Search
Close this search box.
overlay

Baru Ingin Memulai Bisnis ? Ketahui 6 Situs Marketplace Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnismu !

Perkembangan teknologi dan internet telah memberikan kemudahan dalam banyak hal dalam kehidupan masyarakat modern. Tidak hanya perkembangan di sektor informasi dan komputer, tetapi salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat dari kemajuan teknologi adalah sektor ekonomi. Kalau dulu kegiatan ekonomi dan perdagangan sangat terbatas oleh letak geografis, kini semua dapat diatasi dengan adanya e-commerce atau marketplace yang bisa dilakukan secara online. Karenanya, pertumbuhan marketplace di seluruh dunia juga meningkat termasuk Indonesia. Mari Simak Artikel dibawah ini !!

Apa Itu Marketplace ?

Marketplace adalah situs web atau aplikasi seluler yang menghubungkan penjual dengan pembeli melalui internet. Kamu dapat menemukan berbagai item untuk setiap kebutuhan kamu di Marketplace. Mulai dari makanan, elektronik, produk fashion hingga barang bekas, marketplace merupakan tempat sera ada yang bisa diakses dari mana, kapan dan oleh siapa saja. Ini tidak terlepas karena marketplace memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Sama seperti pasar tradisional, marketplace menyediakan tempat untuk setiap merchant yang ingin berjualan, hanya saja di Marketplace, penjual tidak perlu membayar sewa untuk mendapatkan tempat berjualan.

Marketplace pertama di dunia dan pelopor yang mempopulerkan budaya belanja melalui internet adalah eBay yang pertama kali dirilis pada tahun 1995. Meski menjadi pelopor pertama, marketplace paling populer di dunia saat ini adalah Amazon. Sedangkan untuk pasar Indonesia, marketplace lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak merupakan pemain awal yang masih merajai dan telah meraih status unicorn dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar.

Setiap marketplace tentu menawarkan berbagai keunggulan baik untuk penjual maupun pembelinya. Semua keunggulan ini pasti akan dipandang berbeda karena penjual dan pembeli mempunyai keperluan juga kebutuhan yang berbeda- beda pula. Berikut ini adalah beberapa daftar marketplace terbaik di Indonesia tahun 2022 :

Tokopedia

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 lalu oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya ini memang dikhususkan dalam e-commerce, dengan menyediakan berbagai pilihan produk. Tokopedia sendiri merupakan platform bisnis bersifat C2C, dimana konsumen langsung memasarkan dan menjual ke konsumen lain. Dengan 135 juta kunjungan per bulan pada kuartal pertama tahun 2021, Tokopedia bisa dibilang sebagai marketplace nomor satu di Indonesia. Meski memiliki trafik pasar tertinggi dibandingkan e-commerce lainnya, Tokopedia hanya memiliki GMV sebesar US$ 14 miliar.

Shopee

Shopee didirikan di Singapura dan kini menjadi e-commerce terbesar kedua di Indonesia. Dengan 124,40 juta pengunjung website setiap bulannya, Shopee mendominasi jumlah kunjungan bulanan sepanjang tahun 2020 lalu. Bahkan marketplace ini juga menjadi juara bertahan dalam konteks pemeringkatan e-commerce di AppStore dan PlayStore.

Sebagai platform belanja online yang sangat populer, tercatat pada kuartal I tahun 2021, jumlah pengikut akun resmi Shopee di media sosial Twitter tercatat 578.000, Instagram 7,65 juta, Facebook 21,55 juta, dan memiliki 10.530 karyawan. Maka dengan jumlah karyawan sebanyak itu, Shopee menjadi e-commerce dengan jumlah karyawan terbesar di Indonesia.

Bukalapak

Bukalapak menyediakan beragama produk, jaminan finansial yang diberikan kepada nasabah, serta kualitas situs dan keandalan layanan dan pengiriman selalu berhasil membuat penggunanya tetap setia terhadap platform yang sudah lama beroperasi ini.

Lazada

Didirikan oleh perusahaan besar Cina Rocket Internet pada tahun 2011 lalu, Lazada telah diambil oleh platform belanja online raksasa Alibaba sejak tahun 2016 dimana operasional situs e-commerce di Asia Tenggara hanya dikendalikan oleh Alibaba saja. Walau buka yang paling terkenal dibandingkan dengan Shopee maupun Tokopedia, Lazada juga bisa menjadi pilihan marketplace terbaik lainnya. Meski masuk dalam daftar marketplace lokal Indonesia ini, Lazada juga merupakan platform belanja online yang juga terkenal di negara Asia Tenggara seperti Filipina, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Bhinneka

Platform yang satu ini juga cukup terkenal karena mempunyai pengunjung bulanan yang cukup besar. Sedikit berbeda dengan platform marketplace lain, situs web ini terkenal sebagai rumah bagi beberapa gadget dan alat terbaru di berbagai genre utilitas, hiburan, dan pendidikan. Menyediakan berbagai keperluan komputer, gadget, peralatan rumah tangga, perkakas dan aksesoris elektronik lainnya di Indonesia .\

Sociolla

Sociolla mengkhususkan diri untuk menjual semua produk kecantikan dari beragama brand baik lokal maupun internasional. Sociolla menjual berbagai keperluan perawatan kulit dan kecantikan yang mencakup semuanya mulai dari perawatan kulit dan rambut, rias wajah, peralatan kecantikan,parfum, dan sebagainya. Karena perbedaan ini. Menjadi Sociolla sebagai salah satu dari 10 besar situs e-commerce di Indonesia. Dengan statistik pengunjung bulanan yang sangat besar telah cukup membuktikan popularitas dan kesuksesannya yang besar di dunia e-marketing.

Setelah membaca artikel diatas, apakah sobat tertarik untuk terjun ke dunia bisnis online ? atau masih bingung gimana cara kerja dan bagaimana keuntungannya ?  boleh koment di bawah ya 😉 !

referensi

 

Postingan Terkait