Search
Close this search box.

Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing

Apa itu email blast?

Email blast adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas pengiriman email ke beberapa penerima sekaligus.

Sebagian besar email blasting digunakan untuk tujuan pemasaran, sehingga sebagian besar penyedia layanan email massal menyebut perusahaan mereka sebagai platform pemasaran email.

Untuk mengirim email pemasaran, Anda tidak dapat menggunakan platform penyedia email biasa seperti Gmail atau Yahoo karena banyaknya email yang dikirim. Selain itu, banyak fitur pemasaran email yang tidak tersedia di layanan email biasa seperti email otomatis, segmentasi audiens, laporan, dan analisis kinerja email.

Apa yang harus diperhatikan ketika memilih platform email blast untuk pemasaran?

1. Tujuan Perusahaan

Sebelum memilih layanan platform email blast, Anda harus memahami tujuan seperti apa yang ingin dicapai perusahaan Anda. Memahami tujuan kampanye suatu perusahaan melalui email penting dilakukan karena setiap layanan email marketing memiliki spesifikasi fitur yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui tujuan apa yang ingin Anda capai, Anda dapat memilih layanan pemasaran email yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga Anda tidak membuang uang untuk fitur yang tidak Anda perlukan.

2. Layanan Gratis atau Berbayar?

Beberapa perusahaan menyediakan layanan email blast gratis, namun tentunya dengan fitur yang terbatas. Misalnya, MailChimp memungkinkan pengguna layanan ledakan email gratisnya untuk mengirim hingga 12.000 email pemasaran email per bulan ke 2.000 pelanggan atau kurang.

Untuk platform berbayar, biasanya setiap perusahaan menyediakan opsi pembayaran per bulan atau per tahun dengan variasi harga dan fitur. Perbandingan harga dan fitur layanan email marketing akan dibahas pada poin selanjutnya.

3. Template Email

Ketersediaan template email juga perlu dipertimbangkan saat memilih platform email blast. Dengan berbagai pilihan template email, Anda dapat membuat email Anda lebih menarik dan tidak membosankan.

4. Segmentasi Audiens

Segmentasi audiens email marketing dapat dilakukan berdasarkan beberapa aspek, yaitu jenis konsumen, minat konsumen, lokasi konsumen, atau engagement. Anda harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens juga agar dapat mengirim email yang sesuai ke audiens yang Anda targetkan.

5. Email Tersedia untuk Versi Desktop dan Seluler

Berdasarkan riset Forrester, sebanyak 42 persen email marketing dibuka melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa platform yang Anda pilih menyediakan template email yang masih nyaman untuk dilihat di perangkat seluler.

6. Dukungan Pelanggan
Ketersediaan customer support juga perlu diperhatikan saat memilih layanan email marketing agar ketika terjadi masalah dengan layanan yang digunakan, Anda dapat menyelesaikannya dengan cepat.

Perlu dicatat bahwa beberapa penyedia layanan pemasaran email hanya menyediakan fitur dukungan pelanggan kepada pengguna berbayar. Beberapa platform bahkan memberikan dukungan profesional bagi pengguna yang membutuhkan konsultasi tentang pemasaran email.

7. Email Otomatis

Fitur email otomatis memungkinkan pengguna untuk mengirim email secara otomatis sesuai dengan perilaku penerima email. Anda dapat mengatur pengiriman email otomatis saat seseorang baru saja berlangganan buletin, saat penerima email tidak membuka email sebelumnya, atau saat penerima email tidak mengklik CTA di email sebelumnya.

Ketersediaan fitur ini juga perlu diperhatikan untuk memudahkan Anda mengirim email dengan konten yang berbeda kepada konsumen dengan perilaku yang berbeda.

8. Analisis Pemasaran Email

Setelah mengirimkan email pemasaran ke calon pelanggan, Anda juga perlu mengevaluasi kinerja kampanye.

Anda perlu mengetahui berapa banyak penerima email yang membuka email, siapa yang mengklik tautan di email, serta siapa yang membatalkan langganan buletin. Dengan begitu Anda dapat menganalisis keberhasilan kampanye Anda melalui email.

Beberapa platform menyediakan fitur analisis dan pelaporan secara gratis dan beberapa platform mengharuskan pengguna untuk mengakses fitur ini. Jadi Anda harus berhati-hati dalam memilih platform yang disesuaikan dengan anggaran Anda.

Berikut adalah beberapa platform email blast yang dapat Anda gunakan:

1. Kirim. email

Send.email adalah platform ledakan email yang dapat Anda gunakan untuk mengirim sejumlah besar email sekaligus ke seluruh daftar Anda.

Bagi Anda yang menjalankan email marketing, tentunya Send.email dapat membantu menjangkau data email calon pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan calon pelanggan Anda.

Hanya dengan Rp 100.000 per bulan, Anda akan mendapatkan layanan yang dapat menunjang bisnis Anda.

2. MailChimp

Untuk pemilik usaha kecil dengan kurang dari 2000 akun pelanggan, Mailchimp menyediakan layanannya secara gratis. Namun, pengguna layanan gratis ini hanya bisa mengirim maksimal 12.000 email per bulan.

Versi gratis dari Mailchimp termasuk

  • template email,
  • Segmentasi audiens
  • Laporan kinerja pemasaran email.

Jika versi gratis tidak memenuhi kebutuhan Anda, MailChimp menyediakan versi berbayar mulai dari 10 Dolar AS per bulan.

3. Respon Vertikal

Vertical Response juga menyediakan layanan gratis yang dapat mengirim 4000 email per bulan hingga maksimum 300 penerima.

Versi gratis dari layanan ini meliputi:

  • Email Editor
  • Template yang kompatibel untuk perangkat seluler
  • Manajemen daftar kontak
  • Email Selamat Datang Otomatis
  • Berbagi Facebook dan Twitter
  • Laporan dan Analisis
  • editor HTML

Sayangnya, dalam versi gratis, pengguna belum bisa mendapatkan fitur dukungan pelanggan. Laporan dan analisis pada versi gratis masih terbatas. Jika pengguna ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Vertical Response menyediakan layanan berbayar mulai dari 11 US Dollar.

4. Tolok Ukur

Sama seperti dua layanan sebelumnya, Benchmark juga memberikan layanan gratis. Versi gratis Benchmark memungkinkan penggunanya mengirim 14.000 email per bulan ke maksimum 2.000 penerima.

Fitur gratis Benchmark adalah sebagai berikut:

  • Desain email
  • Template responsif
  • Formulir pendaftaran
  • Email Otomatis Dasar
  • Kampanye Email RSS
  • Manajemen Pengiriman Email
  • Pelacakan Google Analytics
  • Manajemen Daftar dan Segmentasi

Dalam Benchmark versi gratis, pengguna sudah mendapatkan fitur dukungan pelanggan. Namun segmentasi audiens dan fitur email otomatis yang disediakan masih terbatas. Layanan berbayar benchmark mulai dari 13,99 Dolar AS per bulan.

5. Kampanye Zoho

Baca juga: 3 Cara Embed Video Youtube di Website WordPress

jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait