Search
Close this search box.

Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Perubahan yang Anda buat dapat menyebabkan kesalahan dalam skrip, yang mengakibatkan beberapa tautan permanen atau URL tidak dapat diakses. Permalinks adalah tautan permanen dari posting atau halaman tertentu di blog Anda. Permalinks membantu pengguna/pengunjung situs web memahami posting Anda. Secara umum permalink didasarkan pada judul artikel Anda, tetapi Anda dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda.

Jika situs WordPress Anda tidak dapat diakses dan muncul pesan error 404, Anda dapat mencoba langkah-langkah di tutorial ini. Dalam ulasan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Beberapa Penyebab Kerusakan Permalink WordPress Anda

1. Pembaruan

Situs web WordPress Anda selalu perlu diperbarui. Proses ini sangat penting untuk memastikan keamanan dan kinerja maksimum. Namun, ada kemungkinan pembaruan juga dapat merusak struktur URL situs web Anda. Jika ini masalahnya, pengunjung situs web tidak akan dapat mengakses halaman atau posting Anda.

Secara umum, penyebab utama masalah ini adalah plugin, template, atau versi WordPress yang tidak kompatibel.

2. Instalasi Plugin

Terkadang pemasangan plugin baru juga dapat merusak URL postingan dan halaman di situs web Anda. Menginstal plugin baru juga bisa menjadi penyebab, terutama jika plugin mengubah skrip di file .htaccess.

3. Perubahan pada .htaccess Script

File .htaccess merupakan tempat konfigurasi khusus yang digunakan pada Apache Web Server. Hal ini berkaitan dengan hak akses dan aksesibilitas sebuah website. Anda juga dapat menggunakannya untuk pengaturan dan nilai tertentu. Selain itu, file ini digunakan untuk membuat permalink WordPress. Menambahkan kode ke file .htaccess terkadang bisa menjadi penyebabnya. Jadi jika Anda membuat perubahan pada file, kemungkinan besar akan memengaruhi url situs WordPress Anda.

4. Migrasi atau Pulihkan Situs Web

Permalink di WordPress juga tidak dapat berfungsi dengan baik jika Anda memigrasikan dan mengembalikan situs web Anda ke server baru.

Apapun masalahnya, ada beberapa hal mendasar yang menyebabkan kesalahan terjadi. Baca terus untuk ulasan kami untuk memperbaiki masalah kerusakan tautan permanen di WordPress.

Apa yang kamu butuhkan?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang Anda perlukan:

  • Akses ke dasbor admin WordPress
  • Akses ke panel kontrol hosting
  • Cara Memperbaiki Permalink Break di WordPress

Dalam tutorial ini, kami akan membahas 3 cara untuk memperbaiki kerusakan permalink di WordPress yang paling umum. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mudah dan dengan langkah-langkah berikut ini.

Setel Ulang Struktur Permalink

Jika Anda menemukan kesalahan saat mengakses URL tertentu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur ulang strukturnya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah setting permalinks wordpress di bawah ini dengan mudah.

1. Masuk ke Dasbor WordPress.

2. Silahkan pilih menu Setting > Permalinks di sebelah kiri.

3. Ubah pengaturan default ke pengaturan lain. Misalnya, jika sebelumnya Anda menggunakan pengaturan Numerik, ubah ke Nama Postingan. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol Save Changes

4. Sekarang silakan ubah kembali ke pengaturan standar. Dalam contoh ini kami menggunakan Numeric, kemudian klik tombol Save Changes. Jika Anda melakukannya dengan benar, akan terlihat pemberitahuan bahwa struktur permalink telah diperbarui.

5. Selanjutnya silahkan buka website anda dengan mengakses kembali URL yang sebelumnya tidak bisa diakses.

Jika error sudah tidak muncul lagi, berarti anda telah berhasil memperbaiki error tersebut. Namun jika masih menemui Error 404 atau Page Not Found, Anda bisa mencoba langkah selanjutnya di bawah ini.

Nonaktifkan Plugin

Konflik antar plugin juga dapat menyebabkan struktur URL WordPress rusak. Solusi yang dapat Anda coba adalah dengan menonaktifkan plugin satu per satu dan mencoba metode pada opsi 1. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Silahkan masuk ke menu Plugin.

2 Nonaktifkan salah satu plugin yang sudah terinstal di website Anda.

3. Atur ulang tautan permanen sesuai dengan Opsi 1.

4. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes. 

5. Akses halaman yang sebelumnya error.

6. Lakukan langkah ini setiap kali plugin dinonaktifkan.

Untuk mempercepat proses, kami menyarankan Anda memulai dengan plugin yang paling baru diinstal atau diperbarui. Jika sudah menemukan plugin yang menjadi penyebab utamanya, silahkan uninstall kemudian install kembali. Anda juga dapat menghubungi pembuat plugin atau forum komunitas yang relevan untuk menemukan akar masalahnya.

Ganti File .htaccess

Jika kedua cara di atas tidak berhasil sama sekali, kemungkinan error tersebut disebabkan oleh konfigurasi pada file .htaccess. Cara tercepat untuk memeriksanya adalah dengan mengganti nama file .htaccess dan menggantinya dengan file .htaccess default WordPress.

# MULAI WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
Mesin Tulis Ulang Hidup
Basis Tulis Ulang /
Aturan Penulisan Ulang ^index\.php$ – [L]
Tulis Ulang %{REQUEST_FILENAME} !-f
Tulis Ulang %{REQUEST_FILENAME} !-d
Aturan Tulis Ulang . /indeks/php [L]
</JikaModul>
#END WordPress

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap yang dapat Anda ikuti dengan mudah.

1. Silahkan akses file Anda, baik melalui File Manager di cPanel atau menggunakan FTP client seperti FileZilla.

2. Buka folder utama situs WordPress Anda.

3. Klik kanan pada file .htaccess dan pilih Rename. Jika Anda tidak dapat menemukan file .htaccess, ikuti langkah-langkah berikut

4. Untuk menonaktifkan file tersebut, silakan ganti dengan nama yang berbeda, sebagai contoh .htaccess1.

5. Setelah itu, silakan buat file baru dengan nama .htaccess.

6. Silakan edit file .htaccess baru yang Anda buat, kemudian salin script default file .htaccess WordPress. Jangan lupa simpan setelah melakukan perubahan.

 

7. Setelah itu silahkan lakukan pengujian dengan mengakses permalink/URL yang sebelumnya error atau tidak dapat diakses.

Jika masih muncul error dan Anda sudah mencoba ketiga cara di atas, bisa jadi ini merupakan indikasi adanya masalah lain. Anda dapat mengingat perubahan apa yang Anda buat sehingga kesalahan mungkin muncul. Misalnya, jika tautan permanen WordPress Anda rusak setelah memperbarui bagian tertentu dari situs web Anda, cadangan pemulihan mungkin menjadi opsi yang dapat Anda coba agar situs web Anda dapat diakses kembali.

Kesimpulan

Permalink yang rusak atau error 404 Page Not Found di situs WordPress tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat menyebabkan penurunan pengunjung. Karena masalah seperti ini dapat terjadi kapan saja, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memecahkan masalah.

Kami berharap review yang kami berikan dapat membantu menyelesaikan masalah error pada permalink website Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di formulir kontak di bagian bawah halaman ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Kompres File 7-zip

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait