Search
Close this search box.

Apa Itu Web Server dan Fungsinya?

Server web adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirim melalui browser dan kemudian memberikan tanggapan atas permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umum dalam dokumen HTML. Akan tetapi sebuah web server dapat memiliki dua pengertian yang berbeda, yaitu sebagai bagian dari perangkat keras (hardware) dan sebagai bagian dari perangkat lunak (software).

Jika mengacu pada perangkat keras, server web digunakan untuk menyimpan semua data seperti dokumen HTML, gambar, file stylesheet CSS, dan file JavaScript. Sedangkan dari sisi software, fungsi web server adalah sebagai pusat kendali untuk memproses permintaan yang diterima dari web browser.

Jadi sebenarnya segala sesuatu yang berhubungan dengan website biasanya juga berhubungan dengan web server, karena tugas web server adalah mengatur semua komunikasi yang terjadi antara browser dan server untuk memproses sebuah website.

Saat ini ada beberapa pilihan web server yang tersedia saat ini, nanti kita akan coba bahas satu persatu tentang kelebihan masing-masing web server. Sebelumnya, mari kita coba membahas tentang bagian lain dari web server.

Pada tahun 1990 sebuah web server adalah sebuah proyek yang ia usulkan kepada atasannya di CERN (European Nuclear Research Organization) bernama CERN httpd yang diusulkan oleh Sir Tim Berners-Lee. Server web ini berjalan pada server NeXT. NeXT adalah perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs setelah meninggalkan Apple.

Pada tahun yang sama juga ditemukan browser pertama bernama WorldWideWeb.

Bagaimana Web Server bekerja?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika mengambil halaman web, browser mengirimkan permintaan ke server yang kemudian diproses oleh server web. Permintaan HTTP dikirim ke server web. Sebelum memproses permintaan HTTP, server web juga memeriksa keamanan. Di server web, permintaan HTTP diproses dengan bantuan server HTTP. Server HTTP adalah perangkat lunak yang bertugas menerjemahkan URL (alamat situs web) dan HTTP (protokol yang digunakan browser untuk menampilkan halaman web). Kemudian server web mengirimkan respons HTTP ke browser dan memprosesnya menjadi halaman web.

https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Learn/Common_questions/What_is_a_web_server
Ketika web server menerima permintaan HTTP dari browser, jika diperlukan maka web server akan mengirimkan query ke database untuk memenuhi permintaan HTTP yang dikirimkan oleh browser.

Fungsi Server Web

Jadi, selain berfungsi sebagai penghubung komunikasi dengan situs web dan memproses permintaan HTTP yang dikirim oleh browser, secara umum beberapa fungsi server web adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan semua modul yang diperlukan tersedia dan siap digunakan
  2. Bersihkan penyimpanan, cache, dan modul yang tidak digunakan
  3. Lakukan pemeriksaan keamanan pada permintaan HTTP yang dikirim oleh browser

Namun jika dipisahkan berdasarkan pengertian web server sebagai hardware dan web server sebagai software, maka fungsinya adalah sebagai berikut :

Server Web Sebagai Perangkat Keras

Web Server (untuk membedakannya saya menggunakan awalan huruf kapital) bertugas sebagai tempat penyimpanan script, gambar, dan konten halaman website. Web server harus dapat diakses dari semua area yang memiliki koneksi internet.

Anda bisa mendapatkan Web Server dari penyedia layanan hosting terbaik Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa persyaratan yang bisa dipertimbangkan saat memilih penyedia layanan hosting server untuk website Anda. Server harus cepat, memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, dan memiliki kapasitas RAM yang cukup.

Server Web Sebagai Perangkat Lunak

Selain sebagai tempat penyimpanan, fungsi web server adalah sebagai software yang melayani permintaan dari browser. Ada banyak web server yang tersedia saat ini, salah satunya adalah Apache.

Produk Server Web

Selain lima server web teratas pada tabel di bawah, ada berbagai layanan yang ditawarkan, antara lain IBM Oracle Server, Server, Gunicorn, Zope, Kestrel, Jetty dan masih banyak lagi.

Pangsa pasar penggunaan server web yang digunakan di situs web dari W3Techs.

Tabel di atas merupakan tabel persentase penggunaan web server yang digunakan oleh banyak website di internet. Seperti yang Anda lihat, Apache adalah yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan server web lainnya. Survei dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Teknologi yang digunakan pada halaman web.
  2. Hanya melibatkan 10 juta website teratas berdasarkan peringkat yang diberikan oleh Alexa, rata-rata 3 bulan.
  3. Tidak termasuk subdomain.

Anda bisa mengunjungi website w3techs untuk melihat data lengkapnya.

Daftar berikut adalah daftar lima server web teratas yang digunakan di seluruh dunia. Kelebihan yang coba kita bahas hanya sebagian saja. Masih banyak lagi keunggulan lainnya yang tidak bisa langsung kita bahas satu persatu. Pada bagian ini, kami tidak memberikan masukan untuk layanan Google Web Server, karena layanan ini hanya digunakan khusus untuk layanan online Google.

  1. apache
    • Pengaturan lebih mudah
    • Sumber Terbuka
    • Komunitas besar
  2. NGINX
    • Lampu
    • Banyak fitur dan stabil
    • Performa tinggi
  3. IIS
    • IIS sepenuhnya mendukung pada Windows
    • Ada kemampuan memeriksa kesalahan
    • Bekerja menggunakan PHP lebih stabil
  4. Server Web LiteSpeed
    • Memiliki pencegahan DDoS
    • Pulihkan kesalahan secara instan
    • Kompatibel dengan .htaccess

Setiap web server memiliki kelebihannya masing-masing. Apache web server merupakan layanan web server yang saat ini paling populer digunakan. Apache atau kadang disebut Apache Tomcat dengan dukungan pengembang open source dan komunitasnya mampu menjadi rajanya web server lainnya. Selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan sistem, Apache dikenal kompatibel dengan berbagai sistem karena memiliki banyak pilihan pengaturan.

Selain itu, NGINX dikenal memiliki performa yang tangguh dan juga ringan, meski tidak sepopuler Apache. Ini mungkin karena kurangnya dukungan masyarakat.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Layanan Web Server?

Anda dapat menjalankan layanan web server di server lokal jika hanya trial and error. Caranya, Anda bisa mendownload file instalasi web server kemudian meletakkannya di komputer lokal Anda. Namun, jika Anda menggunakan metode ini, Anda tidak dapat mengaksesnya dari mana pun, kecuali jika Anda memiliki alamat IP dinamis.

Solusi lain adalah dengan menyewa perangkat VPS dari penyedia layanan VPS. Saat memesan layanan VPS, biasanya sistem operasi bawaan sudah tersedia. Anda tinggal klik dan VPS Anda sudah siap dengan sistem operasi yang diinginkan. Apakah server web ada atau tidak tergantung pada sistem operasi yang Anda pilih. Beberapa menawarkan server web dengan paket.

Jika belum terinstal, Anda dapat melakukan proses instalasi Web Server dengan mengakses VPS. Cara mengakses layanan VPS adalah dengan menggunakan SSH.

Ketika server web diinstal, Anda dapat mengakses VPS menggunakan alamat IP VPS. Website Anda juga dapat diakses jika berada di folder http yang telah disiapkan.

Kesimpulan

Server web adalah bagian penting dari situs web. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi web server adalah sebagai kontrol untuk memproses permintaan dari browser. Tanpa server web, sebuah situs web tidak dapat berjalan dengan baik. Web server memiliki tugas utama untuk merespon permintaan yang dilakukan oleh pengguna melalui browser dan memberikan hasilnya kembali ke browser.

Sementara itu, hingga saat ini Apache masih menjadi web server yang paling populer digunakan. Selain mudah digunakan, hampir semua sistem operasi kompatibel dengan server web ini.

Baca juga: 10 Istilah Marketing Online yang Wajib Anda Ketahui

jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait

deep web

Apa itu Deep Web?

Apa yang Anda cari sebagian besar akan Anda temukan di internet. Namun, siapa sangka ternyata internet ini memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah

Read More »
programing

Apa Itu Visual Programming?

Selaku programmer, Kamu pastinya menguasai kalau bahasa pemrograman berplatform bacaan berpusat pada eksekusi perintah- perintah khusus serta gimana perintah itu menunjukkan suatu buat konsumen. Tetapi,

Read More »