Cara Membatalkan Akun di Google Ads 2021

Anda dapat membatalkan akun Google Ads kapan saja. Tindakan ini akan otomatis menghentikan semua iklan Anda dalam waktu 24 jam.

*Catatan: Membatalkan akun Google Ads berbeda dengan menghapus Akun Google. Saat Anda membatalkan akun Google Ads, iklan akan berhenti ditampilkan, namun Anda tetap dapat mengakses akun. Saat Anda menghapus Akun Google, semua akun produk Google yang terkait dengan akun tersebut akan dibatalkan, dan Anda tidak dapat mengakses akun tersebut di masa mendatang. Nama pengguna Gmail Anda juga akan dihapus dan tidak dapat digunakan lagi di masa mendatang.

Cara Kerja Pembatalan

https://www.freepik.com/free-vector/cancelled-musical-events_8485248.htm#

Jika Anda memutuskan untuk membatalkan akun, perhatikan bahwa Anda tetap harus membayar biaya yang terakumulasi di akun Anda. Jika masih ada sisa dana di akun Anda, kami akan mengembalikannya melalui metode pembayaran Anda dalam waktu 4 minggu. 

*Catatan: Jika akun Google Ads Anda tidak aktif selama lebih dari 15 bulan, yang berarti akun Anda tidak melakukan pembelanjaan selama lebih dari 15 bulan, akun Anda akan dibatalkan secara otomatis.

Persyaratan Pembatalan

1.Untuk membatalkan akun, Anda memerlukan:

  • Akses administratif ke akun Anda
  • Penyiapan penagihan untuk akun Anda
  • 2. Jika Anda memiliki akun manager dan ingin membatalkan salah satu akun yang dikelola, perhatikan persyaratan berikut ini:
  • Anda memerlukan akses admin ke akun manager
  • Akun manager Anda harus merupakan akun yang telah membuat akun yang dikelola yang ingin Anda batalkan

 

Cara Membatalkan Akun

  1. Login ke AKun Google Ads.
  2. Klik ikon alat   di sudut kanan atas.
  3. Di bagian “Penyiapan”, klik Preferensi.
  4. Klik bagian Status Akun untuk meluaskannya.
  5. Klik Batalkan akun saya.

Setelah Akun Anda dibatalkan, Hal berikut terjadi setelah Akun Anda dibatalkan:

Semua daftar pemasangan ulang yang dimiliki oleh akun yang dibatalkan, termasuk Customer Match, akan ditetapkan ke “Ditutup”, mencegah pengguna baru ditambahkan ke daftar ini. Untuk menghapus data, proses berikut akan terjadi sekitar 1 bulan setelah pembatalan :

  • Semua daftar pemasangan ulang yang dimiliki oleh akun yang dibatalkan, termasuk Customer Match, akan diperbarui durasi keanggotaannya menjadi 1 hari. Tindakan ini akan menghapus semua pengguna dari daftar ini.
  • Setelah pengguna dihapus, daftar yang dibagikan dengan akun lain tidak akan dapat digunakan lagi untuk akun tersebut.
  • Setiap parameter untuk pemasaran ulang dinamis akan dihapus.

Jika memiliki sisa kredit yang dapat dikembalikan di akun yang dibatalkan, Akan menerima pengembalian dana dalam waktu 4-12 minggu.

Memeriksa Saldo Akun setelah Pembatalan

https://www.freepik.com/premium-vector/watches-money-are-scales_6388196.htm#

Bahkan setelah membatalkan akun, Anda dapat login ke Google Ads dan memeriksa apakah Anda memiliki biaya iklan yang belum dibayar:

  1. Login k e akun Google Ads.
  2. Klik ikon fitur   dan pilih Penagihan & pembayaran.​
  3. Anda akan melihat salah satu dari hal berikut:
    • Jika akun Anda menggunakan pembayaran otomatis, biaya iklan yang belum dibayar akan menjadi jumlah yang ditampilkan di bagian Saldo Anda.
    • Jika menggunakan invoice bulanan, biaya iklan yang belum dibayar akan menjadi jumlah yang ditampilkan di bagian Jumlah terutang.
    • Jika akun Anda melakukan pembayaran manual, Anda tidak akan memiliki saldo yang belum dibayar. Semua sisa dana dalam akun Anda dari prapembayaran akan dikembalikan melalui kartu kredit atau rekening bank yang sebelumnya digunakan untuk akun Anda. Jika pembayaran dilakukan melalui transfer dana, Anda harus memberikan detail rekening bank Anda untuk memproses pengembalian dana.
  4. Untuk memastikan Anda tidak dikenakan biaya tambahan pada akun setelah iklan Anda berhenti berjalan, klik Transaksi dari menu di sebelah kiri dan cari item baris “Aktivitas kampanye” setelah tanggal iklan Anda berhenti berjalan.

Mengakses Akun Google Ads yang Dibatalkan

https://www.freepik.com/free-vector/home-protection-surveillance-service-devices-house-security_11669300.htm#

Cara kerja Untuk mengakses akun yang dibatalkan, login ke ads.google.com dengan alamat email dan sandi yang sebelumnya digunakan dengan akun Google Ads Anda.

Atau, jika Anda adalah manager MCC dan ingin mengakses akun yang dikelola yang dibatalkan

  1. Login ke Akun Google Ads.
  2. Di navigasi sebelah kiri, klik menu tiga titik, lalu pilih “Tampilkan akun yang dibatalkan”. 
  3. Klik Akun dari menu halaman di sebelah kiri.
  4. Buka tab Pengelolaan untuk melihat semua akun di MCC Anda.
  5. Klik nama akun yang dibatalkan yang ingin Anda lihat.

Setelah berada di akun yang dibatalkan, Anda dapat melihat performa akun Anda terdahulu, memeriksa informasi penagihan, dan bahkan mengaktifkan kembali akun Anda. 

Perhatikan Akun yang dibatalkan tidak dapat diakses melalui Google Ads API (AdWords API). Anda tidak dapat melihat data atau melakukan perubahan untuk akun yang dibatalkan melalui API. 

Jika Anda lupa nama pengguna atau sandi, klik Tidak dapat mengakses akun? di bagian bawah kotak login. Masukkan alamat email Anda untuk menyetel ulang sandi atau klik Lupa nama pengguna? untuk memulihkan alamat email akun.

Mengaktifkan kembali Akun Google Ads yang Dibatalkan

https://www.freepik.com/free-vector/metal-toggle-switch-off-button_3725625.htm#

*Catatan: Jika akun ditautkan ke akun manajer, Anda hanya bisa mengaktifkan kembali akun jika pengelola belum mencapai batas akun maksimum. Saat pengelola telah mencapai batas akun maksimum, Anda hanya dapat mengaktifkan kembali akun jika pengelola membatalkan tautan atau membatalkan setidaknya salah satu dari akun terkelola saat ini.

Saat Anda membatalkan akun, semua iklan aktif berhenti ditampilkan. Saat Anda mengaktifkan kembali akun: Semua iklan atau kampanye yang dulunya aktif saat akun dibatalkan akan mulai berjalan kembali, dan Semua iklan atau kampanye yang Anda jeda tidak akan berjalan hingga Anda mengaktifkannya kembali.

Agar dapat mengaktifkan kembali akun Google Ads, Anda harus memulihkan Akun Google tersebut terlebih dahulu.Jika Anda tidak ingin iklan mulai berjalan secara otomatis saat mengaktifkan kembali akun: Login ke akun Anda dan pastikan untuk menjeda Iklan, Grup Iklan atau Kampanye Anda. Anda dapat mengaktifkannya kembali setelah mengaktifkan akun.

Cara Mengaktifkan Kembali Akun

  1. Login ke Akun Google Ads.
  2. Klik ikon fitur   di sudut kanan atas.
  3. Di bagian “Konfigurasi”, klik Preferensi.
  4. Klik bagian Status Akun untuk meluaskannya.
  5. Klik Aktifkan kembali akun saya.

Status akun Anda akan berubah menjadi “Aktif”.

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami, silahkan berkonsultasi dengan kami disini

semoga bermanfaat, salam sukses untuk kita semua.. sekian dan terimakasih.. 🙂

Postingan Terkait