JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN ONLINE SHOP UKM DAN PERUSAHAAN NO 1 DI JAWA BARAT
riset Keyword

Cara Melakukan Riset Keyword Dengan Mudah

Riset keyword adalah keterampilan dasar dalam penulisan artikel maupun strategi SEO. Saat membuat situs web, melacak pertumbuhan, atau meluncurkan marketing campaign, pasti selalu membutuhkan Riset. Riset keyword dilakukan Agar bisa menghasilkan performa Blog yang menarik perhatian audiens. Yang dibutuhkan dalam riset keyword hanya Wikipedia. Namun, Wikipedia tidak akan memberikan daftar keyword secara langsung, tetapi bisa memberi konten kaya informasi yang bisa membantu penulis sebagai sumber ide dan inspirasi. Identifikasi keyword yang bagus, dan tambahkan beberapa istilah dan kata tambahan agar keyword lebih bernilai.

1. Ketik topik artikel di Google dan tambahkan “wikipedia”

wikipedia

Keuntungan Wikipedia dalam hal ini adalah mereka akan mendefinisikan dan menyaring kata di mesin telusur. Misalkan ingin memulai bisnis yang mengulas dunia pemasaran digital. Maka cukup dengan ketik “digital marketing wikipedia” atau “pemasaran digital wikipedia”. Hasil pencarian tidak hanya membahas tentang apa itu pemasaran digital, tapi juga ada beberapa keyword lain seperti toko online, jenis-jenis pasar digital, dan juga sejarah pasar digital dan lainnya. Kemudian catat keyword yang ditemukan dimesin pencari. Tanpa meng-klik salah satu hasil yang ada, pasti sudah bisa mengindentifikasi beberapa keyword. Banyak keyword terkait yang menurut Google yang cukup penting untuk ditampilkan pada pencarian “iklan digital” yang dibatasi dalam indeks Wikipedia yang masif. Berikut keyword yang saya dapatkan:

  • pemasaran digital
  • strategi digital marketing
  • konsep digital marketing
  • jenis digital marketing
  • manfaat fan kelebihan digital marketing

Jika melakukan scroll ke paling bawah, akan menemukan bagian penelusuran terkait. Catat bagian itu karena bisa membantu lebih banyak dalam menemukan keyword. Beberapa keyword yang disorot ini mungkin ada yang bukan keyword utama, tetapi juga bisa digunakan untuk memperkuat riset keyword. Karena yang muncul di penelusuran terkait biasanya merupakan pertanyaan orang-orang ketika mengggunakan Google untuk cari jawaban seperti:

  • pengertian digital marketing
  • sejarah dan manfaat digital marketing
  • stratagi dalam melakukan digital marketing
  • kelebihan digital marketing dibandingkan tradisional marketing

Baca juga : Cara Mengelola dan Mengoptimasi Blog

2. Cari Topik dalam Wikipedia dan Tulis keyword yang ditemukan pada paragraf pertama dan kedua

Sekarang saatnya gunakan Wikipedia untuk sisa dari penelitian sebelumnya. Disini masih gunakan contoh bisnis digital marketing untuk lanjutkan riset keyword. Seseorang yang mengetik keyword “digital marketing” di Wikipedia akan masuk ke halaman pencarian google. Bagian pembuka di halaman Wikipedia merupakan salah satu tempat terbaik untuk pencarian keyword. Beberapa kalimat pertama dari sebagian besar entri Wikipedia memberikan definisi detail dari topik. Gunakan kalimat tersebut untuk dapatkan beberapa ide keyword.

3. Temukan juga keyword yang ada di kolom daftar isi

Yang diperoleh sebelumnya mungkin bisa jadi keyword yang berguna. Namun, penulis pasti menginginkan sesuatu yang masih relate dengan topik utama. Sebagian besar topik di Wikipedia memiliki daftar isi. Ini bisa jadi sumber untuk mengembangkan keyword dan untuk menemukan ide konten dari sini. Ketika masuk ke bagian “definisi digital marketing”, maka bisa mempraktikan riset keyword tambahan. Setiap section di Wikipedia bisa dimanfaatkan untuk lakukan riset keyword. Sebagian yang ada di atas bukanlah keyword secara langsung, melainkan Wikipedia memberikan sumber untuk memperluas ide keyword.

4. Cek bagian “Lihat Pula” di Wikipedia

Jangan merasa riset keyword berhenti di sini karena seluruh keyword yang ada sudah dicatat. Ingat, yang ada saat itu adalah halaman untuk topik “digital marketing”. Jika men-scroll ke bawah lagi dan menemukan section “Lihat Pula”, maka akan menemukan halaman lain yang masih berkaitan dengan topik sebelumnya. Maka, semakin banyak riset keyword, semakin banyak pula konten yang bisa dibuat. Setiap meng- klik 1 topik, maka akan menemukan juga topik lain yang masih saling berkaitan. Lakukan ini sampai benar-benar tidak bersisa.

5. Simpulkan Hasil Riset Keyword Menggunakan Wikipedia

Wikipedia bisa menjadi alat yang berguna untuk melakukan riset keyword, beberapa alasannya yaitu karena:

  • Sering dijadikan sumber pertama dari sebuah penelitian
  • Memberikan berbagai macam keyword hanya dari 1 topik saja.
  • Memberikan beberapa keyword yang paling relevan dengan topik yang diangkat

Namun, tetap perlu iingat bahwa Wikipedia juga ada batasannya, seperti tidak bisa menunjukkan seberapa besar daya saing atau jumlah pencarian keyword. Tetapi bagi pemula yang mau memulai belajar riset keyword dan bingung harus menggunakan tools apa, Wikipedia adalah tempat yang tepat untuk memulainya.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Riset Keyword Untuk Blog Dan Website

1. Search Volume (Volume Pencarian)

volume pencarian

Volume pencarian kata kunci adalah berapa banyak sebuah kata kunci dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan terakhir. Misalnya, search volume sebuah kata kunci menunjukkan angka 10.000. Artinya, keyword tersebut dicari 10.000 kali di Google dalam kurun waktu satu bulan.

2. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian. Keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi keyword difficulty, semakin banyak backlink yang dibutuhkan.

3. Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari. Misalnya, saat melakukan riset keyword untuk kata kunci “membuat artikel”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “cara membuat artikel”, “membuat artikel gratis”, atau “membuat artikel mudah”. Umumnya, layanan keyword tool akan memberikan saran long tail keyword atau kata kunci yang mengandung setidaknya tiga kata atau lebih seperti contoh yang sudah disebutkan sebelumnya. Melalui fitur keyword suggestion ini, bisa menemukan lebih banyak long tail keyword yang cocok untuk blog atau website. Menggunakan long tail keyword disarankan agar dapat menarik lebih banyak pengunjung. Misalnya, dibanding hanya mencari kata kunci “artikel”, pengguna bisa mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas dengan mengetik kata kunci “cara membuat artikel” atau yang lainnya.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Facebook Ads Dan Jenis- Jenis Facebook Ads

4. Search Engine Result Page (SERP)

SERP menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang diriset. Fungsinya adalah untuk melihat seperti apa kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google. Cara riset keyword yang bisa dilakukan yaitu bisa menggunakan penyedia layanan riset. Terdapat banyak perusahaan yang menyediakan layanan riset keyword, baik berbayar maupun gratis. Berikut tools Riset Keyword:

a) Tools Riset Keyword

  • Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang dimiliki digital marketer ternama. Gunakan keyword tool ini tanpa perlu membayar. Cara riset keyword dengan Ubersuggest, hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin digunakan dan wilayah yang ingin ditargetkan. Ubersuggest akan memberikan informasi mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword dan saran keyword terkait yang bisa digunakan. Kemudian, Ubersuggest juga akan memberikan saran keyword yang masih berkaitan dengan keyword yang diketik di kolom search. Ubersuggest memberikan 941 saran keyword yang berkaitan dengan “membuat website”. penulis dapat mengurutkan saran keyword berdasarkan volume pencarian (search volume), cost per click (CPC), atau nilai kompetisi (competition).

  • Google Trends

Tidak hanya menyediakan mesin pencarian, Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yaitu Google Trends. Layanan keyword tool dari Google ini disediakan secara gratis kepada para penggunanya. Atur wilayah sesuai negara yang ditargetkan. Penulis akan mendapatkan grafik pergerakan keyword yang dicari. Google Trends menyediakan grafik pergerakan keyword dari satu jam terakhir sampai lima tahun terakhir. Jadi penulsi bisa melihat naik turunnya popularitas sebuah keyword dari waktu ke waktu. Google Trends juga memberikan saran long tail keyword yang masih berkaitan dengan yang dicari secara real time.

  • KWFinder

Keyword tool ketiga adalah KWFinder. Sama dengan Uberseuggest, KWFinder memberikan informasi volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan (keyword difficulty), dan SERP dari sebuah keyword.Kekurangan dari KWFinder adalah tidak sepenuhnya gratis. Hanya bisa mencari dua kata kunci secara gratis. Untuk melanjutkan pemakaian, harus mendaftar sebagai anggota dan dapat melakukan lima riset keyword setiap 24 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian. Jika akun gratis belum mencukupi kebutuhan, maka dapat membeli paket premiumnya. KWFinder menyediakan tiga paket premium dengan spesifikasi berbeda. Paket premium termurah memungkinkan untuk melakukan riset keyword sampai 100 kali pencarian per 24 jam. Paket termahalnya memungkinkan untuk melakukan riset keyword hingga 1200 pencarian per 24 jam. Jika ketiga paket tersebut masih tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka bisa meminta paket khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan.

  • MOZ

Selanjutnya dapat menggunakan keyword tool MOZ. Untuk dapat menggunakan fitur-fitur MOZ, harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Setelah melakukan pendaftaran maka akan mendapatkan 10 riset keyword. Cara melakukan riset keyword dengan MOZ adalah sebagai berikut:

a) Buka Moz Keyword Explorer
b) Lakukan pendaftaran akun atau masuk terlebih dahulu
c) Masukkan kata kunci yang akan diriset
d) Tunggu sejenak dan hasil akan muncul

Cara riset keyword menggunakan akun gratis tidak memberikan hasil maksimal. Hasil riset keyword ini tidak memberikan informasi volume pencarian per bulan. SERP yang ditunjukkan juga hanya sampai tiga situs teratas. Riset keyword seperti di atas tidak dapat memberikan hasil maksimal untuk blog atau website. Gunakan kesempatan Free Trial selama 30 hari yang disediakan MOZ. Karena setelah 30 hari, akan dikenai tagihan 179 US Dollar per bulan.

  • SEMrush

Sebelum menggunakan SEMrush, mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis.  Pemilik akun gratis SEMrush akan mendapatkan akses untuk melakukan riset keyword 10 kali pencarian dalam 24 jam. Misalkan saat melakukan percobaan dengan menggunakan kata kunci “membuat website”, maka akan mendapatkan saran long tail keyword. Selain itu, juga dapat melihat situs-situs mana saja yang berada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut. Namun, akses akun gratis di SEMrush terbatas dan tidak dapat melihat semua saran kata kunci (keyword suggestion) yang dihasilkan. SEMrush menyediakan versi trial selama 7 hari dan selanjutnya akan dikenai biaya per bulan.

  • Answer the Public

Untuk keyword tool ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Answer The Public hanya menyediakan beberapa pilihan bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Inggris. Meskipun hanya tersedia dalam bahasa Inggris, cara riset keyword ini diberikan cukup lengkap dan komperehensif.  Lakukan riset keyword yang akan digunakan di blog atau website melalui keyword tool ini. Answer The Public memberikan saran kata kunci dengan format 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How).  Penulis bisa memperoleh ide-ide untuk konten blog atau website dari hasil riset keyword bahasa Inggris ini. Mungkin juga akan menemukan keyword yang berpotensi populer jika dibuat dalam bahasa Indonesia. Dan yang terpenting adalah bisa menggunakan Answer The Public secara gratis.

  • Soovle

Soovle tidak memberikan informasi volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan (keyword difficulty), dan SERP. Soovle hanya memberikan saran long tail keyword populer di beberapa situs besar seperti Google, Bing, Youtube, Yahoo, Amazon, Wikipedia, dan Answer.com. Hasil pencarian di Soovle tidak seakurat hasil pencarian di Ubersuggest, SEMRush, KWFinder, Google Trends, dan MOZ. Karena Soovle hanya memberikan saran kata kunci saja, tanpa detail berapa banyak volume pencarian tersebut terjadi atau tingkat kesulitan sebuah keyword.  Fitur lain yang disediakan oleh Soovle adalah Daily Top Keyword (Top Kata Kunci Harian). Namun, top keyword ini hanya berlaku di kata kunci bahasa Inggris. Soovle tidak menyediakan top keyword berdasarkan wilayah atau bahasa tertentu.

  • google Related Search

Selain Google Trends, Google juga menyediakan cara riset keyword lain, yaitu related search. Setiap kali melakukan pencarian dengan Google, hasil yang disediakan tidak hanya mencakup artikel-artikel dengan kata kunci yang diketik. Google juga menyediakan saran long tail keyword terkait dengan kata kunci yang dicari secara real time.

  • Keyword Shitter

Cara riset keyword dengan menggunakan Keyword Shitter cukup sederhana. Hanya perlu mengetik keyword yang diinginkan dan Keyword Shitter akan memberikan saran-saran long tail keyword untuk kata kunci tersebut. Gunakan keyword tool ini untuk menemukan kata kunci sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan blog dan website. Keyword tool ini gratis sehingga tidak akan membebani kas.

Cara Riset Keyword Berbayar

Jika membutuhkan fitur riset keyword yang lebih lengkap, dana yang dikeluarkan tentu lebih besar. Dalam riset keyword ada empat aspek yang perlu diperhatikan, yaitu Search Volume, Keyword Difficulty, Keyword Suggestion, dan SERP. Sebenarnya, terdapat satu aspek lagi yang perlu dipertimbangkan, yaitu Potential Traffic (potensi trafik), yaitu potensi trafik atau kunjungan yang bisa didatangkan dari sebuah kata kunci. Biasanya kata kunci dengan search volume tinggi juga memiliki potential traffic yang tinggi. Namun, dalam beberapa kasus kata kunci dengan search volume tinggi bisa memiliki potential traffic rendah.

Kata kunci dengan search volume kecil pun bisa memiliki potensi trafik cukup besar. Jadi, selain search volume dan keyword difficulty, juga perlu mempertimbangkan potensi trafik yang akan didapatkan. Namun, tidak banyak layanan gratis yang memiliki fitur potential traffic, dan Ahrefs merupakan salah satu layanan yang menyediakan fitur tersebut. Fitur ini berguna untuk mengetahui perkiraan potensi trafik yang bisa didapatkan dari sebuah kata kunci. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua kata kunci dengan search volume besar memiliki potensi trafik besar. Di sisi lain, kata kunci dengan search volume kecil bisa memiliki potensi trafik cukup tinggi.

Baca juga : Tips Sukses Siapkan Bisnis Menjelang Hari Raya

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂