiri Clickpay, ePay BRI, Klik BCA, PermataNet, ALTO, ATM Bersama, Prima, LinkAja, OVO, Gopay, ShopeePay, DANA, Saldomu, Kredivo, Indomaret, Alfamart, Lawson, Alfamidi, Dan+Dan, Pegadaian, Pos Indonesia. Jika menggunakan Espay, pembayaran melalui transfer bank akan dikenakan fee mulai dari Rp2000 untuk setiap transaksi.

6. Xendit

Xendit

Xendit  adalah gateway pembayaran yang membuat pembayaran untuk semua jenis bisnis di Indonesia jauh lebih mudah. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk menerima dan mengirim uang dengan integrasi sederhana. Setiap transaksi dapat dengan mudah direkonsiliasi dan dicatat dengan deteksi dana otomatis dan pemberitahuan instan. Xendit memungkinkan perusahaan menerima pembayaran melalui Akun Virtual dan Kartu Kredit. Xendit juga menyediakan modul Pencairan di mana bisnis dapat mengirim sejumlah uang ke bank mana pun di Indonesia melalui API atau dengan hanya mengunggah CSV. Berbagai fitur yang dimilikinya membuat banyak perusahaan menggunakan layanan ini. Contohnya, Bukalapak, Lazada, OYO, Samsung, dan Traveloka. Diantara berbagai produk Xendit, XenPayments paling direkomendasikan untuk toko online. Layanan payment gateway ini akan memudahkan konsumen membayar dengan kartu kredit, transfer bank, atau akun virtual. Xendit juga memiliki fitur real time notification, dimana setiap kali pembayaran dilakukan oleh konsumen, penjual akan mendapat informasinya. Xendit menyediakan pilihan integrasi yang lengkap, mulai dari penggunaan link, integrasi plugin, hingga API. Berikut ini adalah beberapa mitra Xendit, Visa, MasterCard, JCB, American, xpress, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata Bank, LinkAja, OVO, Gopay, ShopeePay, Kredivo, Indomaret, Alfamart, Lawson, Alfamidi, Dan+Dan. Xendit akan mengenakan tarif sebesar Rp4500 untuk setiap transaksi melalui transfer bank dan 1,5% untuk pembayaran dengan e-wallet. Berikut cakupan produk-produk yang telah dikeluarkan Xendit:

1) Faktur dan Pembayaran (Uang Masuk)

  • Akun Virtual di bank-bank besar (mendukung akun virtual dari Mandiri, BNI, dan BRI)
  • Menerima pembayaran dari Kartu Kredit di seluruh dunia
  • Pemberitahuan instan dan otomatis
  • Tersedia layanan callback; sehingga platform mengetahui kapan faktur dibayar per akun atau per transaksi

2) Pencairan (Uang Keluar)

  • Mengirim uang secara instan ke 140+ bank di Indonesia
  • Melakukan transfer otomatis dengan API atau CSV melalui interface yang ramah pengguna
  • Biaya rendah yang sama untuk transfer ke semua bank

7. Finpay

Finpay

Finpay merupakan anak perusahaan Telkom yang melayani payment gateway sejak tahun 2006 dengan mitra usaha seperti Blibli dan Garuda Indonesia. Finpay memiliki 2 layanan unggulan, yaitu Finpay Link dan Finpay Invoice. Finpay link merupakan link pembayaran yang berisi berbagai metode pembayaran dan bisa mensupport pembayaran online di media sosial/ messaging. Sedangkan Finpay Invoice merupakan layanan pengiriman invoice melalui email kepada pembeli yang telah melakukan pemesanan. Untuk memaksimalkan pelayanannya, Finpay bekerja sama dengan, Visa, MasterCard, JCB, BCA, BRI, Mandiri, Permata Bank, ALTO, Danamon online, BCA Klikpay, CIMB Clicks, LinkAja, OVO, Gopay, Kredivo, Indomaret, Alfamart. Jika menggunakan Finpay, pembayaran melalui transfer bank akan dikenakan fee sebesar Rp4500 untuk setiap transaksi

8. NicePay

NicePay

NicePay menyediakan solusi pembayaran all-in-one, mulai dari transfer bank hingga melalui Indomaret. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, NicePay sudah memiliki 1000 pengguna dari seluruh dunia, diantaranya Line, RedDoorz dan Prudential. Kesuksesan NicePay didukung oleh beragam fitur yang dimilikinya. Salah satu yang utama adalah dukungan terhadap beragam platform mulai dari website, ponsel hingga email. Dengan banyaknya pilihan ini, konsumen tentu lebih mudah dalam melakukan transaksi.  Dan berkat Fraud & Risk Identification System & Knowledge, tak perlu khawatir dengan keamanan transaksi di toko online. Fitur ini menggunakan sistem verifikasi lengkap untuk memastikan setiap transaksi valid. Pengguna juga bisa mendapatkan bantuan 24 penuh melalui berbagai platform seperti email, WA hingga telepon. Berikut beberapa mitra NicePay: Visa, MasterCard, JCB, American Express, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata Bank, Maybank, CIMB Niaga, Danamon, KEB Hana Bank, BCA Klikpay, LinkAja, OVO, Akulaku, Kredivo, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan. Pengguna perlu membayar fee Rp4000 untuk setiap transaksi transfer bank saat menggunakan Nicepay. JIka melalui e-wallet ada biaya 1,5% sebagai fee-nya.

9. Duitku

Duitku

Duitku adalah salah satu payment gateway Indonesia yang sudah berizin dari Bank Indonesia. Duitku sudah banyak digunakan baik oleh pelaku bisnis online individu, hingga skala perusahaan seperti Metrodata, KimiaFarma, AkuLaku, dan lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah konsep sosial harga yang jelas, transparan, dan kompetitif. Biaya transaksi hanya akan dikenakan pada transaksi yang berhasil. Biaya juga sudah termasuk PPN dan biaya administrasi, tanpa biaya tambahan dan biaya instalasi. Duitku mendukung metode pembayaran yang lengkap, seperti Kartu kredit (Visa / MasterCard / JCB), Virtual Account, E-wallet (OVO, Shopee Pay, LinkAja, Dana), Gerai Ritel (Alfamart, Indomaret, Pegadaian, Pos Indonesia), QRIS, Indodana. Layanan customer service Duitku siap menjawab segala pertanyaan konsumen, dari segi registrasi, integrasi, ataupun operasional sehari-hari. Bagi yang memiliki toko online berbasis Magento, PrestaShop, WooCommerce, Joom Shopping, opencart, VirtueMart, dan WHMCS, sudah ada plugin yang siap diintegrasikan langsung ke platform pilihan pengguna.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua

Postingan Terkait