JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
web design

Faktor Penting Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Merancang Sebuah Website

saat ini, website sedang digandrungi oleh berbagai kalangan bisnis, baik itu pebisnis besar maupun pebisnis skala kecil. Alasan mengapa banyak orang menggunakan website, yaitu karena web dianggap media yang paling efektif dan efisian untuk mempromosikan sebuah bisnis. Namun, dalam pembuatan web design tidak boleh sembarangan, agar web design yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta dapat menarik audiens untuk berkunjung. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih web design:

Baca juga : Data Analysis dan Google Analytics

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Web Design

CMS

  1. Responsive Web Design

Responsive web design adalah sebuah cara untuk membuat tampilan web dalam ukuran yang sesuai dalam berbagai device. Responsive web design biasanya tidak membutuhkan kode-kode tertentu dalam setiap device. Karena, konten, fitur dan navigasi akan berubah dengan sendirinya sesuai dengan lebar browser. Maka, pengunjung web tidak perlu melakukan zoom in dan zoom out untuk membaca dan melihat isi web.

  1. Design Menarik

Salah satu alasan pengunjung datang ke website, yaitu adanya faktor design yang menarik perhatian pengunjung. Maka sebelum membuat sebuah web, pastikan terlebih dahulu contoh web design yang dipilih memiliki karakteristik yang membedakan dengan web lain. Web design dapat memudahkan pengunjung mengakses dan menemukan informasi penting dari website.

  1. Kejelasan Konten

Konten yang bertele-tele akan membuat pengunjung merasa bosan dan jenuh untuk mengakses website. Konten yang berkualitas dan original biasanya akan meningkatkan traffic web. Maka, pemilik situs harus lebih teliti dan cermat dalam membuat konten. Dan pastikan juga tidak ada kesalahan informasi, ejaan dan tanda baca dalam isi sebuah konten.

  1. Perhatikan SEO

SEO adalah sebuah proses yang tujuan utamanya ialah meningkatkan posisi web pada mesin pencarian google. Untuk memberikan SEO dalam sebuah website sangatlah mudah, hanya perlu mengedit konten sesuai dengan kebijakan SEO.

  1. Perioritaskan Keamanan Website

Pemilik situs harus memperhatikan fitur keamanan apa saja yang terpasang di website, untuk lebih memudahkan dalam mendapatkan kepercayaan dari pengunjung web dan calon pembeli.

Kriteria Website yang Berkualitas

  1. Usability

Agar pemilik web dapat mengelolanya dengan baik, maka website harus bagus dan berkualitas dengan memenuhi kriteria usability. Usability memiliki lima syarat yang eprlu dipenuhi oleh sebuah website, yaitu efisien, mudah dipelajari, mudah diingat, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan dari pengguna. Dengan memenuhi syarat- syarat tersebut, dapat dipastikan pemilik situs maupun pengunjung dapat menggunakan website secara mudah.

  1. Navigasi

Dengan adanya navigasi, pengunjung dapat menemukan jalan yang mudah untuk mengakses sebuah website. Tombol navigasi dapat menampilkan banyak media, baik berupa gambar, teks, maupun animasi. Ada beberapa syarat khusus untuk tombol navigasi, yaitu mudah dipelajari, konsisten, muncul dalam konteks, memungkinkan feedback, memakai label yang jelas, menyediakan pesan visual yang baik, mendukung tujuan pengunjung serta membutuhkan waktu dan tindakan.

  1. Design

Dengan membuat design website yang menarik, maka pengunjung akan merasa puas saat mengakses sebuah situs web. Website yang memiliki design menarik ialah web yang menggunakan warna yang konsisten, layout yang konsisten, teks yang mudah dibaca dan grafik untuk penguat teks.

  1. Konten

Konten pada website harus dimuat semenarik mungkin dan relevan agar dapat memenuhi kriateria bagus dan berkualitas. Gaya bahasa dan penulisan juga harus disesuaikan dengan sasaran pengunjung website, sehingga tujuan pembutaan website dapat tercapai.

  1. Loading

Biasanya, semakin menarik suatu website, maka akan semakin lama loading time. Jadi disarankan membuat tampilan web yang menarik dengan loading time yang singkat. Karena dengan semakin singkat loading time, maka akan semakin banyak juga pengunjung yang datang.

  1. Accesbility

Usahakan agar website dapat diakses oleh semua kalangan dan semua usia, sehingga dari segi desain, loading time maupun konten tetap diperhatikan oleh pengunjung. Konsultasikan hal ini dengan penyedia layanan website yang dipilih.

Baca juga : Keuntungan Mengeluarkan Biaya Lebih untuk Membuat Website Custom

Faktor Penting Dalam Membuat Design Website

digital marketing

1. Tujuan

Sebelum membuat sebuah situs website, tentukan tujuan utama dari website yang akan dibangun itu terlebih dahulu. Apakah akan berfungsi sebagai website marketing, customer service, e-commerce, website portal informasi atau berita, website branding, atau website company profile. Hal ini erat kaitannya dengan desain dan tema tampilan website, dan juga akan menentukan konten dari isi website, karena tujuan dari sebuah website disesuaikan dengan target pengunjung.

2. Logo website

Pengunjung akan mengingat dan mengenal sebuah website ketika website memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, selain dari konten yang memang dibutuhkan. Logo menjadi salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi saat membuat sebuah website, karena bisa membantu menunjukkan identitas website yang sedang dikelola. Baik itu website sekolah, Bisnis, Toko online, ataupun website perusahaan. Dari sebuah logo, pengunjung bisa tahu identitas website, karena memang terkadang sebuah logo akan mencantumkan nama perusahaan atau inisialnya. Logo harus selalu ada di setiap website, karena akan menjadi salah satu ciri khas dari sebuah website.

3. Domain dan Hosting

Usahakan menggunakan domain yang termasuk dalam top level domain, seperti .com , .net , .org, .info karena domain-domain ini akan meningkatkan kredibilitas website yang akan dibangun. Baik di mata pelanggan maupun pada mesin pencari. Seperti halnya ketika kita ingin mencari suatu tempat, pertama yang harus kita tahu adalah nama alamatnya. Begitu juga dengan website, sebagai sebuah tempat orang mencari berbagai informasi, website memerlukan sebuah nama domain sebagai petunjuk untuk orang – orang yang ingin mencari informasi. Perhatikan juga dalam pemilihan hosting. Hosting merupakan komputer besar penyimpan data dari website. Pastikan menyewa hosting dari penyedia jasa yang terpercaya.

4. Penggunaan teks dan Penggunaan warna

Penggunaan teks (typhografi) menjadi salah satu yang harus diberi perhatian lebih, karena penggunaan teks yang cocok dengan website akan memberikan nilai tambah untuk website. Serta harus tahu jenis teks apa yang cocok dan pas dengan website. Seperti website berbasis toko online anak atau remaja, pilih jenis teks atau font yang fun, ceria dan tidak membosankan jika dibaca oleh kalangan mereka. Begitu juga ketika website menjurus pada hal yang serius seperti website perusahaan, pilihlah jenis teks yang sedikit lebih serius dan terlihat konsisten. Kemudian warna juga menjadi komponen penting yang tidak dapat dipisahkan ketika merancang sebuah website. Sama dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website. Pemilihan warna akan melibatkan selera dari si pembuat. Namun, tidak bisa menggunakan selera individual saja ketika ingin menciptakan dan memberikan sesuatu kepada orang banyak. Harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan orang banyak. Terlebih jika website tersebut seperti toko online, sesuaikan dengan target pasar yang akan dituju.

5. Media Sosial dan Maintenance

Media sosial berperan sebagai faktor pendukung website. Buatlah akun-akun baru dengan nama akun sesuai dengan tema atau judul website, untuk menunjang promosi dan sarana komunikasi dengan pelanggan. Kemudian lakukan juga maintenance secara berkala, faktor ini kadang diabaikan oleh para pemilik website. Setidaknya pastikan semua themes dan plugin update, dan website didukung oleh CMS versi terbaru.

6. Ekonomis

Ekonomis disini, yang berhubungan dengan ukuran file yang akan digunakan pada sebuah website. Ini berkaitan erat dengan kecepatan akses yang akan ditawarkan suatu website. Faktor ini juga dapat menjadi perhatian dalam pembuatan website, agar hasilnya efektif dan efisien.

7. Tata Letak

Untuk membuat sebuah website yang menarik dan informatif, ketahui terlebih dahulu tentang desain seperti apa yang akan diterapkan pada website nantinya, dan ingin digunakan untuk apa websitenya tersebut. Ini akan membantu seorang web desainer dan developer website untuk membuat dan mengembangkan websitenya. Seperti yang sedang trend saat ini, yaitu web responsif. Seorang desainer web dan web programming harus mampu bekerjasama dengan baik untuk membuat dan menentukan setiap tata letak dari konten-konten didalam website. Untuk sebuah toko online, tata letak sangat menentukan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja di website. Konten yang dibuat harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tidak menggunakan ruang yang terlalu banyak.

Baca juga : Elemen Penting Sebuah Blog atau Website

Keuntungan Menyewa Jasa Pembuatan Website Profesional

costumer service

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, banyak pengguna internet yang mempromosikan produk secara online untuk memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas, baik itu dibidang produk maupun bidang jasa.  Dan website menjadi primadona di kalangan masyarakat saat ini, karena pelaku bisnis dapat mempromosikan produk atau jasanya dalam jangkauan yang lebih luas sehingga mampu mendapat banyak pengunjung dan calon pembeli. Berikut beberapa keuntungan menyewa jasa pembuatan website profesional:

  1. Mobile Friendly

Di dunia serba digital seperti saat ini, semua hal dituntut untuk menjadi lebih efisien dan praktis. Begitupun dengan website, yang dituntut agar lebih mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Salah satu fitur yang sedang booming saat ini ialah mobile friendly, yang dapat memungkinkan website dapat diakses melalui handphone dan tablet. Karena semakin mudah website diakses, semakin banyak pula pengunjung yang datang.

  1. Kecepatan Pengerjaan

Saat memutuskan ingin menyewa jasa pembuatan website, hal pertama yang harus dipikirkan adalah kecepatan pengerjaan. Bila ingin mendapatkan pelayanan maksimal, pastikan memilih penyedia jasa profesional. Maka, website yang diinginkan dapat selesai sesuai keinginan dan sesuai waktu yang sudah ditetapkan.

  1. SEO Friendly

Layanan ini wajib dilakukan pada website, agar website yang sudah dibuat dapat mudah ditemukan di mesin pencari google. Dengan website mudah ditemukan, maka akan banyak pengguna internet yang menngunjungi website.

  1. Media Promosi

Cermatlah dalam memilih jasa pembuatan website, agar mendapatkan kemudahan dalam promosi. Dan hal ini akan semakin membantu dalam meningkatkan citra bisnis. Penyedia jasa, umumnya akan menawarkan promosi melalui Fb, IG dan platform lainnya.

Tingkatan Web yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Website

biaya

Biaya pembuatan website sangat beragam, tergantung dari jasa, kualitas dan tingkatan web. Website mempunyai banyak fitur yang ditawarkan oleh penyedia jasa, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Dan kemudian fitur yang dimasukkan dalam web akan mempengaruhi biaya pembuatan website. Tingkatan website juga akan berpengaruh pada biaya pembuatan website. Maka untuk mengetahui biaya pembuatan website, pelajari dahulu tentang. Tingkatan web yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu:

  1. Website Kelas Bawah (Tingkat Satu)

Website kelas bawah bisa dibuiat oleh pemilik bisnis itu sendiri, karena pada tingkatan ini tidak harus banyak melakukan banyak perubahanpada pengaturan website. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan input data, pengaturan web, dan integrasi web dapat dilakukan sendiri oleh pemilik situs. Jika mengguanakan jasa pembuatan website, umumnya biaya pembuatan website tingkat satu, berkisar ratusan ribu saja. Jasa pembuatan website hanya menambahkan template berbayar atau hasil buatan sendiri ke dalam web bisnis klien.

  1. Website Kelas Menengah (Tingkat Dua)

Website tingkat dua sudah termasuk kedalam jasa pembuatan website yang sebenarnya. Penyedia jasa akan melakukan pekerjaan mereka dengan keahlian dalam mengotak-atik CMS. Pata tingkatan ini, umumnya penyedia jasa menggunakan CMS seperti Wordprees, Joomla, PrestaShop, Magento dan lainnya. Biaya pembuatan website untuk tingkatan ini tergantung dari seberapa ahli jasa pembuatan website dalam mengotak-atik CMS. Dalam tingkatan ini biaya yang dikeluarkan biasanya, mulai dari satu jutaan ke atas.

  1. Website Kelas Atas (Tingkat Tiga)

Untuk membuat website bisnis yang besar, bisa menggunakanwebsite tingkat tiga. Walau biaya pembuatan website ini tidak sedikit, yaitu berkisar puluhan sampai ratusan juta, nmaun web yang dihasilkan dijamin akan berkualitas dan tampak profesional. Website yang dibuat dengan webpada tingkat tiga biasanya akan dibuat dari nol dengan design yang dibuat khusus dan beragam fitur mumpuni. Berikut beberapa kriteria website tingkat tiga:

  • Dikerjakan oleh tim yang dipimpin manajer dengan anggota yang memiliki masing- masing tugas, seperti front end, back end, disigner dan lainnya.
  • Durasi pengerjaan cukup lama, bisa sampai berbulan- bulan.
  • Memiliki server sendiri, minimal VPS.
  • Website yang dibuat, merupakan hasil custom penyedia jasa itu sendiri.

Baca juga : Panduan Memilih Jasa Web Design Profesional dan Berkualitas

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂