JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
online shop

Hal- Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Website Toko Online

Apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah website toko online ?

Sebelum membahas hal apa saja saatakan membuat website toko online, Anda perlu memperhatikan dua unsur dasar berikut ini :

  • Domain – ini adalah sebuah alamat website toko online, yang nantinya akan muncul di pencarian internet. Pilih nama domain yang unik, singkat, padat dan tepat sasaran karena domain juga akan menjadi branding Anda.
  • Hosting – bersamaan dengan domain selalu ada hosting yang berupa wadah untuk menampung juga menyimpan semua file, data dan informasi situs web secara online.

Dengan mempunyai domain dan hosting akan membuat Anda memiliki hak dan kontrol penuh seutuhnya tanpa harus mengikuti aturan terikat jika dibandingkan dengan domain dan hosting gratis. Kesulitan dalam pembuatan website? Ada solusi mudah yang dapat Anda gunakan, yaitu dengan menggunakan Jasa Pembuatan Website terpercaya nomor 1 di Jawa Barat- EZY.CO.ID yang memiliki tim yang berkompeten dalam bidangnya, sehingga hasil pekerjaan akan maksimal. Selain pembuatan website EZY.CO.ID juga menyediakan layanan Facebook Ads. Hubungi kontak kami untuk info dan pemakaian jasa.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website Toko Online

Apakah Anda bermimpi memiliki toko online sendiri dan melebarkan skala penjualan secara global? Panduan ini akan mengajarkan Anda cara memulai toko online, berikut langkah sederhana yang dapat anda perhatikan sebelum membuat website toko online:

1. Tentukan Niche atau Tema Penjualan

Niche adalah garis panduan atau inti tema layanan produk atau jasa yang akan Anda pilih dan kemudian jual. Banyak dari kita yang sering melupakan guideline ini dalam menjual barang secara online dengan memasukkan semua jenis produk tanpa ada niche yang jelas. Dengan adanya tema akan mempengaruhi banyak hal termasuk :

  • Angka penjualan.
  • Berapa banyak usaha yang harus di lakukan untuk memberikan dukungan pada pelanggan.
  • Apakah Anda akan memiliki pelanggan yang tetap atau tidak.
Man shows gesture of a great idea find solution of the problem vector illustration in cartoon style Concept

Inilah pentingnya untuk meluangkan waktu untuk memikirkan cara pemasaran yang strategis. Niche sendiri dipecah menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Harga – harus memperhatikan pesaing dalam memasarkan harga produk atau jasa mereka untuk mendapatkan titik tengah harga penjualan Anda sendiri.
  • Audiens (pembeli) – jika menjual produk atau layanan jasa yang sama dengan pesaing, maka pembeli akan lebih memilih merek yang lebih mereka kenal daripada merek pendatang baru.
  • Peluang pasar – pembeli cenderung melihat dan tertarik pada penawaran tetapi ketertarikan mereka akan segera beralih begitu penawaran berakhir, hendaknya selalu mencari cara dalam tetap mendapatkan perhatian pembeli dengan berbagai promosi.

2. Pastikan Toko Online Anda Terlihat Profesional

Jika ingin memiliki bisnis online yang aktif, harus fokus pada kualitas sejak awal. Anda perlu membangun toko yang terlihat profesional, menarik pelanggan dan memiliki panggilan yang tepat untuk bertindak membantu mereka mengonversi ketika mereka mengunjungi situs Anda. Desain situs web yang menarik pasti dapat mendorong penjualan online, tapi desain yang dipilih sebaiknya tidak berlebihan. Pembeli akan memutuskan apakah mereka percaya dan ingin membeli dari situs web Anda dalam waktu sekitar tiga hingga lima detik saja. Itu berarti Anda harus memiliki situs web yang sederhana, dapat dipercaya dan mudah digunakan (navigasi).

3. Pilih Cara atau Metode Pembayaran

Kemudahan pembayaran adalah salah satu faktor yang banyak dicari oleh pembeli mengingat banyaknya aplikasi pembayaran online yang tersedia saat ini. Biasanya platform E-commerce akan merekomendasikan metode dan cara pembayaran yang sesuai dengan sistem mereka. Dan dapat menjalin kerja sama dengan banyak aplikasi besar yang mempunyai ragam pembayaran mulai dari fitur satu-klik, opsi dompet digital dan lainnya. Setelah memiliki daftar opsi, Anda harus benar- benar memahami opsi cara kerja pembayaran yang dipilih tersebut karena itu akan mempengaruhi penjualan secara keseluruhan.

4. Pilihan Cara Pengiriman

Opsi pengiriman sangat bergantung pada produk, model bisnis, audiens target, dan solusi E-commerce. Semua faktor ini harus berkinerja dengan baik karena pengiriman merupakan  proporsi nilai penting untuk toko yang memiliki kekuatan untuk menarik pelanggan. Apabila masih mempunyai penjualan skala kecil, sebaiknya harus menguasai pasar pengiriman domestik sebelum mulai merambah ke pengiriman internasional.

5. Pasang Aplikasi Analisis untuk Mengukur Kesuksesan Traffic

Sebuah situs web penjualan online pasti  membutuhkan data dan tolak ukur untuk menumbuhkan bisnis mereka. Untuk memulai pelacakan tersebut, dapat menggunakan opsi pelacakan analitis yang dapat membantu dengan metrik dasar seperti :

  • Jumlah pengunjung
  • Tingkat konversi
  • Penjualan produk yang paling populer
  • Pendapatan rata- rata pelanggan

Anda juga dapat menggunakan opsi platform seperti pencarian situs dalam toko yang dapat memberi masukan mengenai tentang apa yang paling dicari pelanggan. Untuk melakukan pengumpulan data lebih lanjut, dapat menggunakan Google Analytics yang membantu memahami apa yang dilihat pada pencarian yang terjadi didalam dan diluar toko. Google Analytics dapat memberi wawasan berikut untuk membantu memperluas dan meningkatkan bisnis Anda :

  • Mengenali target audiens atau pelanggan
  • Melacak dari mana pembeli datang, ke mana dan kapan mereka pergi
  • Melacak bagaimana pengunjung Anda terlibat (engagement) dengan toko
  • Kemampuan untuk membubuhi keterangan upaya Anda
  • Dapat menandai tindakan atau peristiwa penting di timeline, seperti menambahkan produk baru atau penjualan sehingga dapat melihat dampaknya pada toko online

Analytics secara umum adalah elemen kunci dalam membantu Anda untuk bertindak berdasarkan fakta dan bukan asumsi tentang pelanggan dan bisnis Anda.

6. Jadikan Situs Web Toko Anda SEO-Friendly

Toko online harus menerima lalu lintas agar pembelian dapat terjadi. Kunci untuk menghasilkan lalu lintas tersebut adalah Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization). Dengan memasukkan kata kunci SEO ke dalam judul dan deskripsi produk Anda, situs akan lebih cenderung mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Peningkatan visibilitas adalah unsur utama untuk kunjungan situs yang lebih besar dan lebih banyak konversi.

Website online shop yang bagus harus punya SEO yang tepat. Pemahaman tentang SEO dapat membuat halaman website lebih berkualitas sehingga mudah ditemukan pelanggan. Pemilik bisnis sebaiknya punya pemahaman tentang aturan SEO agar kualitas website semakin meningkat. Berikut beberapa tips untuk membuat situs ramah SEO:

  • Gunakan alat SEO untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian bulanan cukup tinggi dan kesulitan kata kunci yang cukup rendah untuk peringkat situs Anda.
  • Ketikkan kata kunci SEO yang di pertimbangkan untuk ditambahkan ke halaman produk, untuk melihat hasil yang akan bersaing. Jika hasilnya adalah situs utama, pertimbangkan mengubah istilah menjadi sesuatu yang kurang kompetitif.

7. Pastikan Toko Anda Mobile-Responsif

Dengan meningkatnya penggunaan handphone untuk belanja online, pedagang harus memastikan bahwa desain situsnya ramah-seluler untuk memastikan konsumen dapat melakukan pembelian, apapun perangkat yang mereka gunakan. Penjual yang mengerti teknologi dapat memeriksa persyaratan sistem operasi, untuk memastikan bahwa situs mereka responsif. Pengguna website juga dapat menggunakan templat desain toko online yang sudah diatur agar responsif seluler untuk membuat situs ramah perangkat. Beberapa kiat yang dapat ditindaklanjuti untuk memastikan situs responsif seluler:

  • Pilih desain vertikal daripada desain horizontal untuk lebih mudah menggulir dan melihat konten di layar ponsel.
  • Uji respons seluler toko Anda dengan memuatnya ke telepon dan menjelajah untuk memeriksa kesalahan.

8. Tautkan Semua Aplikasi Media Sosial yang Anda punya

Dalam pembuatan website penjualan online, pemasaran adalah hal yang patut diperhatikan. Pastikan toko online dapat dikenal banyak orang agar semakin banyak yang datang ke website. Berikan fitur layanan yang memudahkan pada website toko online. Gunakan jejaring sosial untuk mengenalkan toko online dan memberikan layanan kepada konsumen yang akan membeli.

Disamping mengandalkan website sebagai sarana penjualan utama, adanya tautan link media sosial juga banyak mempermudah dan memberikan toko online, branding yang lebih solid lagi. Melalui aplikasi media sosial juga dapat beriklan dan menarik pengunjung untuk mengunjungi website Anda untuk melakukan pembelian.

9. Cari Penyedia Jasa Pembuat Toko Online dan Pakailah Newsletter

Bila dirasa pebisnis kurang punya keahlian dalam pembuatan toko online, jangan sungkan untuk menggunakan jasa pembuatan website penjualan online.  Dengan memperhatikan beberapa hal seperti pemilihan penyedia jasa yang memiliki harga standar, dapat memberi pelayanan penuh serta tanggap, dan mampu membuat website dengan fitur yang memadai.

Penggunaan newsletter juga dapat membuka peluang pembelian dari pelanggan. Newsletter akan meningkatkan layanan serta membuat pelanggan lebih terlibat. Sediakan fitur pada website sehingga pelanggan lebih mudah mendaftar newsletter. Berikan navigasi untuk pendaftaran akun yang jelas agar pelanggan dapat mengakses dengan gampang. Dorong pelanggan untuk memberi review atau tanggapan atas produk yang dibeli.

10. Perhatikan Kompetitor dan Tonjolkan Kelebihan Toko Online

Dalam bisnis selalu ada persaingan, pembuatan toko online perlu memperhatikan kompetitor dari bisnis. Hal ini berguna untuk memastikan website yang akan dibuat dapat bersaing dan punya keunggulan dari website kompetitor. Perhatikan bentuk desain, layanan, dan fitur yang dimiliki kompetitor. Kemudian buat rancangan website yang punya kelebihan dan unik dibandingkan website kompetitor.

Buat website online shop yang canggih dan berbeda. Ada banyak pemilik toko online yang memusatkan perhatian untuk memasang iklan produk sebanyak mungkin. Padahal tidak hanya itu yang diperlukan dalam pembuatan toko online. Pebisnis harus juga memikirkan bagaimana membuat produk tampil dengan baik, manfaatkan pemotretan dan produk feed. Untuk membuat lapak jualan produk lebih berkualitas.

11. Sediakan Hal Lain

Menjual barang atau jasa memang menjadi tujuan utama dalam membuat toko online. Selain memberi banyak penawaran untuk meningkatkan jumlah pembelian produk, menarik pelanggan potensial juga sangatlah penting. Pebisnis harus ahli mencari cara meningkatkan pengunjung. Salah satu caranya dengan membuat fitur blog pada website yang membagikan informasi tertentu lalu mengarahkan pada penjualan.

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami, silahkan berkonsultasi dengan kami disini.

semoga bermanfaat, salam sukses untuk kita semua.. sekian dan terimakasih.. 🙂