Search
Close this search box.

Komputer, Internet, ini Pengertian dan Sejarahnya

Dijaman sekarang kehidupan tidak luput dari internet bahkan banyak nya orang terbantu bisnisnya dengan adanya internet, memang di jaman dulu internet sudah dipakai tapi tidak seramai sekarang. Di tahun 2022 ini siapa sih yang belum mengenal internet, tapi kalian tau gak pengertian dan sejarahnya dari internet dan jaringan komputer, yuk simak penjelasan berikut.

Internet adalah jaringan elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia jaringan ini tersusun dan terorganisasi melalui telepon atau satelit.

Kehidupan orang modern tidak dapat dilepaskan dengan jaringan internet. Karena, internet merupakan sesuatu sistem jaringan yang bisa mengaitkan satu fitur ke fitur yang lain. Internet merupakan sistem garis besar dari semua jaringan pc yang silih tersambung memakai standar Internet Protocol Suite. Tidak hanya pc, dikala ini internet pula dapat mengaitkan bermacam berbagai kerja serta melayani miliaran konsumen di semua bumi.

Pengertian Internet

Secara harfiah pengertian internet adalah kumpulan komputer di seluruh dunia yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Internet bisa dianalogikan sebagai perpustakaan besar yang memuat beragam macam informasi yang dibutuhkan masyarakat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit. Sementara itu, menurut tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi Onno W. Purbo, internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.
Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017) yang diterbitkan oleh Kemendikbud, istilah internet adalah berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Jika dilihat dari kata per kata, pengertian internet adalah sebuah jaringan antara atau penghubung. Definisi sederhananya, internet merupakan jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP. Internet menyediakan segala informasi. Semuanya bisa diakses oleh setiap orang. Bentuknya berupa tulisan, gambar, serta format multimedia lainnya. Keberadaan internet juga tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan sejarah komputer. Sebab, dari komputer generasi pertama sampai sekarang, semua komponen mesinnya menginspirasi lahirnya internet.

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan kalau internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer ke seluruh dunia. Di dalamnya, para pengguna bisa mencari informasi tentang berbagai hal yang dia inginkan.

Baca juga : Perkembangan Internet di Masa Sekarang

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Guna internet merupakan mengaitkan satu pc dengan pc yang lain. Jangkauan jaringannya sedemikian itu besar sampai ke bermacam bagian bumi. Diketahui selaku jaringan teknologi terbanyak di bumi, seluruh orang dapat mengirimkan serta mengakses bermacam berbagai data memakai standar Aturan Internet( IP). Perihal itu terus menjadi dipermudah dengan kedatangan layanan jaringan world wide web( www).

Internet mempunyai sejarah begitu panjang hingga keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Ringkasan sejarah internet bisa dilacak dari pembentukan badan ARPA di Amerika Serikat sekitar tahun 1969. Ketika itu, sebuah jaringan komputer dibentuk dan diberi nama ARPANET.

Jaringan ARPANET terus dikembangkan. Hingga pada tahun 1980-an, jaringan ini bisa menghubungkan universitas ternama di Amerika Serikat, meskipun yang mengakses hanya kalangan terbatas saja. Perkembangan internet terus berjalan seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komputer. Usai diluncurkannya standar protokol TCP/IP, Amerika Serikat kemudian membentuk sebuah badan riset yang menggantikan peran ARPANET bernama National Science Foundation Network (NSFNET) di tahun 1986. Pada saat itu sejumlah jaringan internasional dari beberapa negara mulai terkoneksi melalui layanan NSFNET. Berdasarkan penjelasan dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017), mulai tahun 1992 perangkat lunak bernama Viola dirilis oleh Pei Wei. Software ini bisa mengakses layanan “www.”. Pada tahun 1993, sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan internet harus memiliki nama domain dan alamat IP berupa simbol numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Atas dasar itu, InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sejak masa itu hingga saat ini, jaringan internet terus mengalami kemajuan. Tidak hanya menghubungkan komputer saja, sekarang jaringan internet adalah bagian dari sarana komunikasi untuk mengkoneksikan berbagai macam gawai dengan teknologi canggih.

Referensi artikel : katadata

Kesimpulan

Internet memang sangat penting di jaman sekarang dan sangat di butuhkan semua orang, memang tidak semua orang menggunakan internet untuk hal positif ada juga orang yang menggunakan internet untuk hal negatif. Tapi dibalik semua itu semoga internet di gunakan dengan baik, sekian semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kalian dalam mengenal internet.

Terimakasih…

Postingan Terkait

Teknologi Digital Dan Strategi Bisnis

Pemanfaatan teknologi digital telah menjadi strategi utama bagi bisnis untuk mendorong inovasi baik dalam pengembangan produk maupun proses bisnis. Dengan memanfaatkan alat dan platform digital,

Read More »