JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
cek ongkos kirim

Jenis-Jenis Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online

Dalam proses jual beli online, penjual akan membebankan biaya pengiriman kepada pembelinya sesuai berat dan dimensi produk yang dibeli. Maka, pembeli akan melakukan transfer uang seharga produk ditambah dengan biaya kirim. Istilah biaya pengiriman sering disebut ongkos kirim/ ongkir. Ongkos kirim nilainya bervariasi, ditentukan oleh berat, dimensi, dan wilayah tujuan. Terkadang, ongkos kirim menjadi lebih mahal dari harga produk itu sendiri. Jika seperti itu, biasanya calon pembeli akan berpikir ulang untuk berbelanja online ditempat tersebut.

Karena ongkos kirim menjadi salah satu pertimbangan penting ketika melakukan pembelian online. Pelanggan perlu tahu berapa biaya yang diperlukan untuk mengirim barang sampai ke alamatnya. Maka, perlu menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim di website toko online. Pelanggan juga bisa memilih jasa ekspedisi mana yang ingin digunakan. Jika menggunakan WordPress, bisa dengan mudah menyediakan fitur pengecekan ongkos kirim dengan menggunakan plugin ongkos kirim. Tersedia berbagai macam plugin ongkos kirim yang bisa digunakan, baik yang gratis maupun berbayar.

Plugin ongkos kirim merupakan salah satu bagian penting untuk Website toko online, karena penting mengetahui nominal ongkos kirim dari tempat penjualan ke area pembeli. Maka, website toko online memerlukan plugin ongkir sebagai tambahan untuk memaksimalkan kerja website yang sudah dibangun. Dengan adanya plugin ongkir, calon konsumen bisa melakukan pengecekan sendiri jumlah ongkos kirim yang dibebankan apabila membeli barang yang diinginkan dari toko yang bersangkutan. Karena tidak dapat dipungkiri salah satu alasan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah nominal ongkos kirim. Plugin ongkir yang tersedia saat ini juga cukup banyak sehingga pelaku usaha yang ingin memasangnya bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Baca juga : Elemen- Elemen Penting Dalam Menentukan Desain Website

Manfaat Plugin Ongkos Kirim untuk Hitung Ongkir Otomatis

Dengan adanya plugin ongkos kirim sebagai otomasi perhitungan nominal ongkos kirim untuk website maupun toko online tentu memberikan banyak manfaat. Pertama kenyamanan pengguna website, karena dengan adanya plugin, pengunjung toko online maupun website bisa melakukan pengecekan langsung biaya ongkos kirim ke daerah mereka. Maka akan muncul berbagai kemungkinan yang lebih besar untuk menilai baik pada website yang bersangkutan. Dan bukan tidak mungkin pengunjung tersebut berniat untuk membelinya. Kedua, kebebasan memilih ekspedisi yang diinginkan. Semakin banyak ekspedisi yang ditawarkan oleh plugin yang dipilih, maka akan semakin memberi keleluasaan bagi pengunjung untuk memilih ekspedisi yang diinginkan. Karena setiap ekspedisi akan memberikan harga yang berbeda. Baik selisih sedikit ataupun lebih banyak. Maka pengunjung bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dengan adanya pilihan ekspedisi.

Ketiga, kepraktisan website maupun toko online yang dibangun sebagai tonggak bisnis. Menyangkut tujuan awal pembuatan website/ toko online tentu untuk mengefisiensikan segala hal termasuk kemudahan bagi para konsumen nantinya. Dan juga semakin mudah untuk menarik minat para pengunjung karena memberikan fasilitas berupa pengecekan nominal ongkos kirim yang memadai. Jika dibandingkan dengan website tanpa plugin ongkos kirim, secara kasat mata akan lebih menarik website/ toko online yang menggunakan plugin ongkos kirim.

Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online

1. Raja Ongkir

Raja ongkir adalah aplikasi yang di gunakan saat mengecek resi atau mengecek ongkos kirim di smartphone. Raja Ongkir juga bisa digunakan di website toko online, yang memungkinkan untuk menambahkan widget ongkos kirim di website secara gratis. Raja Ongkir menyediakan dokumentasi API-nya yang bisa digunakan untuk membuat plugin atau aplikasi ongkos kirim. Berbagai kelebihan bisa dimanfaatkan dengan plugin Raja ongkir, seperti kemudahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari praktisi pemilik toko hingga programmer. Untuk praktisi sendiri, raja ongkir memudahkan penjual maupun pembeli dalam memeriksa ongkos kirim barang pesanannya. Untuk pemilik toko, raja ongkir akan menyediakan widget yang mampu menampilkan nominal ongkos kirim secara lebih mudah.Beberapa plugin ongkos kirim menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir untuk menyediakan data ongkos kirim di Indonesia. Raja Ongkir ini sudah terhubung dengan ekspedisi seperti Tiki (Titipan Kilat), JNE, Pos Indonesia,PCP, RPX dan juga ESL express. Raja Ongkir menghasilkan data yang akurat yang disesuaikan dengan ongkos kirim dari masing-masing ekspedisi sehingga lebih terjamin.

2.  Tonjoo Studio

tonjoo

Tonjoo Studio dikenal sebagai agensi pengembang website dan software terkemuka di Indonesia. Tonjoo Studio juga mengembangkan plugin WordPress, salah satunya adalah Plugin Ongkos Kirim yang awalnya menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir sebelumnya. Namun, saat ini Plugin Ongkos Kirim sudah secara mandiri mengembangkan dokumentasi API-nya. Plugin Ongkos Kirim tersedia dalam empat paket, yaitu Basic, Personal, Multi, dan Developer. Paket-paket tersebut berurutan berdasarkan yang terendah hingga yang tertinggi. Paket Basic bisa didapatkan secara gratis. sudah mencakup free API ongkir sampai tingkat kecamatan, berbagai pilihan kurir, akses support forum, dan masa aktifnya 14 hari. Untuk memperpanjang masa aktif, bisa meningkatkan paket menjadi Personal, Multi, atau Developer. Tingkatkan paket Plugin Ongkos Kirim dengan mengeluarkan kocek mulai dari 280 ribu rupiah per tahun. Dalam beberapa waktu plugin ini menawarkan potongan harga yang membuat lebih hemat. Untuk versi trial sendiri memiliki berbagai keterbatasan seperti jangka waktu pemakaian yang bisa aktif selama 14 hari saja, dan tidak disupport dengan priority forum. Jadi jika dirasa masih kurang untuk dipakai pada website yang bersangkutan, maka bisa membeli versi yang lebih tinggi seperti personal multi ataupun developer. Plugin ini menawarkan beberapa fitur penting untuk toko online. Pertama, menyediakan shipping report untuk semua pengiriman yang dilakukan di toko online. Kedua, menyediakan fitur kupon diskon. Ketiga, plugin ini juga tersedia dalam Bahasa Inggris dan memungkinkan untuk menyediakan berbagai pilihan kurs yang akan sangat berguna bagi website toko online yang sudah melayani konsumen dari luar negeri. Adapun ekspedisi yang tersedia dari plugin ini diantaranya Tiki, JNE, Pos Indonesia, Lion Parcel, Sicepat, J&t Express, Ninja Express, REX dan beberapa lainnya. Hal ini memberikan keleluasaan bagi para calon konsumen untuk memilih ekspedisi yang diinginkan.

3. IndoOngkir

IndoOngkir tidak menyediakan pilihan paket gratis atau percobaan. Jadi jika ingin menggunakan plugin ini, setidaknya perlu membayar 297 ribu rupiah per tahun untuk Paket Basic. Selain Paket Basic, IndoOngkir menyediakan dua paket lainnya, yaitu Paket Pro dan Paket Extend. Semua paket di IndoOngkir menyediakan fitur yang sama. Perbedaannya terletak pada jumlah kapasitas jumlah website yang bisa dipasangi plugin. Untuk Paket Basic batasannya adalah satu website, sedangkan untuk Paket Pro dan Extend, masing-masing dibatasi untuk lima dan 10 website. Fitur yang cukup menarik dari IndoOngkir adalah bisa mengaktifkan kurir berbeda untuk wilayah yang berbeda. Misalnya, untuk wilayah Jawa Tengah kurirnya adalah JNE, wilayah Jabodetabek gratis ongkir, wilayah Jawa Barat menggunakan kurir J&T, dan lain sebagainya. Indoongkir selaku plugin ongkos kirim telah mensupport lebih dari 10 ekspedisi pengiriman yang ada di dalam negeri sehingga memungkinkan fleksibelitas yang lebih bagi para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan kebutuhan ekspedisi yang berbeda-beda. IndoOngkir juga telah support terhadap multiple shipping origin dan juga shipping zone.

4. Epeken

epeken

Epeken ini berasal dari kata peken yang mempunyai arti pasar dalam bahasa Jawa. Pengoperasiannya sudah dimulai sejak tahun 2015 dan hingga kini telah banyak melayani Website toko online di penjuru berbagai negeri. Epeken juga tidak menyediakan versi gratis untuk pluginnya. Namun, bisa mencoba demo plugin ongkos kirim Epeken di halaman demonya. Jika dua plugin sebelumnya hanya menyediakan pilihan paket per tahun, Epeken menyediakan dua cara membayar pluginnya, yaitu per bulan atau per tahun. Pilihan paket pembayaran per bulan berguna bagi yang ingin mencoba terlebih dahulu. Harganya cukup murah, yaitu mulai dengan harga 25 ribu rupiah per bulan.

Plugin ongkos kirim ini juga tidak kalah efektif untuk dijadikan pendukung untuk Website toko online. Tidak heran jika sudah banyak toko online yang menggunakan plugin Epeken untuk mengecek nominal ongkos kirim yang dibebankan. Epeken juga sudah diintegrasikan dengan WooCommerce dari yang sebelumnya masih menggunakan API. Seiring berjalannya waktu developer berusaha mengembangkan plugin ini, dan pada akhirnya bisa seperti saat ini. Keunggulan dari plugin Epeken ini terbilang cukup mencolok yakni berupa adanya dropship readiness sehingga memberi kemudahan bagi para dropshipper dalam mengecek ongkos kirim di kotanya masing-masing. Beberapa ekspedisi yang didukung oleh plugin ini diantaranya J&t, JNE, JTR Trucking, RPX, TIKI, NSS Express, LION, PARCEL dan Pos Indonesia. Plugin dengan estimasi ongkos kirim menggunakan ojek online juga bisa didapatkan dari Epeken ini. Maka secara keseluruhan dapat memudahkan para pelaku usaha yang terhubung online.

Baca juga : Mengenal Pekerjaan Influencer Marketing

5. OngkosKirim.ID

ongkoskirim.id

Plugin ongkos kirim ini juga tidak kalah direkomendasikan untuk digunakan para pelaku usaha dalam membangun website toko online. Karena Plugin ini menyediakan versi gratis seperti Plugin Ongkos Kirim dari Tonjoo Studio. Namun berbeda dengan plugin dari Tonjoo Studio yang versi gratisnya hanya berlaku 14 hari, versi gratis OngkosKirim.ID masa aktifnya berlaku selamanya. Namun tentu memiliki batasan, salah satunya adalah terbatasnya pilihan kurir yang disediakan. Maka bisa melakukan upgrade akun premium jika merasa fitur versi gratis tidak mencukupi kebutuhan. Versi premium OngkosKirim.ID bisa didapatkan dengan harga 199 ribu rupiah dan 399 ribu rupiah. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa plugin ini sudah terintegrasi bersama WooCommerce.

6. WooCommerce JNE Shipping

WooCommerce JNE Shipping

Pilihan plugin ongkir yang satu ini memiliki perbedaan dari plugin yang sebelumnya karena hanya menyediakan satu ekspedisi saja yaitu WooCommerce JNE Shipping, yang tersedia dalam tiga versi, yaitu JNE Free, JNE Full, dan JNE Exclusive. JNE Free hanya memungkinkan untuk menyediakan pilihan pengiriman menggunakan JNE Regular. Perlu melakukan upgrade ke versi JNE Full atau JNE Exclusive untuk mendapatkan lebih banyak fitur. Beberapa fitur premium yang ditawarkan adalah pilihan jenis pengiriman, terintegrasi dengan WooCommerce POS Shipping, penghitungan berat, widget cek ongkir, WooCommerce JNE Tracking, dan masih banyak lagi.

7. Woongkir

Ada plugin ongkos kirim yang menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir, salah satunya adalah Woongkir. Woongkir adalah plugin ongkos kirim gratis yang dibuat oleh Sofyan Sitorus (karya anak bangsa), yang menyediakan berbagai pilihan kurir, dari POS Indonesia, TIKI, JNE, RPX, PCP Express, Star Cargo, SiCepat, JET Express, SAP Express, Pahala Express, Solusi Ekspres, J&T Express, Pandu Logistics, dan Wahana Express. Secara fungsi plugin ini hampir sama dengan plugin ongkos kirim lainnya yaitu memudahkan untuk melakukan pengecekan dominan ongkos kirim tanpa harus diinput secara manual. Plugin ongkos kirim bernama Woongkir ini menggunakan  API dan jika dilihat dari jumlah pengunduhan nya sudah lebih dari 2000 kali di WordPress. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa performa plugin ongkir yang satu ini cukup baik. Ada banyak ekspedisi yang mendukung untuk plugin ini, diantaranya Pos Indonesia, JNE, j&t Express, RPZX, Wahana Express, Ninja Xpress, Indah logistik, Lion Parcel dan lain-lain. Dari banyaknya ekspedisi yang digunakan tentu memberikan banyak pilihan dan keleluasaan bagi para pengguna untuk menentukan yang terbaik.

8. WooGoSend, WooGrabExpress, dan WooReer

Selain membuat plugin untuk kurir jarak jauh, Sofyan Sitorus juga membuat plugin ongkos kirim untuk kurir jarak dekat, yaitu WooGoSend, WooGrabExpress, dan WooReer. Dengan menggunakan WooGoSend dan WooGrabExpress, bisa menyediakan pilihan antar barang menggunakan Go-Send atau Grab Express. Pelanggan bisa memperkirakan biaya antar barangnya melalui dua plugin tersebut. Jika ingin mengantar barang secara mandiri, tanpa bantuan pihak ketiga, gunakan plugin WooReer, yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui biaya antar barang yang dihitung per kilometer.

Promo Free Ongkir

gratis pengiriman

Salah satu daya tarik yang ditawarkan pengelola bisnis online adalah menawarkan ongkos kirim gratis atau free ongkir. Bisa dikatakan semua bisnis online pernah menerapkan cara ini untuk menarik pembeli. Promo free ongkir sangat efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis. Terkadang, ongkos kirim dapat lebih mahal dari harga barang yang dibeli. Maka dengan menggratiskan ongkos kirim, pembeli hanya perlu membayar harga barang yang mereka beli. Inilah mengapa promo free ongkir banyak diminati dan dapat memenangkan pasar. Biasanya, penjual online akan bergabung dengan market place yang menawarkan free ongkir. Meskipun kebijakan ini menguntungkan pembeli dan penjual yang membuka lapak di market place tersebut, bukan berarti hal tersebut diberikan secara gratis. Karena tidak ada bisnis yang ingin merugi tanpa perhitungan matang. Biasanya promo gratis ongkir diberikan dengan syarat tertentu dan dapat membuat pembeli terjebak. Berikut beberapa syarat dan ketentuan yang biasanya menyertai promo free ongkir:

1. Tidak Permanen

Setiap bisnis tentu tidak ingin mengalami kerugian karena promo yang ditawarkan. Strategi free ongkir jelas digunakan sebagai magnet untuk menarik pembeli sebanyak mungkin dalam jangka waktu yang terbatas. Umumnya, strategi ongkir gratis dijadikan sebagai strategi awal ketika bisnis online melakukan launching. Hal ini tentu dapat menarik minat konsumen dengan baik.

2. Memiliki Ketentuan

Secara umum, syarat atau ketentuan untuk mendapatkan free ongkir yang digunakan adalah nilai belanja atau nominal tertentu. Misalnya, sebuah market place menawarkan ongkos kirim gratis untuk pembelian produk senilai Rp 120.000 dengan berat paket kurang dari 1 kg. Ketentuan ini harus dicantumkan pada saat penawaran produk. Jika barang yang dibeli beratnya 2 kg, maka mereka hanya akan menanggung ongkos kirim yang 1 kg, sedangkan lebihnya harus dibayar. Karena ongkos kirim tergantung dari alamat pembeli, maka nilai subsidi dari ongkos kirim ini akan berbeda antara pembeli yang tinggal di Jakarta dengan yang tinggal di Surabaya, ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan perusahaan.

3. Berlaku Pada Acara atau Moment Tertentu

Free ongkir biasanya sering dilakukan pada acara atau momen tertentu, misalnya pada saat peringatan ulang tahun atau hari besar Nasional. Cara ini dianggap paling efektif untuk mendongkrak omzet penjualan produk. Dan biasanya pada acara tertentu minat beli konsumen akan semakin tinggi. Mengelola bisnis online dengan penawaran free ongkir tentu tidak mudah, karena harus memperhatikan seluruh aspek bisnis, termasuk keuangan.

Baca juga : Memahami Psikologi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Aplikasi Cek Ongkos Kirim selain Plugin

  1. Berdu.id

Berdu merupakan sebuah aplikasi untuk mengecek harga layanan kurir dengan basis website. Jenis websitenya pun berupa website progresif yang bisa dijadikan aplikasi mobile. Dan untuk menggunakannya, pengguna harus sudah terdaftar. Platform Berdu menyediakan beberapa jenis lisensi. Mulai dari pemula, basic, bisnis, dan enterprise. Dengan harga masing masing tiap bulannya mulai 55 ribu rupiah hingga 7.2 juta rupiah.

  1. Cektarif.com

Cektarif adalah sebuah halaman yang menyediakan layanan cek ongkir secara gratis. Cek tarif menyediakan pencarian tarif mulai dari JNE, TIKI, J&T Express, Pos Indonesia, Pahala Express, Wahana, Si Cepat, Lion Parcel, ESL, RPX dan masih banyak lagi lainnya. Harga layanan kurir pun selalu terupdate yang memudahkan pengguna mencari informasi yang mereka butuhkan.

  1. CekOngkir.com

Cek-ongkir adalah layanan cek tarif kurir yang cukup dikenal para pelaku bisnis online. Aplikasi dengan basis website ini menyediakan informasi yang cukup lengkap mengenai harga layanan kurir di Indonesia. Mulai dari JNE, RPX, Pandu, J&T, DSE, SAP, NCS, TIKI, JET dan masih lainnya. Dengan layanan yang gratis, Cek Ongkir jadi salah satu aplikasi yang terbaik. Menayangkan ongkir sebagai fitur adalah salah satu fasilitas yg essential untuk memudahkan calon pelanggan mendapatkan informasi harga kurir yang akan digunakan.

Baca juga : Strategi Menanggapi Customer Review

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂