competition business

9 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

Dalam menjalankan bisnis apapun pasti akan dihadapkan pada sebuah persaingan bisnis. Untuk menanggapi tantangan dan menghindari adanya kebangkrutan, maka para pelaku bisnis UKM membutuhkan strategi jitu untuk bisa menerobos ketatnya persaingan. Berikut beberapa strategi sukses dalam persaingan bisnis UKM yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk. Dalam menjalankan sebuah usaha sangatlah tidak mudah, sebagai pelaku bisnis harus mempertimbangkan usaha yang sedang berjalan ataupun yang akan dirintis. Mulai dari mental, modal dan ide harus dipersiapkan. Jangan sampai pada saat di tengah jalan ide untuk mengembangkan usaha habis atau juga karena beratnya persaingan. Jika tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan usaha sendiri, bisa menyebabkan usaha bangkrut dan mengalami kerugian. Berikut ini beberapa cara cerdas agar bisnis dapat berdiri kokoh di tengah persaingan yang ketat:

Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis

kompetisi

1.Amati dan Pelajari Kompetitor Bisnis

Pelajari apa saja yang membuat produk mereka di minati banyak masyarakat. Dan kapan usaha mereka ramai atau sepi dikunjungi konsumen. Hal ini akan menjadi strategi usaha yang bisa dilakukan. Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha yang sedang dijalankan atau akan dirintis. Cara ini sudah banyak dilakukan para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Dan hal ini biasa dilakukan bagi pebisnis baru. Tidak ada hal lain yang lebih sulit selain mencoba mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi pesaing dalam berbisnis. Mengetahui pesaing bisnis, berarti mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor. Dari kelebihan yang dimiliki oleh para pesaing bisnis, maka bisa meniru dan mengembangkannya. Sedangkan, kekurangan dari pesaing bisnis berguna agar memiliki kewaspadaan dan tidak jatuh pada kegagalan yang sama.

2. Perkuat Brand yang Dimiliki dan Perhatikan Packaging Produk

brand & packaging

Hal terpenting dalam strategi pemasaran tentang nama brand bukan tentang berapa banyak keuntungan yang dihasilkan, atau berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh dalam waktu dekat, tetapi seberapa besar brand dan produk memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan memperkuat nama brand, bisnis akan lebih mudah dikenali dan secara tidak langsung akan mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk- produk serupa. kemudian berikan sentuhan baru pada kemasan agar terlihat lebih menarik bisa menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan. Sebuah kemasan produk yang unik dan menarik menjadi nilai tambah tersendiri di mata para pelanggan, dan dapat mendorong penjualan serta meningkatkan daya saing produk di pasaran.

3. Kenali Kebiasaan Konsumen

Pembeli adalah raja. Mereka ibarat udara yang membuat bisnis bisa tetap hidup dan bertahan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, perlu mengetahui kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk. Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka secara tidak langsung sudah merangkul konsumen menjadi lebih erat, sehingga konsumen bisa menjadi lebih loyal dan nyaman. Kondisi ini berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Aktif Berpromosi

promotion

Promosi erat kaitannya dengan penguatan merek produk dan peningkatan nilai di mata konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang dijalankan, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan didapatkan. Promosi produk untuk meraih kesuksesan UKM saat ini tidaklah terlalu sulit. Banyak media promosi yang bisa dipilih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki sebuah bisnis.

Baca juga : strategi-pemasaran-4p-bauran-pemasaran-4p-dan-contoh-penerapannya-pada-ukm/

5. Gunakan Internet Marketing

online shop

Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi para pelaku bisnis untuk berinovasi. Tampilkan produk bisnis pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang menarik, serta berinteraksi langsung dengan konsumen. Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, maka harus mengelola keuangan bisnis mulai sekarang.  Menghadapi persaingan bisnis global yang semakin ketat, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) tidak hanya dituntut untuk memiliki modal yang cukup dan teknik produksi yang baik serta harus memiliki manajemen pesaing yang baik.

Pada pasar global, persaingan bisnis yang dihadapi oleh pengusaha tidak hanya terbatas pada pasar lokal saja. Namun juga melibatkan para pelaku usaha dari berbagai belahan dunia. Digitalisasi bisnis menjadi salah satu faktor yang membuka pintu pasar global ini semakin terbuka lebar. Para pelaku usaha dari berbagai belahan dunia bisa dengan mudah memasarkan produknya, tanpa harus membuka lapak atau toko di negara yang menjadi target market-nya. Karena bisnis berbasis digital ini memiliki kemampuan untuk memperluas akses pasar serta kecepatan untuk bertransaksi dengan pembeli. Hal ini menghadirkan peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Tanah Air. Tergantung dari kesiapan pelaku bisnis UKM dalam menghadapinya. Jika cermat dalam memanfaat setiap peluang, pasar global ini bisa menjadi jembatan sehingga bisa menembus pasar yang lebih luas lagi. Sekaligus menjadi momentum agar bisa merebut pasar global.

6. Go Modern

Go modern menjadi langkah awal agar produk UKM dapat bersaing di pasar global. Dengan memperhatikan aspek kualitas dan kuantitas produk sesuai permintaan pasar global. Manfaatkan digital marketing dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Saat menentukan produk bisnis, pastikan telah melakukan riset terlebih dulu. Perhatikan tren pasar yang sedang berkembang saat ini, dan lihat seberapa besar peluang pasar dari produk tersebut, agar dapat menciptakan produk yang memang sedang dibutuhkan oleh pasar. Persaingan dalam dunia bisnis, bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menciptakan produk yang memiliki kualitas pesaing. Lihat dan nilai kelebihan dari produk kompetitor, sehingga dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik. Manfaatkan juga keberadaan teknologi informasi (IT), salah satunya dengan membuat bisnis UKM menjadi go online. Jangkauan internet yang sangat luas menjadi peluang besar bagi UKM untuk bisa menembus pasar ekspor ataupun internasional.

7. Pahami Karakteristik Usaha dan Cari Mitra Usaha

Pahami karakter usaha yang sedang dijalankan atau dirintis. Ini bertujuan agar dapat mencapai target pasar. Dan lakukanlah prinsip ekonomi yaitu mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya. Kemudian Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita atau dengan kata lain menjalin kerjasama dengan perusahaan, lalu juga bisa menekan biaya iklan produk usaha.

Baca juga : tips-meningkatkan-omzet-bisnis-busana-muslim-jelang-lebaran/

8. Penentuan Harga dan Potongan Harga

promotion

Selain kualitas, harga juga menjadi pertimbangan lain saat konsumen memutuskan untuk membeli sebuah produk. Buatlah harga produk ideal sesuai dengan target market yang dibidik. Jangan telalu mahal ataupun murah. Agar terhindar dari kerugian, gunakan cara berikut ini untuk menentukan harga sebuah produk:

  • Menentukan harga produk berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan. Pada umumnya, keuntungan yang diambil bekisar 30% dari harga produksi.
  • Bisa juga melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentapkan harga berdasarkan kompetitor. Sebisa mungkin harga yang ditetapkan, berada di bawah pesaing bisnis.

Lalu kemudian berikan potongan harga atau dikenal dengan discount, Tujuan dari diadakannya potongan harga atau diskon yaitu untuk menarik minat masyarakat, cara ini akan menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan yang biasa kita terapkan di event atau di hari-hari tertentu.

9. Sumber Daya Manusia dan Keramahan dalam Berkomunikasi

Pilih rekan kerja dengan skill yang memang mempuni dalam bidang-nya. Jangan ragu untuk melakukan seleksi kepada calon karyawan dalam bisnis UKM yang akan dirintis. Agar lebih siap dalam mengahadapi persaingan bisnis global. Buang jauh-jauh anggapan bahwa persaingan pada dunia bisnis itu adalah beban. Selalu berpikir positif dan jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus mengembangkan produk usaha yang mampu bersaing dan dapat bertahan dalam kondisi apapun. Sebagai seorang pebisnis harus memiliki sifat jujur, karena ini merupakan hal yang paling penting dalam segala sesuatu. Jangan sampai karena hanya untuk keuntungan semata anda membohongi konsumen anda, yang lambat laun pasti terbongkar dan mungkin kebangkrutan usaha anda pun juga pasti. Jadi usahakan menjadi pribadi yang jujur,karena untuk mendapat kepercayaan orang lain itu tidak gampang,dan jujurlah yang menjadi sifat orang percaya kepada anda dan usaha yang anda rintis. Pelayanan merupakan salah satu cara yang bisa membuat konsumen senang, karena di era saat ini orang yang berperilaku baik ke pada orang lain itu sangat disenangi, begitupun sebuah perusahaan dengan konsumen nya. Hal ini bisa memberi kepuasan terhadap konsumen.

Sudah di jelaskan bahwa setiap para wirausaha harus mempertimbangkan hal-hal di atas. Bahwasanya hal kecil dari konsumen pun bila diabaikan dalam dunia usaha, akan menimbulkan hal negatif untuk usaha kedepanya karena hal-hal yang besar terjadi dari hal yang kecil.

Baca juga : Traditional Marketing VS Digital Marketing

Jika Anda pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki situs website toko online untuk mempromosikan produk. Anda dapat membuat website toko online di Jasa Pembuatan Website Toko Online Profesional. Dengan bantuan dari jasa pembuatan website akan membatu anda untuk mewujudkan situs website yang di dambakan.

Terimakasih dan semoga bermanfaat… Salam sukses untuk kita semua 🙂

 

×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp!

× Bantuan