Search
Close this search box.

Cara Mengecek Port 21 FTP Tidak Diblokir

Pengecekan port 21 apakah diblokir atau tidak, bisa melalui terminal atau command prompt. Port 21 umumnya dibuat untuk koneksi FTP (File Transfer Protocol), port ini digunakan oleh FTP client untuk melakukan koneksi ke FTP server pada saat user akan mengakses FTP server. Jadi jika Anda memiliki masalah menghubungkan klien FTP ke akun FTP Anda, ini adalah cara yang bagus untuk memeriksa apakah port 21 diblokir atau tidak.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Memeriksa Port FTP?

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan Anda dapat mengakses Command Prompt (Windows), Terminal (Linux), atau Terminal MacOS.

Langkah 1: Buka Command Prompt/Terminal di Komputer Anda

Ada sedikit perbedaan pada langkah pertama ini, tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menggunakan Command Prompt. Sementara itu, Anda dapat menggunakan Terminal untuk sistem operasi Linux dan MacOS. Berikut kami sajikan caranya untuk Anda.

Windows

Pertama-tama, silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka fungsi Run. Setelah itu Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

Ketikkan cmd pada kolom isian yang tersedia, kemudian tekan tombol OK. Anda akan melihat tampilan Command Prompt berwarna hitam.

\

Untuk memeriksa apakah port 21 terbuka, telnet di Windows harus diaktifkan terlebih dahulu. Jika telnet tidak aktif, Anda akan mendapatkan pesan seperti di bawah ini.

‘telnet’ tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal,

program yang dapat dioperasikan atau file batch.
Jika Anda melihat pesan seperti di atas, silakan aktifkan telnet terlebih dahulu. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Klik tombol Start Windows atau tekan tombol Windows pada keyboard Anda.

2. Ketik “Turn Windows features on and off” lalu tekan ENTER.

3. Setelah itu cari Telnet Client, beri tanda centang, lalu tekan tombol OK, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Linux

Untuk membuka Terminal pada Linux, silakan tekan tombol Ctrl+alt+T secara bersamaan. Selanjutnya Anda akan menemui console berlayar hitam seperti gambar di bawah ini.

MacOS

Sementara itu, untuk membuka Terminal pada MacOS silakan buka terlebih dahulu Launchpad MacOS dengan cara menekan tombol F4.

Setelah itu silakan search dengan mengetikkan “terminal” tanpa tanda petik dan tekan ENTER.

Langkah 2: Gunakan Telnet untuk Mengecek Port 21 Tidak Diblokir

Setelah console Command Prompt/Terminal terbuka, silakan ketikkan kode di bawah ini. Masukkan nama domain website Anda sebagai pengganti domainanda.com.

telnet domainanda.com 21

Jika sudah berhasil, Anda akan melihat pesan seperti yang terlihat di bawah ini.

220---------- Welcome to Pure-FTPd [privsep] [TLS] ----------
220-You are user number 8 of 100 allowed.
220-Local time is now 09:57. Server port: 21.
220-This is a private system - No anonymous login
220-IPv6 connections are also welcome on this server.
220 You will be disconnected after 3 minutes of inactivity.

Jika Anda tidak melihat pesan tersebut, berarti Port 21 diblokir.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini Anda telah belajar bagaimana menggunakan telnet untuk memeriksa apakah port default FTP 21 terbuka. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa port ditutup, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi penyedia layanan Anda dan meminta agar port ini dibuka. Menutup Port 21 berarti Anda tidak dapat menggunakan host FTP di jaringan.

Baca juga: Cara Mengecek Port 21 FTP Tidak Diblokir

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

 

Postingan Terkait