Search
Close this search box.
CMS

Content Management System (CMS) Untuk Pemula

CMS atau Content Management System adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten. Dikutip dari Wikipedia Content Management System adalah suatu software yang digunakan untuk menambahkan dan memanipulasi isi dari suatu situs website. Jadi CMS dapat didownload, diinstall dan dilakukan kustomisasi seperti layaknya website biasa. kemudian persiapkan segala hal yang berbau konten dari website. Misalnya:

  • tulisan yang ingin ditampilkan,
  • gambar/ video yang ingin dimasukkan dalam website,
  • harga produk (jika ingin membuat toko online),
  • metode pembayaran (jika ingin membuat toko online),
  • detail produk (jika ingin membuat toko online)

User tidak harus membuat website dari nol, hanya perlu menginstall CMS lalu lakukan pengelolaan konten. Maka bagi pemula, disarankan sudah memahami tentang website apa yang ingin dibuat. Sehinggu saat proses pembuatan website dengan CMS tidak bingung. Berikut beberapa website yang dapat dikembangkan dengan CMS:

  • website organisasi, komunitas
  • website sekolah, yayasan, universitas
  • portal atau landing page
  • website forum, media sosial
  • website e-learning dan e-commerce
  • galery foto, library management system dan lainnya

 CMS (Content Manajemen System) adalah sebuah perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs web. CMS menjadi pembuatan situs instan yang disediakan di internet dan dapat digunakan meskipun oleh pemula yang tidak mengetahui mengenai pemrograman sama sekali.  CMS juga menyediakan template layaknya WordPress. Berikut keuntungan saat menggunakan CMS.

Baca juga : Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Mudah

Keuntungan Menggunakan CMS

CMS

CMS memberikan kemudahan untuk membuat halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana membuat website dari awal. Perkembangan CMS tidak hanya untuk blogger saja, tetapi juga sudah merambah ke bisnis, sehingga saat ini sudah banyak CMS yang ditujukan khusus untuk e-commerce. Perkembangan pengguna internet dan pontensi perkembangan industri e-commerce saat ini di Indonesia, menempati posisi keempat setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk mencapai 262 juta jiwa. Pada tahun 2035 diprediksi Indonesia akan mempunyai penduduk lebih dari 300 juta jiwa. Berpengaruh pada jumlah pengguna internet di Indonesia yang juga mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Menkominfo yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 saja sudah mencapai angka Rp 130 triliun. Penelitian yang digagas TEMASEK dan Google tersebut memprediksi Indonesia akan berubah menjadi pemain dominan dalam percaturan e-commerce, terutama kawasan Aisa Tenggara.

Peluang untuk mengembangkan bisnis online bagi pelaku industri online masih terbuka lebar di Indonesia. Ada beberapa kemungkinan yang membuat produk yang dijual tidak banyak terjual meskipun sudah banyak yang mengunjungi situs web. Salah satunya mungkin dikarenakan tampilan situs toko online yang kurang menarik. Maka, untuk tampilan yang menarik dan mudah digunakan, cobalah menggunakan CMS. Namun ada beberapa alasan yang perlu diketahui sebelum memutuskan menggunakan CMS. Bagi yang sudah pernah menggunakan WordPress, pasti tidak akan kesulitan untuk menyesuaikan, menggunakan, dan mengembangkan CMS sesuai dengan kebutuhan. Berikut keuntungan dari menggunanakan CMS:

  1. Efisiensi

Tidak banyak pengusaha mempunyai banyak waktu untuk membuat situs web dari awal. Maka, CMS merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan alat meraih sukses  melalui internet. Tidak masalah meskipun biaya yang dialokasikan sedikit, bahkan bisa menggunakan biaya tersebut untuk membayar seseorang mengerjakan konten situs web saja.

  1. Kemudahan dan Cepat

Untuk seseorang yang belum pernah belajar mengenai pemrograman, CMS pilihan yang sangat tepat untuk dipelajari, karena menawarkan banyak kemudahan dari proses instalasi sampai dengan proses perawatan dan pembaharuan konten. CMS juga akan sangat membantu saat sesorang membutuhkan situs web dalam kondisi mendesak. Hanya dengan beberapa klik saja, maka sudah bisa menampilkan halaman website dan tinggal memasukkan konten saja.

  1. Pemisahanan Konten Mudah

Meskipun proses instalasi yang dilakukan sederhana, namun fiturnya lengkap. Bahkan, pemilik akun bisa mengatur banyak hal melalui CMS pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS.  Jika ingin menambahkan fitur lain pun sangat mungkin dan mudah dilakukan dengan menambahkannya melalui fitur instalasi plugin yang disediakan.

  1. Penambahan Fungsi

Kode sumber CMS juga bisa dibedah dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi yang sudah terbiasa dengan pemograman pasti akan suka dengan fitur custom kode sumber, karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Perlu diperhatikan bahwa sebelum mengubah kode sumber asli dari template CMS, pastikan sudah melakukan data backup. Paling tidak melakukan proses penyuntingan hanya menggunakan data salinan.

  1. Dapat Menambahkan Banyak User

Membangun usaha yang dikerjakan oleh beberapa orang pasti akan membutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs web dan membuat konten. CMS memberikan kebebasan untuk menambahkan berapa user yang dibutuhkan. Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing-masing tipe. Jadi semua orang yang mengelola bisnis itu bisa memasukkan konten pada situs web perusahaan sesuai dengan peranannya masing-masing.

  1. Memudahkan Saat Proses Maintenance

Perubahan besar-besaran pada situs web pasti akan terjadi dan tidak dapat dihindari. Tanpa menggunakan CMS, tentu akan menjadi sangat susah dan penuh dengan resiko. Apalagi yang berhubungan dengan ribuan data dan merubahnya satu persatu. Saat menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang saat ini ada. Dan juga tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, CMS akan melakukan hal itu secara otomatis.

  1. Mudah dalam Mengubah Desain

Untuk mengubah desain sebuah website, hanya tinggal mengunggah template yang sudah dibuat di lokal atau mengunduh template berbayar yang saat ini banyak tersedia di internet, kemudiah unggah pada halaman admin. Terkadang ada juga CMS yang sudah menyediakan template bawaan sehingga tidak perlu mencari sendiri template yang diinginkan.

Menggunakan CMS untuk situs web dapat menjadi investasi yang sangat besar bagi kemajuan usaha. Apalagi jika usaha yang dimiliki saat ini ingin dikembangkan melalui permasaran online. CMS memberikan kesederhanaan namun dengan kemampuan yang handal yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan tampilan sampai dengan konten. Jika pemilik web termasuk orang yang peduli dengan SEO, ada plugin yang berjalan pada CMS khusus untuk mengoptimalkan SEO pada konten situs web. Jika berjalan dengan baik, SEO ini akan menempatkan konten pada peringkat atas mesin pencarian.

Jenis dan Kategori CMS Terbaik

a. CMS Untuk Membuat Website/ Portal Web

Website atau portal web adalah media paling mudah untuk melakukan edukasi atau mengenalkan sesuatu kepada khalayak publik. Nah berikut ini beberapa CMS terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membangun website atau portal web.

  1. WordPress

wordpress

WordPress adalah salah satu platform untuk membuat website dan blog. semua orang dapat membuat website sesuka hati dan sesuai keinginan. Semua orang dapat membuat website dalam hitungan menit tanpa pengetahuan teknis sekalipun. Pengunaan WordPress di dunia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. WordPress memiliki 2 produk yaitu wordpress untuk blog dan wordpress yang berbasis CMS. Perbedaanya terletak pada lokasi dimana website/ blog diletakkan. Nama blog dengan akhiran *.wordpress(dot)com artinya, blog masih “numpang” di server milik WordPress. Sedangkan CMS WordPress, dapat diletakkan di hosting sendiri dan memberikannya nama website dengan akhiran .COM, .NET atau lainnya agar terkesan lebih profesional.

CMS WordPress merupakan perangkat lunak yang mempunyai fasilitas untuk pengelolaan konten situs web. Menggunakan CMS WordPress mengizinkan pengguna untuk melakukan pengelolaan keseluruh file, dokumen, serta desain dan tampilan konten. WordPress sebagai CMS bisa dipasangkan pada hosting yang dimiliki dan menggunakan domain sendiri tidak menggunakan ektensi domai wordpress. CMS WordPress pada hosting sendiri lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Perbedaan WordPress, WordPress.com, dan WordPress.org

Bagi pengguna yang baru atau bahkan pengguna yang lama terkadang bingung mengenai alamat situs resmi dari WordPress, yaitu wordpress.org dan wordpress.com. Kedua alamat ini sama-sama menyediakan dan menjadi rumah layanan WordPress, tapi dengan fitur yang sangat berbeda. WordPress.com merupakam penyedia web hosting wordpress. Perbedaannya dengan layanan wordpress.org adalah adanya batasan penggunaan. Pengguna tidak dapat melakukan instalasi plugin pada wordpress.com, padahal ini merupakan fitur yang sangat menarik dari WordPress. WordPress.com juga membatasi penggunaan untuk memasang iklan Google Adsense.

Keunggulan WordPress
  • Open source, berarti WordPress bisa digunakan tanpa membayar.
  • Template dan desin sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
  • Adanya kemudahan untuk melakukan impor dari situs lainnya.
  • Banyak plugin tambahan dan template yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis.
  • Mempunyai fitur multi kategori dalam satu artikel.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback.
  • Terdapat fasilitas format teks yang mirip dengan program pengolahan kata dan lain sebagainya.
Fitur WordPress
  • Pengelolaan Artikel – Pada fitur ini bisa mengelola apa saja yang berhubungan dengan artikel seperti menulis, menghapus, dan membuat tag pada postingan.
  • Users – untuk menambahkan tim sesuai dengan tugas dan peran masing-masing, dalam pengelolaan situs web. Baik sebagai admin, penulis, editor atau lainnya. Dan pengguna juga mempunyai akses untuk merubah password dan mengatur keamanan.
  • Menu Pages – Jika pada halaman situs web biasanya hanya melihat menu yang berjejer dengan menu Home. Pada fitur pages, bisa menambahkan halaman lain yang mirip dengan page home. Secara umum fitur post dan pages hampir sama.
  • Media – untuk mengelola dan melihat seluruh konten gambar dan video.
  • Pengelolaan Komentar – bisa mengatur komentara apa saja yang diperbolehkan berada pada artikel, menyaring komentar yang tidak diperlukan dan menghapus komentar yang tidak perlu. Bisa juga membalas semua komentar yang masuk.
  • Pengelolaan Tema – untuk mengganti dan menyesuaikan tampilan pada situs web. Ada banyak pilihan, seperti melakuakn custom tema live dan mengatur tema langsung ke sumber kodenya.
  • Plugin – untuk menambahkan fitur lain sesuai dengan kebutuhan, seperti SEO, custom page, SSL, dan sebagainya melalui fitur plugin.

Ada banyak situs web terkenal yang menggunakan WordPress sebagai pondasinya, misalnya:

  1. TechCrunch
  2. The New Yorker
  3. BBC America
  4. Bloomberg Professional
  5. Microsoft News Center

Baca juga : Belajar Bahasa Pemrograman C++ Untuk Pemula

  1. Joomla

joomla

Joomla adalah salah satu CMS gratis dan open source yang berfungsi untuk menampilkan konten website. Sebagai CMS yang dikembangkan dengan teknologi MVC (model view controller), Joomla dapat dengan mudah digunakan oleh pemula dan dapat digunakan untuk membangun website berbasis online. BBerdasarkan Dokumentasi Joomla, Joomla dapat digunakan untuk membangun situs web perusahaan, majalah online, surat kabar dan penerbitan, e-commerce, sistem reservasi online, aplikasi pemerintahan, situs web usaha kecil, situs web LSM dan organisasi, portal berbasis komunitas, situs Web sekolah dan gereja ataupun situs web pribadi atau keluarga. Joomla dibuat dengan menerapkan prinsip model – view – controller yang saat ini banyak dipakai pada pengembangan sistem perangkat lunak.

Kelebihan Joomla

Seperti WordPress, Joomla juga memiliki ektensi dan template yang bisa digunakan. Meskipun pada saat proses instalasi lebih susah dibandingkan dengan WordPress, tetapi secara keseluruhan hampir sama. Selain itu Joomla juga dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti :

  • Website bisnis kecil
  • Majalah, koran, dan publikasi online
  • Portal situs web untuk perusahaan
  • E-commerce dan pemesanan online
  • Situs web pribadi dan lain sebagainya

Selain itu bisa juga dengan mudah mengembangkan beberapa  fitur yang seperti untuk sistem pengelolaan inventaris, pelaporan data, katalog produk, dan lain sebagainya. Terkait keamanan, Joomla akan selalu memperbaiki isu keamanan yang dilaporkan secara berkala. Sehingga sampai dengan saat ini masih ada versi terbaru yang bisa didapatkan.

Fitur Joomla

Joomla menyediakan banyak fitur dan juya menyediakan kontan yang sudah langsung bisa dimanfaatkan. Ditambah lagi sistem managemen user yang mudah dalam mengelola konten yang sedang dikelola. Melalui sistem manajemen user, pengguna akan mendapatkan akses untuk mengelola fitur yang dapat digunakan untuk menyesuaikan website sesuai dengan kebutuhan. Dengan sistem ini akan sangat mudah untuk mengelola dan mengatur semuanya, apalagi berhubungan dengan template, SEO, dan custom tampilan agar mendapatkan rate yang baik dari Google sehingga mudah ditemukan pada sistem pencariannya.

  1. Drupal

Drupal adalah salah satu jenis CMS yang dapat digunakan untuk membuat website dan aplikasi sehari-hari. Adapun keunggulan Drupal yaitu mudah pengelolaan konten, reliable performance, publishing workfloe, fitur metadata dengan vocabularies, XML publishing dan memiliki keamanan data yang terbaik. Sehingga Drupal sangat cocok jika digunakan untuk website skala kecil maupun besar. Terkait keamanan, Drupal mengambil pendekatan yang sangat serius. Jika terdapat masalah keamanan, Drupal menampilkan pada halaman situsnya saat sudah ditambal. Hampir jarang terdengar kabar bahwa Drupal banyak diretas, kemungkinan lain bisa jadi karena pengguna yang masih jarang.

Keunggulan Drupal
  1. Mudah digunakan

Drupal memberikan kemudahan dalam penggunaan. Pengelolaan konten untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari begitu mudah melalui tampilan antar mukanya.

  1. Lebih fleksibel

Pengguna bisa menentukan struktur konten dengan menambahkan custom fields, pengguna, komentar, dan masih banyak lagi. Ditambah ada ratusan modul yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website yang handal.

  1. Skalabilitas tinggi

Semenjak perbaikan pada Drupal 7 dengan bantuan JavaScript, optimasi CSS, dan perbaikan pada cache, website akan terasa lebih cepat, responsif dan bisa menangani jumlah user yang besar.

  1. Open source

CMS ini open source, sehingga bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Selain itu, ribuan orang pintar dan produktif bekerja sama untuk terus meningkatkan dan memperbaiki Drupal, modul, tema dan distribusi.

Baca juga : Tips Mendapatkan Uang dari Internet (Bisnis Online)

CMS Untuk Membuat Toko Online/ E-Commerce

CMS adalah salah satu software yang “sudah jadi” dan kamu hanya perlu menambahkan konten agar website menjadi lebih sempurna. Dalam membuat toko online atau website ecommerce pun, tidak perlu membuatnya dari nol ataupun meminta bantuan developer. Ada beragam CMS yang dapat digunakan lengkap dengan fitur keranjang belanja, fitur pemesanan, fitur pembayaran, pengiriman, kelola customer, statistik penjualan serta kelola produk. Pemilik website hanya perlu mengisi konten dan spesifikasi produk yang dimiliki. Kemudian tentukan harga tiap produk, metode pengiriman, hingga metode pembayaran yang dapat dilakukan. Berikut beberapa CMS terbaik yang banyak digunakan pelaku bisnis:

  1. Prestashop

prestashop

Prestashop merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Banyak website ecommerce di dunia telah menggunakan Prestashop. Bahkan, Prestashop berhasil menjadi Best eCommerce Software dalam CMS Critic Award pada tahun 2016. Berikut keunggulan Prestashop, yaitu:

  • Memiliki fitur spesifikasi produk serta suplier
  • User dapat melihat statistik penjualan, dapat mengembangkan modul sendiri, dapat melakukan kustomisasi sesuai keinginan dan melihat detail costumer
  • Memiliki beragam tema dan module yang dapat digunakan
  • Bersifat open source dan free serta memiliki inventarisasi produk
  • Metodr pembayaran dan metode pengiriman barang dapat diatur sesuai negara
  • Terdapat fitur pengaturan pajak dan fitur voucher/ kupon
  • Dapat menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia dan masih banyak lagi keunggulan dari pretashop
  1. OpenCart

OpenChart adalah Content Management System yang berfungsi sebagai platform ecommerce atau toko online. OpenCart juga bersifat Open Source dan bisa diperoleh secara gratis. OpenCart ini memiliki tampilan simpel dan elegan. Berikut keunggulan OpenCart, yaitu:

  • Mudah dalam pengelolaan produk, pengelolaan customer dan order
  • Memiliki beragam tema dan modul serta fitur kupon dan voucher
  • Multistore dan memiliki pengaturan pajak
  • Terdapat meta description untuk kebutuhan SEO, fitur afiliasi, multicurrency dan mutilingual, dan sebagainya.
  1. Magento

Magento adalah salah satu CMS yang juga termasuk dalam open source software. Magento rilis pada 31 Maret 2008 dengan berbagai kelebihan, seperti:

  • Terintegrasi dengan Adobe Experience Cloud dan dilengkapi dengan Page Builder yang simpel
  • Terdapat customer segmentation, fitur inventarisasi, manajemen order, dan customer service
  • Memiliki tema yang responsive, full page cacheing dan image optimization
  • Progressive web applications

Keamanan CMS

CMS

Dengan rajin melakukan update versi CMS CMS akan selalu aman. Pada dasarnya CMS adalah aplikasi yang sudah jadi dan dikembangkan oleh suatu tim pengembang. Karena sifatnya Open Source maka siapapun bisa ikut berkontribusi. Ketika ditemukan sebuah “bug” atau celah yang membahayakan keamanan CMS, maka tim akan mencari bagaimana cara menutup celah tersebut atau bahasa lainnya “patching vulnerability”. Setelah berhasil menutup celah tersebut serta menambah beberapa fitur lain, maka tim pengembang akan melakukan update ke versi selanjutnya. Bisa juga melakukan beberapa hal  seperti berikut:

  • Selalu gunakan password dengan kombinasi yang kuat dan jangan gunakan username default “admin”
  • Gunakan plugin security dan hapus plugin yang tidak berguna
  • Sembunyikan folder wp-admin dan selalu lakukan Backup data

Baca juga : Tips Mendapatkan Uang dari Internet (Bisnis Online)

CMS Untuk Website dan Pemula

CMS sangat cocok Untuk Pemula yang belum pernah tahu bagaimana cara membuat website. Dengan CMS tidak perlu mengerti bahasa pemrograman atau bagaimana website bekerja. Dan tidak perlu keluar banyak uang untuk membuat sebuah website profesional. Hanya perlu mengetahui cara instalasi website yang ingin dibuat serta konten yang akan ditaruh di website. Namun tetap harus paham mengenai CMS.  Untuk membuat website atau toko online profesional dengan menggunakan CMS, kekuatan utamanya berada di konten. Jadi, pastikan sudah mempersiapkan terlebih dahulu konten website dengan matang. Berikut cara menggunakan CMS untuk pemula, yaitu sebagai berikut:

  1. Persiapkan Website Yang Ingin Dibuat

Apakah ingin membuat website pribadi, website perusahaan, website pemerintah, e-commerce atau yang lain? Kemudian setelah menentukan website apa yang akan dibuat, pastikan sudah mengetahui gambaran umum dari website tersebut. Catat atau gambar pada secarik kertas agar mudah diingat dan pikirkan juga tampilan yang akan dibuat. Misalnya, apa judul website, tulisan yang ingin dicantumkan, gambar yang ingin ditapilkan di halaman utama, dan sebagainya.

  1. Ketahui dan pahami tentang CMS, Hosting dan Domain

Agar dapat online dan diakses banyak orang melalui internet, CMS harus diletakkan di Hosting. Dan agar dapat dikenali, CMS harus diberi nama. Dan nama tersebut biasa dikenal dengan Domain misalnya namawebsite(dot)com. Website atau CMS memiliki berbagai macam file seperti script website, tulisan, file gambar, file video dan sebagainya.

Hosting

hosting adalah lokasi dimana file website diletakkan. Website dianggap sebagai sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Hosting.

Domain

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Website dengan akhiran (dot)com, (dot)id atau (dot)net disebut dengan domain. Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Misal, saat mengakses Ezy.co.id. EZY merupakan nama domain, sedangkan (dot)co(dot)id adalah ekstensi domain. Setelah mengetahui hosting dan domain kemudian pikirkan nama website, lalu pilih penyedia hosting, setelah itu pilih paket hosting yang dibutuhkan. Pilih paket hemat domain dan hosting atau penyedia hosting yang sedang promo, Agar lebih murah.

  1. Tentukan CMS yang Diinginkan

Pilih CMS sesuai dengan apa yang diinginkan. Misalnya, saat membuat toko online dengan tampilan simpel dan mudah, pilihlah OpenChart. Saat ingin membuat portal website pemerintah, pilih Drupal atau Joomla. Saat ingin membuat ecommerce dengan beragam fungsi, pilih Prestashop atau Magento.

  1. Meinginstall CMS di Hosting

Kemudian lakukan instalasi, Prosesnya cukup mudah. Bisa menggunakan aplikasi instalasi otomatis yang ada di Hosting seperti Softaculous Auto Installer. Atau menggunakan penyedia hosting dan domain yang menyediakan instalasi otomatis seperti Instant Deploy.

-) Menggunakan Softaculous Apps Installer

Softaculous Apps Installer adalah auto installer yang terdapat di Hosting untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi. Softaculous sangat mempermudah user untuk melakukan instalasi aplikasi hanya dengan satu step saja. Yaitu dengan memilih CMS yang Ingin Diinstal,  kemudian Proses Instalasi akan berjalan, yang pastinya akan membutuhkan :

  • domain dan subdomain
  • nama website/ toko online yang telah dipersiapkan
  • tulis username dan password untuk login kemudian tulis nama admin/ pemilik bisnis, lalu tunggu beberapa saat untuk proses instalasi.

-) Menggunakan Instant Deploy (Instalasi Otomatis)

Untuk metode ini, biasanya hanya dimiliki oleh penyedia layanan hosting dan domain saja.

Baca juga : Ide Bisnis di Bulan Ramadhan dan Momen Spesial untuk Bisnis Anda

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait