Search
Close this search box.

Ingin Menerapkan Cultural Intelligence ? Kenali 3 Komponen Utama Dan Kelebihannya Dulu!

Sobat, kira-kira apa sih Cultural Intelligence itu ? Menurut terjemahan bahasa indonesia Cultural Intelligence diartikan sebagai Kecerdasan Budaya juga dikenal dengan singkatan CQ atau Cultural Quotient. Kecerdasan Budaya sendiri mengacu pada keterampilan untuk berhubungan dan bekerja secara efektif dalam situasi budaya yang beragam. Ini adalah kemampuan untuk melintasi batas dan keberagaman dalam berbagai budaya dimana setiap sudut dunia mempunyai cara serta budaya berbeda- beda. Termasuk dalam melampaui pengetahuan manusia yang ada tentang kepekaan dan kesadaran budayanya. Langsung aja simak artikel ini sampaii habiss, No skip skip 😉 !!

3 Komponen Utama Cultural Intelligence

 

Ada tiga komponen utama kecerdasan budaya dan kombinasi dari ketiga komponen ini penting bagi siapa saja untuk dapat mempraktikkan kecerdasan budaya secara efektif terutama dalam menjalankan bisnis.

Kemampuan Kognitif

Agar dapat berinteraksi dan terlibat dengan masyarakat multikultural, akan sangat membantu jika seseorang memahami dasar-dasar budaya yang berbeda. Anda harus menggunakan kemampuan kognitif Anda untuk mengamati dan mengevaluasi perilaku rekan kerja Anda.
Komponen kecerdasan budaya ini melibatkan kemampuan untuk mengenali dan memahami budaya yang berbeda, dan kemudian, menyesuaikan perilaku dan pendekatan Anda.

Pemahaman Emosional

Kecerdasan budaya menuntut individu memiliki ketekunan untuk belajar dari kesalahannya. Komponen ini melibatkan penggunaan upaya pribadi dan penentuan nasib sendiri untuk melibatkan orang lain. Idenya adalah untuk terus menyempurnakan dan menumbuhkan kepercayaan diri setelah pertemuan yang menantang dalam budaya yang berbeda.

Isyarat Fisik

Ini adalah kemampuan untuk membalas gerakan untuk menunjukkan bahwa Anda memahami dan dapat berkomunikasi dalam budaya orang lain. Budaya yang berbeda menggunakan isyarat fisik yang berbeda pula tentunya. Dengan membalas tindakan ini, Anda melibatkan komponen fisik kecerdasan budaya.

Tips Dan Cara Mengembangkan Cultural Intelligence

kecerdasan budaya berasal dari reformasi total budaya perusahaan dan mengubahnya menjadi budaya yang inklusif daripada eksklusif. Budaya perusahaan adalah aspek bisnis yang biasanya tidak diperhatikan oleh manajer dan c-suite karena sulit untuk dikelola. Berikut ini bagaimana cara melakukan dan mengembangkan kecerdasan budaya :

Membiasakan Diri dengan Nilai Nuansa Budaya Yang Berbeda

Ini tergantung dengan budaya mana yang akan kamu eksplor, tetapi ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenal kebiasaan, nilai, tradisi, dan hari perayaan negara atau daerah yang kamu tuju.

Belajar Menghargai Persamaan dan Perbedaan

Meskipun di rasa sulit, ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan budaya perusahaan yang lebih sadar budaya, karena mendukung toleransi.

Terbuka Untuk Proses Pemikiran Ide Yang Berbeda

Semua manusia berasal dari latar belakang yang beragam dan memiliki ide-ide yang dibentuk oleh pengalaman hidup mereka masing- masing yang membuat manusia menjadi individu yang unik.

Melafalkan Nama Yang Berbeda-beda Dengan Akurat

Anda mungkin berpikir bagaimana Anda mengucapkan nama seseorang tidak begitu penting. Namun komunikasi Anda dengan rekan tim bisnis Anda yang lain akan menjadi lebih personal ketika Anda berusaha untuk mempelajari pengucapan nama mereka dengan benar. referensi

Postingan Terkait