Search
Close this search box.

8 Situs Belajar Coding Online Gratis dan Terbaik Tahun Ini

1. Codecademy

Codecademy adalah platform interaktif yang berasal dari Amerika Serikat. Platform ini bertujuan untuk membantu penggunanya belajar coding online dengan mudah. Materi yang disediakan di Codecademy sangat komprehensif dan cocok untuk pemula, lho.

Dengan website ini, Anda bisa mempelajari 12 bahasa pemrograman yang berbeda mulai dari Phyton, Java, Go, JavaScript, Ruby, SQL, C++, C#, dan lain-lain. Materi tersebut dapat Anda akses secara gratis, tanpa biaya!

2. W3Schools

W3Schools adalah website yang menyediakan ratusan materi belajar coding gratis untuk Anda. Pembelajaran di platform ini ditujukan untuk pengguna dari berbagai kalangan, mulai dari pemula hingga yang sudah berpegalaman.

Sesuai slogan ‘The World’s Largest Web Developer Site’ yang diusungnya, W3Schools sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar pemrograman web dari awal. Tersedia banyak bahasa pemrograman yang tersedia di platform ini, dan semuanya dapat Anda pelajari secara gratis.

3. Hackr.io

Hackr.io adalah website belajar coding yang memiliki banyak pilihan bahasa yang dapat Anda pelajari. Ketika pertama kali membuka website, Anda dapat langsung memilih bahasa pemrograman atau kategori yang Anda inginkan. Setelah itu, Hackr.io akan menampilkan banyak kursus yang bisa Anda pilih sesuai tingkat kemampuan dan kebutuhan.

Keunggulan website ini adalah adanya roadmap yang membantu Anda untuk belajar dengan lebih terarah hingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Materi di website ini dapat Anda akses secara gratis, namun beberapa mengharuskan Anda untuk membayar layanan premiumnya.

4. Code Avengers

Code Avengers adalah website belajar coding gratis yang dapat Anda coba selanjutnya. Website ini mengedepankan cara belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga Anda tidak akan bosan dan lebih mudah konsisten menggunakannya. Hal menarik dari Code Avengers adalah tersedianya berbagai bidang pemrograman spesifik yang bisa Anda sesuaikan dengan minat.

Mulai dari pemrograman website, aplikasi, hingga game, semuanya dapat Anda pelajari di platform ini. Code Avengers juga memiliki komunitas yang memungkinkan Anda untuk berbagi dengan sesama programmer atau orang-orang yang sedang mempelajari bidng ini. Menarik, bukan?

5. Solo Learn

Solo Learn adalah website belajar coding gratis yang memiliki banyak pilihan bahasa pemrograman untuk Anda pelajari. Mulai dari Ruby, jQuery, Swift, PHP, SQL, JavaScript, Phyton, dan masih banyak lagi. Solo Learn juga memiliki Playground yang memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dan membagikan kode Anda dengan orang lain, sehingga Anda tidak akan merasa sendirian saat belajar.

Pengguna lain dapat memberikan saran atau turut mengembangkan kode tersebut bersama Anda. Hal menarik dari Solo Learn adalah website ini juga mobile-friendly, lho. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin belajar coding dari smartphone!

6. MIT Open Courseware

MIT adalah salah satu universitas terbaik di dunia, terutama untuk bidang teknologi. Mereka membangun MIT OpenCourseWare dengan tujuan membuka kesempatan belajar IT untuk semua orang, bahkan yang tidak bisa menimba ilmu di universitas tersebut. Karena itulah, materi-materi yang ada di website belajar coding satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

MIT OpenCourseWare memungkinkan Anda untuk memperoleh pembelajaran dengan standar internasional setingkat MIT. Ada berbagai bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari di platform ini seperti C++, Java, Phyton, Ruby, dan lain-lain.

7. Free Code Camp

Anda yang suka belajar bersama dengan orang lain mungkin akan menyukai Free Code Camp. Website belajar online yang satu ini memiliki komunitas belajar bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda untuk belajar pemrograman bersama pengguna lain. Free Code Camp juga menyediakan berbagai challenge untuk Anda ikuti jika ingin menguji kemampuan coding Anda. Dengan platform ini, Anda bisa belajar berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, Node.js, React,js, HTML, CSS, dan lain-lain.

8. edX

EdX adalah website belajar coding gratis yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Website ini bekerjasama dengan berbagai universitas top di dunia seperti Harvard University, MIT, Boston University, dan lain-lain. Sehingga, materi yang ada di website ini memang terpercaya karena disusun sendiri oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

Sebenarnya, edX tidak hanya bisa digunakan untuk belajar pemrograman saja, lho. Anda juga bisa menguasai skill lain lewat berbagai kursus yang ada di platform ini. Untuk belajar pemrogrman, Anda bisa memilih kategori ‘Computer Science’, lalu memilih kursus yang sesuai dengan keinginan Anda.

Postingan Terkait