Search
Close this search box.
manager

Kamu Harus Tahu ! 10 Rekomendasi Platform Blog Gratis Terbaik

Sobat ezy, tau gak si kalo Internet dapat menjadi wadah yang besar untuk penulis membagikan karya-karya mereka pada calon pembaca. Namun, ke mana kamu harus membagikan tulisan-tulisan tersebut agar pembaca menemukannya? Beberapa platform blog gratis ini bisa jadi solusinya.

Setiap platform blog tentunya menawarkan fitur yang berbeda-beda. Saat ini, ada sangat banyak pilihan yang tersedia untuk kamu yang ingin membuat blog atau website. Apa saja platform tersebut? Berikut adalah rekomendasi platform blog gratis terbaik untuk referensi kamu sobat.

10 Rekomendasi Platform Blog Gratis

Banyaknya pilihan platform blog gratis mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang terbaik. Platform yang kamu gunakan menentukan kesuksesan tulisan dan blog Anda, lho. Simak rekomendasi berikut ini!

1. WordPress

WordPress adalah platform terbaik yang dapat kamu gunakan untuk membuat blog secara gratis. Saking populernya, platform ini digunakan untuk membangun lebih dari 37% website yang ada di internet. Tidak hanya blog pribadi, website-website besar seperti Sony Music, BBC America, dan The Rolling Stones juga dibangun menggunakan WordPress.

WordPress memiliki 2 jenis layanan, yakni WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com dapat Anda gunakan secara gratis, dan terintegrasi langsung dengan hosting milik WordPress. Sementara itu, WordPress.org adalah CMS open-source yang memungkinkan Anda membeli hosting terpisah dan memberikan keleluasaan lebih untuk memodifikasinya.

2. Tumblr

Tumblr adalah platform yang menggabungkan blogging dengan media sosial. kamu bisa menulis konten dan saling follow dengan pengguna lain, melakukan reblog, dan memberikan love pada postingan pengguna lain. Secara umum, cara kerjanya mirip twitter, hanya saja kamu bebas menulis konten sepanjang apapun tanpa dibatasi karakter.

Keunggulan Tumblr adalah platform ini memudahkan kamu untuk memposting berbagai jenis konten. Mulai dari teks, foto, gambar, audio, video, link, chat, quote, dan lain-lain. Karena Tumblr memiliki fitur explore dan dashboard, blog kamu juga jadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

3. Medium

Medium adalah platform blog gratis yang sangat populer di kalangan peneliti, penulis, dan jurnalis. Platform blog ini bebas iklan dan endorsement karena sejak awal memang didirikan sebagai platform alternatif untuk tulisan-tulisan mendalam. Karena itulah, Medium sangat cocok untuk kamu yang senang menulis opini dan esai.

Sementara itu, artikel populer kurang populer di Medium. Jika kamu ingin menulis dan mendapatkan uang di platform ini, Medium memiliki Medium Partner Program yang memberi insentif bagi penulis berdasarkan berapa banyak pembaca yang menyukai artikel tersebut.

Bebas iklan dan memiliki tampilan sederhana membuat Medium dapat kamu akses dengan cepat. Namun, kekurangan dari platform satu ini adalah tidak adanya opsi untuk mengkostumisasi domain di blog kamu.

4. Ghost

Ghost dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Sebenarnya, platform blog gratis yang satu ini sudah ada sejak 2013, tapi menjadi semakin populer belakangan ini. Kepopuleran Ghost adalah karena CMS yang satu ini memiliki performa dan fitur yang tak kalah dibandingkan WordPress.

Ghost juga memiliki tampilan yang sederhana, sehingga mudah bagi kamu untuk menggunakan dan mempelajarinya. Ghost bersifat open-source sehingga dapat kamu gunakan dan kembangkan dengan bebas. Karena itu, bagi kamu yang ingin platform blogging yang ringan dan memberikan keleluasaan untuk mengedit tampilan web, Ghost adalah jawabannya.

5. Wix

Apakah kamu pemula dalam dunia blogging? Jika iya, Wix adalah platform yang tepat untuk kamu. Alasannya, karena platform blog gratis yang satu ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi tampilan website tanpa perlu skill coding sama sekali. Menggunakan Wix, siapapun bisa membuat tampilan website yang apik dengan mudah.

Wix memiliki fitur Artificial Design Intelligence, yakni AI yang membantu kamu untuk mendesain website. kamu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan, kemudian Wix akan menentukan tampilan website yang cocok dengan keinginan kamu. Jika ingin membuat tampilan website sendiri, Anda bisa melakukannya dengan menu drag and drop yang mudah dan cepat.

6. Weebly

Weebly sangat cocok bagi kamu yang ingin membangun website atau blog yang sederhana dengan cepat. Platform ini sangat mudah digunakan dan menyediakan banyak pilihan layout instan. Bahkan, Weebly memiliki fitur yang lebih sederhana dari Wix.

Namun, kesederhanaan ini juga berarti Weebly memiliki fitur yang agak minim dibandingkan platform blog gratis lainnya. Platform ini cocok untuk kamu yang ingin membuat blog pribadi atau website portofolio.

7. Substack

Sebenarnya, fungsi utama Substack adalah sebagai platform buletin yang memungkinkan penulis mengirimkan email kepada pembaca mereka dan berkomunikasi secara langsung. Namun, Substack juga memberikan platform blog gratis bagi kamu yang mendaftar.

Platform ini cocok untuk penulis yang ingin membangun relasi lebih dekat dengan audiens yang berlangganan buletinnya. Namun, jika tidak cocok untuk kamu yang ingin membuat website dengan tampilan ciamik dan fitur beragam. Alasannya, karena tampilan Substack sangat basic dan tidak memberikan banyak pilihan bagi kamu untuk mengkostumisasinya.

8. Blogger

Blogger adalah platform blog gratis milik perusahaan raksasa teknologi, Google. Karena itu, salah satu keunggulan platform ini adalah kamu dapat mengintegrasikannya ke layanan lain yang dimiliki oleh Google. Mendaftar Blogger juga sangat mudah, karena kamu dapat langsung menggunakan akun Google kamu

Blogger mendukung fitur Adsense, Adwords, Google Analytics, dan sertifikat SSL gratis. Dengan adanya SSL tersebut, blog kamu jadi lebih terlindungi dari peretas yang mengancam keamanan data dan website.

Blogger juga memungkinkan kamu mengatur tampilannya dengan mudah menggunakan menu-menu dan interface yang user-friendly. Jika kamu ingin mengganti nama domain, kamu juga dapat melakukannya dengan mudah jika blog kamu menggunakan platform ini.

9. Drupal

Berbeda dengan platform blogging yang kita bahas sebelumnya, Drupal merupakan platform yang lebih advance. kamu memiliki keleluasaan dalam memanajemen konten, meningkatkan sistem keamanan, mengubah tampilan, hingga menerapkan SEO.

Platform blog gratis yang satu ini sangat populer di kalangan pengguna yang memiliki pengetahuan CSS, HTML, PHP, dan JavaScript karena untuk menikmati fitur-fitur Drupal kamu harus memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman tersebut.

Drupal banyak digunakan oleh perusahaan besar untuk membangun website mereka, contohnya Paypal, Tesla, The Economist, dan lain-lain. Platform yang satu ini dikembangkan secara open-source dan memiliki komunitas pengguna yang kuat. Selain itu, Drupal menyediakan banyak plugin untuk mendukung kamu yang ingin fitur tambahan pada website.

10. Joomla

Joomla adalah platform blog gratis berbasis CMS. Platform ini cukup populer di kalangan web master karena lebih mudah digunakan daripada Drupal. Joomla memiliki banyak tema untuk membantu kamu mengatur tampilan website.

Selain itu, ada banyak ekstensi yang tersedia jika kamu ingin fitur tambahan pada website. Untuk membuat website dengan Joomla, Anda harus berlangganan hosting dan domain agar website tersebut bisa online dan diakses oleh pengunjung.

referensi

Postingan Terkait