Search
Close this search box.
rust programming language

Bahasa Pemrograman : Rust Programming

Saat ini, ada begitu banyak bahasa pemrograman. Nah, salah satu bahasa pemrograman yang semakin diminati adalah Rust. Rust programming merupakan salah satu bahasa pemrograman baru yang dapat diterapkan dalam dunia komputer. Rust merupakan bahasa general proposal language, bahasa low level agar dapat mengeksplorasi potensi sisi sistem. Rust programming juga dikenal sebagai The Book yang merupakan sumber paling komperenhensif dari semua topik yang ada kaitannya dengan rust. Bahasa pemrograman ini juga menjadi dokumen resmi dari bahasa rust yang digunakan oleh seseorang, dan memiliki kelebihan tersendiri dibandingan dengan pemrograman lainnya. Bahkan rust programming menjadi salah satu bahasa yang paling dicintai. Meski tidak sepopuler Python, Java, dan lainnya, tetapi Rust ternyata sangat disukai profesional di bidang teknologi yang telah mencobanya. Bahkan, bahasa pemrograman ini digunakan developer di perusahaan-perusahaan terkenal seperti Mozilla dan Microsoft. Namun masih banyak developer yang kurang mengenal tentang Rust.

Pengertian Rust Programming

rust programming

Pemrograman rust merupakan salah satu bahasa pemrograman general purpose yang dikembangkan berdasarkan bahasa pemrograman c. Rust merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang bisa digunakan oleh para developer dan progrmmer. Awalnya, Rust hanyalah sebuah proyek yang dibuat oleh Graydon Hoare pada tahun 2006, seorang developer di Mozilla, yang dikembangkan untuk kemudian menjadikannya program untuk menangani arsitektur multi-core. Hal ini menjadikannya lebih lama dan juga efisien dengan paradigma. Rust Programming rilis pertama kali pada tahun 2014, dimana bahasa ini dijadikan sebagai alternative pemrograman C++ oleh Mozilla. Dan dikembangkan untuk meningatkan kinerja, pararelisasi dan keamanan pada memori. Rust programming tidak hanya digunakan pada perusahaan Firefox saja. Namun ada juga beberapa perusahaan yang mengembangkan produknya dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Seperti halnya Academi yang menggunakan pemrograman rust untuk mengubah strings ke dalam data pengarang dan kertas terstruktur. Sementara perusahaan Dropboc menggunakan pemrograman rust untuk mengoptimalkan dalam melakukan penyimpanan data cloud miliknya.

Baca juga : Perbedaan Antara Seo Dan Google Ads

Jenis bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat software untuk web, embedded computer, distributed service, dan juga command line. Bahasa pemrograman Rust semakin populer di kalangan pemrogram karena mampu menawarkan performa sebaik C dan C++ namun dengan sintaks yang lebih mudah dipahami. Rust juga berfokus pada keamanan kode dan memiliki tool yang sangat mempermudah proses pembuatan sebuah software. Bahkan, Mozilla dibangun menggunakan Rust. Karena semakin dikenal, Rust juga digunakan oleh para software developer di Microsoft untuk membuat salah satu operating system yang paling dikenal saat ini. Rust menjadi bahasa pemrograman yang populer, karena Rust menawarkan solusi akan kendala yang dialami para developer ketika menggunakan bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman Rust merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa dipelajari karena memiliki banyak kelebihan, yang membuatnya menjadi bahasa pemrograman favorit. Diharapkan Rust mampu meningkatkan kinerja, paralelisasi, dan juga keamanan memori.

Pada prakteknya, Rust bukan hanya digunakan oleh Firefox dalam mengembangkan produknya misalnya Servo Browser serta integrasinya ke Firefox. Namun ternyata ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan Rust karena kelebihan yang dimiliki. Perusahaan yang diketahui menggunakan Rust adalah Dropbox dan Academia. Acedemia memilih menggunakan Rust karena ingin melakukan perubahan pada strings ke data pengarang. Sementara itu, alasan Dropbox menggunakan Rust adalah untuk membantu dalam mengoptimalkan penyimpanan data berbasis cloud yang mereka miliki.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Rust

1. Lebih aman dibanding C/C++

Bahasa pemrograman ini memberikan jaminan keamanan memori, yang membuat para pembuat program bisa menggunakan Rust untuk membuat atau memasukkan kode dengan aman dibandingkan dengan ketika menggunakan bahasa C++ maupun C. Rust bisa memastikan keamanan memori meski digunakan untuk distributed system secara online. Dan bisa lebih mudah dalam mengambil data dari online service yang berbeda. Jadi, waktu tunggu saat pengiriman data bisa jadi lebih singkat. Meskipun para developer tersebut nantinya menulis baris kode yang tidak aman, namun Rust secara default akan membuat kode-kode tersebut menjadi aman. Para developer juga tidak harus mengelola memori maupun memberi petunjuk aritmatik ketika ingin membuat program seperti yang biasa dialami ketika menggunakan bahasa pemrograman C maupun C++. Dengan jaminan keamanan kode tersebut, maka obyek-obyek dapat dikelola dengan baik mulai awal sampai akhir.

Menurut The New Stack, salah satu keunggulan bahasa pemrograman Rust adalah saat menulis safe code. Rust dianggap lebih aman dibanding C/C++. Dengan safe code, objek dalam program akan dikelola oleh bahasa pemrogramannya secara keseluruhan sehingga developer tidak perlu begitu memikirkan soal memori. Biasanya, objek tertentu telah memiliki alokasi memori sehingga tidak mungkin terjadi kesalahan akses lokasi. Ketika telah selesai, objek tersebut akan secara otomatis dipindahkan oleh sistem sehingga pemrogram tidak perlu secara manual membuat ruang untuk objek lainnya. Penggunaan unsafe code kadang dibutuhkan untuk mendapatkan performa yang diinginkan. Namun ini sulit untuk dilakukan dengan bahasa pemrograman C/C++.  Sedangkan dengan Rust, ini bisa dilakukan. Tulis unsafe code namun mengatur default safe code sehingga program melakukannya secara otomatis.

Baca juga : Hubungan serta Perbedaan SEO dan SERP

2. Efisien

Penggunaan pemrograman Rust sangat efisien, dikarenakan Rust dikembangkan dengan berdasarkan C, maka efisiensi yang dimiliki oleh C juga bisa ditemukan pada bahasa Rust. Dan juga bisa digunakan secara lebih cepat karena dilengkapi dengan runtime lebih sedikit. Bahkan berdasarkan pernyataan Academia, bahasa pemrograman Rust lebih cepat dibandingkan dengan Ruby untuk pengembangan produk layanannya.

3. Mudah dipahami

Menurut Tech Republic, Rust adalah bahasa pemrograman yang ergonomis untuk digunakan. Ini berarti, Rust mudah dibaca dan ditulis. Bahasa pemrograman ini terus dikembangkan agar dari waktu ke waktu pengguna semakin ramah. Maka tak heran Rust digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal seperti Mozilla, Microsoft, Dropbox, Yelp, dan juga Cloudflare.

4. Kapasitas besar

Bisa membuat software atau aplikasi yang memiliki performa lebih saat menggunakan Rust. Bahkan, Rust dianggap lebih mampu membuat aplikasi web yang lebih baik dibanding JavaScript. Meskipun JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang paling terkenal karena telah digunakan begitu lama.

5. Lebih canggih dibanding Go

Go adalah bahasa pemrograman yang digunakan programmer untuk menulis low-level code.

Oleh karena itu, hasil pemrograman yang dilakukan dengan bahasa ini cenderung lebih sederhana. Sementara, Rust adalah bahasa pemrograman yang menawarkan kapasitas untuk pemrograman yang lebih kompleks. Di bahasa pemrograman Go, ada banyak fitur-fitur yang padahal penting namun tidak tersedia. Sementara, fitur-fitur tersebut tersedia di Rust dan mudah dimengerti. Selain itu, Rust juga dikenal sebagai bahasa yang lebih efisien, cepat, dan tidak membutuhkan banyak memori. Demikianlah penjelasan Glints soal bahasa pemrograman Rust.

Namun karena kerumitannya, Rust mungkin bukanlah bahasa terbaik untuk pemula tanpa pengalaman coding. Akan tetapi, jika kamu ingin memperluas pengetahuan kamu dengan bahasa yang bagus untuk pemrograman sistem, Rust adalah pilihan yang bagus!

Perbedaan RUST dan C++

rust vs programming lain

Banyak orang berpendapat bahwa RUST jika sudah memasuki tahap matang (soon) akan mampu mengungguli C++. karena menggunakan “Safe Code”, yang merupakan kunci utama yang berperan besar. Rust adalah bahasa dengan safety code dimana object diatur oleh bahasa pemograman dari awal hingga akhir. Developer tidak perlu lagi melakukan pointer arithmatic dan manajemen memory seperti yang dilakukan dalam bahasa C dan C++. Pada safe code, object yang dibuat sudah diberikan alokasi memory, dan didesain agar tidak ada kemungkinan untuk mengakses lokasi memory yang berada diluar ruang lingkup. Ketika sudah selesai berinteraksi dengan object maka proses untuk disalokasi memory akan dilakukan secara otomatis. Sehingga  tidak perlu secara manual untuk membersihkan memory yang sudah digunakan. Sebaliknya pada unmanaged code seperti C++ memang cukup sulit untuk membuat sebuah program yang benar dan terbebas dari bug, sehingga seringkali menimbulkan celah yang bisa dicompromise. Ancaman yang paling besar adalah buffer overflow attack yaitu ketika seseorang bisa mengakses informasi melebihi dari informasi yang disediakan pada alokasi memory space untuk program, Artinya seseorang bisa melakukan modifikasi di level bawah pada lokasi memori yang berada diluar jangkauan oleh program. Desain utama dari Rust Programming language adalah fast, efficient and memory safe system. Ini adalah desain yang sudah dijadikan standard modern programming language untuk kedepanya sama seperti yang diterapkan dalam Go Programming Language atau golang.

Baca juga : Keuntungan dan Kegunaan Dedicated Server untuk Website

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

 

Postingan Terkait