Konten yang relevan tentu akan memikat banyak pengunjung. Di bulan Ramadhan, ada baiknya mempersiapkan konten yang bertemakan Ramadhan guna mengembangkan aktivitas online, dan ini merupakan salah satu cara untuk memberikan dampak yang besar terhadap media digital. Dengan adanya fenomena tersebut, manfaatkan peluang yang ada untuk menarik pengunjung di bulan Ramadan dengan membuat konten-konten yang berkaitan dengan bulan Suci Ramadan. Berikut ide konten yang menarik untuk disajikan ketika bulan Ramadan:
Ide Konten Menarik di Bulan Ramadhan
1. Menu Buka atau Menu Sahur
Untuk memikat banyak pengunjung salah satunya yaitu dengan konten tentang menu-menu buka atau sahur. Saat bulan Ramadhan tiba biasanya banyak yang mencari konten menarik berisi resep-resep masakan dari Internet juga media sosial. Pasti ada sebagian orang yang kebingungan untuk memilih menu buka dan sahur selama Ramadhan. Maka, rekomendasikan kepada pengunjung terkait menu-menu masakan yang bisa untuk sahur dan berbuka puasa. Dengan membuat konten yang relevan terkait bulan Ramadan seperti itu, maka besar kemungkinan untuk dapat menarik pengunjung dalam jumlah yang banyak.
2. Behind The Scene (BTS)
Instagram memang media sosial yang mengutamakan keindahan visual. Sehingga harus usaha ekstra untuk tetap membuat tampilan sebuah akun tetap indah. Tidak hanya instagram, namun juga media sosial atau platform lainpun sama. Sekarang ini yang dipedulikan oleh banyak orang bukan hanya hasil dari keindahan tersebut, melainkan juga dengan bagaimana proses dibaliknya. Inilah mengapa konten dengan tema behind the scenes begitu diminati. Tidak melulu mengenai proses pembuatan konten, namun juga tentang hal-hal yang dibahas dalam konten tersebut. Misalnya saja proses packing sebelum produk dikirim, proses produksi item jualan, dan lain sebagainya. Melalui konten ini, Anda bisa menunjukkan bahwa apa yang dijual adalah nyata. Bukan hanya janji jualan yang diumbar hanya karena ingin menarik perhatian saja. Selain itu, jika dikemas dengan tepat, konten jenis ini juga bisa memperkuat branding bisnis online.
Baca juga : Ide Konten Bisnis Menarik Selama Bulan Ramadan
3. Mengatur THR
Saat mendekati hari raya Idul fitri, biasanya para pegawai sebuah perusahaan akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat mereka bekerja. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum bisa mengatur THR dengan sangat baik. Yang menyebabkan THR tersebut habis secara tiba-tiba dan cuma- cuma karena dibuat untuk berbelanja banyak hal. Apalagi dengan adanya platform e-commerce yang sudah banyak di Indonesia. Saat ini kebanyakan orang akan menghabiskan waktu di bulan Ramadan dengan bermain handphone sehingga rentan berbelanja online. Dari keadaan ini, dapat dijadikan sebagai ide dalam membuat konten bulan Ramadan terkait mengatur THR agar orang-orang dapat mengelola keuangan dengan baik.
4. Tips puasa dan Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan
Selain konten menarik tentang masak, saat bulan Ramadhan akan banyak yang mencari berbagai konten menarik tentang tips seputar puasa. Baik untuk tips merawat diri, mempermudah pekerjaan, dan sebagainya. Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan agar tetap fit dan bugar selama menjalani puasa selama satu bulan penuh juga merupakan hal yang penting. Namun, terkadang sebagian orang masih belum memahami tips bagaimana menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. Hal ini bisa jadi peluang untuk yang mempunyai segudang ide yang bisa membantu kegiatan atau pekerjaan orang lain jadi lebih mudah. Buat konten untuk menampilkan konten-konten terkait tips menjaga kesehatan di bulan Ramadan agar pengunjung mengetahui cara-cara agar tetap sehat dan semangat saat berpuasa. Coba saja berbagi konten menarik terkait tips dan trik nya dalam bentuk video atau tulisan yang menarik.
5. Informasi Liburan dan Promosi liburan
Saat libur lebaran tiba, akan ada tradisi mudik yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Dan ada banyak cara mudik yang dilakukan mulai dari perjalanan darat dengan mobil, motor, kereta kapal atau juga dengan pesawat. Mereka melewati perjalanan yang cukup panjang untuk bertemu dan berkumpul bersama teman dan keluarga selama lebaran atau liburan. Keadaan ini, bisa dijadikan konten pada social media sebagai salah satu sumber informasi serta tips yang dapat membantu mereka untuk membuat rencana perjalanan dan liburan yang menyenangkan.
Hari Raya di Indonesia baik Natal, Idul Fitri adalah waktunya para pegawai menerima tunjangan hari raya atau THR sebagai kewajiban serta apresiasi dari perusahaan atas kinerja karyawan. Dengan adanya pembagian THR, otomatis bisa menjadi sebuah peluang bagi bisnis atau brand untuk beramai-ramai meraih hati konsumen. Liburan Hari Raya adalah waktu yang tepat untuk membuat audiens tahu promosi apa yang ditawarkan. Pastikan untuk mempromosikan acara, diskon atau penawaran lainnya seperti Buy 1 Get 1 dan lain sebagainya di halaman social media untuk memberi tahu audiens dan membujuk mereka untuk membeli.
6. Konten Tips dan Trik Tentang Liburan
Berbeda dengan sebelumnya, konten ini lebih menitik beratkan pada berbagi tips dan trik yang terkait dengan bisnis atau brand sendiri. Sebagai contoh, bila bisnis bergerak di industri bahan makanan, maka bisa berbagi resep atau ide masakan untuk liburan. Bila bisnis bergerak di industri otomotif, maka bisa berbagi tips dan trik mudik atau liburan yang nyaman dengan mobil atau kendaraan lainnya. Dapat dipastikan konten jenis ini akan menarik hati konsumen, bahkan mampu mendongkrak engagement karena konten ini sesuai dengan apa yang mereka hadapi saat itu.
7. Hiburan Jelang Buka Puasa
Konten hiburan menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh pengguna Twitter, terlebih di bulan Ramadan. Rekomendasikan hiburan-hiburan yang bisa dinikmati jelang buka puasa. Misalnya rekomendasi film dan serial, rekomendasi podcast, atau beragam channel YouTube yang bisa menghibur. Dengan rekomendasi samacam itu, maka orang-orang akan tertarik dengan konten yang dibuat karena memiliki bahan hiburan untuk ngabuburit sambil menunggu datangnya buka puasa.
Baca juga : Meraih Pasar Generasi Milenial
8. Live Video dan Foto Store
Dengan melakukan live video baik itu di Instagram, youtube, atau platform lain, maka bisa berkontak secara langsung dengan audiens platform tersebut. Keunggulan live vidio adalah bisa mendapatkan respon dengan cepat. Dengan begitu, interaksi dengan audiens juga lebih dekat. Dalam sesi live, bisa melakukan berbagai jenis kegiatan. Misalnya melakukan live review produk dan melakukan sesi tanya jawab seputar bisnis online yang dijalankan, serta bisa mendapatkan feedback untuk memperbaiki bisnis agar lebih baik. Kemudian bisa juga mengambil kesempatan untuk mendapatkan traffic offline ke toko atau store yang dimilliki dengan memamerkan bagian dalam toko. Posting foto keren konsumen dalam sebuah event di toko. Biasanya, brand atau bisnis dengan segmen middle hingga high end kerap memanfaatkan cara ini. Selain itu, juga bisa memposting konten foto yang sangat spesifik, termasuk tentang penawaran terbaru di toko atau setting toko yang menarik dan Instagramable. Tak ada salahnya juga menggandeng influencer untuk melakukan Instagram Live atau Stories Take Over di toko untuk menarik konsumen datang langsung ke lokasi.
9. Membawa Semangat Lokal dan Season’s Greetings
Tradisi mudik yang kental membuat acara komunitas di kampung halaman menjadi momen yang sangat ditunggu. Selain itu, nostalgia tentang kuliner, kebiasaan, serta adat atau tradisi liburan di daerah juga menjadi konten yang menarik. Berbagi momen liburan ini juga akan membuat followers atau konsumen juga bersemangat berbagi tentang kejadian di lingkungan mereka. Bisa juga dengan menambahkan tagar untuk menjangkau komunitas dan bergabung dengan percakapan. Gunakan tagar yang relevan dan menarik bagi pelanggan di daerah sekitar tempat usaha. Jika akun bisnis bersifat publik, setiap pengunjung yang mencari tagar yang digunakan akan lebih mudah menemukan konten. Jangan lupa ajak pengunjung untuk berinteraksi dua arah sehingga menarik pengguna baru untuk mengikuti akun sosial yang dimiliki. Dan yang tidak boleh dilupakan saat liburan hari raya adalah posting ucapan Hari Raya. Tak hanya sekedar ucapan hari raya, di momen ini juga bisa mengucapkan terima kasih atas dukungan followers atau konsumen sepanjang tahun. Selain itu, untuk lebih terkesan manis ucapkan harapan Anda agar konsumen atau followers menikmati liburan yang menyenangkan bersama teman dan keluarga mereka.
10. Tutorial Memakai Hijab
Ide konten selanjutnya yang bisa dibuat selama bulan puasa adalah tutorial memakai hijab. Salah satu cara yang tepat untuk membuat konten terkait tutorial yaitu dengan menggunakan format video. Konten video menjadi salah satu konten yang menarik bagi banyak orang. Karena, jenis konten ini disajikan secara visual yang penyajian nya berbeda dengan konten artikel yang hanya ada gambar serta teks saja. Konsumen selama Ramadan lebih banyak melihat video dan 57% terlibat dalam mengomentari video, blog, atau postingan sosial media lainnya. Maka, membuat konten video dengan menampilkan tutorial memakai hijab tentu adalah satu satu ide konten yang menarik selama Ramadan. Konten ini bisa dibuat dengan menggunakan platform YouTube ataupun platform media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
11. Giveaway atau Kuis
Kuis atau giveaway masih menjadi salah satu cara yang bagus untuk membangun engagement dengan konsumen atau para pelanggan. Buat kuis dengan tema ‘Bagi-bagi THR’ seperti holiday photo challenge, atau berbagai kontes lainnya. Untuk menjalankan konten ini, bisa menggunakan platform berupa instagram, youtube, atau yang lainnya.
12. Konten Vlog dan Gaming
Bagi yang suka berselancar di dunia Youtube tentu sering melihat atau menonton konten menarik berjenis vlog. Jika Anda mempunyai aktivitas seru untuk dibagikan, bagikan saja lewat vlog daily kemudian upload di channel milik sendiri. Konten menarik untuk vlog tidak harus selalu di luar rumah, namun juga bisa membuat vlog di dalam rumah dengan segudang aktivitas seru yang bisa membangkitkan semangat orang yang melihat vlog tersebut.
Adapaun konten menarik seputar gaming, yang biasanya konten dibuat oleh para cowok yang suka banget main game, apalagi yang jago banget ngegame. Tentu saja Hal ini bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi konten menarik di media sosial. Kemampuan dalam bermain game bisa dibagikan lewat live streaming sehingga orang yang melihatnya bisa berlatih dari konten tersebut. Konten menarik tentang game ini tentu banyak dicari ketika Ramadhan khususnya di jam-jam ngabuburit sebelum berbuka puasa.
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?