Search
Close this search box.

8 Tips Memilih Web Hosting Berkualitas

 

Tips Memilih Hosting Berkualitas

Berikut ini ada 8 tips memilih hosting berkualitas yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

1. Spesifikasi Server

Tips memilih hosting berkualitas yang pertama adalah kualitas server. Jika ingin memilih web hosting, pastikan kamu mengetahui spesifikasi lengkap soal server dari penyedia hosting tersebut terlebih dahulu. Hal ini terkait kestabilan dari websitemu akan dipertaruhkan pada spesifikasi server dari provider supaya ada bisa menemukan web hosting berkualitas.

Pada umumnya, minimal spesifikasi pada prosesor Quad Core Processor dengan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Jika penyedia hosting tidak mencantumkan dengan detail spesifikasi server, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada pihak provider atau CS (Customer Service).

2. Lokasi dari Server

Jika sudah mengetahui spesifikasi server secara lengkap, kamu juga harus mengetahui lokasi tempat server berada untuk menjaga kestabilan website. Jadi sebelum membeli hosting, pastikan terlebih dahulu apa tujuan audience ketika mengunjungi website. Jika website dibuat untuk lokal atau di Indonesia saja, maka kamu bisa memilih provider hosting yang servernya berada di Indonesia.

Jika websitemu ditujukan kepada audience global atau untuk pengguna internet di seluruh dunia, maka kamu harus memilih penyedia web hosting berkualitas yang servernya berada di Singapura ataupun USA. Karena ke 2 negara tersebut telah terbukti mempunyai kestabilan internet terbaik daripada Negara-negara lain.

3. Jumlah Klien Provider

Pada saat ingin memilih provider web hosting berkualitas, tentunya kamu tidak akan menyerahkan kepada hosting yang baru berdiri atau kurang pengalaman. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara melihatnya dari jumlah klien untuk mengetahui bahwa provider tersebut sudah berpengalaman atau masih baru.

Apalagi jika ada website terkenal yang memakai jasa mereka tentu sudah memiliki jumlah pengunjung atau traffic yang tinggi, maka dapat dipastikan itu merupakan web hosting berkualitas terbaik. Karena website yang berkualitas pasti mempercayakan kepada mereka.

4. Jumlah dan batasan Bandwith

Perhatikan pada bandwith dari penyedia hosting, jangan sampai websitemu mengalami down saat masuk pada pertengahan bulan. Oleh karena itu, kamu harus memastikan jumlah bandwith masih mempunyai banyak space atau ruang, kamu bisa juga dengan mencari penyedia web hosting berkualitas yang bandwithnya tidak terbatas atau unlimited.

Tetapi kamu akan mengeluarkan uang lebih yang sesuai dengan kebutuhan supaya kamu tidak perlu pusing lagi jika bandwith cepat habis dan bisa membuat website mengalami down.

5. Kapasitas atau Space Hosting

Mencari penyedia layanan web hosting berkualitas dengan harga termurah, tentu merupakan hal yang diinginan semua pemilik website. Namun, jika space hostingnya sangat kecil akan membuatmu sulit untuk mengelola website. Apalagi jika penyedia hosting hanya memberikan ruang hanya sebesar 1 GB, belum sampai satu bulan data dari website sudah akan memenuhi space hostingmu.

Jika sudah seperti ini, kamu harus melakukan upgrade atau bisa dengan mencari penyedia yang lain lagi supaya bisa mendapatkan penawaran harga yang diinginkan dan kapasitas hosting yang lebih besar.

6. Add On Domain

Add on domain adalah salah satu fasilitas dari penyedia web hosting berkualitas, agar kamu bisa memakai beberapa domain dengan satu akun saja. Fasilitas ini bersifat opsional atau pilihan, sebab jika kamu hanya mempunyai satu website, domain tidak perlu menjadi hal yang utama.

Sementara untuk kamu yang memiliki lebih dari 1 website, maka perhatikan fasilitas add on domain untuk menekan atau menghemat pengeluaran. Di mana kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli hosting yang baru untuk website yang baru.

7. Harga Web Hosting

Pada dasarnya harga tidak akan menipu, tetapi tidak ada salahnya kamu lakukan perbandingan dari beberapa penyedia web hosting berkualitas yang bertebaran di internet. Apakah harga tersebut sesuai dan cocok dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh provider hosting ?.

Jadi kamu tidak akan merasa kecewa jika memilih provider dengan harga yang murah, tetapi tidak mempunyai kredibilitas. Apalagi dengan harga yang mahal, pastikan berbagai fasilitas dan spesifikasi servernya di atas rata-rata atau sesuai dengan biaya yang kamu keluarkan kepada mereka.

8. CS (Customer Service)

CS atau customer service adalah termasuk salah satu bagian yang penting pada provider hosting, sebab saat website mengalami down atau error, kemana lagi kamu harus bertanya dan berkeluh kesah? Jadi pastikan penyedia web hosting berkualitas mempunyai tanggung jawab dengan menyediakan CS yang siap melayani 24 jam. Ini dikarenakan kita tidak akan tahu kapan website tersebut akan mengalami gangguan atau bermasalah.

Postingan Terkait