Search
Close this search box.
formulir

Apa itu Google Form dan Bagaimana Cara Membuat Google Form?

Akibat dari adanya Pandemi COVID-19, banyak sekali peristiwa yang sangat merubah pola hidup serta aktivitas manusia, khususnya pada bidang pendidikan dan pekerjaan. Banyak sekali kantor dan sekolah yang terpaksa harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan aktivitas dari rumah (work from home). Adapun salah satu solusi untuk dapat mempermudah dalam membantu aktivitas belajar dan bekerja yang dapat dibuat dimana saja dan kapan saja adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi bawaan dari Google, yaitu Google Form.

Pengertian Google Form

formulir

Google form adalah layanan dari Google yang memungkinkan untuk membuat survey, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Jadi anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei. Google formulir atau google form adalah salah satu aplikasi administrasi kebutuhan survei dan termasuk ke dalam G-Suite (suite kantor google drive) bersamaan dengan Google Document, spreadsheet, dan slides. Fitur dari formulir ini akan menampilkan fitur berbagi yang dapat ditemukan dalam document, spreadsheet, dan slides.

Google saat ini terus melakkan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, di antaranya google docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google form.  Google form ini merupakan sebuah inovasi dari Google Docs untuk membuat pertanyaan berupa kuesioner atau pun formulir pendaftaran secara online melalui platform Google. Biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti memebuat kuisioner , membuat quick count pendapat, membuat fomulir pendaftaan online, kemudian mengolah dan menganalisis data dalam platform yang sama, dan dapat menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan yang dibutuhkan dan disukai.

Cara untuk membuat google form pun terbilang sederhana. Data yang telah diisi responden pada tampilan formulir, nantinya akan tersimpan dengan aman pada Google Database. Bentuk google form juga dapat disesuaikan dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Fungsi dan Kegunaan Google Form

review

Manfaat dan kegunaan Google Form diantaranya adalah memudahkan untuk membuat sealigus mengoleksi atau mengumpulkan sebuah data. Menggunakan google form, karena google form akan mengumpulkan data dengan baik dan tentunya real time. Kini, teknolgi telah memudahkan semuanya. Anda hanya perlu membagikan sebuah link dari google form yang telah dibuat, kemudian biarkan orang mengisi kuisioner secara online. Dengan demikian, tidak perlu membuang media berupa kertas, tinta, buang waktu, dan juga tenaga. Dan yang paling penting ialah, data kuisioner yang diajukan akan terjamin keamanannya. Jadi google form akan menyimpan data dalam google drive secara otomatis. Data tersebut bisa dipastikan tidak akan hilang dan rusak. Adapun Fungsi dari Google Form, yaitu:

Fungsi Google Form

  1. Kuesioner

Membuat formulir untuk kebutuhan kuesioner, yang berisi mengenai kritik, saran, feedback (umpan balik), data evaluasi, dan kebutuhan form penelitian. Untuk kuesioner sendiri banyak digunakan dalam bidang pendidikan, bisnis, dan penelitian ilmiah.

  1. Pendaftaran Kerja

Google form digunakan untuk pembuatan formulir pendaftaran kerja. Dikarenakan banyak kantor atau perusahaan yang menerapkan aturan protokol kesehatan, maka beberapa pekerjaan memungkinkan untuk melakukan aktivitas kerja secara remote. Yang dapat dilakukan dari rumah tanpa perlu datang ke kantor setiap hari. Begitu pula dengan orang yang ingin mendaftarkan kerja, juga akan mengisi sebuah form pendaftaran kerja dengan mudah dan cepat melalui google form ini. Cukup dengan mengisi nama, pertanyaan, dan posisi kerja yang diminati.

  1. Informasi Kontak

Google form berfungsi untuk membuat formulir kebutuhan informasi kontak. Biasanya dapat berupa form untuk mengisi nama email, kontak keanggotaan, dan informasi pribadi untuk tujuan pemasaran (marketing).

  1. Lembar Kerja

Google form dapat berfungsi sebagai form pengisian terkait lembar kerja. Data yang digunakan biasanya berisi mengenai form untuk upload file, pengerjaan tugas sekolah dalam bentuk pilihan maupun esai, dan lain sebagainya.

  1. Pembelian Produk

Google form dapat digunakan untuk pembuatan formulir pembelian produk. Sehingga pengguna tidak perlu untuk mencatat hasil dari penjualan produk secara manual. Akan tetapi semua informasi tersebut akan terekam dengan baik menggunakan google form.

kelebihan dan kekurangan
flip block Negative to Positive

Kelebihan Google Form

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Google Form masih jarang digunakan baik dalam dunia pendidikan dan pekerjssn. Ini disebabkan karena ketidaktahuan atau ketidakingintahuan penggunanya. Berikut dijelaskan beberapa kelebihan dari penggunaan google form:

  1. Bersifat Open Source

Dikarenakan Google form termasuk dalam bagian G-Suite, maka termasuk dalam aplikasi yang dapat diakses secara gratis. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk setiap pembuatan formulir atau proyek -nya.

  1. Mudah Digunakan

Aplikasi google form mudah untuk digunakan dan terdapat banyak sekali panduan yang telah tersedia. Berbagai panduan dari Google maupun forum dapat dibaca dengan gratis. Tampilan interface yang sederhana, membuat pengguna dapat mengembangkan formulir dengan lebih cepat dan mudah.

  1. Mudah untuk dibagikan

Aplikasi google form juga mudah untuk di share kepada responden. Cukup dengan menekan tombol send atau kirim, maka link form dapat dibuat dan dibagikan kepada responden yang telah ditentukan.

  1. Penyajian Data Respon Koresponden yang Bervariasi

Selanjutnya, penyajian data dari koresponden dapat ditampilkan dalam berbagai model, seperti grafik, hingga pie yang dirangkum dalam format spreadsheet.

Kekurangan dari Google Formulir

 

Selain mempunyai banyak keunggulan, aplikasi berbasis web ini juga ternyata mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak Menyediakan Survei Skala Thurstone

Google form hanya menyediakan 10 batasan skala linear saja, dan tidak lebih dari itu. Bagi yang tidak mengetahui apa itu skala thurstone, yaitu model skala yang disusun dengan memilih butir yang berbentuk skala interval.

  1. Tidak menggunakan Equation

Penggunaan google form tidak dapat menggunakan equation secara langsung, karena belum mengakomodasi simbol matematika dalam pembuatan formulir -nya.

Cara Membuat Google form

steps
the steps towards

Keberadaan Google form di era seperti sekarang sangat memudahkan beberapa pekerjaan apabila dengan adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan bekerja dan belajar dari rumah. Maka berikut dijelaskan cara membuat google form. Sebelum nya bagi Anda yang akan membuat google form wajib memiliki akun gmail. Jika belum punya, buat terlebih dahulu dengan melakukan registrasi. Kemudian selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

a. Mempersiapkan akun pengguna

Pastikan sudah memiliki google account dan telah masuk dalam google drive. Setelah itu, klik tombol “new” yang berada di bagian pojok kiri atas antarmuka. Setelah muncul beberapa pilihan, anda pilih menu yang berlabel “Google Forms”.

b. Melakukan pengisian pada google form sesuai kebutuhan

Setelah masuk pada menu form, pastikan telah memiliki tujuan topik yang akan dibuat. Google akan menyediakan template kosong serta beberapa template pilihan untuk memudahkan proses pengerjaan formulir. Hal pertama yang harus diisi adalah mengisi judul dan deskripsi dari formulir. Kemudian, buatlah daftar pertanyaan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan awal. Dalam form telah tersedia banyak sekali model pertanyaan dan pengisian.

Terdapat beberapa pilihan model pengisian yang dapat anda manfaatkan, diantaranya adalah:

  • Multiple Choice, Model ini berbentuk pilihan ganda dan biasanya digunakan untuk pembuatan jawaban pilihan seperti “ya” atau “tidak” dan pilihan ganda campuran.
  • Pilihan Checkbox, menggunakan pilihan bentuk kotak centang dan user dapat memilih pilihan atau jawaban lebih dari satu.
  • Pilihan Dropdown, merupakan model jawaban berbentuk list yang dapat ditarik ulur.
  • Pemilihan format tanggal dan waktu, merupakan salah satu model yang tersedia dalam google form.
  • Jawaban pendek dan panjang, Jika anda membutuhkan menu opsi untuk menuliskan jawaban dalam bentuk teks, maka form tersebut juga telah menyediakan model untuk pengisian deskripsi baik dalam bentuk teks pendek, maupun teks panjang.

Setelah berhasil membuat form, jangan lupa untuk menekan tombol “send” yang terletak pada sudut kanan atas antarmuka aplikasi. Kemudian, anda sudah dapat membagikan link form yang berhasil terkirim kepada responden.

c. Memperpendek link google form (opsional)

Jika menginginkan bentuk format link form yang lebih pendek, terdapat beberapa cara untuk merealisasikannya, dengan membuka link website dari Shorturl atau pada Bitly.

d. Monitoring tanggapan dari responden

Setelah membagikan link formulir kepada setiap responden, lakukan monitoring aktivitas dari responden yang mengisi formulir tersebut. Untuk dapat melihat hasil pengisian survei atau respon dari user, maka dapat masuk pada menu responden. Hasil tanggapan dapat diunduh melalui tampilan spreadsheet.

Berikut Cara Pembuatan Website berdasarkan Tipe nya:

  1. Google Form Tipe Kuisioner

a.Buka Google Docs dan Pilih Template

Untuk membuka Google Form, buka google docs dan pilih “form”. Di sana akan tersedia beberapa opsi template. Pilih template yang sesuai dengan yang keinginan dan kebutuhan. Jika tidak ada yang cocok, pilih template blank berlatar belakang putih, yang di dalamnya ada gambar “+” (positif) .

b. Mengisi Judul dan Deskripsi Form

Lanjutkan dengan mengisi kuisioner yang diinginkan. Kemudian akan melihat kotak dialog “Untitled Form” memiliki ukuruan huruf cukup besar. Klik kolom tersebut dan ketikkan judul kuisioner. Kemudian akan muncul deskripsi di kolom “form descirption”. Paparkan secara deskirptif tentang kuiosioner dan dibuat dengan rinci dan jelas agar orang lebih mudah mengerti dan sepaham dengan apa yang dimaksudkan.

c. Membuat Pertanyaan

Google Form Kuisioner- lanjut ke tahap memasukkan daftar pertanyaan untuk kuisioner, di bawah kolom “form description”, yaitu kolom “question. Lalu tulis pertanyaan yang ingin diajukan. Jenis pertanyaan yang diajukan bebas, misalnya multiple choice atau short answer. Multiple choice untuk pertanyaan dengan jawaban “mungkin, tidak, atau ya”. Short answer untuk jawaban yang berupa deskripsi pendek. Ada pula jenis jawaban “paragraph” yang berbeda dengan short answer. Paragraph membuat pengguna bisa mengisi jawaban dengan lebih panjang.

d. Kirim Kuisioner

Setelah selesai mengisi semua pertanyaan yang ingin diajukan, step terakhir ialah mengirimnya ke orang yang sudah ditargetkan. Bisa melalui email atau menyalin link. Dengan klik “send” di kanan atas. Kemudian akan ada opsi mengirim form ke email dengan menulis tujuan email dan pilih “include form in email”. Langkah terakhir klik send yang ada di pojok kanan bawah.

  1. Google Form Tipe Formulir Pendaftaran

a. Memilih template

Pertama, pilih template untuk formulir pendaftaran. Syarat untuk bisa membuka google form ialah memiliki gmail untuk masuk ke google docs sama seperti sebelumnya.

b. Mengisi judul dan deskripsi

Kemudian buatlah judul dan deskrisi di formulir pendaftaran yang ingin dibuat.

c. Menyusun Pertanyaan

Google Form Pendaftaran- Pertanyaan dalam formulir pendaftaran umumnya tidak menggunakan opsi multiple choice melainkan short answer atau paragraph. Biasanya pertanyaan berupa “nama, tempat tanggal lahir, usia” maupun info lain yang dibutuhkan. Untuk mempermudah, bisa juga memilih “multiple choice grid” untuk membuat tabel di Google form. Tabel bisa diisi informasi yang dibutuhkan dari pengguna.

d. Kirim dan share formulir pendaftaran

Langkah terakhir yaitu dengan mengirim dengan klik “send” di pojok kanan atas. Bagikan lewat email dan klik “send” di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu, copy link dan share di sosial media maupun langsung ke segmen yang dituju.

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait