Search
Close this search box.
dedicated server

Keuntungan dan Kegunaan Dedicated Server untuk Website

Saat seseorang ingin mengunjungi situs web, komputer yang disebut server berfungsi untuk mengirimkan konten situs web pada pengguna. Meskipun hosting menggunakan situs WordPress di komputer pribadi, sebagian besar administrator WordPress memilih agar situs web dihosting di server yang dioperasikan oleh perusahaan yang berspesialisasi dalam layanan yang dikenal sebagai host web. Server yang dioperasikan oleh host web dapat secara eksklusif didedikasikan untuk mengirimkan konten dari satu situs web atau dapat diatur untuk mengirimkan konten secara bersamaan dari banyak situs yang berbeda. Jika server menghosting beberapa situs web disebut hosting bersama, dan jika server secara eksklusif didedikasikan untuk satu situs web disebut hosting khusus.

Shared Hosting merupakan pilihan paling terjangkau untuk mengoperasikan situs web yang memiliki kinerja tidak terlalu besar dan ini merupakan apa yang dipilih sebagian besar administrator saat pertama kali memulai. Tetapi jika menemukan bahwa Shared Hosting sedang kuwalahan untuk memenuhi permintaan dari sejumlah besar pengguna yang mengunjungi situs, pertimbangkan untuk meningkatkan ke hosting khusus, yang harganya 10 hingga 30 kali lebih mahal daripada shared hosting. Harga pasti untuk hosting khusus bergantung pada sejumlah faktor, termasuk struktur harga perusahaan, jumlah bandwidth, jumlah RAM, jumlah ruang penyimpanan, dan perangkat lunak atau pengkodean khusus yang diperlukan untuk mengirimkan situs. Biaya tambahan lainnya termasuk perangkat lunak administrasi untuk mengelola server, bernama dedicated server.

Baca juga : Web Server dan Jenis- Jenis Web Server

Pengertian Dedicated Server

server

Dedicated server adalah penyewaan satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user lain. Dapat berkuasa penuh atas pengelolaan dedicated server tersebut, termasuk pemilihan sistem operasi, hardware, dan sebagainya. Sementara Virtual Server Adalah layanan yang mirip dengan Dedicated Server, Namun tidak memiliki fisik server, karena di bangun menggunakan teknologi virtual dari dedicated server. Dedicated Server akan menjadi satu-satunya pilihan ketika situs berkembang dengan baik. Traffic pengunjung yang semakin bertambah akan menuntut power lebih dari server yang melayaninya. Dedicated server adalah paket pilihan jika membutuhkan daya paling besar untuk situs web. Namun, harus mengeluarkan biaya yang mencapai tiga digit per bulan. Rak server yang disediakan oleh penyedia layanan dedicated server bisa dikontrol secara penuh oleh user tanpa adanya pembagian dengan pengguna lainnya. Sehingga akses penuh benar-benar diserahkan kepada user, agar mereka bisa melakukan pengaturan yang disesuaikan dengan kebutuhan seperti melakukan pemilihan dalam spesifikasi, sistem operasi hardware dan lainnya.

Dedicated Server merupakan situs web yang memiliki server pribadi untuk dirinya sendiri, yang menawarkan kekuatan dan fleksibilitas yang luar biasa, hal ini sebanding dengan harganya yang premium. Maka, penting untuk melakukan riset sebelum memilih dan membeli jenis paket ini. Sebagian besar situs web memulai dengan paket shared hosting namun saat web mulai berkembang melampaui batas shared hosting, dapat ditingkatkan ke server pribadi virtual (VPS) atau Dedicated Server. Shared hosting menyimpan situs di server dengan kemungkinan ratusan situs lainnya. Untuk blog pribadi atau bisnis yang sangat kecil, opsi ini sudah cukup. Namun ini bukan pilihan terbaik untuk kinerja, dan juga akan menyebabkan kehilangan fleksibilitas karena tidak dapat melakukan konfigurasi sendiri. Jenis paket ini dapat menawarkan kecepatan yang dibutuhkan dengan biaya lebih rendah daripada dedicated server, dan mewakili jalan tengah yang baik bagi yang ingin meningkatkannya.

Jika menggunakan dedicated server, user akan menyewa satu server penuh untuk menjalankan website dan tak perlu berbagi sumber daya server yang meliputi bandwidthdisk space, processor, RAM, dan sebagainya dengan pengguna lain. Dedicated server juga bisa dimanfaatkan untuk email, aplikasi, dan bahkan game hosting. Dan jenis hosting memiliki dua tipe yang berbeda, yaitu:

  • Managed server hosting 

Dengan managed server hosting user tak perlu bersusah payah mengelola operasi server, karena mulai dari proses administrasi, manajemen, update, pemeliharaan, monitoring, sekaligus pemindaian virus hingga pengaturan konfigurasi firewall; semuanya akan ditangani oleh penyedia layanan hosting. Namun user tetap memiliki akses root penuh terhadap server.

  • Unmanaged server hosting

Tipe ini memberikan kebebasan untuk mengelola server, termasuk pengelolaan operasi hingga pemasangan cPanel sesuai keinginan. Namun, tipe ini lebih cocok bagi perusahaan yang memiliki technical team yang sangat menguasai seluk beluk pengoperasian sercer.

Baca juga : Server VPS (Virtual Private Server)

Fungsi dari Dedicated Server

Dalam bisnis hosting Web, dedicated mengacu pada penyewaan dan penggunaan eksklusif komputer yang menyertakan server Web, perangkat lunak terkait, dan koneksi ke Internet, bertempat di lokasi perusahaan hosting Web. Sebuah dedicated server biasanya dibutuhkan untuk sebuah situs Web/sekumpulan situs perusahaan terkait, yang dapat mengembangkan sejumlah besar lalu lintas. Misalnya, sebuah situs yang harus menangani hingga 35 juta kunjungan sehari. Server biasanya dapat dikonfigurasi dan dioperasikan dari jarak jauh dari perusahaan klien. Perusahaan web hosting mengklaim bahwa penggunaan dedicated server di tempat mereka menghemat biaya perute, sambungan Internet, sistem keamanan, dan administrasi jaringan. Beberapa perusahaan hosting mengizinkan penyewa dedicated server untuk melakukan hosting virtual, pada gilirannya menyewakan layanan di server kepada pihak ketiga untuk situs Web mereka. Kemampuan sistem nama domain, email, dan File Transfer Protocol (FTP) biasanya disertakan dan beberapa perusahaan menyediakan antarmuka kontrol yang mudah digunakan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan server Dedicated.

Kelebihan dan Keuntungan Dedicated Server

server

Dedicated server adalah salah satu pilihan hosting paling diminati karena kemampuannya untuk menangani traffic yang tinggi, menawarkan uptime dan speed prima, hingga fitur keamanan yang sangat mumpuni. Dedicated server adalah opsi yang pas untuk mengelola toko online, website ecommerce, situs bisnis level enterprise, atau website perusahaan yang banyak melakukan transaksi finansial. Namun untuk situs web dengan traffic rendah maupun menengah, Dedicated server adalah pilihan yang kurang sesuai. Mengingat tingginya biaya yang perlu dikeluarkan untuk layanan ini, serta banyaknya resources yang nantinya akan terbuang sia-sia. Biasanya layanan Dedicated server ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang ingin memiliki alamat IP khusus.

  1. Sumber daya server tidak dibagikan

Saat menggunakan penyedia hosting khusus, maka akan mendapatkan sumber daya penuh dari server tunggal, dan tidak perlu khawatir tentang situs web lain yang menyumbat CPU dan RAM server. Dengan dedicated server, dapat yakin bahwa skrip buruk yang berjalan di situs web lain atau lonjakan penggunaan bandwidth tidak akan memperlambat server. User memiliki kontrol penuh dan fleksibilitas untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan aplikasi, software, serta mengatur kustomisasi server untuk menunjang kerja website. Dengan server ini, user bisa dengan leluasa mengolah data, dan mendapatkan akses penuh dalam pengelolaan dan juga dalam pengaturan database yang akan dan sudah diinput. Biasanya penyedia layanan akan memberikan pelayanan berupa fitur remote akses, untuk memudahkan user dalam melakukan kontrol. Sehingga tidak perlu lagi datang untuk mengawasi rak server fisik secara langsung.

  1. Peningkatan kinerja dan keamanan

Memilih penyedia hosting khusus menjamin waktu aktif maksimum untuk situs web. Hosting bersama sering kali paling baik untuk situs web dengan lalu lintas rendah hingga sedang. Jika situs web menerima banyak lalu lintas, dedicated server memberikan stabilitas dan keandalan lebih dari hosting bersama. Dengan dedicated server, dapat memastikan bahwa situs web tidak berbagi ruang dengan situs lain yang berbahaya atau calon pelaku spam. Hosting khusus memungkinkan peningkatan keamanan, terutama penting bagi perusahaan yang menangani transaksi sensitif melalui FTP atau SSL. Karena tak berbagi server dengan pengguna lain, maka tak perlu mengkhawatirkan adanya ancaman keamanan yang disebabkan oleh website lain.

  1. Bisa memiliki akses administrasi

Pada user yang menggunakan dedicated server, mereka akan mendapatkan akses root administrator yang biasanya diberikan oleh si penyedia layanan sebagai salah satu keuntungan terbaik. Sehingga user dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk melakukan installing pada program aplikasi server yang biasanya dilakukan bersamaan dengan konfigurasi custom. Maka pengguna juga bisa melakukan berbagai pengaturan yang dibutuhkan dan diinginkan.

  1. Menggunakan Alamat IP Dedicated dan Unik serta Dapat Meningkatkan Traffic SEO

Server juga dibekali dengan alamat IP unik untuk menjamin privasi dan keamanan, serta dilengkapi dengan fitur proteksi untuk melindungi website dari malwares dan adwares. Hal ini memberi kontrol administratif pada server dan identitas yang unik. Sama halnya seperti segala sesuatu pada lingkungan digital. Setiap server memiliki alamat IP uniknya sendiri. Dengan shared hosting, berarti juga berbagi alamat IP dengan beberapa situs web lain. Jika salah satu situs web merupakan situs spam atau situs dewasa, aka bisa menurunkan peringkat situs web. Dengan hosting khusus, maka akan memiliki dedicated server, yang berarti alamat IP unik sendiri. Ini sangat penting terutama jika menjalankan situs e-niaga besar yang memerlukan SSL untuk pemrosesan kartu kredit. Server hosting juga memainkan peran besar terhadap peringkat organik website yang dimiliki. Salah satu keutamaan server ini adalah website dapat lebih cepat diakses. Karena ini akan mengurangi tingkat bouncing, meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga memastikan web tidak terjebak dalam lingkungan yang buruk. Dengan berbagi sumber daya dan server dengan orang lain, mereka juga harus mengikuti aturan yang ada.

  1. Tidak ada biaya tambahan untuk membeli atau memelihara peralatan

Jika perusahaan membutuhkan dedicated server, tetapi tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola servernya sendiri, hosting khusus adalah cara berbiaya rendah untuk mengakses sumber daya server lengkap. Penyedia hosting khusus menangani biaya pembangunan dan pemeliharaan peralatan server, mengurangi biaya overhead untuk bisnis yang membeli ruang server, dan meningkatkan laba atas investasi mereka. Namun, server ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Hosting bersama adalah cara termurah bagi bisnis untuk menjalankan situs webnya, dan hosting khusus jauh lebih mahal jika dibandingkan. Tetapi situs yang berurusan dengan banyak lalu lintas, atau memiliki kebutuhan ketat untuk penyesuaian dan keamanan, mungkin menemukan bahwa penyedia hosting khusus adalah pilihan terbaik mereka.

Baca juga : Cara Cek Peringkat dan Performa Website di Google dengan Mudah dan Cepat

  1. Reliabilitas dan Performa Maksimal

Karena seluruh sumber daya server adalah milik pribadi, maka tak perlu meragukan bagaimana konektivitas, uptime, serta kecepatan website nantinya. Dedicated server juga biasanya dilengkapi dengan unlimited bandwidth dan disk space; memberikan user kebebasan ekstra untuk memanfaatkan resources secara maksimal.

  1. Bisa memiliki tingkat realibilitas yang tinggi

Bagi pengguna dedicated server, tidak perlu menghawatirkan resiko gangguan atau tindakan negatif dari pengguna lain. Karena resiko ini akan diterima oleh mereka yang menggunakan shared hosting atau yang berbagi server. Sehingga tidak menutup kemungkinan pengguna lain akan mengacaukan pengaturan yang sudah dilakukan. Berbeda dengan dedicated server, karena satu server hanya bisa dikontrol oleh satu orang atau satu perusahaan saja. Resiko ini dijamin tidak akan pernah dirasakan.

  1. Peningkatan Bandwidth

Menjadi satu-satunya pengguna server, menjadikan website memiliki jumlah bandwidth yang maksimum sehingga downtime jauh lebih kecil dan mencegah lambatnya akses ke website tersebut. Dikarenakan selalu tersedia bandwidth yang cukup, dan berarti website selalu dapat diakses lebih cepat. Pengalaman pengguna juga akan meningkat seiring lancar dan cepatnya mengakses website. Speed dan user experience merupakan salah satu faktor kunci dari keberhasilan optimasi website.

  1. Fleksibilitas dan Peningkatan Kontrol

Sebuah dedicated server memungkinkan klien fleksibilitas menyesuaikan server untuk klien kebutuhan unik untuk CPU, RAM, ruang disk dan perangkat lunak. Dengan shared hosting, pelanggan dibatasi pada aplikasi, perangkat lunak, dan lingkungan operasi yang sudah dimuat di server. Mereka mungkin menawarkan perangkat lunak yang tidak dibutuhkan klien atau kekurangan hal-hal yang mereka lakukan. Dedicated server memungkinkan organisasi memiliki lingkungan server yang dapat disesuaikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat memilih platform dan perangkat lunak yang benar-benar mereka butuhkan, memungkinkan lebih banyak kontrol atas bagaimana dedicated server mereka dikonfigurasi. Sebuah server yang digunakan hanya oleh satu website yang memiliki akses tak terbatas ke berbagai aspek, akan menciptakan lingkungan yang optimal untuk website sehingga mendapatkan peningkatan jumlah pengunjung dan sumber daya yang fleksibel saat ada lonjakan kunjungan, misalnya setelah press release.

  1. Performa dan Kinerja Technical Support yang Menjanjikan 

Ketika melakukan penyewaan pada dedicated server, secara otomatis akan mendapatkan prioritas dalam hal technical suppor, mereka akan memberikan dukungan teknisi yang lebih berpengalaman dibandingkan dengan mereka yang menyewa shared hosting. Sehingga melalui teknisi yang berpengalaman ini, akan mendapatkan berbagai solusi yang lebih bermanfaat. Harga Dedicated server memang lebih mahal daripada tipe hosting lain. Namun ini sebanding dengan terjaminnya bantuan atau dukungan prima dari penyedia layanan hosting. User akan menjadi pelanggan prioritas jika memilih Dedicated server.  Dedicated server beroperasi atau bekerja pada tingkat optimal karena dedicatd server ini hanya melayani satu website atau satu perusahaan. Pengalaman pengguna ditingkatkan melalui kecepatan beberapa kali lipat yang diberikan oleh dedicated server. Bahkan ketika website mengalami lalu lintas dan pergerakan yang padat, para pengguna masih dapat mengakses website.

Mengambil keputusan untuk beralih dari shared hosting ke dedicated server memang tak mudah. Selain melibatkan peningkatan modal yang lumayan besar, layanan dedicated server juga memerlukan keahlian yang cukup baik untuk melakukan kontrol server. Namun, layanan ini sangat direkomendasikan bagi para pemilik website toko online serta website perusahaan yang aktivitas utamanya bergantung pada ranah digital. Selain untuk meminimalisir resiko keamanan, dengan berinvestasi ke layanan server mandiri maka data-data rahasia perusahaan atau bisnis relatif lebih aman dari potensi kerusakan.

Kekurangan Dedicated Server

kelebihan dan kekurangan

  1. Harga 

Dedicated server adalah opsi hosting termahal. Dan user juga perlu merekrut tim teknis handal, yang akan memerlukan biaya ekstra.

  1. Keharusan Menguasai Sisi Teknis 

Untuk mempunyai technical team yang cakap adalah sebuah keharusan, terutama jika memilih unmanaged server hosting. Dan kesalahan dalam mengelola server juga sangat rawan mengakibatkan downtime, ancaman keamanan, dan bahkan hilangnya data-data web.

Baca juga : Apa itu Bandwidth dan Cara Mengurangi Pemakaiannya di Jaringan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait

deep web

Apa itu Deep Web?

Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah

Read More »
programing

Apa Itu Visual Programming?

Selaku programmer, Kamu pastinya menguasai kalau bahasa pemrograman berplatform bacaan berpusat pada eksekusi perintah- perintah khusus serta gimana perintah itu menunjukkan suatu buat konsumen. Tetapi,

Read More »