Search
Close this search box.
wordpress

Alasan Perusahaan Besar Banyak yang Menggunakan WordPress

Sejak tahun 2003 sampai saat ini, WordPress telah berkembang sedemikian pesat. Layanannya semakin variatif, terukur, aman, dan mudah digunakan. Salah sat alasan mengapa WordPress menjadi yang tekuat saat ini adalah karena ekspansinya pada layanan lain, yang menunjang kegiatan blogging. Maka WordPress memberi perhatian lebih terhadap pengalaman pengguna tentang bagaimana mengelola website dengan aman, mudah dan menyenangkan. Pengguna juga bisa mengubah situs WordPress menjadi apapun yang diinginkan, dengan plugin yan banyak tersedia. Terdapat sekitar 54 ribu plugin yang ada di market yang bisa digunakan. Tak hanya plugin, tapi juga bisa melakukan kustomisasi tema. WordPress merupakan sebuah platform website dengan pengguna terbesar di dunia. Tercatat, 26 juta atau 29,2% website yang ada di seluruh dunia berjalan menggunakan sistem dari WordPress. WordPress menguasai pangsa pasar sebesar 60%. Dan, diantara jutaan website yang berjalan menggunakan wordPresst, terdapat kumpulan perusahaan besar kelas dunia yang menggunakan WordPress untuk menjalankan websitenya.

Baca juga : Memahami Tentang Jenis Pekerjaan Freelance

Apakah WordPress merupakan Website Builder? 

logo wordpress

Meskipun bisa digunakan untuk membuat website, WordPress merupakan sistem pengelolaan konten yang berbeda dari website builder. Namun, tetap bisa menggunakannya untuk membuat website dari awal atau memindahkan website yang lama ke WordPress. Website builder biasanya memiliki editor drag-and-drop, yang memungkinkan user memindahkan, mengubah ukuran, dan mengedit berbagai elemen untuk membangun website. Namun dengan WordPress, harus menggunakan tema dan melakukan kustomisasi yang cukup merepotkan dengan coding atau desain personal. Memang agak lebih sulit dibandingkan dengan website builder drag-and-drop. Namun, pengguna tetap bisa mendesain website dan menambahkan fungsionalitas melalui berbagai macam add-on. Tool website builder biasanya menyertakan hosting, nama domain, dan sertifikat SSL dalam paketnya, lebih cocok untuk user yang tidak ingin repot dengan konfigurasi teknis. Namun, tool ini kurang mumpuni dalam hal alokasi resource, yang sebenarnya penting untuk skalabilitas. Sedangkan dengan WordPress, bebas memilih paket dan penyedia hosting sehingga bisa mengontrol website secara lebih menyeluruh dibanding membuat website dengan website builder.

Alasan Perusahaan Besar Menggunakan WordPress

1. Kecepatan WordPress

Ketika bisnis menginginkan penjualan secepatnya, maka bisnis juga harus secepatnya beroperasi. Dengan menggunakan CMS WordPress, maka bisa dengan cepat membuat website segera online. Bahkan tidak lebih dari satu jam setelah kita membeli hosting dan domain. Meskipum dalam berbisnis tidak harus dengan website. Namun, perlu diketahui bahwa facebook yang merupakan salah satu channel promosi paling efektif saat ini pun, bisa berjalan maksimal ketika sudah memiliki websiteb sebagai landing page. Maka, itu juga yang dilakukan oleh perusahaan/brand besar dengan WordPress mereka.

2. Content Marketing

content is king

Terlepas dari mereka telah memiliki nama besar, Contnet Marketing menjadi hal krusial yang menentukan keberhasilan website. Awalnya, WordPress memang CMS yang digunakan untuk blog, meskipun sekarang ini WordPress bisa digunakan untuk banyak hal. Dalam content marketing, kata kuncinya ada pada valuable (berharga/bermanfaat). Pemilik situs, harus bisa membuat konten yang bermanfaat bagi calon pelanggan, agar menarik perhatian calon pembaca  sehingga bermanfaat bagi kebutuhan mereka. Buatlah konten yang memang bermanfaat untuk calon pelanggan. Ketika mereka sudah merasa terbantu maka kemudian lakukan penjualan secara ‘soft’ kepada mereka.

3. SEO (Search Engine Optimization) Friendly

seo optimization

SEO adalah proses agar website masuk ke urutan teratas di mesin pencari sebagai hasil pencarian yang relevan dengan apa yang dicari oleh calon pelanggan. Jika ingin mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, maka fokuslah pada SEO (Search Engine Optimization). WordPress menawarkan berbagai plugin dan fitur untuk membantu meningkatkan SEO situs web. Mengabaikan SEO akan berakibat pada trafik yang rendah. SEO merupakan pekerjaan yang sulit, karena harus bersaing dengan banyak website lain. Apalagi mereka yang memanfaatkan Google Ads, tentu akan selalu tampil di halaman teratas pencarian Google. Namun dengan menggunakan WordPress, sedikit banyak akan mempermudah dalam proses Optimasi Mesin Pencari (SEO). Ada ratusan plugin yang mendukung proses SEO yang bisa digunakan. Walaupun tidak menggunakan metode content marketing atau tidak menyediakan fitur portal di website, namun tetap harus memperhatikan SEO untuk website.

Baca juga : Rekomendasi Pekerjaan Freelance Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi

4. Hemat Biaya dan Fleksibel

Tidak perlu menyewa programmer mahal untuk membuat website. Bahkan jika menghire Advertiser di Komerce, Advertiser akan siap untuk membuatkan dan mengelola website WordPress. Hanya perlu membayar biaya pembelian domain dan hosting saja, yang tidak lebih dari 500 ribu untuk WordPress yang standar. Dengan dukungan begitu banyak themes dan plugin, fleksibilitas WordPress tidak diragukan lagi. Pengguna bisa membuat berbagai macam jenis website hanya dengan menggunakan WordPress.

5. Mudah Disesuaikan dengan Plugin dan Tema

Tampilan website merupakan first impression bagi pengunjung. Maka, pastikan website memiliki desain dan tampilan yang menarik. Dan dengan WordPress kamu bisa memilih tema/ template sesuai keinginan. Bisa juga menambahkan plugin tambahan seperti responsive slider, foto collapse dan sebagainya. Kustomisasi yang mudah adalah salah satu alasan utama mengapa orang-orang menggunakan WordPress. Sifat WordPress yang open-source membuat banyak pengembang membuat plugin dan themes untuk CMS yang satu ini. Meskipun banyak plugin dan themes yang berbayar, namun plugin dan themes yang gratis juga tidak kalah banyak tersedia. Plugin adalah ekstensi kode yang bisa diperoleh di WordPress untuk meningkatkan fungsionalitas dan kemampuan website. Dengan plugin, maka tugas akan terasa lebih mudah karena tidak perlu memiliki keterampilan teknis untuk menginstall plugin. Tema sangat berguna untuk menyesuaikan tampilan situs web. Pilih tema yang disukai dan edit sesuai dengan kebutuhan.

6. WordPress Mudah Dibuat

WordPress bisa menguasai sekitar 30% pasar website di dunia, karena segala kemudahan yang ditawarkan WordPress dari mulai proses instalasi, kustomisasi, pengelolaan konten, performa serta security. Semua orang dapat membuat website tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Dari segi instalasi, WordPress sangat mudah dilakukan, yang dibutuhkan hanya domain dan hosting saja. Banyak penyedia jasa yang menawarkan hosting wordpress dengan fitur beragam. Hal ini mempermudah bagi pemula jika ingin membuat website sendiri.

7. Memprioritaskan Keamanan

emergency password

WordPress dibuat dengan bahasa pemrograman PHP & bersifat open-source. Selain bersifat gratis, project open-source biasanya relatif lebih aman karena dikembangkan oleh seluruh penggunanya di seluruh dunia. Saat ini ada jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia dan lebih dari 300.000 diantaranya adalah programmer PHP. Dan para programmer inilah yang rutin berkontribusi untuk mengembangkan WordPress. Bila ada celah keamanan yang memungkinkan website di-hack pihak lain, ratusan ribu programmer tersebut akan siap sedia berkontribusi memperbaiki celah keamanan. WordPress adalah platform dengan mempertimbangkan sistem keamanannya. Tim mereka bekerja keras untuk menjaga platform ini agar tetap aman. Terlepas dari keamanan internal, WordPress memiliki plugin yang bagus dengan fungsionalitas yang lebih mutakhir. Berikut beberapa plugin yang bagus untuk keamanan website:

  • Akismetadalah plugin yang efektif untuk memfilter spam komentar karena sekitar 85% komentar di situs web populer adalah spam
  • All In One WP Security & Firewalldirekomendasikan untuk memeriksa kerentanan untuk mencegah serangan ke situs web
  • Sucuri Securitymenawarkan perlindungan lebih lanjut dengan pemindaian malware, pemantauan daftar hitam, dan firewall

Ingat, memperbarui WordPress secara rutin merupakan hal yang sangat direkomendasikan. Keamanan platform turut ditingkatkan setiap kali memperbarui versi platform ini.

Baca juga : Langkah-Langkah Mengatasi Lupa Password WordPress

8. Gratis dan Open Source

WordPress merupakan perangkat lunak open source. yang berarti source code dari platform ini tersedia untuk siapa pun. Semua orang bisa belajar, memodifikasi, dan mencoba mengulik WordPress. Pengguna bisa turut berkontribusi untuk melaporkan bug dan memperbaiki masalah. WordPress memiliki komunitas aktif yang terus berupaya meningkatkan platform ini agar menjadi lebih baik pada tiap rilisan barunya.

9. Sangat Serbaguna

Walaupun awalnya diciptakan untuk platform blogging, namun saat ini WordPress telah berevolusi. Maka bisa membangun website apa pun dengan platform ini. Berikut jenis website yang bisa dibuat dengab WordPress:

  • Toko online, dengan WordPress, bisa menyediakan transaksi dan mengelola daftar item.
  • Website bisnis, dari 100 website bisnis terpopuler saat ini, 14,7%menggunakan WordPress.
  • Lamaran pekerjaan, calon pegawai dan perusahaan bisa memposting lamaran pekerjaan.
  • Forum, tersedia platform bagi pengguna dan komunitas online untuk berdiskusi tentang niche tertentu.
  • Portal informasi, WordPress digunakan untuk mengelola dan menyampaikan informasi kepada anggota komunitas online.
  • Blog, WordPress bisa digunakan untuk membuat blog pribadi maupun bisnis.
  • Portofolio,tunjukkan karya yang sudah dibuat untuk menemukan pekerjaan dan promosi.
  • Website edukasi, selenggarakan kursus dan kelas online sendiri.

10. Mendukung Berbagai Jenis Media

WordPress mendukung file media seperti .jpg, .png, .gif .mp3, .mp4, .pdf, .doc, dan banyak lagi. Pengguna dapat mengunggah hampir semua format file menggunakan pengunggah media bawaannya. Terlebih lagi, terdapat editor Gutenberg yang cocok untuk konten dengan banyak media. Gunakan fitur drag-and-drop dengan mudah untuk menambahkan media ke postingan. WordPress juga mendukung oEmbed seperti penyematan YouTube, untuk menyematkan video YouTube ke postingan, cukup klik tombol + pada blok tertentu, lalu pilih menu sematan dan masukkan tautan.

Perusahaan Besar yang Menggunakan WordPress

1. Sony Music

sony

Sony Music termasuk sebagai tiga perusahaan rekaman ternama yang berasal dari Amerika Serikat. Uniknya, di dalam website Sony Music ini tidak ada banyak unsur musik yang bisa ditemukan. Tampilan website sangat simpel dengan konten utama berupa berita mengenai Sony Music. Di bagian atas website ada slider dengan foto-foto musisi Sony Music dan bagian bawahnya menampilkan feed akun twitter milik Sony Music.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

2. TIME

time.com

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal majalah TIME, yang merupakan majalah terkenal dunia sejak tahun 1923. TIME.com menunjukkan bahwa website tersebut adalah sebuah majalah. Di dalam website, terdapat berita terbaru dengan artikel yang membahas mengenai hal yang sedang terjadi di dunia. Walaupun memiliki tampilan yang padat, namun pengguna tetap merasa bahwa website ini simpel dan tidak membingungkan. Sehingga, orang-orang dapat mengakses website WordPress ini dengan mudah.

3. TechCrunch

TechCrunch

TechCrunch merupakan website yang membahas berbagai hal mengenai teknologi. Di dalamnya terdapat bahasan mengenai review gadget, analisis teknologi, berita teknologi terbaru, sampai berita dunia startup. Website yang dibuat menggunakan WordPress ini lebih berfokus pada konten. Di halaman depan website, juga bisa ditemukan berbagai berita dan artikel terbaru.

4. BBC Amerika

Berbicara mengenai western series pasti orang akan mengatakan nama BBC Amerika. Perusahaan entertain BBC Amerika ini telah mengeluarkan banyak serial bagus yang disukai oleh banyak orang di dunia. Misalnya, Doctor Who, Top Gear, Star Trek, dan sebagainya. Website ini didominasi dengan warna hitam dengan konten berhubungan dengan produk yang dibuat. Mulai dari jadwal tayang, informasi lengkap, sampai video trailer.

5. Fortune

Website Fortune berisi artikel dan berita mengenai bisnis yang sedang terjadi di dunia. Di dalamnya juga terdapat artikel mengenai prediksi sektor bisnis untuk masa depan. Website WordPress ini memiliki tampilan warna putih dan penuh dengan konten. Meskipun begitu,   website ini tetap ringan, memiliki load time yang cepat, dan pengguna tidak merasa kebingungan saat mengunjunginya.

6. Walt Disney

walt disney

Perusahaan seperti Walt Disney pun menggunakan WordPress untuk website perusahaannya. Walaupun terlihat sederhana, ternyata website ini bisa menghasilkan keuntungan mencapai Rp1000 triliun pada tahun 2019. Di dalam website terdapat tokoh-tokoh Disney dengan desain yang cerah. Selain itu, konten yang lebih ditujukan bagi orang dewasa adalah adanya real-time counter harga saham di bagian atas website.

7. The Rolling Stones

Bagi pecinta musik rock, kehadiran The Rolling Stone memang sudah tidak asing. The Rolling Stone adalah grup band terkenal asal Inggris yang dibentuk tahun 1962. Website The Rolling Stone juga sangat unik, karena kontennya dibuat memanjang menggunakan slider. Penggunaan warnanya juga sangat khas dan mencolok.

Baca juga : Cara Membuat Maintenance Page WordPress Menarik di Website

8. PlayStation Blog

Untuk pecinta blog, pastinya sudah sangat mengenali PS atau PlayStation. Website blog ini menggunakan WordPress dengan tema warna hitam yang sangat khas sejak PlayStation 2. Sebenarnya, tidak ada hal yang istimewa dari PlayStation Blog ini. Tetapi, website ini bisa menjadi salah satu contoh yang paling baik dalam penerapan strategi pemasaran konten marketing. Karena, konten yang ada baik konten langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan konsol PlayStation. Hal ini dapat menjadi peluang untuk mengubah pengunjung blog menjadi konsumen.

9. Portal Informasi Indonesia

Ada juga website terkenal Indonesia yang menggunakan WordPress. Salah satunya adalah indonesia.go.id. Website pemerintah yang menggunakan WordPress ini berupa portal informasi negara Indonesia yang resmi. Mungkin ketika melihatnya, pengunjung merasa tidak yakin bahwa website tersebut dibangun dengan CMS WordPress. Tampilan website juga terlihat modern dan bagus karena menggunakan berbagai modifikasi dengan warna dominan yaitu merah dan putih.

10. Hipwee

hipwee

Hipwee adalah media online yang berisi konten viral dengan target pembaca anak muda. WordPress Indonesia terkenal ini sangat berfokus dengan konten dan memiliki tampilan yang menarik. Pemakaian CMS WordPress yang telah dimodifikasi membuat penulisan artikel menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan kelebihannya sehingga bisa mengatur user dan konten dengan mudah.

11. UNPAD, BINUS dan UI

Ada banyak universitas di Indonesia yang menggunakan WordPress untuk website, salah satunya UNPAD. Tampilan websitenya juga cukup modern dan menarik, bahkan menurut beberapa pihak memiliki tampilan yang lebih baik dari universitas lainnya. Fitur menu yang ada dalam agenda, berita, profil, video, dan sebagainya. Official website Binus juga menggunakan WordPress, dimana memiliki tampilan dan layout yang sederhana, namun membuat website Binus ini sangat cocok dengan image sebuah kampus. Penggunaan background berwarna putih membuat website terlihat lebih bersih. Jika melakukan scroll ke bawah, terdapat beberapa kategori berupa programs, recognition, article, news, dan event. Website kampus UI dengan alamat ui.ac.id juga dibangun menggunakan WordPress. Tampilan website juga terlihat simpel namun tidak kuno. Di bawah menu slider terdapat banner-banner dan ada juga portingan terbaru yang bisa ditemukan di kategori berita.

Baca juga : Manfaat dan Contoh Analisis SWOT Untuk Bisnis Online

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua ?

Postingan Terkait