Apa itu PHP ? Yuk Kenali Cara Kerja Dan Manfaatnya

Sobat EZY, kamu seorang developer ? Nah, Sebagai seorang developer pasti harus memiliki satu keahlian bahasa pemrograman. Misalnya, bahasa yang dipilih adalah bahasa PHP. Bahasa PHP sangat cocok digunakan oleh para developer untuk membuat pengembangan website.

PHP (Hypertext Preprocessor) dikenal sebagai bahasa scripting untuk keperluan umum yang dapat digunakan untuk mengembangkan website yang dinamis dan interaktif. Itu adalah salah satu bahasa sisi server pertama yang dapat disematkan ke dalam HTML, membuatnya lebih mudah untuk menambahkan fungsionalitas ke halaman web tanpa perlu memanggil file eksternal untuk data. PHP pada dasarnya satu set dengan program CGI yang memungkinkan untuk mengembangkan website dengan nilai-nilai dinamis. Sebagai bahasa scripting, PHP menjalankan kode secara berurutan dari atas ke bawah dan setiap eksekusi baru. Ingin tau manfaat PHP bagi Pengembangan Website ? Yuk simak artikel nya sampai habis .. No skip skip ya sobat !

Cara Kerja Bahasa Pemrograman PHP

Secara umum server HTTP memiliki tanggung jawab yang sangat jelas, yaitu untuk menyediakan konten hypermedia menggunakan Protokol HTTP. Ini berarti bahwa server HTTP akan menerima permintaan, mengambil konten string dari suatu tempat, dan merespons dengan string ini berdasarkan Protokol HTTP. PHP hadir untuk membuat konten hypermedia ini dinamis, memungkinkan developer untuk menyediakan lebih dari sekadar file .html statis yang sederhana.

Sebagai bahasa scripting, pada konteks scripting, PHP mengisolasi setiap eksekusi. Artinya tidak berbagi memori atau sumber daya lain di antara eksekusi.Pada konteks website, ada dua cara berbeda untuk mengeksekusi kode PHP. Keduanya memberi pro dan kontra, Anda dapat melampirkan PHP ke server HTTP menggunakan koneksi seperti CGI atau sebagai modul ke server HTTP. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa modul HTTP berbagi sumber daya atau resource dengan server HTTP sementara sebagai CGI, PHP memiliki eksekusi baru pada setiap permintaan.

Menggunakan PHP dengan CGI memungkinkan Anda memperbarui aplikasi dengan cepat tanpa menghapus seluruh server HTTP. Manfaat besar lainnya menggunakan Tapi PHP masih bahasa scripting. Dan seperti dalam konteks CGI, PHP memiliki eksekusi baru setiap permintaan, ini tampak jelas bahwa sifat paling terukur PHP juga merupakan salah satu hambatan kinerja yang paling relevan.

Tahapan-tahapan Cara Kerja PHP Berinteraksi di Server Website

Program PHP berinteraksi dengan server situs, yang artinya program PHP akan mengirimkan halaman website ke seluruh dunia. Misalnya, saat Anda mengetik URL ke kolom alamat browser web Anda, Anda memberi tahu server web di URL itu untuk mengirimi Anda file HTML melalui email. File yang diminta dikirim oleh server web sebagai tanggapan. Kemudian file HTML dibaca oleh browser Anda, dan selanjutnya menampilkan halaman web.

Contohnya lagi, ketika Anda menekan sumber di halaman sebuah web, Anda juga meminta file dari server web. Selain itu, saat Anda menekan tombol halaman web yang mengirimkan formulir, server web memproses file. Ketika PHP di-mount, prosedurnya persis sama. Prosesnya adalah Anda mengirimkan file, kemudian server yang menjalankan PHP, lalu merespons dengan HTML. Sampai di sini apakah Anda paham? Jika belum, berikut tahapan-tahapan cara kerja PHP dengan Server Website.

  • Langkah 1

    Klien mengirim permintaan halaman ke server web.

  • Langkah 2

    Server web meneruskan permintaan itu ke juru PHP.

  • Langkah 3

    Sekarang juru bahasa PHP akan mengambil Tanggal dari Database dan tanggapan itu kembali ke server web.

Manfaat bahasa PHP Bagi Pengembangan Website

Berikut adalah beberapa manfaat utama bahasa PHP dan alasannya yang masih sangat penting dalam pengembangan web.

  • Mudah Dipelajari dan Digunakan

    Salah satu alasan utama PHP menjadi begitu umum di kalangan developer adalah karena relatif mudah untuk memulainya, bahkan tanpa pengetahuan atau pengalaman yang luas dalam pengembangan web, kebanyakan orang dapat membuat halaman web dengan satu file PHP dalam waktu yang relatif singkat. Sintaksnya sederhana dan fungsi perintahnya mudah dipelajari, artinya hambatan mempelajari bahasa PHP lebih sedikit dibandingkan dengan banyak bahasa lain.

  • Gratis dan Open Source

    Bahasa PHP membantu developer untuk memulai mempelajari bahasa pemrograman dengan PHP karena dapat diinstal cepat dan gratis. Ada juga akses terbuka ke berbagai kerangka kerja atau framework PHP, seperti Laravel dan Symfony. Fitur ini juga menarik bagi perusahaan karena membantu mengontrol biaya pengembangan website.

  • Fleksibel

    Salah satu manfaat utama PHP adalah platform independent, artinya dapat digunakan di Mac OS, Windows, Linux dan mendukung sebagian besar web browser. Ini juga mendukung semua server web utama, membuatnya mudah untuk digunakan pada sistem dan platform yang berbeda dengan biaya tambahan yang terjangkau.

  • Dukungan Komunitas

    Sebagai bahasa skrip yang telah lama digunakan oleh banyak developer, PHP sekarang memiliki basis komunitas yang besar dan setia untuk mendukungnya. Ada banyak sekali tutorial, FAQ, dan tips and trick untuk membantu para developer PHP baru dan bagi siapa pun yang terus mendorong perkembangan bahasa PHP melalui pembaruan rutin.

  • Cepat dan Aman

    Dua hal yang diinginkan oleh setiap perusahaan untuk situs web atau aplikasi adalah cepat dan aman. PHP menggunakan memorinya sendiri dan bersaing dengan baik dalam kecepatan, terutama saat menggunakan versi yang lebih baru. Ada pertanyaan di masa lalu tentang keamanan PHP, tapi semua itu sekarang terjawab bahwa PHP dapat dipercaya dalam masalah keamanan. Salah satu manfaat penting adalah karena penggunaannya yang luas dan dukungan komunitas. Serta saat ini ada banyak tools, kerangka kerja atau framework, dan praktik terbaik untuk membantu memperbaiki kerentanan dan melindungi dari serangan siber.

  • Terhubung dengan Database

    PHP memudahkan untuk terhubung secara aman dengan hampir semua jenis database. Ini memberi developer lebih banyak kebebasan saat memilih database mana yang paling cocok untuk aplikasi yang sedang dibangun.

  • Telah Teruji dan Terpercaya

    Salah satu manfaat utama dari keberadaan selama seperempat abad adalah bahwa kode PHP telah diuji di semua jenis lingkungan kehidupan nyata. Bug utama telah ditemukan dan diperbaiki, membuat bahasa lebih stabil dan dipercaya oleh pengembang. Selain itu, banyak kerangka kerja dan alat telah dibangun dari waktu ke waktu, membantu membuat pengembangan web PHP lebih aman, efisien, dan efektif.

Nah sobat dari penjelasan diatas, sobat tertarik jadi seorang developer atau enggak nih ? banyak banget manfaat PHP untuk pengembangan website loh . semoga sobat bisa mempraktikannya nanti ya . see you the next artikel

referensi