Search
Close this search box.

Cara Optimasi Blog Melalui cPanel dengan Tool Optimize Website

Cara optimasi blog cukup mudah dilakukan melalui cPanel. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menggunakan fitur cPanel untuk mengoptimalkan situs web Anda. Cara optimasi website yang kami maksud disini adalah soal peningkatan kecepatan website. Ya, Anda dapat mempercepat situs web Anda hanya dengan mengklik tombol Optimalkan Situs Web di cPanel. Fitur ini nantinya akan memampatkan file tertentu sehingga performa website Anda meningkat.

Apa yang kamu butuhkan?

Sebelum Anda memulai langkah-langkah dalam tutorial ini, pastikan Anda:

  • Memiliki akses ke cPanel
  • mod_deflate di hosting Anda aktif

Langkah 1: Akses Alat Pengoptimalan Situs Web

[ecko_alert color=”gray”]Perhatian: Pastikan Anda membuat cadangan situs web terlebih dahulu[/ecko_alert]

1. Silahkan login ke cPanel Anda, lalu gunakan fitur pencarian dengan mengetik “optimize” lalu pilih Optimalkan Website.

2. Setelah tool optimasi terbuka, Anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 2: Cara Mengoptimalkan Blog Menggunakan Alat Pengoptimalan Situs Web

Sesuai dengan gambar di atas, Anda dapat mengikuti petunjuk di bawah ini.

1. Berikut adalah opsi kompresi yang dapat Anda pilih.

  • Dinonaktifkan – Untuk menonaktifkan fitur alat Optimalkan.
  • Kompres Semua Konten – Opsi ini akan memampatkan semua konten di situs web Anda (yang kami pilih dalam tutorial ini).
  • Kompres jenis MIME yang ditentukan – Untuk memilih konten tertentu yang akan dikompres.

2. Bidang types MIME memungkinkan Anda untuk menentukan file yang akan dikompresi secara khusus. Masukkan konten yang ingin Anda kompres, lalu pisahkan dengan spasi.

3. Jika sudah selesai, silahkan klik Update Setting untuk menyimpan settingan anda. Selanjutnya Anda akan melihat pesan notifikasi seperti di bawah ini.

PENTING: Jangan menambahkan jenis gambar ke dalam bidang jenis MIME, seperti .jpg atau .png. Jenis file ini dikompresi secara default.

Setelah menyelesaikan langkah ini Anda telah mengaktifkan fitur Optimize Website cPanel untuk website Anda, sehingga diharapkan kinerja website Anda meningkat.

Kesimpulan

Cara optimasi blog menggunakan fitur Optimize Website cPanel cukup efektif membuat website Anda lebih cepat diakses. Konten website akan dikompres sebelum dikirim ke browser pengunjung, sehingga akan mengurangi waktu loading. Semakin cepat website Anda diakses, tentunya para pengunjung akan semakin merasa nyaman berada di website Anda.

Baca juga: Apa itu Catatan PTR dan Bagaimana Membalikkan Pencarian IP

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

 

Postingan Terkait