Search
Close this search box.
lomba 17 agustus

Ide Lomba Kreatif Memperingati 17 Agustus Di Masa Pandemi

Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021 telah tiba, Tentu Hari Kemerdekaan erat kaitannya dengan nasionalisme. Namun, selain itu juga bisa merasakan kebahagiaan yang tertuang dalam acara-acara perayaannya. Banyak orang yang antusias untuk mengikuti lomba-lomba yang diadakan, meski sekarang kita masih berada dalam kondisi yang tidak biasa. Lomba Agustusan di masa pandemi memanglah berbeda. Tak seperti biasanya, kita masih belum bisa bertatap muka dan bergerombol untuk merayakan Hari Kemerdekaann Indonesia. Meskipun berbeda, Moment ini bisa dirayakan dengan cara yang menyenangkan. Ada beberapa ide lomba Agustusan di masa pandemi yang bisa dicoba, yaitu:

Baca juga : Ide Bisnis Menggiurkan dan Ide Lomba di Moment Hari Kemerdekaan

Perayaan Hari Kemerdekaan di Masa Pandemi

1. Dance Challenge

dance challenge

Saat ini aplikasi Tik Tok sudah menjamur di mana-mana, bahkan sampai memiliki acara tersendiri di sebuah channel televisi. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk bersenang-senang, atau bahkan sekedar iseng belaka. Namun juga banyak orang yang yang membuat konten yang bermanfaat, berisi informasi yang berguna untuk kehidupan sehari hari, dan banyak lagi. Salah satu hal yang sempat trending di TikTok adalah dance challenge. TIkTok menjadi salah satu aplikasi yang tengah viral di berbagai media. Memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriahkan momen agustusan. Bisa dimanfaatkan sebagai pengisi waktu luang sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021. Seperti mengadakan lomba koreografi tarian atau dance challenge, bisa menjadi salah satu ide yang kekinian, dan merangkul anak muda. Tema yang diambil untuk Dance Challenge ini juga harus berkaitan dengan hari kemerdekaan, para pejuang, berbau merah putih, atau tarian tradisional.

2. Quiz Online

kuis online

Lomba Agustusan di masa pandemi yang selanjutnya adalah melakukan quiz online. Biasanya, acara ini dikemas dalam kegiatan seperti cerdas cermat. Tapi, karena kita masih berada pada masa pandemi, kegiatan ini bisa dilakukan secara online. Tak kalah lebih menyenangkan, dan masih bisa mengisi kepala kita dengan berbagai ilmu yang ada.

3. Lomba Video Kreatif Tema Kemerdekaan

Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021  dengan membuat sebuah video kreatif untuk bangsa Indonesia. Video yang dibuat berisikan nilai-nilai penting dari nasionalisme, dan arti sesungguhnya dari sebuah kemerdekaan. Lomba ini sudah pasti akan menjamin menjaga jarak aman, dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Serta menyalurkan bakat anak muda di bidang seni video. Banyak instansi atau organisasi yang mengadakan lomba vidio kreatif ini dengan berbagai hadiah menarik untuk menarik masa, pengunjung atau bahkan pembeli di toko online nya. Tentu saja, lomba vidio kreatif ini harus memiliki persyaratan yang harus dipenuhi para peserta, misal dengan mengikuti media sosial penyelenggara lomba, menyertakan hastag dan membuat tema tentang kemerdekaan. Kemudin biarkan para peserta membagikan video yang dibuat di sosial medianya.

4. Lomba Game Online

software games

Game menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengisi kebosanan di masa pandemi. Dimana dalam bermain game bisa bermain bersama dengan kawan  atau saudara di game online yang sekarang ini sedang naik daun. Rayakan hari kemerdekaan dengan berkompetisi secara sehat dengan mereka. Mengadakan lomba game online adalah hal yang paling dinanti oleh kebanyakan anak muda, dimana para peserta hanya perlu bermain dari rumah masing-masing. Untuk mengadakan lomba game online ini, bisa menggunakan konsep live streaming yang mempertontonkan pertandingan atau tournament tersebut. Beberapa game online terkenal yang sering dijadikan sebuah turnamen adalah PUBG Mobile, Free Fire, COD Mobile, Mobile Legends, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Ide Promosi Menarik Menyambut Hari Kemerdekaan

5. Lomba Video Olahraga atau Kesehatan

Ditengah pandemi seperti sekarang, semua orang diwajibkan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Pada konsep kali ini kalian bisa mengadakan sebuah lomba dengan memberikan gerakan contoh olahraga disertai musik yang telah disiapkan oleh panitia. Untuk durasinya sebaiknya tidak usah terlalu panjang, Salah satu contoh video lomba olahraga atau kesehatan yaitu gerakan mencuci tangan yang sempat viral di sosial media. Setiap peserta yang mendaftar wajib mengikuti gerakan dan menggunakan musik tersebut, namun para peserta dapat mengeksplorasi agar menjadi lebih kreatif. Semakin kreatif peserta otomatis akan semakin tinggi nilai yang didapatkan. Untuk medianya kalian bisa memanfaatkan platform Tiktok atau Instagram sebagai tempat pengumpulan video. Tentu dengan hastag, tagline dan syarat lainnya yang harus disertakan.

6. Lomba Foto Tema Kemerdekaan

Lomba Agustusan yang aman selanjutnya bisa dengan mengadakan lomba foto atau selfie dengan tema kemerdekaan. Lomba foto kemerdekaan di tengah pandemi adalah salah satu moment yang keren untuk dibagikan. Di sini para peserta dapat mengeksplorasi foto-foto disekitar lingkungan mereka. Selain mudah, lomba ini juga ikut andil menambah rasa cinta pada negara. Bisa juga dengan konsep menggunakan pakaian tradisional yang dimiliki, tidak perlu menyewa atau bahkan membeli pakaian yang baru. Untuk pengumpulan hasil karya, para peserta cukup memposting foto kreatif terbaik via sosial media seperti instagram.

7. Lomba Menghias Masker

lomba hias masker

Masker sudah menjadi salah satu barang yang paling familiar di masa pandemi ini. Selain masker sekali pakai, masker kain yang biasanya bisa dipakai kembali juga menjadi pilihan favorit. Daripada memakai desain yang biasa-biasa saja, akan lebih menarik jika melakukan kegiatan lomba menghias masker. Bisa melakukan hal ini bersama keluarga saja, atau bahkan dengan orang lain dengan cara online. Posting kreasi tersebut di sosial media, dan pemenang akan ditentukan oleh penyelenggara lomba. Pada tahun lalu, lomba melukis masker pernah menjadi inspirasi lomba virtual yang menarik dan seru untuk diikuti. Para peserta bisa mengekspresikan keratiftasnya di atas media masker agar tampilan masker tersebut semakin cantik dan estetik dengan tema kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Cara Membuat Maintenance Page WordPress Menarik di Website

8. Lomba Menulis Puisi Kemerdekaan atau Membuat Ucapan Kemerdekaan

Untuk menyalurkan patriotisme masyarakat Indonesia, dapat juga menggelar lomba virtual dengan menulis puisi kemudian membacakannya lewat platform tertentu. Selain menuliskan puisi bertema kemerdekaan, kita juga bisa membuat puisi tentang pesan cinta lainnya terhadap tanah air Indonesia. Atau peserta juga bisa menyampaikan aspirasi nya dengan menulis Ucapan kemerdekaan untuk Negara Indonesia tercinta, serta memberikan kesan dan pesan dalam tulisan. Lomba Agustusan yang satu ini bisa diikuti oleh anak remaja hingga dewasa, yakni lomba dengan menilai ucapan atau kata-kata yang dituangkan. Penilaian bisa ditambah dari hasil menghiasnya, seperti desain dan penataan gambar. Ide kreatif ini bisa dituangkan dalam bentuk foto atau video.

9. Lomba Pidato dan Lomba Menyanyi Tema Kemerdekaan

lomba menyanyi

Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan Pidato Proklamasi. Sebagai alternatif bisa juga mengadakan lomba pidato secara online, untuk temanya bisa disesuaikan dengan kondisi saat ini. Contohnya saja kalian bisa mengambil tema Kemerdekaan di tengah pandemi. Selain pidato, lomba menyanyi juga aman diadakan selama pandemi ini. Video hasil karya dengan suara lembut bisa dikirim pada panitia. Penilaian bisa diperoleh dari betapa kreatif, kompak, serta penilaian terhadap suara itu sendiri. Karena umumnya pidato berdurasi panjang, maka bisa memanfaatkan IGTV dan Youtube sebagai media pengumpulan karya peserta.

Itulah beberapa ide lomba yang bisa dijadikan inspirasi untuk merayakan peringatan Kemerdekaan Indonesia. Meski hanya dilakukan secara daring atau virtual, lomba 17 Agustus di masa pandemi tadi diharapkan dapat menambah semangat masyarakat dalam menyemarakan HUT RI dengan berbagai kegiatan seru dan positif.

Baca juga : Memahami Psikologi Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait

analisis swot

Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Memenangkan persaingan dengan kompetitor di zaman sekarang bukan hal mudah. Apalagi jika tidak memiliki strategi bisnis yang baik. Salah satu strategi ampuh yang bisa dicoba adalah SWOT Analysis. SWOT adalah teknik mengevaluasi aspek internal dan eksternal bisnis. jika dilihat secara luas, manfaatnya akan dirasakan dalam praktik kehidupan personal. Dengan SWOT, maka bisa menciptakan strategi bisnis yang tepat sesuai aspek terbaik yang dimiliki. berikut Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Read More »