Dalam dunia marketing, tidak lengkap jika tidak membahas Facebook Ads. Iklan Facebook adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanspage, post, atau produk yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.
Dengan menggunakan Facebook Ads kalian bisa membuat atau membagikan iklan yang menarik sesuai dengan target audience yang sudah kalian tentukan. Dengan kata lain jika beriklan menggunakan Facebook Ads, kemungkinan besar iklan tersebut akan dilihat oleh orang yang tertarik atau berminat dengan produk yang diiklankan. Facebook Ads bisa menjadi pilihan yang tepat untuk beriklan, yang akan membuat jangkauan iklan menjadi lebih luas dan sesuai dengan target market produk. Namun, untuk dapat menggunakan layanan Facebook Ads kalian akan dikenakan biaya, sebab Facebook Ads termasuk layanan Facebook yang berbayar. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakan layanan Facebook Ads tidaklah mahal dan masih terjangkau.
Istilah yang Sering Dipakai dalam Facebook Ads
Dalam facebook ads banyak sekali istilah yang sering digunakan oleh para digital marketer. Berikut adalah istilah yang sering dipakai dalam Facebook Ads:
1. Ads
Istilah dalam Facebook Ads pertama yang sering muncul yaitu “Ad”. Ad adalah materi iklan yang akan Anda promosikan kepada target market, biasanya ada banyak materi iklan yang dibuat berbeda untuk mengetahui mana materi iklan yang paling bagus. Tanpa adanya Ad tentu tidak akan bisa membuat iklan di Facebook.
2. Adset
Adset adalah kumpulan dari beberapa Ad atau materi iklan. Adset memiliki struktur yang lebih besar dibandingkan dengan Ad. Dalam Adset bisa melakukan penargetan, penjadwalan, penawaran, anggaran dan peletakan iklan.
3. Ads Manager
Ads Manager adalah halaman pada facebook yang isinya semua kampanye iklan Facebook Ads. Jadi dalam satu dashboard ini bisa melihat semua performance iklan. Dengan ads manager juga bisa merubah anggaran iklan, menghentikan iklan dan memulai kembali iklan. Didalam Ads Manager juga terdapat Billing Manager yang memungkinkan untuk melihat riwayat pembayaran dan juga sumber anggaran iklan, dan juga bisa mengekspor data Billing Manager ke tab laporan.
4. Campaign
Campaign pada Facebook Ads adalah struktur atau bagian dari Facebook Ads yang berisi kumpulan dari beberapa adset. Pada campaign ini Anda bisa memilih dan menentukan secara objective dari iklan yang sedang berjalan.
5. CPM
CPM (Cost Per Million) digunakan untuk melakukan perhitungan biaya iklan. CPM adalah biaya yang dikeluarkan dari 1000 tayangan iklan. Jadi cukup membayar setiap kelipatan 1000 iklan yang sudah ditayangkan.
6. CPC
CPC (Cost Per Click) atau biaya iklan per klik. Atau lebih jelasnya adalah biaya iklan yang dikenakan ketika ada pengguna facebook yang mengklik iklan tersebut, jika pengguna facebook tersebut tidak mengklik iklan maka kita tidak dikenakan biaya iklan.
7. CTR
CTR (Click Through Rate) adalah rasio klik tayang atau jumlah klik yang dihasilkan dari iklan dalam periode waktu tertentu. Anda akan membayar dari sejumlah klik yang masuk, besarnya berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang Anda jual.
8. Custom Audience (CA)
Custom audience adalah database target iklan yang sudah dimiliki. Custom audience berisi data milik sendiri seperti list email, nomor hp, pixel facebook, likes, orang yang mengunjungi website, orang yang pernah berinteraksi dan lain sebagainnya. CA bisa dibuat dari Interaksi fanspage, open canvas, web trafik, video view, dan banyak lagi. Fungsi Costum Audience bisa digunakan untuk retargeting dan membuat LLA.
9. Traffic
Traffic merupakan jumlah dari target audiens yang mengunjungi lokasi tujuan campaign yang diinginkan, baik di dalam maupun di luar facebook. (contoh: Facebook Page, Website)
10. Audience
Audience adalah target atau sasaran dari Ads Campaign yang kita adakan, yang dapat difilter berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, hobi, minat, perilaku dan koneksi.
11. Placement
Placement adalah penempatan iklan pada facebook yang bisa diatur berdasarkan perangkat yang digunakan Audience, platform facebook dan atau Instagram, OS yang digunakan (Android atau IOs) dan hanya untuk mengakses facebook wifi atau pengguna paket data atau keduanya.
12. Daily Budget
Daily budget merupakan anggaran harian yang ditetapkan untuk iklan facebook.
13. Lifetime Budget
Lifetime Budget adalah anggaran selama rentang waktu yang ditentukan, disesuaikan dengan lamanya iklan tersebut ingin kita tampilkan.
14. Bid Amount
Bid Amount adalah jumlah penawaran yang diajukan untuk menargetkan suatu target audiens. Bid yang diajukan tersebut akan bersaing dengan pengiklan lainnya, sehingga semakin tinggi nilai bid, maka akan semakin besar peluangnya untuk ditampilkan ke banyak audiens.
15. Impression
Impression menandakan seberapa banyak jumlah Ads yang dilihat (bukan di klik) oleh target audiens.
16. Relevance Score
Relevance score adalah ukuran nilai dari 1-10 tentang seberapa baik iklan Anda ditanggapi oleh target audience yang dipilih. Di FB Ads Relevance Score ini berfungsi untuk memperkirakan atau menganalisis feedback dari target audience. Jika nilai Relevance Score semakin tinggi berarti iklan tersebut cocok dan sesuai target yang diinginkan atau tepat sasaran. Untuk pemula dalam menggunakan iklan facebook. Sebaiknya mengikuti program pelatihan dari akademi bisnis digital Indonesia dengan biaya kursus yang murah dan disini bisa mendapatkan arahan terbaik dalam beriklan dari mentor yang profesional dan berpengalaman, sehingga tidak menghambur-hamburkan anggaran iklan dengan sia-sia.
17. Advert Preview
Advert Preview adalah Tampilan dari suatu iklan atau Ads sebelum diaktifkan pada Facebook.
18. Looklike Audience (LLA)
LLA adalah target serupa yang dibuat Facebook berdasarkan sumber yang ditentukan, jadi facebook akan membuat target yang serupa dari sisi karakter dengan sumber, jika sumber kita suka berinteraksi maka yang diberipun akan yang suka interaksi, jika sumber kita yang suka beli maka yang diberi adalah yang suka beli. Namun ini tidak menjadi keberhasilan iklan, tetapi harus tetap dicoba. Facebook memang empiris, semua orang tidak akan sama, seperti iklan produk a di akun yang berbeda Sumber LLA bisa dari Costum Audience, bisa dari Fanspage, costum audience bisa dari website, interaksi page, dari open canvas, dari form dll.
19. Pixel
Pixel adalah kode tracking yang dipasang pada website yang memiliki tujuan untuk melakukan pengukuran, optimasi dan menyimpan audience pada kampanye Facebook Ads. Pixel bisa dibuat costum audience dan dibuat LLA lalu digunakan untuk retargeting.
20. Reach
Reach adalah besaran jangkauan iklan atau seberapa banyak orang yang melihat iklan yang sedang Anda jalankan.
21. Facebook Bussiness Manager
Facebook Business Manager adalah tools yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan dan akses ke halaman facebook page dan akun iklan.
22. View Content (VC)
View Content adalah hasil dari data atau pengunjung yang masuk ke konten kita, baik home produk, landing page atau halaman produk. VC bisa langsung dibuat Costum audience dan bisa dibuat LLA nya juga.
23. Add to Cart (ATC)
Add to Cart adalah hasil data atau pengunjung yang menambahkan produk ke keranjang dan sampai form pembayaran tapi belum membayar, dan bisa difollow up untuk membayar.
24. Add to Whislist (ATW)
Add to Whislist adalah hasil data atau pengunjung yang menambahkan sesuatu ke daftar belanjaan, hanya menambahkan saja, tidak sampai ke form pembayaran, atau jika ke chat Whatsapp hanya masuk saja, belum tentu beli dan bayar, tetapi sudah ada minat.
25. Puschase
Purchase adalah daftar hasil data atau pengunjung yang membeli dan bayar, biasanya mereka sudah sampai ke thank you page di website kita.
26. Video View (VV)
- Video View adalah hasil data atau orang yang memutar video, bisa per 3 detik, 10 detik, atau 50%, 75% sampai 100% durasi memutarnya, inipun bisa dibuat Costum Audience.
Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami, silahkan berkonsultasi dengan kami disini
semoga bermanfaat, salam sukses untuk kita semua.. sekian dan terimakasih.. 🙂