Search
Close this search box.

6+ Tips Marketing Online dengan Budget Terbatas

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan besar dapat memiliki produk yang sangat populer di masyarakat?

Kampanye pemasaran, atau sering disebut kampanye pemasaran, adalah jawabannya. Nah, kampanye pemasaran ini membutuhkan anggaran khusus agar bisa berjalan efektif.

Berapa biaya untuk membuat kampanye pemasaran berjalan efektif?

Dalam sebuah kampanye pemasaran, masalah anggaran cukup menarik.

Tidak banyak perusahaan yang mau membeberkan rahasia kampanye pemasaran yang dijalankannya. Termasuk detail seperti strategi, target pasar, bentuk iklan, dan alokasi anggaran yang digunakan. Pesaing, serta publik, hanya dapat menebak apa yang sebenarnya mereka rencanakan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye pemasaran mereka.

Tapi setidaknya Anda bisa mendapatkan sedikit ide di sini.

Menurut laporan Deloitte yang diterbitkan di The Wall Street Journal, perusahaan responden menghabiskan rata-rata 7,5% dari total pendapatan mereka untuk anggaran pemasaran.

Dari angka tersebut, perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri barang konsumsi dalam kemasan yang sebagian besar menyediakan kebutuhan sehari-hari (seperti minuman ringan, kosmetik, bahan sembako, dll), memiliki anggaran pemasaran rata-rata sebesar 24% dari total anggaran. .

Singkatnya, perusahaan-perusahaan ini mengalokasikan anggaran yang cukup besar hanya untuk kampanye pemasaran.

Berbeda dengan perusahaan besar, banyak perusahaan kecil dan menengah mengabaikan kampanye pemasaran untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Yang lain bahkan menganggap kampanye pemasaran hanya membuang-buang uang karena terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Setiap kampanye pemasaran dapat bekerja dengan baik jika Anda melakukannya dengan benar. Kami paham betul bahwa kata ‘benar’ di sini memang sangat relatif. Satu-satunya hal yang menjadi tolak ukur di sini adalah apakah kampanye dapat berjalan sesuai dengan kondisi bisnis Anda atau tidak.

Kampanye Pemasaran Online adalah Langkah Terbaik untuk Bisnis Anda

Di tengah bisnis berbasis internet saat ini, pemasaran online menjadi solusi yang tepat. Bayangkan, separuh penduduk Indonesia kini sudah memiliki akses internet. Dengan pemasaran online, Anda dapat menjangkau semuanya.

Banyak perusahaan besar yang berhasil mengandalkan pemasaran online sebagai salah satu strategi pemasarannya. Anda juga dapat menjalankan kampanye online seperti itu, bahkan dengan anggaran terbatas.

Anda tidak perlu memiliki anggaran tak terbatas seperti perusahaan besar untuk memulai kampanye pemasaran online. Anda dapat menerapkan metode yang akan kami sajikan di sini dengan biaya serendah mungkin.

Tertarik untuk mencoba?

Jadi, untuk hasil yang maksimal, setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Di bawah ini kami berikan penjelasannya.

1. Tentukan Target Pasar

Kampanye pemasaran Anda tidak akan berhasil jika Anda tidak tahu persis target pasar yang ingin Anda targetkan. Sebelum Anda mulai mengeluarkan uang untuk pemasaran, semuanya harus jelas terlebih dahulu.

Jika Anda mengetahui produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda juga harus memiliki gambaran seperti apa calon pelanggan Anda nantinya. Pertanyaan lain yang perlu Anda perhatikan, misalnya: siapa yang tertarik dengan produk/jasa Anda? Apakah laki-laki, atau perempuan? Berapa rentang usianya? Apa yang benar-benar disukai pelanggan?

Tips pemasaran online ini mungkin memakan waktu lama. Namun, jika Anda berhasil menemukannya, segalanya akan menjadi lebih mudah bagi Anda.

2. Tetapkan Sasaran Pemasaran

Saya mengerti bahwa meningkatkan omset adalah tujuan utama dari kampanye pemasaran Anda. Selain itu, ada tujuan lain yang juga bisa Anda capai. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan kampanye pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek atas layanan yang Anda tawarkan.

Setelah Anda mengetahui tujuan dari kampanye pemasaran Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menetapkan anggaran yang sesuai dan strategi apa yang dapat Anda terapkan untuk mencapai lebih banyak penjualan.

3. Jalankan Sesuai Anggaran Anda

Setelah menemukan target pasar dengan tujuan pemasaran yang pasti, kini saatnya menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, ada baiknya untuk fokus pada strategi yang tidak memakan banyak biaya.

Salah satunya, Anda bisa memanfaatkan pemasaran online. Selain menghemat uang yang Anda keluarkan, Anda bisa mengembangkan cara ini sesuai keinginan Anda.

Ada banyak strategi yang bisa Anda terapkan untuk memulai pemasaran online. Anda perlu berhati-hati di sini karena tidak semua tips pemasaran online hemat biaya.

Yang jelas, untuk mempermudah kampanye pemasaran online Anda, Anda harus memiliki website terlebih dahulu. Sebagai permulaan, situs web dalam bentuk profil perusahaan yang sederhana boleh saja, asalkan berisi informasi yang jelas tentang produk dan layanan Anda. Lihat bagaimana situs web dapat dibuat dalam hitungan menit di sini.

Pada review kali ini saya akan memberikan tips pemasaran online dengan budget terbatas yang bisa anda coba sendiri.

6+ Tips Pemasaran Online dengan Anggaran Terbatas

1. Pemasaran Konten

2. Maksimalkan Konten Video

Tahukah Anda bahwa video adalah cara yang efektif untuk berbagi konten di internet? Di Facebook saja, konten video dilihat lebih dari 4 miliar kali setiap hari. Anda dapat menyaksikan sendiri keajaiban konten video saat menerapkan tips pemasaran online ini.

Menariknya, Anda bahkan tidak perlu menyewa videografer profesional. Cukup siapkan konten informatif singkat, ambil gambar dengan kamera Anda (smartphone juga baik-baik saja), dan video Anda siap dibagikan.

Maka yang harus Anda lakukan adalah membagikan video promosi Anda ke seluruh pelosok internet melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, atau Youtube!

3. Optimasi SEO Lokal

SEO adalah Search Engine Optimization, atau optimisasi mesin pencari. Dengan langkah yang tepat, tips pemasaran online ini dapat membantu produk dan layanan Anda mencapai posisi nomor satu di mesin pencari.

SEO memang terdengar cukup rumit bagi sebagian pengguna awam karena banyaknya hal penting yang perlu Anda perhatikan. Sebenarnya, Anda sebenarnya dapat melakukan optimasi SEO sederhana dengan biaya serendah mungkin.

Kuncinya adalah fokus pada pencarian lokal. Buat halaman Google Plus untuk bisnis Anda, lalu tandai lokasi kantor atau toko Anda di Google Maps. Tidak hanya itu, Anda dapat bekerja dengan situs web atau forum untuk menampilkan nama bisnis Anda. Sering menyebut nama bisnis Anda di internet akan membantu meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian.

4. Buat Komunitas Online

Salah satu cara untuk berhasil di pasar adalah membuat produk dan layanan Anda “berpihak” kepada pelanggan. Membangun komunitas Anda sendiri adalah langkah yang harus Anda lakukan.

Anda bisa memulainya dengan cara sederhana: membalas komentar pengunjung di blog bisnis yang Anda kelola. Di sini, Anda dapat menciptakan citra diri Anda sebagai pemimpin pemikiran, atau pihak yang benar-benar dapat dipercaya oleh calon pelanggan terkait dengan kapasitas bidang Anda.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda dapat mulai membuat komunitas melalui grup Facebook atau LinkedIn. Wadah ini dapat menampung orang-orang yang berkepentingan dengan bidang usaha Anda.

Ke mana pun Anda ingin pergi, pada dasarnya Anda perlu membangun komunikasi yang intens dengan calon pelanggan Anda. Pastinya, produk dan jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah diterima oleh mereka!

5. Presentasikan Acara Secara Online

Acara atau acara khusus dapat membantu mendatangkan pelanggan potensial. Acara yang offline memang membutuhkan banyak uang. Nah, sebagai alternatif, Anda bisa mempresentasikan acara tersebut secara online.

Mulailah dari komunitas sosial yang telah Anda bangun sebelumnya. Jika cara ini masih belum cukup, Anda bisa bekerja sama dengan pihak dan perusahaan lain sebagai pembicara atau penyandang dana. Kolaborasi seperti ini akan memudahkan Anda karena secara otomatis akan menarik lebih banyak penggemar, terutama jika rekan kerja Anda memiliki popularitas tinggi.

Platform yang bisa Anda gunakan juga cukup beragam. Saat ini, Google Hangout masih menjadi salah satu favorit penyelenggara konferensi online. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Skype dan Telegram.

6. Manfaatkan Situs Ulasan

Reputasi bisnis Anda di dunia Anda tidak kalah pentingnya. Bukan rahasia lagi bahwa calon pelanggan lebih memilih bisnis dengan reputasi baik. Anda perlu menghadirkan kesan yang baik di hadapan mereka melalui berbagai platform di internet.

Cara termudah adalah dengan memberikan rating tinggi di Google Bisnisku. Halaman Facebook juga memiliki fitur serupa yang juga harus Anda optimalkan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Yelp atau berkolaborasi dengan berbagai blog yang khusus memuat review produk dan layanan.

Rating dan testimoni yang diberikan oleh pelanggan nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pemasaran yang efektif. Tidak ada yang lebih menggembirakan dari pelanggan yang puas, bukan?

Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, Anda dapat menjalankan tips pemasaran online dengan cara yang sederhana. Keenam tips pemasaran online di atas (dan cara memulainya) siap membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan. Kuncinya adalah fokus. Lakukan apa pun yang menurut Anda paling sesuai dengan situasi Anda terlebih dahulu, lalu bangun dari sana.

Baca juga: Membuat Plugin WordPress Sederhana

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait