Search
Close this search box.

Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop dan HP, Wajib Coba !

Ada banyak aplikasi edit video di laptop atau HP baik untuk pemula ataupun profesional. Masing-masing tools edit video tersebut memiliki fitur-fiturnya tersendiri, seperti penambahan teks, audio, hingga video background.

Bagi kamu yang ingin menyunting video, ada baiknya kamu mengetahui aplikasi mana yang cocok untuk kamu gunakan. Sebab, tiap aplikasi editing memiliki kelebihan dan spesifikasi masing-masing.

Berikut ini daftar rekomendasi aplikasi penyunting video beserta penjelasan dan spesifikasi aplikasinya.

Adobe Premiere Pro

Aplikasi penyunting video pertama yang cocok digunakan oleh para YouTuber adalah Adobe Premiere Pro. Aplikasi buatan Adobe ini adalah salah satu software edit video yang cukup populer digunakan YouTuber.

Adobe Premiere Pro memang ditujukan untuk kalangan profesional dengan berbagai fitur terbaik untuk video editing. Tak heran, aplikasi satu ini pantas masuk dalam daftar software video editor terbaik untuk YouTube. Adapun berbagai macam fitur editing yang ditawarkan oleh Adobe Premiere Pro, mulai dari mengedit video dari yang low resolution, 8K hingga VR (virtual Reality).

Adobe Premiere Elements

Selain Adobe Premiere Pro, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi lain dari Adobe, yakni Adobe Premiere Elements. Aplikasi ini lebih sederhana dan mudah digunakan bila dibandingkan  dengan Premiere Pro. Meski begitu, hasil editan video kamu bakalan tetap ciamik. Tidak perlu khawatir, fitur yang dimiliki oleh Adobe Premiere Elements tidak kalah canggih dengan Adobe Premiere Pro, mulai dari slowmotion, overlay, timelapes, bounce back, dan double exposure. Ditambah dengan fitur fix action cam footage untuk memperbaiki guncangan pada video.

Capcut

Aplikasi editing yang juga dikembangan oleh pembuat aplikasi video TikTok ini sedang naik daun. Aplikasi gratis ini dapat diandalkan untuk memotong-sambungkan video, revers video, hingga mengubah kecepatan video dengan mudah. Kamu juga dapat menambahkan filter, musik, stiker, font, dan efek. Capcut dapat digunakan di HP maupun PC.

Filmora & FilmoraGo

Tools edit video selanjutnya adalah vilmora. Tidak hanya untuk PC, aplikasi editing ini juga tersedia di HP. Filmora untuk mengedit video di PC, sedangkan FilmoraGo untuk mengedit video dari HP. Kelebihannya, aplikasi ini mudah bagi pemula dan bisa di pakai secara gratis. Meski tampilannya cukup simple, fitur yang ditawarkannya terhitung lengkap.

Kamu bisa mengedit video resolusi 4K dengan lebi dari 100 pilihan template efek transisi. Filmora punya fitur Easy Mode yang bisa membuat tools editing lebih mudah dimengerti. Kelebihannya, aplikasi ini cukup ringan untuk diunggah sehingga tidak mudah crash saat digunakan.

InShot

InShot adalah aplikasi edit video di HP yang bisa membantu kamu para YouTuber membuat video semenarik mungkin. Editor video InShot bisa digunakan secara gratis dengan beragam fitur yang profesional. Selain video, kamu juga bisa mengedit foto di aplikasi ini.

InShot memiliki fitur video editing yang lengkap, diantaranya seperti memangkas dan memotong video, menggabungkan , mengatur kecepatan, mengkompres video dalam format HD, hingga mengkonversi foto ke dalam bentuk klip video.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu kehabisan ide untuk membuat video yang menarik karena ada banyak pilihan efek transisi, filter, emoji, dan background musik yang dimikinya.

YouCut

YouCut dari InShot adalah editor video gratis patut kamu coba. YouCut merupakan aplikasi pemangkas dan penggabung video yang dapat diandalkan untuk YouTube dan media sosial lainnya. Menariknya, YouCut bisa digunakan secara gratis dan bebas watermark.

Beberapa fitur utama YouCut antara lain menggabungkan klip video menjadi satu video, menambahkan video ke video, cutting dan trimming video, slice dan memisahkan video menjadi dua klip video terpisah, mengedit video dan menyesuaikan kecepatan video dengan filter dan efek video, dan masih banyak lagi.

PowerDirector

Aplikasi penyunting video selanjutnya adalah PowerDirector. Aplikasi ini memudahkan kamu mengedit video dengan kualitas 4K menggunakan berbagai fitur, seperti tools video editing, video effects, collage, maupun menambahkan background music, dan animasi.

Hebatnya, software edit video satu ini dilengkapi dengan fitur chroma key yang bisa mengedit video di layar green screen. Selain itu, ada fitur video stabilizer untuk mengurangi guncangan pada video, voice, change, dan overlay.

KineMaster

KineMaster adalah aplikasi untuk edit video di HP yang cukup populer. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis, namun kamu juga bisa menggunakan versi yang berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih beragam.

Selain berbagai fitur video editing yang umumnya bisa kamu temukan, software ini juga menawarkan fitur chroma key yang bisa digunakan para Youtuber gaming untuk mengedit video menggunakan layar hijau. Sayangnya jika kamu menggunakan versi gratis, terdapat watermark pada hasil editan video menggunakan KineMaster.

Quik

Tools edit video terbaik selanjutnya adalah Quik. Aplikasi ini buatan dari action camera ternama dari GoPro. Awalnya aplikasi ini hanya diperuntukan guna mengedit video dari kamera GoPro, namun aplikasi ini sudah bisa digunakan secara bebas dan tersedia di Google Playstore serta App Store.

Lebih lanjut, Quik memilik fitur unik yaitu QuikStories yang secara otomatis mengubah video-video footage yang kamu miliki menjadi sebuah video yang menawan hanya dengan sekali klik saja. Sama seperti software edit video lainnya. Quik memiliki fitur video editor yang tak kalah menarik. Kamu bisa menambahkan efek transisi video dengan pilihan tema yang beragam.

Viva Video

Viva Video termasuk salah satu tools edit video di HP yang bisa digunakan oleh para YouTuber untuk mengedit video yang di miliki. Mirip dengan tools edit lainnya, aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk menggabungkan video, memotong hingga mengatur kecepatan video.

Tidak hanya itu, Viva Video juga menyediakan beragam filter dan efek video. Kamu bisa menambahkan teks, animasi, filter, dan efek slow motion di videomu. Cocok banget untuk kamu yang tidak mau repot untuk mengedit video yang simple.

VideoShow

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk mengedit video adalah VideoShow. Aplikasi ini memberikan kemudian untuk kamu mengedit video dengan berbagai fitur editing tools didalamnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan teks, efek, GIF, transisi, hingga live dubbing untuk videomu. Kamu bisa mengekspor video dengan kualitas 4K tanpa merusak kualitasnya.

Splice

Splice adalah aplikasi untuk mengedit video dengan praktis dan bisa digunakan di HP Android maupun iOS. Selain karena tampilannya mudah untuk digunakan, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis alias tanpa iklan, sehingga tidak mengganggu kamu sedang mengedit. Fitur-Fitur yang tersedia di aplikasi ini, yakni memotong, menggabungkan video, menambahkan teks, soundtrack, dan overlay pada video.

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »