Search
Close this search box.

Fitur WordPress Baru Versi 4.8 yang Wajib Anda ketahui

Pada saat artikel ini diterbitkan, versi WordPress sudah berada di versi 4.8.1. Ada beberapa fitur baru yang cukup menarik untuk Anda gunakan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh WordPress versi 4.8.

Perubahan pada WordPress versi terbaru terutama terlihat pada widget yang sudah ada, di samping berbagai fitur baru lainnya. Tidak terlalu banyak fitur baru, namun tetap akan membuat website Anda lebih menarik dari sebelumnya.

Berikut Fitur Terbaru WordPress Versi 4.8

1. Editor Visual di Widget Teks

Pertama-tama, ada fitur tambahan berupa editor visual pada widget teks. Ini terbilang baru karena sebelumnya Anda hanya bisa memasukkan teks atau HTML. Sekarang Anda dapat menambahkan gaya ke teks seperti tebal, miring, dan menambahkan/mengedit hyperlink.

Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini. Untuk WordPress 4.7 Anda hanya bisa memasukkan teks, sedangkan untuk WordPress 4.8 Anda bisa langsung melihat hasilnya.

2. Widget Gambar

Fitur selanjutnya adalah widget gambar. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan gambar pada widget seperti logo atau spanduk afiliasi. Untuk menambahkan link, silahkan klik tombol Edit Gambar.

Berikut ini adalah contoh tampilan gambar pada widget WordPress versi 4.8

3. Widget Video

Hampir sama dengan widget gambar, fitur WordPress selanjutnya adalah widget video. Jika Anda memiliki video profile perusahaan atau video lain, Anda dapat meletakkannya pada widget tersebut. Format videonya adalah .mp4, .m4v, .webm, .ogv, and .flv.

Berikut ini adalah tampilannya pada website.

4. Widget Audio

Selain widget untuk gambar dan video, Anda juga bisa menambahkan widget berupa audio. Menambahkannya hampir sama dengan membuat widget untuk gambar atau video.

Berikut ini untuk contoh tampilan pada website

5. Link Boundaries

Link boundaries atau batas link pada editor visual berguna ketika Anda ingin mengedit link serta menentukan kata mana yang ingin Anda beri link. Walaupun fungsinya sesederhana itu, tapi akan cukup membantu Anda yang sering menerbitkan artikel.

6. Perubahan dari Sisi Pengembang

Sebagian besar perubahan pada WordPress versi 4.8 lebih pada penambahan fitur tampilan. Namun, ada juga perubahan dari sisi pengembang. Salah satunya adalah API baru untuk widget. Silakan kunjungi dokumentasi pengembang berikut untuk detail lebih lanjut: Widget Teks TinyMCE dan Widget Gambar dan Audio.

Kesimpulan

Apakah website Anda sudah menggunakan WordPress versi 4.8? Sekarang giliran Anda. Nikmati semua kemudahan WordPress versi terbaru sekarang juga.

Baca juga: Update WordPress Otomatis dengan Plugin

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait