Saat belajar SEO untuk bisa meningkatkan traffic website pasti akan menjumpai istilah SERP. Kemudian, muncul pertanyaan: “Apa itu SERP? Dan, mengapa SERP begitu penting dalam diskusi SEO?”
Apa itu SERP?
SERPs (Search Engine Result Pages) adalah halaman yang ditampilkan oleh Google dan mesin pencari lainnya untuk menunjukkan hasil pencarian pengguna.
SERP terdiri dari hasil pencarian organik dan berbayar, seperti ini:
Uniknya, meski menggunakan kata kunci yang sama, tampilan SERP antar pengguna bisa berbeda-beda.
Mengapa begitu?
Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan berbagai faktor yang relevan dengan pengguna saat ini. Misalnya, tempat tinggal pengguna, riwayat pencarian, media sosial yang digunakan, dan pengaturan lainnya.
Jadi, pengguna di Indonesia dan Amerika bisa mendapatkan SERP yang berbeda jika menggunakan kata kunci yang sama.
Lalu, mengapa SERP sering disebutkan dalam pedoman SEO? Berikut penjelasannya.
Mengapa SERP Penting untuk SEO?
Alasan utamanya adalah karena tujuan akhir dari semua upaya SEO adalah menempatkan situs web di SERP, terutama di posisi teratas untuk hasil pencarian organik.
Jadi, SEO adalah upaya gratis agar website Anda bisa muncul di SERP.
Namun, tidak semua SERP penting untuk SEO lho. Sebab, hanya halaman pertama SERP yang memberikan keuntungan bagi website Anda.
Kebanyakan orang mengklik hasil pencarian di halaman pertama SERP saja dan hampir tidak mungkin untuk pergi ke halaman dua. Jika hasil pencarian untuk posisi #1 mendapatkan klik rata-rata 31,7%, hanya 0,78% pengguna yang mengklik situs web di halaman kedua SERP.
Nah, tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba menerapkan strategi SEO agar website mereka berada di halaman pertama SERP?
Bagaimana cara membuat situs web muncul di SERP?
SERP sendiri terdiri dari tiga komponen yaitu iklan berbayar, hasil organik, dan fitur SERP. Oleh karena itu, ada tiga cara agar website Anda bisa tampil di SERP Google. Apakah mereka?
1. Gunakan Iklan Berbayar
Praktik memunculkan website di SERP dengan iklan berbayar ini disebut dengan Search Engine Marketing (SEM). Anda perlu memenangkan bidding agar iklan bisa ditempatkan di posisi atas dari SERP.
Metode yang digunakan adalah Pay Per Click (PPC) di mana Anda hanya harus membayar iklan tersebut jika ada orang yang mengkliknya saja. Jadi, Anda harus menyiapkan budget khusus untuk iklan ini.
2. Lakukan Optimasi SEO untuk Pencarian Organik
Berikut penjelasan singkat dari ketiganya:
- Judul meta: judul yang muncul di bagian paling atas hasil pencarian. Bertujuan untuk menginformasikan isi konten Anda kepada pengunjung.
- URL slug: bagian dari URL/permalink situs web Anda yang merujuk ke suatu konten.
- Deskripsi meta: ringkasan konten situs web yang muncul di hasil pencarian. Jadi, pengunjung bisa mengetahui deskripsi konten Anda.
Nah, hasil pencarian organik di SERP semuanya diambil dari database yang berisi milyaran website bernama Google Index. Ini berarti bahwa situs web Anda harus terlebih dahulu masuk ke Indeks Google agar terlihat organik di SERP—tidak peduli halaman mana.
Selain memperhatikan meta tag dan masuk ke Google Index, Anda juga perlu mengupdate informasi tentang algoritma Google. Mengapa demikian?
Pasalnya, Google menggunakan algoritma super canggih yang selalu update untuk mengurutkan hasil pencarian organik. Banyak faktor penilaian yang digunakan agar hanya hasil yang relevan dan berkualitas yang dapat muncul di halaman pertama SERP.
Selain itu, pastikan Anda tidak hanya percaya dengan mitos SEO yang berbahaya, ya! Nah untuk itu kami telah merangkumnya dalam bentuk ebook yang bisa anda download secara gratis. Terlepas dari berbagai mitos palsu tersebut, Anda akan mengetahui optimasi terbaik yang bisa dilakukan.
3. Manfaatkan Fitur SERP
Memanfaatkan berbagai fitur SERP cukup efektif membuat website Anda muncul di hasil pencarian Google. Jadi Anda bisa menggunakan salah satu yang paling sesuai dengan tujuan Anda.
Berikut beberapa fitur SERP yang sering muncul di Google:
1. Cuplikan Unggulan
Featured Snippet adalah fitur yang menampilkan cuplikan konten suatu website dengan informasi yang paling relevan untuk kata kunci tertentu. Umumnya, Cuplikan Unggulan berada di atas SERP. Hal inilah yang membuatnya sering disebut ranking #0.
Ada tiga format Cuplikan Unggulan yang paling umum: paragraf, daftar, dan tabel. Namun terkadang formatnya juga ditampilkan dalam bentuk video.
Untuk bisa mendapatkan Featured Snippets, sebuah website harus berada di posisi lima besar SERP dan memiliki struktur artikel yang rapi dan SEO friendly. Jika Google mudah dipahami, bukan tidak mungkin artikel tersebut direkomendasikan sebagai Featured Snippet.
2. Cuplikan Kaya
Cuplikan Kaya adalah versi yang lebih lengkap dari hasil pencarian biasa. Selain informasi standar, hasil organik juga berisi ulasan dari sebuah situs web. Jadi, itu akan terlihat lebih menonjol di SERP.
Dengan tampilan seperti contoh di atas, bukan tidak mungkin orang akan mengklik website Anda dibandingkan kompetitor yang tampil tanpa Rich Snippet bukan?
3. Kartu Pengetahuan
Kartu Pengetahuan muncul di atas SERP Google dan menampilkan jawaban singkat untuk kata kunci yang dicari. Fitur SERP ini dapat muncul dalam berbagai format. Kami memberikan dua contoh paling umum:
Dari contoh di atas, tampak soal dengan jawaban singkat langsung ditampilkan tanpa harus masuk ke website tertentu terlebih dahulu.
Fitur ini bisa Anda dapatkan meski ada syarat yang harus dimiliki. Salah satunya, website harus dianggap sebagai sumber informasi yang terpercaya menurut Google. Tak jarang, data dari Knowledge Cards diambil dari sumber pihak ketiga yang terkait langsung dengan Google.
4. Panel Pengetahuan
Panel Pengetahuan adalah fitur SERP yang menyediakan informasi kunci dari kata kunci. Pada perangkat seluler, fitur ini biasanya muncul di atas SERP. Saat berada di komputer, itu akan muncul di sisi kanan layar.
Sama seperti Kartu Pengetahuan, data dari Panel Pengetahuan juga berasal dari sumber tepercaya. Misalnya, Wikipedia seperti yang ditunjukkan pada contoh di atas.
Namun hasil yang muncul juga bisa berupa link ke website/media sosial terkait dengan kata kunci yang dicari seperti pada contoh di bawah ini:
Lalu, bagaimana cara menempatkan informasi website di Knowledge Panel?
Anda perlu melakukan optimasi SEO lokal situs web Anda. Tujuannya adalah untuk mencapai target lokal dari kata kunci pencarian tertentu. Jadi, ketika orang mencari bisnis Anda, informasi seperti Gojek di atas akan muncul.
5. Koleksi Gambar
Seperti namanya, Image Packs akan menampilkan thumbnail dari berbagai gambar yang sesuai dengan kata kunci. Umumnya fitur SERP menempatkan gambar hasil pencarian di posisi teratas.
Semua gambar mini yang ditampilkan dikelola oleh layanan Gambar Google. Ketika diklik, pengguna akan mendapatkan informasi tentang sumber gambar sehingga dapat melanjutkan ke situs web.
6. Berita Utama
Berita Utama (Top Stories) akan menampilkan artikel/berita dan video terbaru sesuai kata kunci pencarian. Hasil pencarian akan menampilkan thumbnail gambar, judul, nama website, dan waktu rilis berita.
Seperti halnya fitur SERP lainnya, Headline juga sering ditempatkan di bagian atas SERP. Namun, sebanyak 99,31% berasal dari website yang terdaftar di Google News.
7. Orang Juga Bertanya
Fitur People Also Asks menampilkan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna tentang kata kunci tertentu.
Ingin website Anda dapat memanfaatkan fitur SERP ini? Buatlah konten yang informatif dan memiliki jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang sering diajukan pengguna.
8. Hasil Belanja
Seperti namanya, Hasil Belanja adalah fitur SERP yang akan memunculkan iklan dari produk yang relevan dengan kata kunci, terutama yang memiliki maksud untuk membeli produk. Contohnya, “beli hp murah” atau “hp android terbaik.”
Setiap hasil belanja berisi informasi produk yang lengkap, mulai dari nama, harga, penjual, review, hingga promo yang sedang berlangsung.
Sayangnya, hasil belanja tidak menyertakan hasil pencarian organik melainkan fitur SERP berupa iklan. Jika Anda ingin memanfaatkannya, pastikan Anda memiliki anggaran khusus dan panduan yang baik.
9. Kotak Twitter
Kotak Twitter menampilkan tweet terbaru yang relevan dengan kata kunci tertentu. Google akan memprioritaskan tweet yang berasal dari akun Twitter resmi.
Fitur SERP ini bisa mendukung upaya promosi bisnis jika Anda telah membangun upaya Twitter Marketing yang baik. Sebab, setiap ada pencarian yang terkait bisnis Anda, fitur SERP ini akan memunculkan tweet terbaru yang Anda miliki.
10. Sitelink
Sitelink akan menampilkan halaman-halaman terpopuler dari website Anda. Informasi tersebut akan berada di bagian atas SERP tepat di bawah hasil pencarian organik teratas.
Sitelink sangat bermanfaat untuk meningkatkan tingkat klik/CTR, meningkatkan product awareness, bahkan membuat website Anda lebih terpercaya berkat informasi yang lengkap.
11. Hasil Pencarian Video
Hasil pencarian video juga merupakan fitur SERP yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda menargetkan pengguna Google, pastikan video Anda sudah diupload ke YouTube. Alasannya, semua hasil pencarian video terkait dengan layanan ini.
Pada dasarnya, hasil pencarian video terbagi dua: video dari YouTube langsung dan video dari website yang berasal dari YouTube.
Di dalam hasil pencarian video, Google akan menampilkan informasi singkat terkait video seperti judul, tanggal upload, pihak yang melakukan upload, durasi video, dan deskripsi singkatnya.
Sesuai jenisnya, inilah yang perlu Anda lakukan agar video Anda muncul di SERP:
- Memastikan video yang diupload video sudah teroptimasi secara SEO sesuai dengan Panduan SEO YouTube.
- Melakukan embed video YouTube dengan benar ke dalam artikel menggunakan judul yang sesuai dengan target kata kunci.
Munculkan Website Anda di SERP Sekarang Juga!
Memahami SERP sangat penting untuk perkembangan website Anda. Apalagi jika website tersebut mampu berada di halaman pertama.
Anda sudah belajar berbagai cara agar website bisa muncul di SERP. Mulai dari menggunakan iklan berbayar, melakukan optimasi SEO untuk hasil organik hingga memanfaatkan berbagai fitur SERP.
Dengan informasi di atas, Anda sudah mampu membuat website Anda untuk bisa muncul di SERP sesuai tujuan bisnis. Semakin tinggi posisi di SERP, semakin besar kemungkinan pengunjung website Anda.
Nah, untuk meningkatkan SEO website, Anda perlu mempelajari berbagai hal penting untuk optimasi tersebut. Kami sudah merangkum informasinya dalam ebook Checklist SEO yang bisa Anda download gratis!
Baca juga : Strategi SEO Terbaik untuk Website di Berbagai Industri
Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.
Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?