Search
Close this search box.

Cara Instal Candy CBT di cPanel

Candy CBT adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah ujian online. Namun, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu di hosting Anda agar dapat diakses melalui internet. Lalu, bagaimana cara menginstal Candy CBT di cPanel hosting?

Apa itu Permen CBT?

Candy CBT adalah aplikasi web yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam melakukan atau menyelenggarakan tes berbasis komputer (Computer Based Test).

Aplikasi Candy CBT memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti pengelolaan nilai, bank soal, pengelolaan mata pelajaran dan data siswa. Tak heran, Candy CBT kini banyak digunakan oleh berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

Aplikasi ujian online ini bersifat open source lho! Jadi, Anda bisa langsung mendownload Candy CBT di situs resminya secara gratis, dan melakukan modifikasi source code aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, buat kamu yang ingin mengikuti ujian online dengan Candy CBT, kamu perlu tahu cara menginstal Candy CBT terlebih dahulu. Yuk simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Panduan untuk Menginstal Candy CBT di cPanel

Sebelum mengikuti panduan cara install Candy CBT di cPanel, Anda perlu menyiapkan hosting dan file installer Candy CBT. Pastikan Anda mengunduh file melalui situs resmi Candy CBT agar aplikasi dapat diinstal dengan baik tanpa kesalahan.

Namun, sebelum mengunduh, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan mencantumkan Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) sekolah Anda. Nantinya perlu aktivasi akun oleh admin Candy CBT di grup Telegram. Setelah aktif, Anda dapat mengunduh penginstal.

Jika semua persiapan sudah dilakukan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara Install Candy CBT di cPanel hosting di bawah ini:

  1. Masuk ke cPanel
  2. Mengakses Menu Manajer File
  3. Mengunggah File CBT Permen
  4. Mengekstrak File Permen CBT
  5. Membuat Database Baru
  6. Mengimpor Basis Data ke phpMyAdmin
  7. Mengonfigurasi Basis Data
  8. Akses Candy CBT

Nah, simak penjelasan lengkap dari tutorial Candy CBT berikut ini!

1. Masuk ke cPanel

Langkah pertama untuk menginstal Candy CBT di cPanel hosting adalah login ke cPanel terlebih dahulu.

Anda dapat login dengan mengakses domainname/cpanel address atau yourdomainname:2083. Kemudian masukkan username dan password pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Login.

Bagi pengguna Niagahoster, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk login ke cPanel melalui Member Area pada halaman Pengaturan Hosting. Caranya, pilih tab cPanel, lalu klik menu All Features.

Dengan cara ini, Anda akan langsung diarahkan ke halaman cPanel tanpa perlu mengisi username dan password Anda.

2. Mengakses Menu File Manager

Jika muncul dashboard cPanel, cari menu File Manager pada bagian FILES. Anda harus masuk ke menu ini untuk mengunggah file Candy CBT Anda.

3. Mengunggah File CBT Permen

Selanjutnya, tentukan direktori tempat tujuan instalasi. Jika Anda ingin menginstal Candy CBT di domain utama, buka folder public_html.

Namun karena pada tutorial Candy CBT ini kita akan menginstallnya pada subdomain, maka kita masuk ke direktori subdomain yang telah kita buat yaitu public_html/candycbt.

Jika sudah masuk ke folder tujuan, klik Upload. Anda akan diarahkan ke halaman upload seperti gambar di bawah ini:

Klik tombol Select File untuk memilih file .zip Candy CBT yang tersimpan di komputer Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Kemudian, silakan kembali ke direktori tempat Anda menyimpan file instalasi.

4. Mengekstrak File Candy CBT di Hosting

Sekarang, Anda akan melihat file instalasi Candy CBT disimpan di folder hosting Anda. Untuk mengekstraknya, klik kanan pada file .zip dan pilih Ekstrak.

Tuliskan path dimana Anda akan mengekstrak file tersebut. Kemudian, klik tombol Extract Files.

Dalam panduan tentang cara menginstal Candy CBT ini, file yang diekstraksi akan disimpan di folder baru yang dibuat di direktori public_html/candycbt. Buka folder baru, lalu klik Pilih Semua.

Kemudian, klik kanan dan pilih Pindahkan untuk memindahkan semua file yang diekstrak ke folder utama tempat file instalasi disimpan.

Jika Anda menggunakan domain utama, tulis public_html di tempat yang tersedia. Jika Anda menggunakan subdomain, tuliskan jalur folder subdomain Anda. Jangan lupa, klik Pindahkan File.

Nah, sekarang semua file Candy CBT sudah dipindahkan. Sebenarnya, Anda sekarang dapat mengakses Candy CBT di domain atau subdomain Anda. Namun, itu akan tetap terlihat seperti ini:

Anda mungkin melihat pesan pemberitahuan bahwa database belum dibuat. Oleh karena itu, mari kita buat database dan lanjutkan tutorial Candy CBT di langkah selanjutnya.

5. Buat Database Baru

Kembali ke dashboard cPanel hosting Anda, lalu klik menu MySQL Database. Pada halaman tersebut, Anda akan membuat database baru.

Tuliskan nama database yang ingin Anda buat di kolom yang tersedia pada bagian Create New Database. Lalu, klik Create Database.

Setelah itu, masih di halaman yang sama, scroll ke bawah dan buatlah user MySQL baru di bagian Add New User. Masukkan username dan password yang akan Anda gunakan, lalu klik tombol Create User.

Selanjutnya, Anda perlu menambahkan pengguna itu ke database Anda. Untuk melakukannya, di bagian Add User To Database, pilih nama pengguna yang baru saja Anda buat. Kemudian, pilih database yang Anda buat sebelumnya di kolom dropdown yang disediakan.

jangan lupa, klik tombol add. Anda akan diarahkan ke halaman Manage User Privileges untuk mengelola akses apa saja yang diberikan kepada pengguna yang Anda buat.

Harap beri tanda centang di kotak ALL PRIVILEGES untuk memberikan semua akses manajemen basis data kepada pengguna. Kemudian, klik tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

6. Mengimpor Database ke phpMyAdmin

Langkah selanjutnya dalam panduan cara menginstal Candy CBT di cPanel hosting adalah mengimpor database ke phpMyAdmin.

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh file .sql yang terdapat dalam file instalasi Candy CBT terlebih dahulu. Caranya, akses menu File Manager dan masuk ke folder config di direktori tempat file instalasi disimpan.

Temukan file bernama ecandy28r3.sql. Nama file akan berbeda sesuai versi Candy CBT yang Anda gunakan. Yang pasti, pilih file bernama candy dengan ekstensi .sql. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Download.

Selanjutnya kembali ke dashboard cPanel dan akses menu phpMyAdmin di bagian Database. Jika halaman phpMyAdmin sudah terbuka, pilih tab Import. Klik tombol Choose File dan pilih file database SQL yang telah Anda download tadi.

Jika demikian, klik tombol Go untuk mulai mengimpor file database.

7. Konfigurasi Basis Data

Jika database telah berhasil diimport, kembali ke folder config dan cari file bernama config.database.php. File tersebut berisi kode php untuk menghubungkan database dengan aplikasi Candy CBT.

Klik kanan pada file config.database.php, lalu pilih Edit.

Tab baru akan terbuka, pada halaman ini Anda perlu mengkonfigurasi database dengan mengedit kode yang tersedia. Jangan khawatir, Anda hanya perlu mengedit tiga baris kode, yaitu:

  • $user : Masukkan username yang telah dibuat pada langkah sebelumnya
  • $pass : Masukkan kata sandi pengguna MySQL Anda
  • $debe : Masukkan nama database baru yang Anda buat

jika tiga baris kode diisi dengan benar, klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan.

Nah, sekarang database sudah terhubung dengan aplikasi Candy CBT yang kamu punya.

8. Akses Candy CBT

Langkah terakhir dalam tutorial Candy CBT ini adalah memeriksa keberhasilan instalasi. Caranya, akses nama domain atau subdomain yang Anda gunakan. Jika tampilannya seperti gambar di bawah ini, maka Candy CBT sudah terinstall dengan baik di hosting Anda.

Gambar di atas adalah halaman login default untuk siswa. Jika Anda ingin masuk ke halaman Admin, Anda dapat mengakses url nama domain/admin Anda. Nanti akan terlihat seperti ini:

Untuk masuk ke halaman admin di aplikasi Candy CBT, Anda memerlukan nama pengguna dan kata sandi. Anda bisa menanyakan kepada admin pengembang aplikasi Candy CBT untuk detail loginnya atau bisa juga membuat sendiri di phpMyAdmin.

Kesimpulan
Itulah panduan install Candy CBT di cPanel. Sangat mudah bukan? Intinya, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah dalam tutorial Candy CBT berikut ini:

  • Unggah dan ekstrak file penginstal Candy CBT di domain atau direktori subdomain Anda.
  • Buat basis data baru.
  • Konfigurasi databasenya.

Jika ketiga langkah utama di atas sudah dilakukan dengan benar, Candy CBT akan langsung bisa diakses di domain yang Anda miliki.

Tentunya agar ujian online dengan Candy CBT yang akan diadakan berjalan lancar jangan sampai server down ya. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan layanan hosting yang cepat dan aman.

Salah satu layanan hosting yang bisa Anda pilih adalah paket Cloud Hosting.

Cloud Hosting menggunakan data center tier 4 yang menawarkan uptime 99,99%. Dengan begitu, Candy CBT akan tetap dapat diakses secara online tanpa gangguan.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan web server LiteSpeed,Cloud Hosting akan membuat Candy CBT Anda lebih mudah diakses. Selain itu, layanan kami memiliki sumber daya yang besar untuk mengakomodasi lalu lintas tinggi.

Baca juga : Berikut adalah 10+ Tips Desain Situs Web Terbaik yang Dapat Anda Terapkan

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

 

Postingan Terkait

Fungsi Brosur Dalam Performa Bisnis

Sebagai seorang pelaku bisnis, kamu perlu mengetahui fungsi brosur untuk bisa mengimplementasikannya pada bisnismu. Meskipun kini zaman sudah serba digital, brosur tetap menjadi media untuk

Read More »