Search
Close this search box.

Cara Mudah Melakukan Optimasi SEO di Instagram

Strategi optimasi SEO dengan kata kunci tidak hanya digunakan untuk memunculkan website di halaman pertama Google lho. Anda juga dapat menggunakannya untuk Bisnis Instagram.

Baru-baru ini, Instagram mengizinkan penggunanya untuk mencari berdasarkan kata kunci. Misalnya melalui kata kunci di konten, bio, dan username Instagram.

Dengan menerapkan optimasi SEO Instagram, Instagram Anda akan muncul di peringkat teratas mesin pencari Instagram. Jadi, Instagram bisnis akan lebih mudah ditemukan oleh pengikut yang relevan dengan bisnis Anda.

Penasaran bagaimana cara melakukan optimasi SEO Instagram? Tenang saja, pada artikel kali ini kami akan menjelaskannya secara lengkap. Yuk langsung saja baca artikel ini sampai habis!

 

Apa itu SEO Instagram?

Instagram SEO adalah proses optimasi konten Instagram. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat profil Instagram Anda di hasil mesin pencari Instagram.

Dengan menerapkan SEO Instagram, konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon pengikut Anda. Semakin mudah ditemukan profil Instagram Anda, semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari meningkatkan brand awareness, menambah jumlah followers, hingga meroketnya content engagement.

Belum lagi, dalam bisnis, para pengikut ini bisa menjadi prospek Anda untuk menjadi pelanggan Anda. Jadi banyak juga manfaat dari Instagram SEO kan?

7+ Cara Mengoptimalkan SEO Instagram

Berikut ini adalah cara optimasi Instagram SEO untuk bisnis Anda:

1. Optimalkan Profil Instagram

Mesin pencari Instagram menjadi tujuan pertama bagi pengguna ketika mencari profil atau postingan di Instagram. Tapi, tentu saja, tidak semua profil akan muncul di hasil pencarian. Sebab, Instagram akan menampilkan profil yang sesuai dengan kata kunci.

Untuk menampilkan profil Anda di hasil pencarian, Anda harus terlebih dahulu mengoptimalkan profil Instagram bisnis Anda. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Ubah pengaturan profil menjadi publik
  • Gunakan foto profil yang sesuai dengan bisnis. Misalnya dengan logo brand atau produk yang dijual.
  • Buat merek bisnis yang mudah dicari dan dikenali. Misalnya, jika Anda membuka kedai kopi, gunakan kata kunci kafe atau kopi.
  • Daftarkan akun Instagram ke Instagram Business
  • Sertakan link website bisnis online Anda di bio Instagram Anda

2. Masukkan Kata Kunci Utama ke dalam Nama Pengguna dan Nama Tampilan

Instagram SEO memudahkan pengikut untuk mencari profil Instagram Anda berdasarkan kata kunci yang mereka cari. Saat mereka mengetikkan kata kunci, mesin pencari Instagram langsung menampilkan profil dan konten yang mengandung kata kunci tersebut.

Untuk membuat profil Anda muncul dalam kata kunci yang relevan dengan bisnis, masukkan kata kunci utama Anda ke nama pengguna dan nama tampilan Anda. Misalnya, Anda berada dalam bisnis sandal. Gunakan kata kunci “sepatu sandal” di nama pengguna atau nama tampilan.

 

3. Tambahkan Kata Kunci Derivatif di Bio Instagram

Tidak apa-apa jika nama pengguna dan nama tampilan Anda tidak mengandung kata kunci utama. Anda tetap dapat menambahkan kata kunci primer dan sekunder di bio Instagram bisnis Anda.

Misalnya, Anda berada dalam bisnis kasing untuk iPhone. Tambahkan kata kunci turunan di bio Anda seperti: “case iPhone murah”. Begitu ada followers yang mencari case iPhone murah, profil Anda berpeluang muncul di hasil pencarian.

Saat menambahkan kata kunci turunan, padatkan pesan bio pada Instagram Anda. Sebab, Instagram memiliki batasan karakter pada kolom bio.

4. Maksimalkan Teks Alt
Seperti optimasi gambar pada SEO website, kamu juga bisa mengoptimalkan gambar menggunakan alt text di Instagram lho.

Teks alt Instagram dapat membantu algoritme Instagram menampilkan foto Anda kepada pengikut yang menyukai jenis konten tersebut. Karena, teks alt menjelaskan konten gambar Anda.

Plus, teks alternatif Instagram memudahkan mesin pencari Google menemukan konten Anda. Caranya, Anda perlu memasukkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi di Google di alt teks Anda.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan alt text pada konten Instagram kamu:

Sebelum memposting konten, gulir ke bawah dan klik Advanced Settings.

Setelah itu klik Write Alt Text.

Lalu tulis deskripsi konten Anda. Setelah itu klik Done.

Jika Anda memiliki konten yang telah diposting tanpa teks alternatif, Anda masih dapat menambahkannya.Caranya dengan klik titik tiga di pojok kanan atas > Edit > Edit Alt Text.

5. Gunakan Kata Kunci di Tagar

Anda juga bisa menggunakan hashtag berupa kata kunci utama yang masih relevan dengan bisnis Anda. Hashtag akan membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengikut Anda di mesin pencari Instagram.

Lantas, bagaimana cara memilih hashtag yang baik untuk hasil yang maksimal? Berikut tipsnya:

  • Pantau hashtag yang digunakan oleh pesaing
  • Melacak tingkat popularitas hashtag yang dipilih di alat hashtagify.me
  • Analisis hashtag yang berhasil pada posting sebelumnya
  • Hindari spam tagar

6. Gunakan Kata Kunci Derivatif dalam Teks

Selain meningkatkan pencarian melalui hashtag, Anda juga bisa menulis caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci turunan ke teks Anda.

Kenapa harus begitu?

Instagram menggunakan machine learning untuk menentukan konten mana yang akan muncul di explore. Berbekal hanya kata kunci dan teks konteks, machine learning dapat memilih konten yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan pengguna.

7. Perhatikan Insight Instagram untuk Melihat Jangkauan Konten

Setelah melakukan langkah-langkah optimasi di atas, Anda bisa menggunakan Instagram analytics bernama Insight. Tujuannya adalah untuk melihat kinerja setiap konten yang Anda buat. Mulai dari konten di feed hingga Instagram Stories.

Melalui Insights, Anda dapat mengevaluasi konten melalui beberapa metrik. Setiap metrik memiliki fungsi dan cara sendiri untuk memaksimalkannya.

  • Reach

Reach adalah metrik untuk mengukur jumlah pengikut yang terpapar konten yang dibuat. Cara memaksimalkannya adalah dengan hashtag, konten bersponsor, dan giveaway.

  • Save

save adalah metrik yang mengukur pengguna yang menyimpan konten Instagram Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat konten yang menarik, relevan, dan bermanfaat bagi pengguna.

  • Impression

Imperssion adalah metrik yang mengukur berapa kali konten atau iklan Anda muncul di layar pengguna. Baik itu konten yang mendapat klik maupun konten yang dibiarkan begitu saja.

Misalnya, tayangan konten Anda adalah 100. Artinya, postingan Anda muncul di layar pengguna 100 kali.

Anda bisa memaksimalkannya dengan memasang iklan berbayar. Dengan iklan, konten Anda akan ditampilkan di layar pengguna yang Anda inginkan.

  • Like and comment

Like and comment adalah metrik untuk melihat keterlibatan atau keterlibatan pengguna pada konten Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat caption konten yang interaktif. Misalnya, dengan memprovokasi pengguna dengan pertanyaan yang relevan.

  • Audiens

Audiens adalah metrik untuk mengetahui jenis pengguna atau pengikut yang merespons konten Anda. Misalnya, karakter, usia, minat, dan jam aktif mereka menanggapi konten.

Metrik ini dapat membantu Anda memposting konten ke audiens yang lebih spesifik dalam waktu yang lebih efektif. Misalnya, ternyata mayoritas followers yang merespon konten promo hosting kita adalah pemilik bisnis online. Mereka biasanya aktif merespon konten setelah makan siang.

Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan bentuk konten dan waktu posting sesuai dengan info tersebut.

8. Manfaatkan Tag dan Sebutan Instagram

Anda juga dapat mengoptimalkan SEO Instagram dengan memanfaatkan fitur tag dan mention di Instagram Stories. Karena ini akan membuat konten dan profil Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pengikut.

Semakin banyak Anda mendapatkan tag dan sebutan dari profil lain, Instagram akan menilai konten Anda relevan. Dengan begitu, konten Anda akan berpeluang besar muncul di mesin pencari Instagram pengikut Anda.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan tag dan mention?

  • Buat konten kolaboratif

Untuk memudahkan konten Anda mendapatkan tag dan mention, buatlah konten kolaboratif atau konten yang relevan dengan followers Anda.

Misalnya, CfDS UGM mengadakan acara Diskusi Digital dengan narasumber dari Niagahoster. Dalam postingan promosi, Niagahoster juga mendapatkan tag dan mention ke profil Instagram kami.

  • Tandai dan sebutkan pengguna lain yang bekerja dengan Anda

Anda juga dapat menandai pengguna lain dan memasukkan nama pengguna mereka dalam keterangan. Tujuannya agar konten Anda disertakan dalam koleksi foto fitur penandaan pengguna lain. Siapa tahu pengguna dari profil lain melihat konten Anda di fitur itu.

  • Gunakan tag lokasi

Anda juga dapat menambahkan tag lokasi di konten Anda. Misalnya lokasi tempat diadakannya suatu acara atau lokasi usaha Anda.

Dengan menggunakan tag lokasi, konten Anda akan lebih mudah ditemukan. Hal ini karena konten berpeluang muncul ketika pengguna mengetahui tentang apa yang terjadi di suatu lokasi.

Ayo Optimalkan SEO Instagram untuk Konten Bisnis Anda!

Nah, itulah tadi cara optimasi SEO Instagram. Mudah, bukan?

Dengan mempraktikkan cara-cara di atas, konten Anda di Instagram akan lebih mudah ditemukan pengguna. Jika iya, tentu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari peningkatan brand awareness, engagement, bahkan hingga angka penjualan.

Selain strategi optimasi SEO Instagram, Anda juga bisa melakukan strategi digital marketing lainnya. Jika Anda tertarik untuk belajar, Anda bisa mengklik ebook gratis di bawah ini. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga : Strategi SEO Terbaik untuk Website di Berbagai Industri

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

 

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »