Search
Close this search box.

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Metode

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah sebuah bidang akuntansi yang fokus pada pengumpulan, pengelolaan, dan analisis informasi keuangan untuk membantu manajer dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik. DalamTujuan akuntansi manajemen adalah untuk menyediakan informasi  akuntansi yang berguna bagi manajer dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan efektif.

Menurut the institute of management accountans (IMA), akuntansi manajemen didefinisikan sebagai ‘proses identisifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, persiapan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi, dan mengendalikan dalam rangka mencapai tujuan organisasi’

Jadi, akuntansi manajemen bukan hanya tentang mencatat transaksi keuangan dan menyajikan laporan keuangan, melainkan juga tentang membantu manajer dalam memahami kinerja keuangan perusahaan, menganalisis tren, dan membuat proyeksi masa depan yang lebih akurat.

dalam akuntansi manajemen, informasi keuangandapat berasal dari berbagai sumber seperti laporan keuangan perusahaan, data operasional, dan analisis pasar. kemudian, informasi tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu, seperti analisis biaya, analisis margin kontribusi, analisis titik impas, dan lain sebagianya. Dengan informasi tersebut, manajer dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif, seperti menentukan harga produk, memperkirakan biaya produksi, mengevaluasi kinerja karyawan, dan merencanakan investasi baru.

Akuntansi manajemen sangat penting bagi keberhasilan perusahaan, karena dengan adanya informasi akuntansi yang akurat dan relevan, manajer dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif. hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan.

Konsep Kunci Dalam Akuntansi Manajemen

Biaya Produksi

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. konsep ini penting karena biaya produksi harus dikendalikan agar tidak melebihi pendapatan yang dihasilkan. Jika biaya produksi terlalu tinggi, maka akan berdampak negatif pada keuntungan perusahaan.

Break Even Point

Break Even Point (BEP) adalah titik impas di mana pendapatan dari penjualan sama dengan biaya produksi dalam akuntansi  manajemen, BEP sangat penting untuk menentukan tingkat produksi yang optimal dan untuk menentukan strategi harga. Jika perusahaan mampu mencapai BEP lebih cepat, maka dapat meningkatkan keuntungan secara signifikan.

Cost-Volume-Profit Analysis

Cost-volume-Profit Analysis adalah analisis untuk menentukan hubungan antara biaya produksi, volume produksi, dan pendapatan perusahaan. konsep ini membantu perusahaan untuk menentukan harga jual optimal dan volume produksi yang menguntukan . CVP Analiysis juga membantu perusahaan dalam merencanakan keuntungan dan mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Budgeting

budgeting adalah proses penyusunan. anggaran yang berisi rencana keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Konsep ini membantu perusahaan untuk memperkirakan pengeluaran dan pendapatan sehingga dapat merencanakan kegiatan bisnis secara efektif. Budgeeting juga membantu pengeluaran dan pendapatan sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan jika terjadi perubahan pada situasi keuangan perusahaan.

Variance Analysis

Variance anaysis adalah analisis untuk menentukan perbedaan antara rencana anggaran dengan kenyataan yang terjadi. Konsep ini membantu perusahaan untuk mengetahui apakah kegiatan bisnis yang dilakukan sudah berjalan sesuai dengan rencana atau ada perbaikan yang perlu dilakukan variance analysis juga membantu perusahaan untuk menentukan penyebab perbedaan antara rencana anggaran dan kenyataan sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat.

Activity-Based Costing

activity based costing (ABC) adalah metode penghitungan biaya produksi yang lebih detail dan akurat, Konsep ini memperhitungkan biaya produksi berdasarkan aktifitas yang terlibat dalam produksi barang atau jasa, ABC membantu perusahaan dalam mengotimalkan pengelolaan biaya produksi dan mengetahui biaya produksi yang sebenarnya dari setiap produk atau layanan yang ditawarkan .

dalam akuntansi manajemen, pemahaman tentang konsep-konsep kunci ini sangat penting untuk memperbaiki kinerja perusahaan dan meningkatkan keuntungan.

Kesimpulan

Akuntansi manajemn adalah bidang akuntansi yang membantu manajer dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan menyediakan informasi akunatansi yang berguna bagi manajer dalam merencanakan, mengevaluasi, dan mengendalikan dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Konsep kunci dalam akuntansi manajemn termasuk biaya produksi, break ever point, cost-volume-profit analysis, budgeting, variance analysis, dan activity-based costing.

Dengan informasi tersebut, manajer dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif, seperti menentukan harga produk, memperkirakan biaya produksi, mengevaluasi kinerka karyawan, dan merencanakan investasi baru. hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan efesiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan keuntungan.

Postingan Terkait

Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja SEO

Pengertian SEO Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO

Read More »