JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
New-Content

Cara Mengelola dan Mengoptimasi Blog

Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar

1. Pilih topik blog dan Tulis konten artikel yang menarik

Langkah pertama dalam menulis blog adalah dengan menentukan topik blog yang akan ditulis. Gunakan cakupan topik yang luas namun tetap harus berkaitan dengan bisnis atau industri. Cakupan topik yang luas akan mempermudah ketika harus membuat lusinan atau bahkan ratusan tulisan blog. Agar blog memberi dampak positif, tentu konten artikel yang ditulis harus dapat menarik minat dari target audiens. Konten artikel yang berkualitas juga akan mempengaruhi bagaimana bisnis akan dilihat oleh audiens dan pesaing, serta akan meningkatkan engagement dengan pelanggan. Mereka akan rutin mengunjungi website untuk membaca konten blog yang sudah disediakan. Maka, sediakan secara konsisten konten yang menarik dan informatif untuk audiens.

2.      Menyajikan tampilan blog yang menarik

Kemudian siapkan jenis tampilan blog yang nantinya akan dikunjungi pembaca. Sebagian blogger mengira bahwa tampilan blog yang terlihat menarik adalah daya tarik yang paling tepat untuk para pengunjung. Namun ini tidak selamanya benar, ketika blog tampil dengan halaman sangat mewah dengan widget-widget beragam seperti cuaca, jam, musik, video, kalender atau animasi maka sebenarnya penulis sedang membuat para pengunjung untuk lari. Kenyataannya pengunjung hanya ingin mengambil informasi yang disajikan. Mereka cenderung acuh terhadap hal lain yang tidak dibutuhkan. Maka jangan menyajikan tampilan blog dengan beragam widget yang membuat konsentrasi membaca menjadi terganggu. Terlebih lagi jika ada iklan-iklan yang menghabiskan banyak ruang di halaman blog. Karena bisa dipastikan loading blog akan semakin lambat. Jika itu terjadi kesan yang mungkin mereka peroleh dari blog yaitu, Kecewa, jengkel, kesal atau marah-marah. Maka solusi terbaiknya adalah kesederhanaan.

Coba perhatikan blog-blog sukses yang ada diinternet yang menyajikan tampilan blog yang sederhana, tetapi memiliki kesan yang mendalam. Selain itu mereka tidak memaksakan blog memperoleh penghasilan dari setiap peluang yang ada diantaranya google adsense, iklan mandiri, atau affiliasi. Sehingga tidak heran jika tampilan blog mereka membuat para pengunjung merasa kecewa jika langsung menutupnya. Tersedia banyak template Blogspot atau WordPress yang ada di internet. Cari sesuai dengan topik yang telah ditentukan.

3. Tentukan Siapa yang Akan Mengelola dan Menulis Blog

Apalah artinya tampilan blog yang menarik, tetapi tidak ada informasi yang harus dibaca pengunjung yang pasti akan haus dengan informasi yang unik dan mencerahkan pengetahuan.
Dalam merespon masalah tersebut tentu harus memiliki konten yang memadai, maka harus menulis artikel secara teratur. Mungkin bagi sebagian menulis akan terasa sulit. Jangankan menulis artikel dengan konsep yang jelas dan informasi yang menarik. Sekedar menuliskan kata pertama untuk membentuk kalimat pembuka saja terkadang sulit dilakukan. Apalagi jika tidak memiliki dasar dalam dunia kepenulisan maka besar kemungkinan tidak ada artikel yang bisa diselesaikan. Namun jangan khawatir karena sudah ada solusinya. Keterampilan menulis itu bukan merupakan bakat alami. Sebelum blogger sukses mampu menulis artikel berkualitas mereka memiliki kebiasaan membaca artikel orang lain. Perhatikan postingan artikel pertama mereka ketika memulai blog, pasti tampilan dan penulisannya cenderung sederhana dan tidak memiliki unsur penulis profesional. Begitu juga dengan para penulis hebat yang menerbikan hasil karya ilmiahnya. Partama kali mereka mengajukan tulisan mereka kepada penerbit maka sebagian penerbit menolaknya. Bahkan tidak jarang mereka mengolok-olok karya tersebut karena tidak layak edar.

Untuk menjadi penulis yang baik harus memiliki kebiasaan seperti banyak membaca dan latihan. Ketika membaca tulisan jangan terpaku pada maksud penulis menjelaskannya saja. Namun cobalah memahami gaya kepenulisan mereka, kata-kata yang sering digunakan untuk memulai kalimat, dan cara mereka membuat pengunjung penasaran. Adapun ketika sedang latihan menulis, lakukan sedikit eksperimen dengan menggabungkan beberapa gaya kepenulisan orang lain dan merealisaikannya pada tulisan, Maka tidak harus kursus menulis. Tentukan siapa yang akan menulis, menjalankan, serta mengelola blog. Orang yang dipilih harus mengetahui cara mengelola blog dengan baik. Berikut beberapa tanggung jawab atau tugas yang harus dilakukan:

  • Menentukan ide atau topik artikel blog yang akan ditulis.
  • Optimasi mesin pencari atau SEO, seperti dengan melakukan keyword research.
  • Mencari data, fakta, atau statistik sebagai sumber tulisan artikel.
  • Copywriting blog untuk mempromosikan bisnis
  • Memperbarui artikel lama, DLL

Jika memiliki tim pemasaran yang besar, tugas-tugas di atas dapat dikelola oleh beberapa orang. Namun jika memungkinkan, tugas di atas juga bisa ditangani oleh satu orang.

4. Sertakan CTA (Call to Action) dan Optimasi mesin pencari

call to action

Salah satu tujuan dari pengelolaan blog adalah untuk menghasilkan konversi atau penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis harus memasukkan Call to Action di dalam artikel. Buat artikel dengan topik yang relevan dengan produk atau layanan yang dijual, kemudian sertakan Call to Action di akhir artikel. Call to Action ini berguna untuk memperkenalkan bisnis dan mengajak audiens untuk menggunakan layanan atau produk yang dijual. Bila ingin mengelola blog dengan cara yang baik, maka alakukan Optimasi mesin pencari. Agar blog berkembang dengan baik dan mendatangkan pengunjung yang melimpah, jangan lupa untuk berinteraksi dengan mesin pencari. Cara yang umum dilakukan adalah mendaftarkan blog pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. Submit blog pada webmaster mereka.  Penulis juga bisa melakukan teknik blogwalking yaitu berkomentar pada halaman blog orang lain dengan meninggalkan link aktif. Meskipun begitu jangan asal berkomentar sehingga terkesan komentar spam. Untuk blogwalking sebaiknya terapkan pada blog dengan Domain Autority (DA) dan Page Autority (PA) dengan skor yang baik. Ini sangat penting mengingat DA dan PA menjelaskan berapa peringkat blog. Optimasi lain yang bisa dilakukan adalah submit blog pada berbagai direktori blog dan sosial bookmark.

5. Hindari Plagiat Artikel

copyright

Ketika menyelesaikan artikel sebaiknya jangan terburu-buru mempublikasikannya. Masalah muncul karena sebagian orang mengambil beberapa materi orang lain dan menggabungkannya menjadi tulisan yang baru. Jika menggunakan teknik menulis pribadi (rewrite) mungkin tidak akan mendatangkan masalah hak cipta. Pada hakikatnya menulis artikel membutuhkan waktu beberapa jam. Dari sini sebagian blogger merasa jenuh melewati tahapan ini. Sehingga mereka membuat artikel dengan ambil materi secara acak dan mentah dari beberapa tulisan kemudian merangkumnya menjadi tulisan sendiri. Tentu saja hal ini termasuk pelanggaran copy-paste tahap berat. Karena ketika terdeteksi plagiat maka pihak Google mengintai pelanggaran tersebut. Jika positif copy-paste artikel walau 1 paragraf maka bisa jadi blog terkena pinalti. Bahkan yang paling parah jika pengaduan datang dari pemilik asli konten tersebut dan dilaporkan ke DCMA. Maka potensi blog dihapus dari mesin pencari Google sangat terbuka. Lebih baik teruslah berlatih menulis sehingga kemampuan menulis semakin meningkat.

6. Mudah bersosialisasi

social network

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain. Bagitu juga keadaannya dengan seorang blogger yang cerdas akan membutuhkan komunikasi dengan blogger lain, baik yang sudah terkenal atau masih dalam tahap pengembangan otoritas. Untuk berinteraksi dengan blogger lain bisa melalui pesan komentar yang masuk melalui postingan blog. Cobalah untuk menjawab semua komentar yang masuk (tentunya komentar yang baik, santun dan bermanfaat). Usahakan jawaban memuaskan rasa ingin tahu pembaca. Dengan begitu rasa kekeluargaan antara penulis dan pemabaca akan terjalin dengan baik. Dan penulis bisa berkomentar balik pada blog pembaca sebagai timbal balik kebaikan. Berikan komentar yang mencerdaskan dan saling mendukung sesame blogger. Jika ini bisa dilakukan maka sifat sosial penulis akan berbuah keberuntungan yang besar baik dari sisi psikologi atau materi. Cara lain yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain adalah melalui forum-forum yang sesuai dengan topik blog. Saling bertukar ide atau gagasan atau jawaban dengan mereka yang membutuhkan. Jika hal ini bisa terus dipertahankan maka kemungkinan penulis bisa menjadi blogger sukses dalam waktu tidak akan lama lagi.

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Blog dan Penjelasannya

Cara Mengoptimasi Blog

  1. Optimasi Dasar WordPress

Setelah instalasi WordPress sudah berhasil, lakukan beberapa langkah optimasi WordPress. Langkah ini penting agar WordPress bisa menghasilkan kinerja yang maksimal di pencarian Google. Ada sekitar 20 langkah optimasi WordPress yang harus diterapkan. Dari membuat contact form, melengkapi informasi blog, install Yoast SEO.  Selain itu, memasang Google Analytics, membuat sitemap, install plugin caching, mengatur keamanan wordpress, hingga mengubah permalink.

  1. Belajar SEO

seo

Blog tidak dapat dipisahkan dari SEO. Apalagi saat memutuskan untuk membuat blog sendiri, maka harus mempelajari SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. SEO bertujuan untuk membantu menghasilkan konten-konten berkualitas yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.  Dengan memenangkan posisi tertinggi di hasil pencarian Google, blog akan semakin dikenal dan dipercaya.

  1. Tingkatkan Kecepatan Blog

Sejak tahap awal cara membuat blog, pemilik blog harus tahu bahwa kecepatan loading memegang peranan penting. Loading adalah musuh terbesar pengunjung blog.  Menurut riset Google, 53% pengunjung meninggalkan blog/website yang loadingnya lebih dari 3 detik dan mencari blog yang lebih cepat. Selain itu, kecepatan blog juga menjadi salah satu faktor penting dalam penilaian Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian. Semakin cepat loading blog, semakin bagus penilaian Google untuk blog. Maka, mengoptimasi kecepatan website adalah langkah yang wajib dilakukan.

  1. Optimasi untuk Mobile

Optimasi mobile ini penting karena mayoritas pengguna internet Indonesia menggunakan perangkat mobile. Menurut riset Google, 94% pengguna internet di Indonesia menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Artinya, kebanyakan pengunjung berasal dari pengguna smartphone. Maka, optimasi blog untuk perangkat mobile. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan plugin mobile WordPress.

  1. Lakukan Riset Keyword

Tidak melakukan riset keyword adalah kesalahan fatal para blogger dalam menjalankan blognya. Riset keyword membantu menemukan kata kunci yang tepat. Maka, buat konten berdasarkan kata kunci yang banyak digunakan calon pembaca. Begitulah cara membuat blog agar lebih teroptimasi.

  1. Buat Kalender Publish Blog

schedule

Setelah melakukan riset keyword, penulis akan mendapatkan berbagai macam ide untuk konten. Sebaiknya buat jadwal konten agar bisa mengatur konten apa saja yang perlu diprioritaskan. Selain itu, dengan membuat kalender konten, penulis bisa mengatur jadwal pembuatan konten. Jadi tidak akan merasa terbebani karena konten sudah dibagi secara rata.

  1. Promosikan Blog

Menjadi blogger memang harus multitalenta. penulis tidak hanya dituntut untuk menulis konten, tetapi juga harus mempromosikannya secara mandiri. Promosi blog ini harus dilakukan karena pengunjung tidak datang dengan sendirinya. Mungkin ketika membicarakan promosi blog hal yang pertama kali dipikirkan adalah share artikel di media sosial. Padahal promosi blog tidak terbatas pada itu saja. Ada banyak cara mempromosikan blog yang bisa diterapkan.

  1. Manfaatkan Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console adalah dua software krusial yang perlu ketahui sebagai blogger. Google Analytics akan membantu memahami perilaku pembaca blog. Selain itu, penulis juga memerlukan google search console untuk memonitor kinerja blog di ranah pencarian organik Google. Kedua software tersebut tersedia gratis. Jadi tidak perlu khawatir soal biaya.

  1. Bangun Backlink Berkualitas

link

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke blog yang menjadi salah satu komponen penting di blog. Membangun backlink sangat penting untuk menjaga reputasi blog di Google. Ada beberapa strategi jitu yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog.

  1. Menghasilkan Uang Melalui Blog

Blog juga bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan sampingan Berikut beberapa cara membuat blog menghasilkan uang:

  • Memasang Iklan di Blog, Cara ini merupakan cara terpopuler untuk menghasilkan uang dari blog. Namun, pastikan bahwa iklan yang dipasang masih relevan dengan isi konten blog. Agar pengunjung tertarik untuk mengkliknya. Penulis bisa memasang iklan menggunakan google adsense ataupun alternatifnya.
  • Gabung Program Afiliasi, program afiliasi adalah program yang memberikan komisi apabila berhasil membuat orang lain menggunakan suatu produk. Dengan kata lain, tugas utama pemilik blog hanyalah mempromosikan produk.
  • Melalui Endorsement, sudah tidak asing lagi dengan blogger yang sering mempromosikan produk atau layanan tertentu di blognya, itulah yang disebut dengan endorsement. Sebagai gantinya, akan mendapatkan uang tunai maupun produk gratis.

Baca juga : Bisnis Musiman pada Bulan Ramadan dan Jelang Lebaran

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂