Search
Close this search box.

3 Fitur Dan Kelebihan Menerapkan Bussines Process Management

Sobat, Ada yang tau apa itu Bussines Process Management ? Business Process Management (BPM) atau manajemen proses bisnis adalah disiplin perusahaan di mana perusahaan mengambil langkah mundur dan melihat semua proses ini secara total dan individual. Kira-kira apa si manfaat menggunakan Bussines Process Management ini ? langsung simak artikel dibawah ini !!

Apa Itu Business Process Management (BPM) ?

Definisi manajemen proses bisnis (BPM) luas tetapi dapat diartikan sebagai pendekatan sistematis untuk membuat alur kerja perusahaan lebih efektif dan handal untuk pemahaman yang lebih baik. Definisi singkat ini menyoroti pentingnya manajemen proses bisnis untuk bisnis, tetapi tidak sedikit manfaat dari integrasi BPM ke dalam bisnis.

Manfaat paling nyata dari manajemen proses bisnis yang baik adalah efisiensi biaya yang dapat berarti penurunan biaya dan peningkatan pendapatan. Sementara manfaat lainnya yang diberikan BPM tidak berwujud dalam jangka pendek, mereka menambah nilai penting dalam jangka panjang, dan membantu perusahaan kecil dan besar untuk bersiap menghadapi persaingan di seluruh dunia.

Selain itu, bisnis yang menerapkan BPM secara efektif ke dalam struktur mereka dapat mengharapkan proses yang lebih ramping dan lebih efisien. Ini berarti pengurangan pengeluaran, pemborosan, dan ketidakpuasan (dari karyawan dan dari pelanggan). Hasilnya adalah bisnis yang efisien dengan potensi keuntungan yang jauh lebih besar.

Penting untuk dicatat bahwa BPM adalah kombinasi dari praktik yang berpusat pada mendorong nilai perusahaan melalui budaya perbaikan proses. Ini dapat sesederhana mendefinisikan proses yang tidak jelas, lalu mencari area perbaikan dan membuat perubahan, atau serumit usaha rekayasa ulang proses bisnis yang lengkap.

3 Fitur Business Process Management (BPM)

 

Kelincahan

Perusahaan selalu dihadapkan pada kebutuhan akan perubahan. Perubahan mungkin diperlukan sebagai akibat dari peraturan baru, tuntutan pasar atau munculnya cara kerja baru. Salah satu fitur utama BPM adalah memfasilitasi desain proses yang fleksibel. Dengan BPM, Anda mendapatkan fleksibilitas untuk membuat perubahan pada proses dengan biaya minimal.

Produktivitas

BPM dapat memfasilitasi otomatisasi banyak elemen berulang dalam alur kerja reguler. Peningkatan proses seperti penghapusan kemacetan, pengenalan pemrosesan paralel, dan penghapusan langkah-langkah yang berlebihan dapat dengan mudah dicapai dengan BPM. Peningkatan ini akan memungkinkan karyawan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk kegiatan lain karena fungsi pendukung utama akan ditangani. Ini berarti peningkatan produktivitas dan pengurangan limbah.

Efisiensi Pengurangan Resiko

BPM memberi organisasi kesempatan untuk bekerja lebih efisien, mereka dapat menghemat sumber daya mereka. BPM juga menghasilkan penciptaan proses yang dirancang, dijalankan, dan dipantau dengan lebih baik yang dapat membantu mengurangi risiko penipuan. Memberikan visibilitas ke dalam proses bisnis, BPM menghilangkan redundansi dan mengurangi risiko kelalaian yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Dengan adanya BPM, kualitas pelaksanaan yang diinginkan dapat dipertahankan dengan meningkatkan akuntabilitas setiap departemen dalam organisasi.

5 Manfaat Bussines Process Management :

  • Pengurangan biaya dan pendapatan lebih tinggi
  • Kepatuhan, keselamatan, dan keamanan
  • Kendali atas proses bisnis
  • Transfer pengetahuan bisnis lebih mudah
  • Peningkatan peluang dan perbaikan berkelanjutan

Nah gimana pendapat kalian setelah membaca artikel diatas ? buat yang udah pake sistem BPM, apa udah merasakan manfaat dari penerapan Bussines Process Management ? coment di kolom komentar ya 🙂 !

referensi

Postingan Terkait