Search
Close this search box.

Cara Migrasi Joomla ke WordPress Menggunakan Plugin

Joomla adalah salah satu CMS terpopuler selain WordPress. Hanya saja terkadang fitur yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda pengguna Joomla dan ingin menggantinya dengan WordPress tanpa kehilangan konten yang telah Anda buat, ini adalah tutorial yang tepat untuk Anda. Anda dapat dengan mudah melakukan metode migrasi Joomla ke WordPress ini menggunakan plugin bernama FG Joomla ke WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Website Joomla yang berfungsi dengan baik.
  • WordPress yang sudah diinstalasi.
  • Akses ke dashboard admin WordPress.
  • Detail database Joomla (hostname, nama, username dan password dari database).

Langkah 1: Cara Migrasi Joomla ke WordPress dengan Plugin FG Joomla to WordPress

Silakan login ke dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Plugins > Add New. Kemudian ketikkan FG Joomla to WordPress di kolom pencarian. Setelah itu, lakukan instalasi dengan klik tombol Install Now dan klik Activate setelah proses instalasi selesai.

Langkah 2: Konfigurasikan Joomla ke Migrasi WordPress

1. Setelah plugin terinstall, pilih Tools > Import di dashboard WordPress lalu pilih Joomla (FG). Di jendela baru akan muncul opsi di mana Anda perlu mengaktifkan beberapa opsi untuk memigrasi Joomla ke WordPress.

2. Bagian pertama memungkinkan Anda untuk memilih konten di WordPress yang perlu dihapus sebelum memulai proses migrasi. Ini sangat berguna jika Anda ingin WordPress tetapi sudah memiliki konten untuk dihapus.

3. Silahkan klik Empty WordPress content untuk menghapus konten pada instalasi WordPress Anda, seperti postingan, gambar, atau konten lainnya.

4. Bagian selanjutnya akan menanyakan detail instalasi koneksi ke database situs web Joomla Anda. Anda dapat menemukannya di area admin Joomla di bawah Sistem > Konfigurasi global > Server.

  • URL of the Live Joomla Site: Masukkan alamat dari website Joomla Anda.
  • Hostname: Hostname dari database Joomla. Jika Joomla dan WordPress Anda masih dalam satu server, silakan isi dengan localhost. Anda juga dapat menggunakan alamat IP dari hosting Anda.
  • Port: Masukkan angka 3306.
  • Database: Nama dari database MySQL Joomla Anda (Untuk password database Joomla Anda dapat di cek melalui file manager di cPanel, kemudian pilih direktori utama instalasi dari Joomla Anda. Silakan buka file configuration.php, pada baris code public $password akan terlihat password database Joomla).
  • Username: Username dari database MySQL Joomla Anda.
  • Password: Password dari database MySQL Joomla Anda.
  • Joomla Table Prefix: Prefix dari tabel database Joomla.

5. Setelah memasukkan semua detail di atas, silakan klik tombol Test the database connection untuk memastikan koneksi berhasil dengan baik. Jika berhasil Anda akan melihat pesan Connection successful. Jika error, silakan cek kembali detail koneksi ke database Joomla Anda.

6. Scroll ke bawah halaman dan Anda akan melihat bagian Behavior. Supaya proses migrasi berjalan lancar, silakan sesuaikan pengaturannya dalam gambar di bawah ini.

Anda dapat memilih pengaturan tertentu berdasarkan konten di situs web Joomla. Setelah selesai, silahkan klik Save Setting dan klik Start/Resume the Import. Konten dari website Joomla akan segera diproses untuk dipindahkan ke website WordPress Anda.

Setelah proses migrasi selesai, silahkan lanjutkan ke bagian terakhir untuk memodifikasi internal link halaman website. Cukup klik tombol Ubah tautan internal di bagian bawah halaman plugin.

Proses migrasi telah selesai. seharusnya Anda sudah dapat mengakses website WordPress dan semua konten dari website Joomla yang dipindahkan.

Kesimpulan

Anda telah belajar cara migrasi Joomla ke WordPress dengan menggunakan bantuan plugin FG Joomla to WordPress. Selain plugin ini, ada beragam plugin sejenis yang dapat Anda gunakan untuk migrasi. Di sini kami menggunakan FG Joomla to WordPress karena lebih mudah digunakan.

Baca juga: Cara Mengubah URL WordPress Melalui PhpMyAdmin

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait