Search
Close this search box.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang Jitu dan Perlu Kamu Tahu

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berikut adalah cara-cara mendapatkan uang dari TikTok yang harus kamu tahu:

1. Menjalankan Misi TikTok

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan mengikuti misi. Misi tersebut perlu diselesaikan agar dapat mendapatkan hadiah. Hadiah yang akan didapat berupa koin TikTok yang nantinya dapat dikonversikan menjadi uang.

Mengundang Teman

Misi pertama adalah mengundang teman agar bergabung sebagai pengguna baru TikTok. Cara yang umum diterapkan beberapa aplikasi lain juga berlaku di TikTok.

2. Melalui Donasi atau Payout Coins

Selain menyelesaikan misi, salah satu cara lain agar bisa mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan melakukan live streaming. Dari live streaming, kamu berpeluang untuk mendapat Payout Coins atau donasi dari penonton.

Ketika sedang live, penonton bisa memberikan gift berupa sticker yang nantinya dapat dikonversi menjadi uang ketika jumlah yang terkumpul sudah memenuhi persyaratan dari TikTok.

Donasi berupa sticker tersebut umum diberikan sebagai apresiasi dari penonton kepada kreator yang sedang melakukan siaran langsung. Penonton juga harus merogoh kantong untuk bisa memberikan sticker tersebut.

3. TikTok Marketing

Selain monetisasi hadiah di TikTok seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa mendapatkan uang dari TikTok dengan cara memasarkan produk melalui TikTok. Cara ini biasa digunakan sebuah brand agar dapat menarik pelanggan via TikTok. Jika  mempunyai usaha atau bisnis online, ini adalah salah satu cara yang wajib dipertimbangkan.

Kamu dapat melakukan TikTok marketing dengan cara membuat iklan di TikTok Ads. Sama halnya seperti facebook ads dan Instagram Ads, algoritma TikTok memungkinkan iklan yang kamu buat agar dapat dilihat oleh target audiens yang diinginkan. TikTok merekam riwayat video yang ditonton tiap penggunanya sehingga bisa menyajikan iklan yang lebih personal.

4. Melalui Sponsored Post

Bila akun TikTok milikmu memiliki  jumlah followers yang banyak, kamu dapat memanfaatkan cara ini agar dapat memperoleh uang. Sponsored post atau postingan bersponsor adalah cara mempromosikan sebuah brand dari postingan konten. Biasanya, sponsored post dapat dilakukan oleh seleb TikTok atau content creator.

5. Influencer Marketing

Jika kamu jago di bidang content marketing dan mengetahui bagaimana influencer marketing bekerja, cara ini bisa dipertimbangkan untuk dapat uang dari TikTok. Influencer marketing pada dasarnya menjembatani para influencer atau content creator dengan brand yang berkeinginan untuk bekerja sama.

6. Jasa Admin TikTok

Cara mendapatkan uang dari TikTok berikutnya yaitu dengan cara menawarkan jasa sebagai pengelola akun. Jasa ini cukup banyak ditemui di berbagai media sosial.

Beberapa agensi digital umumnya menyediakan jasa mengelola akun media sosial bagi brand atau perusahaan. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapat uang dari TikTok.

Umumnya, pengguna jasa pengelola akun menginginkan supaya brand atau produk yang mereka jual dapat dikenal luas sehingga mendapat lebih banyak penjualan.

7. Jual Produk di TikTok

Kalau kamu sedang menjalankan usaha, tidak ada salahnya untuk mencoba jualan produk di TikTok. Kini, TikTok tak ubahnya seperti media hiburan yang disukai banyak orang.  Tidak sedikit perusahaan juga kini merambah ke TikTok untuk mempromosikan barang yang dijual.

Jangan lupa tunjukkan kreativitasmu saat membuat konten pemasaran. Membuat konten di TikTok sedikit berbeda dengan media sosial lainnya.

Konten di TikTok berbentuk video-video pendek berdurasi sekitar 15 – 60 detik saja. Anda harus pintar-pintar dalam membuat  konten agar penonton tertarik mencari tahu dan membeli produk Anda.

8. Menjadi Influencer TikTok

Jika Anda mempunyai hobi membuat konten video di TikTok, ini adalah pilihan yang paling cocok untuk Anda. Walau bukan hal yang mudah, siapa saja punya peluang dapat sukses menjadi influencer TikTok.

Contohnya Addison Rae, remaja asal Amerika yang kini bisa berhasil menjadi TikTok-er dengan penghasilan tertinggi menurut Forbes.

Aktif di TikTok sejak 2019, penghasilannya bisa mencapai 5 juta dollar AS atau setara Rp73,5 miliar dalam satu tahun. Di akun TikToknya ia kerapkali membagikan hal seputar tentang makeup dan dance.

Untuk jadi influencer TikTok yang sukses, Anda harus mempunyai banyak followers.

 

Postingan Terkait