Search
Close this search box.
Bimbingan Komplit Membuat Promosi di Facebook Ads dari Dini Hingga Publish

Bimbingan Membuat Promosi di Facebook Ads Hingga Publish!

Metode Membuat Promosi di Facebook

Terdapat 4 tahap metode untuk promosi di facebook:

  1. Membuat laman Facebook. Laman yang muat data serta penjelasan bisnismu.
  2. Login ke Facebook Ads. Masuk ke laman promosi Facebook buat bidang usaha.
  3. Untuk serta pastikan Kampanye promosi. Mulai dari perhitungan, agenda tayang promosi, sampai target audience.
  4. Jalani pembayaran.

1. Membuat Laman Facebook

Login ke Facebook, kemudian pilih menu halaman dan untuk laman terkini. Seleksi tipe laman yang cocok dengan bisnismu.

Lengkapi data yang diperlukan. Berakhir membuat laman di Facebook, kalian telah dapat mulai membuat Facebook Ads.

2. Login ke Facebook Ads Manager

Ayo kita lanjutkan metode membuat promosi di Facebook, masuk ke laman Faceook Ads Manager lalu login dengan akun Facebook yang esoknya hendak dipakai buat mengatur promosi.

3. Untuk serta Pastikan Kampanye Promosi

Pada dasarnya ada 3 ceruk bawah buat mengaplikasikan metode membuat promosi di Facebook. Mulai dari campaign, angkatan darat(AD) set, dan ad.

Campaign( Kampanye) dengan satu tujuan( objective) yang khusus. Ilustrasi: Kalian bisa memilah kemudian rute kunjungan( drive web traffic) buat menuntun banyak orang supaya mengunjungi website- mu. Setiap campaign akan muat satu ataupun beberapa ad sets.

Angkatan darat(AD) Set( Set Promosi) bisa terdiri dari satu ataupun sebagian sasaran audiens yang kalian menuju menentang. Ilustrasi: Ad set 1 muat banyak orang yang terletak di Jakarta. Ad set 2 muat banyak orang yang terletak di Bandung.

Angkatan darat(AD)( Promosi), masing- masing ad dapat bermuatan lukisan, tautan ataupun bacaan yang berlainan.

Kampanye atau Campaign

Berikutnya, buka tab Kampanye serta klik +Buat.

Setelah itu kamu akan melihat halaman berikut:

Tentukan tujuan iklan yang ingin kamu capai. Tujuan iklan Facebook dibagi menjadi 3 kategori berbeda. Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Kesadaran/Awareness

  • Kesadaran merek: Bertujuan untuk meningkatkan awareness merek bisnismu dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan produkmu.
  • Jangkauan (reach): Menampilkan iklan ke sebanyak mungkin pengguna sesuai target yang telah ditentukan.

Pertimbangan/Consideration

  • Lalu Lintas Kunjungan: Bertujuan untuk mengirim orang-orang/traffic menuju website atau aplikasi.
  • Interaksi: Bertujuan untuk mendapatkan interaksi pada suatu post. Contoh: Likes, komentar, atau tanggapan.
  • Pemasangan aplikasi: Mengajak orang-orang memasang/menginstal aplikasimu.
  • Penayangan video: Mengajak orang-orang menonton video yang kamu promosikan.
  • Pembuatan prospek: Mendapatkan leads seperti alamat email, untuk orang-orang yang tertarik dengan bisnismu.
  • Pesan: Mengajak orang-orang untuk mengirim pesan.

Konversi/Conversion

  • Konversi: Bertujuan untuk menghasilkan konversi/penjualan pada website-mu (Untuk melakukan tracking konversi kamu perlu memasang Facebook Pixel yang dibahas pada poin di bawah).
  • Penjualan Katalog: Menampilkan iklan mengenai katalog produkmu.
  • Kunjungan Toko: Bertujuan untuk mengajak orang-orang mengunjungi toko offline-mu.

Beberapa hal di atas merupakan penjelasan dari masing-masing tujuan kampanye iklan. Pilihlah yang sesuai dengan tujuanmu. Contoh: jika kamu ingin membuat iklan dalam format video ada baiknya kamu memilih opsi penayangan video. Jika kamu ingin membuat iklan dengan fokus utama untuk meningkatkan penjualan, kamu dapat memilih opsi konversi.

Pada tutorial ini kita akan memilih tujuan dengan opsi Lalu Lintas Kunjungan.

Baca juga : Ini 6 Website Penuh Ide Kreatif untuk Mulai Usaha! Buatmu yang Tak Mau Jadi Karyawan Selamanya Ad Set/Set Iklan

 

  • Anggaran dan Jadwal

Tentukan jumlah anggaran. Kamu bisa memilih antara Anggaran Harian atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi. Tentukan juga tanggal mulai dan berakhir.

 

  • Pemirsa/Audience

Tentukan target audiens yang kamu tuju berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan penargetan terperinci lain seperti demografi, ketertarikan, atau behavior mereka di media sosial.

 

  • Pemirsa Khusus

Maanfaatkan penonton spesial buat menjangkau banyak orang yang telah sempat berhubungan dengan bisnismu. Ilustrasi: banyak orang yang telah sempat mengunjungi website- mu.

Metode ini bisa diucap strategi remarketing, ialah kala kalian mematok promosi pada banyak orang yang telah mempunyai ketertarikan pada bisnismu serta berpotensi mempunyai angka alterasi yang lebih besar.

Ads/Iklan

Isi Nama Iklan dan Identitas Halaman Facebook dan Akun Instagram.

 

Penyiapan Iklan. Pilih Buat Iklan dan format yang diinginkan. Pada tutorial ini kita akan memilih Gambar Tunggal.

 

Materi Iklan. Pilih gambar atau video yang diinginkan. Jangan lupa perhatikan rekomendasi spesifikasi gambar yang sesuai dari Facebook. Gambar yang mengandung terlalu banyak teks dapat mengalami penurunan penayangan atau bahkan tidak dapat ditampilkan sama sekali. Kamu dapat mengecek terlebih dulu, gambar seperti apa yang akan kamu gunakan di pemeriksaan teks gambar Facebook.

Tentukan juga destinasi yang dituju, dapat berupa website atau Facebook Event, lalu pilih tombol Call-to-Action (CTA) yang sesuai. Contoh: Selengkapnya, Beli Sekarang, dan lain-lain.

 

Selesai! Sekarang iklanmu siap untuk diterbitkan. Klik tombol Terbitkan.

4.  Lakukan Pembayaran Iklan

Langkah terakhir untuk cara membuat iklan di Facebook adalah pembayaran. Kamu dapat memasukkan data kartu kredit atau debitmu seperti pada gambar berikut.

 

Kamu hanya perlu mengikuti langkah pembayaran yang tersedia dan selesai!

sumber : dewaweb.com

Simpulan

Ternyata, tidak sulit ‘kan memahami cara membuat iklan di Facebook? Penggunaan iklan pada Facebook Ads tentunya akan maksimal jika kamu memiliki website di ezy.co.id, yuk segera hubungi tim kami untuk membuat website agar bisnis kalian makin maju dan sekses.

Postingan Terkait