Search
Close this search box.

Apa Itu Kode Referral? Begini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya untuk Pengembangan Bisnis

Apa Itu Kode Referral?

Kode referral adalah sebuah kode yang terdiri atas susunan beberapa karakter unik berupa huruf, simbol, dan angka. Kode ini digunakan untuk mengajak orang bergabung dalam keanggotaan sebuah platform atau melakukan pembelian produk yang berhadiah.

Terdengar menarik, ya? Kode referral umumnya digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau layananya. Sebagai contoh kode referral yang banyak ditemukan adalah kode referral promo cashback dari e-commerce. Misalnya dari Shoppe atau Tokopedia.

Cara input kode referral berbeda-beda, tergantung pada metode yang diterapkan oleh perusahaan pembuatannya. Untuk kode referral dari e-commerce misalnya, biasanya cara menggunakannya adalah dengan memasukan kode pada saat proses checkout produk belanjaan.

Fungsi Kode Referral

Berikut adalah beberapa fungsi dari kode referral:

Sebagai Strategi Pemasaran

Kode referral merupakan salah satu alat strategi marketing dari sebuah bisnis. Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah atau potongan harga? Pemberian hadiah berupa komisi terlebih lagi, dapat membuat banyak orang lebih mudah tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Selain karena penawaran hadiah gratisnya, strategi distribusi kode referral yang mengandalkan word of mouth juga berpeluang untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, Bayangkan saat kode referral direkomendasikan oleh satu user ke beberapa user lainnya. Distribusi ini dapat berpeluang untuk diteruskan ke user-user lainnya lagi.

Membangun Loyalitas

Kode referral dapat digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan. Berikan kode referral pada pelanggan yang sudah setia menggunakan produk atau jasamu. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dihargai sehingga terbentuklah loyalitas pada produkmu. Di samping itu, perusahaanmu juga dapat menampilkan value yang lebih unggul di mata pelanggan.

Mengembangkan Produk

Jika kamu sedang mengembangkan atau meluncurkan sebuah produk baru, kode referral dapat membantumu untuk mengembangkan kualitas produk tersebut. Caranya adalah dengan memberikan kode referral sebagai hadiah jika pelangganmu bersedia untuk mengikuti survey pengembangan produk.

Meningkatkan Transaksi Penjualan

Fungsi satu ini tampaknya sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Sebagai salah satu alat strategi pemasaran, kode referral tentu dapat meningkatkan transaksi penjualanmu. Untuk merekomendasikan kode referral ke user lainnya, seorang user biasanya turut membagikan review produk dan testimoninya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pemilik bisnis.

Cara Kerja Kode Referral untuk Keperluan Bisnis

Penerapan kode referral memiliki peluang besar untuk memasarkan produk maunpun mengembangkan bisnis. Namun, jika belum benar-benar paham seperti apa itu kode referral bekerja, kamu tidak perlu khawatir. Bagian akhir artikel ini akan menjelaskan cara kerjanya dalam beberapa tahapan.

1. Pembuatan Kode 

Hal pertama sekaligus yang paling utama dari penggunaan kode referral terdapat pada pembuatan kode. Kamu dapat membuat kode statis, yang artinya semua kode akan menggunakan format kode yang sama. Namun ini bukanlah ketentuan yang paten, kode referral dapat dibuat seragam ataupun unik.

Sebagai contoh seperti kode referral DANA. Perusahaan e-wallet ini membuat kode referral khusus unik untuk masing-masing penggunanya, Kode yang seragam biasanya lebih mengacu pada promosi produk tertentu atau jenis layanan yang spesifik dari perusahaan. Contohnya seperti kode referral Gojek.

2. Menyebarkan Kode

Tahapan berikutnya adalah menyebarkan kode referral. Sebagai perusahaan pembuat kode referral, kamu perlu mempersiapkan syarat dan ketentuan yang jelas untuk penyebaran kode referral. Misalnya seperti channel apa saja yang dapat digunakan untuk menyebarkan kode referral atau informasi apa yang perlu dijelaskan dalam menyebarkan kode referral.

3. Pendataan Kode

Kerja kode referral perlu melalui tahapan ini apabila kode yang kamu bagikan unik dan memberikan insentif atau komisi. Jika kamu membagikan kode referral yang berbasis komisi maka kamu perlu melacak penggunaan kode melalui cookie ataupun tautan. Dari sini selanjutnya kamu dapat melakukan kalkulasi komisi yang didapatkan oleh pelanggan.

4. Klaim Reward

Tahapan kerja kode referral yang terakhir adalah klaim reward. Setelah pelanggan berhasil melakukan intruksi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan, perusahaan wajib memberikan hadiah sesuai dengan yang sudah dijanjikan.

Jadi, sekarang sudah paham apa itu kode referral dan cara kerjanya, kan? Penerapan kode referral pada bisnis bisa sangat berpeluang untuk mengembangkan bisnis dengan jangkauan audiens yang lebih luas. Namun, disamping itu pastikan untuk menjaga kualitas produk dan layananmu juga, ya.

TerimaKasih.

 

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »