Search
Close this search box.

Alasan Kenapa Media Sosial Penting Untuk Bisnis

Dengan teknologi yang sudah sangat maju, media sosial merupakan primadona bagi masyarakat banyak. Walaupun biasanya lebih banyak digunakan oleh anak muda dan remaja sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman jauhnya. Namun berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan personal hingga kebutuhan bisnis suatu perusahaan semuanya sangat bergantung dengan yang namanya media sosial.

Apa itu Media Sosial ?

Media sosial atau yang sering disalah tuliskan sebagai sosial media adalah sebuah media daring. Dimana para penggunanya bisa dengan sangat mudah untuk berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Alasan Kenapa Media Sosial Penting untuk Bisnis Anda

1.  Membantu Anda untuk Mengenal Pelanggan Anda

Anda tidak harus menebak atau berspekulasi tentang apa yang benar-benar diinginkan oleh customer Anda. Dengan social media, anda bisa mengenal target pelanggan Anda lebih akrab dengan bergaul bersama mereka secara online. Anda bisa mendengarkan, belajar dan membangun hubungan nyata lewat social media. Anda juga bisa memanfaatkan konten blog untuk memposisikan diri sebagai sumber daya dengan berbagi informasi bermanfaat yang bisa memecahkan masalah bagi target pelanggan Anda.

2. Media Sosial Ini adalah Grup Fokus Utama

Anda mendengarkan apa yang dibutuhkan pelanggan Anda dan mendapatkan feedback instan tentang penawaran, pesan pemasaran dan harga. Dan di Twitter, Anda juga bisa mendengarkan kompetisi dan memeriksa konten mereka dan tanpa mereka ketahui jika Anda sedang menguping

3. Meningkatkan Traffic ke Website Anda 

Media sosial merupakan cara paling mudah dan murah untuk mengarahkan traffic ke website Anda, yang bagaimanapun juga adalah digunakan untuk pemasaran. Dan semakin banyak yang Anda bagikan, maka akan semakin tinggi pula peringkat pencarian untuk web Anda. Jika Anda memiliki sedikit anggaran untuk menggunakan iklan berbayar di social media, Anda bisa mengarahkan lalu lintas yang ditargetkan menuju halaman tertentu.

4. Tutup Bisnis dengan Media Sosial

Ada aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mencapai kesepakatan dalam penjualan secara langsung dengan social media. Di Facebook, Anda bisa menggunakan Spark pay, untuk menanamkan tombol beli di halaman Facebook Anda atau Anda bisa juga membawa katalog produk Anda dan mendistribusikan nya ke puluhan produk dan mesin perbandingan seperti Amazon, Google, Yahoo, Shopping, dll.

Anda bisa menjual produk lewat posting Facebook Anda menggunakan aplikasi Soldsie. Cukup upload foto, harga dan deskripsi dan pada waktu yang ditentukan, item akan muncul di Facebook Anda seperti posting terjadwal lainnya. Anda bisa menggunakan Spreesy untuk menarik perhatian pemirsa ke toko Anda.

5. Media Sosial Memperluas Pemirsa Anda

Ini bukan hanya tentang menjual produk anda. Namun, media sosial memberi  Anda akses ke pelanggan di seluruh kota atau seluruh dunia. Dan social media juga merupakan cara terbaik untuk berhubungan dengan orang-orang yang tidak bisa datang langsung ke toko Anda

 

Postingan Terkait