Search
Close this search box.

Cara Menggunakan Aplikasi Kompres File 7-zip

Ada berbagai jenis aplikasi kompresi file yang bisa Anda gunakan. Namun secara umum fungsi dari masing-masing aplikasi sama yaitu untuk menghemat penyimpanan dan portabilitas. Dalam tutorial ini kami akan menjelaskan cara menggunakan 7-Zip untuk mengompres file.

Apa yang kamu butuhkan?

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan Anda:

  • Memiliki aplikasi 7-Zip.

Langkah 1: Gunakan Aplikasi Kompres File 7-Zip

7-Zip memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang membuatnya mudah digunakan bahkan untuk pemula. Nah, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat arsip dengan aplikasi kompres file 7-Zip.

1. Setelah Anda mendownload 7-Zip dan menginstalnya, silahkan buka aplikasi 7-Zip.

2. Akses lokasi file yang ingin Anda kompres. Silahkan pilih semua file sambil menekan tombol SHIFT, kemudian tekan tombol Add.

Halaman baru akan tampil dengan beberapa pengaturan. Berikut adalah contoh serta penjelasan dari masing-masing fungsinya.

  • Arsip: Nama file terkompresi.
  • Format arsip: Silakan pilih format dari file terkompresi. Anda dapat menggunakan 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP, dan WIM. Kami menyarankan Anda untuk memilih format 7z.
  • Tingkat kompresi: Pilih seberapa banyak Anda ingin mengompresi file. Semakin tinggi level ini, waktu yang dibutuhkan untuk kompresi akan meningkat.
  • Pisahkan ke volume, byte: Anda dapat membagi arsip menjadi bagian-bagian kecil. Ini berguna ketika Anda ingin mengirim file besar. Misalnya, jika Anda membakar file 2GB ke CD, Anda dapat membaginya setiap 650MB. Nah, cara ini akan membuat beberapa arsip kecil.
  • Enkripsi: Anda dapat menentukan kata sandi untuk file arsip. Ini berarti bahwa file terkompresi hanya dapat diekstraksi dengan memasukkan kata sandi.
  • Metode kompresi: Silakan pilih LZMA.

3. Setelah pengaturan berhasil, silakan klik tombol OK untuk membuat file terkompresi. File terkompresi akan muncul di lokasi yang sama dengan file aslinya.

Langkah 2: Ekstrak File Kompresi dengan 7-Zip

Untuk mengekstrak file yang sudah dikompresi, silakan klik kanan pada file dan pilih 7-Zip > Extract Here.

File akan diekstraksi di lokasi yang sama dengan file terkompresi.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu cara menggunakan aplikasi kompresi file 7-Zip. 7-Zip adalah aplikasi untuk sistem operasi Windows. Pengguna Linux dapat menggunakan p7Zip, sedangkan pengguna Mac dapat menggunakan keka.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan terkait artikel ini, jangan ragu untuk berkomentar di kolom di bawah ini.

Baca juga: Konfigurasi HotLink Protection di cPanel

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait